5 Cara Sederhana Menggali Minat Dan Bakat Anak Sejak Dini

Minat dan bakat anak adalah hal penting yang dapat menentukan kehidupannya di

Rima Mustika Rima Mustika · 4 min read >
Cara Menggali Minat dan Bakat Anak

Minat dan bakat anak adalah hal penting yang dapat menentukan kehidupannya di masa depan. Anda dapat membantunya untuk memilih jalur apa yang akan ia tempuh sebagai jalan hidupnya. Pada masa sekarang banyak sekali bermunculan profesi.

Anda dapat mengantarkan anak pada pilihannya secara tepat dengan mengetahui dasar-dasar dari passion anak yang sering muncul namun tidak sadar sering kita abaikan. Tentu anda memiliki bayangan akan profesi yang sekiranya cocok bagi anak.

Tapi tahukah anda bahwa terkadang profesi yang anda inginkan digeluti oleh anak belum tentu sesuai dengan keinganan dan kemampuan anak ?. Hal ini dapat berpengaruh pada mental anak yang kurang baik jika terus menerus dipaksakan mengikuti kemauan anda.

Untuk itu diperlukan untuk mengetahui minat dan bakat pada anak terlebih dahulu. Anda mungkin sering mendengar mengenai tes minat dan bakat yang disediakan oleh seorang ahli untuk mengetahui hal tersebut dengan cepat.

Minat dan Bakat Anak
Minat dan Bakat Anak

Anda bisa memilih untuk menempuh tes tersebut bagi anak. Namun ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu minat dan bakat. Tak kenal maka tak sayang bukan. Mungkin banyak yang mengira bahwa minat dan bakat merupakan satu paket kesatuan yang sama.

Ternyata tidak begitu. Ada perbedaan pada minat dan bakat. Minat bisa didefinisikan sebagai keinginan dari seseorang pada sesuatu yang kemudian ia pelajari lebih lanjut. Umumnya minat ini adalah sesuatu hal yang menjadi hobi atau kesukaan si anak.

Misalnya anak memiliki hobi berenang. Tetapi setelah mengikuti les khusus renang, ternyata ia tidak memiliki keinginan untuk menjadi atlet renang. Ia hanya suka berolahraga dengan berenang. Sedangkan bakat umumnya memiliki ciri yang terlihat sejak si anak dilahirkan.

Bisa juga hal ini diwariskan dari sifat kedua orang tuanya, meskipun memang mungkin tidak sama rata keduanya, bisa saja kuat dari sifat ibu atau ayahnya saja. Nah, minat dan bakat disatukan karena gabungan keduanya dapat menunjang satu sama lain.

Bukan satu kesatuan dengan arti yang sama, namun satu kesatuan dengan arti berbeda yang bisa digunakan sebagai penunjang menemukan keahlian anak nantinya. Berikut ini dapat anda lakukan untuk membantu menemukan minat dan bakat anak.

1. Perhatikan Hal Kecil Dari Anak

Perhatikan Hal-Hal Kecil Yang Dilakukan Anak
Perhatikan Hal-Hal Kecil Yang Dilakukan Anak

Anda bisa mencatat kebiasaan dan kesukaan anak sejak dini. Biasanya mereka memiliki pola yang masih berubah-ubah atau menetap. Ingat juga detail akan hal-hal kecil yang diperlihatkan anak. Misalnya apakah ia sering mengamati anda ketika sedang memasak dan mengajukan banyak sekali pertanyaan mengenai memasak ?.

Memang tidak mudah memperhatikan hal-hal kecil dan besar yang ada pada anak. Tapi ini akan membantu anda untuk menemukan minat dan bakat anak secara menyeluruh. Di sela banyaknya hal yang dilakukan oleh anak, perhatikan adanya pattern yang cenderung lebih kuat dan sering muncul dari anak.

Nantinya pattern ini akan sekiranya menunjukkan bahwa di situ lah minat dan bakat anak tersembunyi. Ketika anda mengetahui hal ini, akan lebih mudah untuk memberikan dukungan dan mengasah minat dan bakat anak agar semakin tajam.

Biarkan anak mengekplor lebih banyak pengetahuan dan pengalaman dalam hidupnya sejak dini. Bantu ia untuk dapat mengenal berbagai hal dalam hidup yang nantinya bisa ia organisir lebih lanjut ketika beranjak dewasa. Memfasilitasi anak untuk ekplorasi lebih jauh dapat membantunya menemukan minat dan bakat anak.

Baca Juga: Pengaruh Ke Mental Anak, 6 Sikap Ini Sebaiknya Di Hindari Orang Tua

2. Komunikasi Dengan Anak

Komunikasi Dengan Anak
Komunikasi Dengan Anak

Hidupkan rutinitas komunikasi dengan anak. Gunakan intonasi yang menyenangkan dan bahasa yang muda dipahami dengan diselipi beberapa candaan untuk membuatnya bahagia. Ketika sedang menemani anak belajar, makan, atau akan tidur anda dapat membangun komunikasi dengannya.

Anda bisa bertanya langsung kepada anak mengenai cita-citanya di masa depan. Tidak hanya cita-cita, juga hobi atau keinginannya dalam melakukan sesuatu yang ia sukai atau yang belum pernah dicoba. Karena pada umumnya minat dan bakat anak ditemukan dari hal kecil ini.

Komunikasi yang dibangun secara positif dan dua arah ini akan membangun ikatan dan kelekatan antara anak dan orang tua yang baik. Selain itu, anda dapat memahami alasan mengenai cita-cita, hobi dan kesukaannya tersebut.

Dari situlah anda dapat mencatat apa yang disampaikan oleh anak demi menemukan minat dan bakat anak. Lakukan juga pengamatan pada anak ketika ia sedang melakukan sesuatu yang ia sampaikan tadi. Perlu diingat bahwa setiap anak itu unik, berbeda anak berbeda pula minat dan bakat anak nya.

3. Biasakan Anak Berinteraksi

Biasakan Anak Untuk Selalu Berinteraksi
Biasakan Anak Untuk Selalu Berinteraksi

Selain membangun komunikasi dengan anda sebagai orang tua, biasakan anak berinteraksi dengan orang lain seperti teman sekolah, teman di lingkungan rumah, dengan yang lebih muda atau bahkan dengan yang lebih tua.

Interaksi yang terbangun dengan baik pada anak merupakan salah satu faktor penunjangnya untuk dapat meraih masa depan sesuai dengan minat dan bakat anak. Interaksi diperlukan agar anak yang memiliki keingintahuan yang tinggi tidak ragu belajar dari siapapun dan kapanpun.

Ketika ia dapat melakukan interaksi dengan baik, ia akan dengan mudah berpikir mengenai sesuatu, memahaminya, dan bertanya jika memang belum dapat mengerti. Ini lah pentingnya mendampingi anak ketika sedang belajar dan mendengarkan apa yang sedang ia rasakan karena bisa jadi terselip keinginan yang tidak disadari anak terucap.

Baca Juga: Anak Bermain di Luar Rumah? Siapa Takut, Ini 5 Manfaat Bagi Perkembangannya

4. Konsultasi Dengan Guru

Konsultasi Dengan Guru di Sekolah
Konsultasi Dengan Guru di Sekolah

Setiap sekolah memiliki guru kelas yang mengenal anak anda dengan baik. Anda bisa konsultasikan dengan guru mengenai sikap dan kegiatan anak selama mengikuti pelajaran. Dengan begitu anda dapat mengetahui lebih dalam lagi mengenai minat dan bakat anak.

Anda juga bisa mengikut sertakan anak pada kursus yang sesuai kesukaannya. Dari sini akan terlihat apakah kursus tersebut untuk menunjang bakat atau justru menunjang minatnya. Jika anak merasa kursus yang ia ikuti tidak menyenangkan, anda bisa memberikan kebebasan bagi anak untuk memilih kursus lain yang sesuai dengannya.

Amati juga ekstrakurikuler yang ia pilih dan jalani selama di sekolah. Dari sini juga dapat diketahui minat dan bakat anak. Semakin lama akan semakin terlihat kesukaannya terhadap sesuatu hal secara lebih spesifik.

Perhatikan pula apakah anak memiliki tokoh yang ia idolakan. Hal ini bisa anda bicarakan dengan anak siapa tokoh tersebut dan alasannya mengapa tokoh tersebut menjadi idolanya. Tetapi tetap berikan dukungan pada anak meskipun ia mengidolakan tokoh yang menurut anda “ini siapa?”.

5. Jelaskan Cara Mencapai Cita-Cita Pada Anak

Jelaskan Cara Mencapai Cita-Cita Kepada Anak
Jelaskan Cara Mencapai Cita-Cita Kepada Anak

Ketika anda telah menemukan perkiraan minat dan bakat anak yang sesungguhnya, anda dapat memulai untuk mengarahkan anak kepada tujuannya. Anda bisa menjelaskan kepada anak secara singkat mengenai minat dan bakat ini arahnya kemana.

Jelaskan juga pada anak ketika sedang berbicara dengannya bahwa untuk menuju tujuannya diperlukan bekal yang harus dipupuk dan dilatih dari sekarang. Jika ternyata tujuan anak berada di luar lingkup akademik, anda bisa menjelaskan bahwa akademik juga penting untuk memberikan dasar ilmu baginya.

Baca Juga: 5 Cara Menangani Anak dengan Gangguan Belajar Disleksia

Ketika anak mendapatkan pemahaman ini dari orang tua, ia akan merasa didukung dan disayangi oleh orang tua. Tidak hanya itu, ia akan dengan mudah merencanakan masa depannya berkat fasilitas dan dukungan yang anda berikan untuk menunjang kebutuhan anak.

Rima Mustika
Psychology and art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee. Read Full Profile