in

7 Cara Menghilangkan Rasa Minder Agar Lebih Percaya Diri

Menghilangkan Rasa Minder

Menghilangkan rasa minder pada seseorang tentunya tidak mudah namun juga tidak sesulit yang diperkirakan.

Rasa Minder merupakan pemikiran seseorang akan harga dirinya yang rendah.

Orang dengan rasa minder menilai dirinya tidak layak, tidak berharga, tidak dapat diterima oleh lingkungannya, merasa tidak dicintai, merasa tidak kompeten dan penilaian negatif lainnya terhadap diri sendiri.

Penilaian negatif yang ditimbulkan seseorang yang minder ini dapat membuat perilaku sehari-hari terhambat.

Seharusnya individu tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik namun karena adanya rasa minder ini membuat potensinya tersembunyi. Hal ini bisa membahayakan diri seseorang terhadap pembentukkan karakter dirinya.

Rasa minder sendiri dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan, adanya pola asuh yang protektif dan terus melarang-larang, tidak dipercaya, diremehkan baik oleh teman maupun orang tua, kurang kasih sayang, adanya trauma masa lalu akan kegagalan, pernah dipermalukan di depan umum hingga merasa tidak berdaya karena tidak selevel dengan orang lain yang menurutnya lebih dari dirinya.

Rasa Minder
Rasa Minder

Akibat dari minder ini dapat menimbulkan rasa harga diri rendah, kurang komunikatif, khawatir akan penolakan, kurang berekspresi, suara saat berbicara menjadi pelan, tidak ada kontak mata saat berbicara, adanya perasaan tidak tenang, pesimis, takut mencoba hal baru sehingga sering kali tidak ada perubahan hidup yang meningkat pada orang yang minder.

Lalu adakah cara menghilangkan rasa minder yang perlu kita ketahui? Coba simak tips nya berikut ini.

1. Merawat dan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Rajin Merawat Diri
Rajin Merawat Diri

Menghilangkan rasa minder yang pertama adalah dengan merawat dan menerima diri sendiri apa adanya.

Tampil percaya diri artinya anda memiliki keyakinan diri bahwa anda layak untuk berpenampilan baik yang dapat dilihat oleh orang lain.

Tentunya hal tersebut tidak bisa dicapai jika kamu mengabaikan perawatan diri.

Merawat diri mulai dari melakukan perawatan tubuh dari ujung kaki hingga ujung rambut adalah bentuk dari rasa cinta terhadap diri sendiri.

Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan diri, rapi wangi sehingga anda tidak akan merasa minder ketika bertemu dengan orang lain.

Anda perlu melakukan penerimaan diri dengan menyadari kekurangan dan kelebihan sehingga anda tahu apa yang harus diperbaiki untuk menjadi lebih baik.

Maka anda dapat terhindar dari rasa minder tersebut.

2. Menghargai Semua Pencapaian Diri

Menghargai Setiap Pencapaian
Menghargai Setiap Pencapaian

Anda sebaiknya tetap menghargai pencapaian diri sekecil apapun itu. Karena hal ini merupakan cara menghilangkan rasa minder yang mampu untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Sehingga anda dapat mensyukuri setiap proses perjalanan hidup yang telah anda capai. Hal ini akan menjadi motivasi tersendiri bagi diri anda.

Bisa juga dengan memberikan reward pada diri sendiri ketika berhasil melewati suatu proses penting.

Misalnya dengan memanjakan diri anda dengan membeli makanan kesukaan, pergi ke tempat yang anda sukai, atau melakukan perawatan diri sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri.

Namun tetap batasi pengeluaran anda ya, jangan sampai anda boros. Sesuaikan dengan kondisi keuangan anda.

3. Berpikir Positif

Selalu Berpikir Positif
Selalu Berpikir Positif

Selain menghargai dan merawat diri, anda juga perlu memiliki pemikiran positif sebagai metode menghilangkan rasa minder.

Memang terdengar mudah jika hanya diucapkan, tetapi anda mampu untuk berpikir positif ini. Karena pemikiran positif ini akan memengaruhi rasa percaya diri individu.

Imbangi juga dengan perilaku yang positif. Karena berpikir positif hanya akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan tindakan sehari-hari yang positif pula.

Untuk itu maksimalkan pemikiran anda agar selalu berpikir positif di mana akan menimbulkan perilaku yang positif pula.

4. Tingkatkan Pengetahuan Diri

Meningkatkan Pengetahuan Diri
Meningkatkan Pengetahuan Diri

Dalam hidup memang harus banyak belajar untuk menambah wawasan diri. Hal ini juga dapat menjadi salah satu alternatif menghilangkan rasa minder untuk anda.

Belajar juga sama dengan meningkatkan pengetahuan untuk diri sendiri di mana isinya adalah informasi yang dapat mengasah ketajaman berpikir. Kamu bisa memulainya dengan membangun kebiasaan membaca.

Nah ngomongin tentang kebiasaan membaca, sebelum kita lanjut, coba ketahui dulu 5 Manfaat Membaca Yang Tidak Pernah Kamu Duga Sebelumnya.

Dengan pengetahuan yang luas maka dapat meningkatkan kemampuan diri dalam berbagai bidang untuk lebih percaya diri pada pergaulan.

Tidak hanya itu, pengetahuan yang luas juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas kepribadian, sosial, karir dan pendidikan seseorang.

Apalagi bagi perempuan, jangan takut untuk terus belajar baik akademik maupun non-akademik.

Jangan takut untuk terus naik pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi karena akan berpengaruh pada diri sendiri dan keluarga nantinya.

5. Memiliki Prinsip Hidup

Memiliki Prinsip Hidup
Memiliki Prinsip Hidup

Umumnya individu yang hidup di dunia memiliki prinsip hidup yang berbeda-beda.

Dengan memiliki prinsip hidup maka kepercayaan diri juga dapat meningkat sehingga hal ini merpakan cara menghilangkan minder yang perlu kita anut.

Prinsip hidup yang anda miliki akan membantu mengetahui arah dan tujuan hidup anda sehingga anda tidak akan merasa mudah minder.

Anda juga dapat merasa lebih bahagia ketika prinsip hidup tersebut diterapkan.

Nah, ngomongin tentang prinsip hidup, sebelum lanjut coba baca dulu Prinsip Hidup Yang Harus Kamu Miliki Sebelum Usia 20-an.

6. Aktif

Tidak Menunggu Orang Lain
Tidak Menunggu Orang Lain

Yang perlu diperhatikan ketika anda mencari cara menghilangkan minder adalah anda harus aktif bergerak.

Sebaiknya hindari untuk menunggu orang lain melakukan sesuatu hal terlebih dahulu.

Jika anda yakin dan mampu untuk melakukan hal tersebut anda dapat melakukannya dan selangkah lebih maju dibandingkan diri anda sebelumnya.

Sehingga anda dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Karena kepercayaan diri dapat memengaruhi bagaimana seseorang menajalani hidupnya dan pandangannya terhadap posisi diri dalam keluarga dan masyarakat.

Bayangkan jika anda minder, anda akan enggan menjalani hidup dengan lebih baik hingga menarik diri dari kehidupan sosial yang akan menurunkan semangat hidup anda.

Hal ini dapat menghancurkan diri anda sendiri dan melemahkan kepribadian anda.

7. Memiliki Support System

Lingkungan Positif Cukup Ampuh Menghilangkan Rasa Minder
Lingkungan Positif Cukup Ampuh Menghilangkan Rasa Minder

Poin selanjutnya sebagai cara menghilangkan minder adalah dengan mencari dukungan dari support system yang anda miliki.

Support system cukup penting bagi hidup anda layaknya pendorong dan pemotivasi anda dalam kehidupan sehari-hari karena manusia adalah mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.

Sehingga anda pasti membutuhkan bantuan dari orang lain.

Anda dapat meminta bantuan dari orang terdekat yang anda percayai untuk memberikan masukan, kritik dan juga saran membangun bagi hidup anda.

Sebaiknya pilih circle support system yang memang memahami dan mengerti betul situasi dan permasalahan anda.

Dengan demikian anda bisa mendapatkan semangat dan dapat memupuk kepercayaan diri lebih baik.

Kepercayaan diri yang dipupuk dengan baik dapat membantu anda untuk mencegah dan menghilangkan rasa minder yang datang.

Lingkungan tempat kita tinggal adalah tempat di mana kita mengaktualisasikan diri sehingga orang lain dapat mengenal kita lebih baik.

Untuk dapat mengaktualisasikan diri dengan baik anda membutuhkan kepercayaan diri yang dipupuk dengan baik sehingga anda dapat dengan bebas mengekspresikan diri. Melalui kebebasan ini orang di sekitar anda akan lebih mudah mengenali anda dengan segala potensinya.

Dengan begitu anda dapat terhindar dari pikiran negatif yang dapat membuat diri anda sendiri menjadi minder karena melihat orang lain yang lebih unggul dari anda.

Jadi cintai diri anda sendiri terlebih dahulu, introspeksi diri dengan baik untuk mengetahui kekurangan diri anda dan anda dapat terhindar dari rasa minder.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.