in , , ,

5 Cara Paling Efektif Menghilangkan Pikiran Negatif

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif
Pikiran Negatif

Apakah kamu sedang bergumul dengan pikiran negatif dan berusaha mencari cara untuk menghilangkannya?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa negatifitas yang muncul dalam dirimu atau yang berasal dari sekitarmu bisa menjadi racun dalam pikiran.

Dimana pada akhirnya akan membunuh kreatifitas sehingga menahanmu untuk mendapatkan kehidupan yang diinginkan.

Dan selanjutnya kita juga perlu mengetahui bahwa membesar-besarkan masalah kecil sehingga mengganggu diri sendiri selama berhari-hari bahkan lebih adalah tanda bahwa seseorang memiliki pikiran negatif.

Mungkin ini sudah seperti bangunan yang kokoh sehingga setiap waktu, setiap kejadian, dimana pun dan kapan pun selalu muncul pikiran negatif. Dan tampaknya juga sangat sulit untuk melihat sisi baik dari banyak hal. Begitukah yang kamu alami?

Jika benar begitu, mari simak bagaimana cara agar menghilangkan kebiasaan berpikir.

1. Pahami Cara Kerja Pikiran Agar Lebih Mudah Mengendalikannya

Mamahami Cara Pikiran Bekerja
Mamahami Cara Pikiran Bekerja

Dalam segala aspek kehidupan kita selalu menggunakan dua macam pikiran yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Menurut penelitian dalam sehari-sehari kita hanya menggunakan 10-20 % pikiran sadar, maka artinya kita 80-90 % tindakan dan pikiran kita dikendalikan secara otomatis oleh pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar kita sangatlah cerdas dalam membandingkan, membuat keputusan, menganalisa dan mengidentifikasi informasi. Sementara pikiran bawah sadar kita adalah hasil dari memori yang tersimpan, kebiasaan, kepercayaan, emosi, kreatifitas dan intuisi.

Jadi katakanlah kamu sedang dihadapkan pada tiga pilihan minuman yaitu kopi, teh manis dan jus. Dari ketiga minuman itu manakah yang kamu pilih?

Setelah memilih satu dari ketiganya, coba analisa lagi darimana keputusan itu berasal. Apakah dari masa lalu? contohnya kamu pernah memiliki kenangan manis bersama seseorang saat minum kopi.

Atau keputusan itu memang ril? contohnya kamu memilih teh karena kamu memang ingin meminum teh pada saat itu juga.

2. Gunakan Kesadaran Untuk Menganalisa Pikiran

Meningkatkan Kesadaran Diri
Meningkatkan Kesadaran Diri

Saat kamu berpikir negatif terhadap sesuatu, coba analisa darimana datangnya pikiran itu. Seringkali jawabannya datang dari masa lalu, contohnya kebiasaan dan kepercayaan.

Katakanlah kamu terbiasa bersalaman dengan orang lain karena percaya hal itu dapat menambah keharmonisan.

Lalu suatu ketika kamu bertemu seseorang dan ia tidak memberi salam juga tidak menyalam tanganmu, maka secara otomatis kamu berpikir bahwa ia orang yang sombong, tidak punya adab, tidak punya sopan santun dan sebagainya.

Seperti itulah pikiran bawah sadar kita bekerja yang secara otomatis sangat mudah menilai orang lain.

Sementara jika menggunakan pikiran sadar, maka tentulah kita akan menganalisa dan mempertanyakannya terlebih dahulu tanpa memberikan penilaian.

Sebab pikiran sadar kita sangat cerdas dan ia tidak langsung menerima informasi mentah-mentah tetapi memfilternya lalu mencari tahu kebenarannya, setelahnya barulah menyimpulkan.

3. Paksa Dirimu Untuk Mencari Sisi Baik Dalam Banyak Hal

Berusaha Berpikir Positif
Berusaha Berpikir Positif

Jika kamu berada di kondisi yang tidak kamu inginkan dalam hidup, maka pikiran negatif akan lebih mudah muncul.

Jauh-jauh, ini hanya sebagai contoh saja. Katakanlah di kantor rekan kerja kamu sedang bertengkar, lalu tiba-tiba mereka menyeret namamu ke dalam masalah yang ada.

Apa yang akan kamu lakukan dan apa yang hadir dalam pikiranmu di kondisi ini? Jika yang hadir adalah pikiran negatif maka tak perlu mempermasalahkannya karena itu sangatlah wajar.

Tetapi sekarang apakah kita membiarkan pikiran negatif itu mengendalikan tindakan atau menghalangi kita untuk merasa lebih baik?

Jika kamu tidak ingin dikendalikan oleh negatifitas, maka coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apa satu hal baik dari situasi ini?
  • Apa hal yang kamu lewatkan di situasi ini agar suatu saat kamu bisa memperbaikinya?
  • Adakah satu hal saja dari situasi ini yang bisa menjadi pelajaran?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menggunakan pikiran sadar akan membantu kita merasa lebih baik, tak hanya itu tetapi juga membuat kita menjadi lebih berkembang.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Positif Agar Lebih Nyaman Dengan Diri Sendiri

4. Berhenti Menduga-duga dan Berprasangka Buruk

Berpikir Negatif
Berpikir Negatif

Menebak-nebak apa yang orang pikirkan dan berprasangka buruk terhadap orang lain mungkin sudah menjadi hal yang biasa dalam kehidupan kita sehari-hari.

Semisal, ketika kamu sedang mengendarai sepeda motor lalu berpapasan dengan seseorang yang kamu kenal. Kamu tersenyum tetapi ia tidak membalas senyummu. Lalu kamu langsung menduga bahwa ada sesuatu yang salah.

Kemungkinannya adalah kamu akan berpikir seperti “Dia tidak mau senyum pasti karena aku menaiki motor butut ini” Atau “Ah dia sudah sukses. Dasar orang kaya sombong!”.

Lalu setelahnya saat bertemu di waktu, tempat dan suasana yang berbeda dengan orang yang sama, kamu tidak mau memberi senyum kepadanya karena masih menyimpan pemikiran negatif.

Seperti itulah cara kerja pikiran negatif menghancurkan hubungan kita. Jika kamu sudah memahami ini, maka berhentilah menduga-duga atau berprasangka buruk.

Sebab ketika seseorang tidak membalas senyum kita, bisa jadi ia sedang memiliki masalah hidup yang sebenarnya tidak berhubungan dengan kita atau bisa jadi ia memang tidak melihat kita karena sedang menghayal.

Banyak alasan-alasan yang sebenarnya sangat kompleks tentang mengapa seseorang melakukan sesuatu, maka janganlah menduga-duga seolah kita tahu segala isi pikiran orang.

Baca Juga : Kenali Jenis Gangguan Kecemasan Dan Cara Penanganannya

5. Latih Dirimu Untuk Lebih Banyak Bersyukur

Berlatih Bersyukur
Berlatih Bersyukur

Penelitian membuktikan bahwa rasa syukur dapat mengubah persepsi seseorang yang awalnya negatif menjadi positif, serta membuat hati lebih bahagia.

Dan sebaliknya, kurangnya rasa syukur dapat menghalangi kita dari kebahagiaan sehingga pikiran pun dipenuhi oleh pikiran-pikiran yang negatif.

Kita perlu meningkatkan kesadaran bahwa apa yang kita miliki sangatlah berharga. Cobalah berkeliling kota dan lihatlah orang-orang yang membawa kendaraan mewah.

Perhatikan mimik wajah mereka, apakah kamu melihat mereka tersenyum di atas kendaraan mewahnya?

Hal ini cukup membuktikan bahwa pikiran negatif dan pikiran positif tidaklah berasal dari kemewahan, tingginya jabatan dan sebagainya, tetapi ia berasal dari rasa syukur.

Setiap malam menjelang tidurmu, tuliskan kata maaf, cinta dan terima kasih pada semua yang sudah kamu lalui. Setelahnya maafkanlah dirimu sendiri, cintai dirimu sendiri dan ucapkan terimakasih kepada dirimu sendiri yang sudah berjuang hingga saat ini.

Akhir Kata

Sudah menjadi sifat manusia pada umumnya fokus pada hal negatif dan mengabaikan positif. Tetapi kita juga memiliki potensi untuk selalu melihat sisi baik dari berbagai hal karena manusia memiliki kehendak bebas.

Penting untuk selalu diingat bahwa segala sesuatu yang kita ucapkan, kita pikirkan dan kita lakukan ada dalam kendali diri sendiri.

Jika keadaan saat ini, orang-orang atau masa lalu mengacaukan pikiran dan membuat kita kehilangan kendali, maka gunakan poin-poin yang sudah tertulis diatas untuk menghilangkan pikiran negatif dan mengubahnya menjadi positif.