in ,

7 Cara Mengenali Diri Sendiri Untuk Menentukan Tujuan Hidup

Cara mengenali diri sendiri mungkin seringkali terlewati. Pasalnya penting sekali untuk mengenal diri sendiri terlebih dahulu sebelum mengenal orang lain lebih dalam. Hal ini akan berdampak pada segala hal yang Anda lakukan nantinya baik itu respon terhadap sesuatu maupun menyiasati suatu keadaan.

Memang bukanlah hal yang mudah tetapi dapat dilakukan. Dengan pengenalan diri yang lebih baik, maka Anda juga akan lebih menghargai diri sendiri dengan lebih baik.

Sehingga Anda akan cenderung lebih bersemangat dan termotivasi tanpa mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar yang negatif. Hal ini juga untuk menghindarkan Anda dari terlalu lama berada dalam situasi yang merugikan diri sendiri. Semakin lama Anda berada di dalamnya maka semakin mudah Anda melukai diri sendiri.

Lalu apa yang harus dilakukan agar Anda dapat lebih mengenali diri sendiri dan terhindar dari sikap melukai diri sendiri secara psikis dan fisik.

Kenali Minat

Mengenali Minat
Mengenali Minat

Anda bisa mulai untuk mengenali diri sendiri dengan mencari tahu minat terbesar Anda. Anda bisa memulainya dengan mencoba hal baru yang menarik di sekitar Anda.

Misalnya saja kegiatan berolahraga di pagi hari, menangkap gambar dengan kamera pada objek yang menarik, bersepeda dan berbagai aktivitas lainnya yang mungkin Anda belum pernah lakukan.

Dari hal kecil tersebut Anda bisa mulai menemukan apa yang paling sesuai dengan diri Anda. Tahap ini rasanya tidak cukup sulit untuk menjadi cara mengenali diri sendiri bukan.

Bahkan ada juga yang justru berkarir dengan minat yang ditekuni contohnya atlet, fotografer atau pelukis profesional.

Kenali Kekuatan Diri

Mengenali Kekuatan Diri
Mengenali Kekuatan Diri

Selain menggali minat, Anda juga dapat mencari cara mengenali diri sendiri dengan mencari kekuatan diri. Kekuatan diri ini bisa dijadikan sebagai “bahan bakar” untuk dapat lebih percaya diri.

Karena tidak sedikit orang yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kekuatan tertentu yang dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dalam bekerja, sekolah atau beraktivitas.

Kemampuan yang disadari ini akan membuat pekerjaan atau aktivitas Anda menjadi lebih maksimal. Arti dari kekuatan ini sendiri tidak selalu berdasarkan pada kekuatan fisik semata.

Melainkan kekuatan akan aspek diri seperti motivasi, kepedulian, kecekatan, kemampuan mengingat, loyalitas dan masih banyak lainnya. Sebaiknya Anda berfokus pada kekuatan diri Anda sendiri. Pasalnya kekuatan ini dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Jadi jangan terpaku pada kekuatan orang lain ya.

Memiliki Misi

Memiliki Misi
Memiliki Misi

Seringnya kita melihat bahwa seseorang memiliki misi dan visi dalam hidupnya. Hal ini merupakan pertanda baik untuk mencari cara mengenali diri sendiri. Misi hidup bisa juga diartikan dengan prinsip hidup di mana seseorang sudah pasti mempunyai tujuan.

Tujuan ini dapat dipengaruhi oleh minat dan juga cita-cita Anda. Misalnya jika Anda berkeinginan untuk menjadi seorang psikolog, apa yang Anda lakukan ke depan untuk dapat mencapainya? Bagaimana caranya? Apa saja yang harus dilakukan? ini adalah sebuah bentuk misi dalam hidup.

Orang-orang yang memiliki misi dalam hidup lebih terarah. Namun sebaiknya persiapkan diri juga dengan baik. Karena hambatan dan ujian selama menuju tujuan akan lebih banyak datang dari hal yang tidak terkira.

Persiapkan diri agar Anda tidak mudah kecewa berlebihan dan siap bangkit ketika terjatuh. Sebaiknya anda juga mempelajari : 10 Tujuan Hidup Yang Harus Kamu Miliki Sebelum Usia 30

Miliki Value

Memiliki Value
Memiliki Value

Cara mengenali diri sendiri selanjutnya adalah dengan memiliki value. Value atau nilai dari diri Anda ini penting untuk membentuk attitude dan gratitude selama Anda beraktivitas. Misalnya dengan menyadari tanggung jawab yang diemban selama bekerja, menjadi pelajar dan lain sebagainya.

Nilai yang Anda terapkan ini akan memudahkan Anda untuk dipercayai oleh orang lain yang berguna bagi perjalanan menuju goals tersebut.

Selain itu nilai-nilai tersebut juga dapat meningkatkan motivasi dan sikap serta pikiran yang lebih positif bagi diri Anda.

Kamu juga bisa membaca : 10 Cara Dahsyat Meningkatkan Harga Diri yang Terpuruk

Pahami Bahwa Sedang Tidak Produktif Adalah Hal Yang Wajar

Waktu Tidak Produktif
Waktu Tidak Produktif

Untuk dapat menuju tujuan dalam hidup, Anda membutuhkan waktu untuk produktif mengejar mimpi. Melelahkan bukan? Memang melelahkan. Maka akan muncul hal wajar di mana Anda akan membutuhkan satu hari atau satu waktu untuk berhenti dari semua aktivitas yang dilakukan.

Dengan memahami bahwa butuh waktu untuk menenangkan diri adalah hal yang wajar untuk dilakukan, Anda dapat belajar cara mengenali diri sendiri.

Anda dapat mengetahui apa yang paling Anda butuhkan untuk dapat produktif kembali dengan semangat. Pasalnya pekerjaan yang dilakukan rasanya akan cukup banyak dan sering kali membuat diri Anda jenuh dan bosan.

Anda bisa mengatur waktu untuk dapat produktif sehingga Anda tahu kapan Anda butuh rehat dan kapan Anda bisa beraktivitas kembali.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tidak semua orang memiliki waktu produktif yang sama. Maka cara mengenali diri sendiri dapat ditemukan dengan poin ini.

Belajar Mengelola Emosi

Belajar Mengelola Emosi
Belajar Mengelola Emosi

Anda tentu tahu bahwa emosi memiliki jenisnya sendiri. Kata “emosi” tidak hanya mewakilkan kemarahan saja. Tetapi emosi memiliki jenis yakni positif dan negatif. Untuk itu seseorang perlu belajar untuk mengelola emosinya dengan baik sebagai cara mengenali diri sendiri.

Hal ini berkaitan dengan cara berespon seseorang terhadap sesuatu. Pengelolaan emosi yang baik dapat membantu diri Anda untuk mengenali emosi sehingga memengaruhi sikap serta perilaku Anda.

Selain itu Anda juga akan lebih mudah untuk mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk sehingga Anda dapat menempatkan diri dengan baik di segala situasi.

Kenali Kepribadian Diri Anda

Mengenali Kepribadian Diri
Mengenali Kepribadian Diri

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk menemukan cara mengenali diri sendiri adalah mengenal kepribadian Anda. Manusia itu unik dan beragam. Ada yang memiliki minat tetapi tidak tahu cara mengembangkannya, ada pula yang memiliki cara untuk mengembangkan minat dengan baik tetapi tidak jelas misi dan visi hidupnya.

Untuk itu Anda dapat mengenali seperti apa kepribadian dari diri Anda. Ketika Anda mengenali kepribadian diri Anda sendiri, Anda akan tahu bagaimana cara Anda untuk dapat berkembang dan mencapai misi dan visi kehidupan. Selain itu Anda juga dapat mengetahui bagaimana cara merecharge energi yang sesuai dengan diri Anda.

Kesimpulannya adalah tidak ada orang yang memiliki kepribadian, misi, minat dan bakat yang sama persis satu sama lain. Jadi jangan jadikan cara mengenali diri sendiri berdasarkan dari orang terdekat Anda.

Anda adalah orang yang unik sehingga Anda tentu memiliki cara dan proses yang berbeda dari orang lain. Nampaknya kalimat rumput tetangga selalu lebih hijau memang tepat. Untuk itu Anda perlu menyirami diri Anda sendiri dengan cara dan proses yang sesuai dengan diri Anda sendiri.

Bukankah akan lebih baik menjadi diri sendiri seutuhnya tanpa harus berambisi menjadi seperti orang lain. Sehingga Anda dapat lebih percaya diri, bersemangat dan tidak mudah merasa kecewa dalam hidup jika semuanya diatur berdasarkan cara mengenali diri sendiri yang sesuai.

Untuk memperdalam pengetahun tentang hidupmu, coba baca juga:

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.