in

Tak Ingin Jadi Masalah, Ini 7 Cara Efektif Menerima Masa Lalu Pasangan

Cara Menerima Masa Lalu Pasangan

Menjalin hubungan terlihat mudah untuk dilakukan. Namun nyatanya, ada banyak hal rumit di dalamnya. Menerima seseorang menjadi bagian dari kehiduoanmu, artinya kamu juga harus menyiapkan diri untuk menerima semua tentang dirinya, baik itu masanya yang sekarang, masanya yang akan datang, atau masa lalunya sekali pun.

Tentu saja setiap orang memiliki masa lalunya masing-masing. Mungkin pasanganmu memiliki masa lalu yang baik, namun tentu dia pun memiliki masa lalu yang buruk. Jika kamu memang mencintainya dengan tulus, maka kamu juga harus menerima apa adanya dirinya, bukan hanya ada apanya dia.

Masa lalu kerap menjadi salah satu pemicu retaknya sebuah hubungan. Hal ini karena ketidakmampuan seseorang untuk menerima semua masa lalu pasangannya, terlebih jika itu adalah masa lalu yang cukup buruk. Meskipun jika dipikirkan lagi dengan baik, tidak ada satu pun masalah yang tidak dapat diselesaikan. Asalkan kamu mau mencoba menerima segala kekurangannya dan segala masa lalunya yang buruk, tentu kamu dapat melalui masalah itu dengan baik.

Apapun yang kamu lakukan, masa lalu tidak akan bisa dihapuskan. Jadi, untuk kamu yang sampai saat ini masih mengalami kesulitan dalam menerima masa lalu pasanganmu, berikut adalah 7 cara yang cukup efektif agar kamu bisa menerimanya dengan lapang dada.

1. Jangan Mengedepankan Emosi Ketika Baru Mengetahui Masa Lalu Pasanganmu

Kamu harus bisa mengendalikan emosimu. Meskipun kamu cukup kaget dengan masa lalu yang dimiliki oleh pasanganmu, kamu harus tetap bisa bersikap tenang dan berpikir dengan kepala yang jernih. Jangan sampai emosimu menghancurkan segalanya.

Jangan biarkan pikiran negatif menguasai pikiran. Jangan pula membuat sebuah asumsi tanpa bukti. Merupakan hal yang wajar jika kamu merasa emosi ketika mengetahui masa lalu pasanganmu yang menurutmu bukanlah hal baik.

Namun kamu harus tetap bisa menahan dan mengontrol emosimu dengan baik untuk menghindari hal buruk dalam hubunganmu.

2. Pahamilah Bahwa Setiap Orang Memiliki Masa Lalunya Masing-masing, Kamu Pun Pasti Memiliki Masa Lalumu Sendiri

Tentunya kamu juga memiliki masa lalu, terlepas itu masa lalu yang baik atau buruk. Tidak ada yang memiliki masa lalu yang sempurna di dunia ini, termasuk pasanganmu. Jika kamu merasa sulit menerima masa lalu pasanganmu, maka cobalah untuk menyadari bahwa kamu pun memiliki masa lalu yang kurang baik.

Pahamilah ilmi timbal balik. Jika kamu ingin pasanganmu menerima semua masa lalumu, kamu pun harus melakukan hal yang sama.

Kalaupun ada hal-hal yang tidak kamu terima, sebaiknya pelajari Cara Terbaik untuk Mengakhiri Sebuah Hubungan.

3. Sebelum Menghakimi Masa Lalunya, Coba Introspeksi Dirimu Sendiri, Apakah Kamu Sudah Lebih Baik Darinya?

Kembali lagi, tidak ada satu manusia pun yang sempurna. Mungkin pasanganmu memang melakukan kesalahan di masa lalu, namun kamu juga harus paham bahwa manusia adalah tempatnya salah.

Jangan terlebih dulu menghakiminya tanpa berkaca pada dirimu sendiri. Kamu pun pasti pernah melakukan sebuah kesalahan di masa lalu. Dari kesalahan itu, kamu pun belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Siapa yang tahu jika pasanganmu pun mungkin melakukan hal yang sama. Mungkin saat ini dia pun sedang berusaha memperbaiki dirinya agar kesalahan di masa lalunya tidak terulang kembali.

4. Lihatlah Seperti Apa Pasanganmu Sekarang, Bukan Seperti Apa Dia di Masa Lalu

Jangan hanya menilai orang dari masa lalunya saja. Waktu terus berjalan, manusia terus berproses. Lihatlah dia berdasarkan siapa dia sekarang. Lihatlah dia berdasarkan apa yang telah dia lakukan sampai ada di titik saat ini.

Bukan hal yang benar ketika kamu memandangnya buruk hanya karena dia memiliki masa lalu yang buruk. Semua orang dapat berubah seiring berjalannya waktu. Dia yang sekarang mungkin sudah jauh berbeda dari dirinya yang ada di masa lalu.

Melihat kearah saat ini juga dikenal dengan istilah mindfulness. Sangat banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menerapkan hal ini. Coba pelajari 6 Manfaat Mindfulness Dalam Suatu Hubungan Percintaan.

5. Jangan Menghakiminya Tanpa Mendengar Penjelasan Darinya Terlebih Dahulu.

Sebagai pasangan, tentu sudah sewajarnya bagimu untuk menjadi pendengar yang baik untuknya. Dia mungkin sudah melakukan kesalahan di masa lalu, tapi semua itu tidak akan terjadi tanpa sebab, kan? Sebuah akibat muncul karena dilatarbelakangi oleh alasan tertentu.

Cobalah untuk tetap berprasangka baik terhadap pasanganmu. Dengarkan dengan jeli apa yang dia coba jelaskan padamu. Jangan langsung menghakiminya tanpa tahu persoalannya secara rinci.

6. Jalinlah Komunikasi yang Baik dengan Pasangan, Bersikaplah Saling Terbuka Satu Sama Lain

Komunikasi menjadi salah satu faktor terpenting dalam menjalin sebuah hubungan. Ketika kamu menghadapi kenyataan bahwa pasanganmu memiliki masa lalu yang buruk, cobalah untuk membangun sebuah komunikasi dengan pasanganmu.

Sampaikan apa yang mengganjal dalam hatimu. Jangan hanya memendamnya sendiri. Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan kepadanya, maka ungkapkanlah secara langsung di hadapannya.

Jangan membuat asumsi yang mungkin tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dan justru hanya akan menghancurkan hubungan yang saat ini sedang kamu jalani.

7. Sadarilah Bahwa Dia yang Sekarang Ada Berkat Masa Lalu yang Menempanya

Terkadang kita tidak mampu menyadari pentingnya keberadaan masa lalu dalam kehidupan. Seburuk apapun masa lalu yang dimiliki oleh pasanganmu, tentu itu memiliki peranan yang penting dalam membentuk kepribadiannya yang sekarang.

Baik buruknya masa lalu adalah pelajaran hidup yang penting untuk selalu diingat dan dijadikan pelajaran berharga dalam menata masa yang akan datang. Mungkin pasanganmu memang bukan orang yang cukup baik di masa lalu, tapi itu semua tidak menjamin dia akan tetap menjadi orang yang buruk di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Selain itu, jika hubunganmu saat ini mengarah pada pernikahan coba pelajari tentang 7 Hal Yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Menerima Lamaran.

Kamu tidak akan bisa mengubah masa lalu. Yang bisa kamu lakukan hanyalah mencoba memperbaiki diri di masa sekarang agar hal buruk di masa lalu tidak kembali terulang. Tetaplah berada di sampingnya jika kamu benar mencintainya. Terima apa adanya dirinya, dan cobalah untuk sama-sama belajar untuk menciptakan masa depan yang lebih baik di masa depan.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.