in , , ,

10 Cara Dahsyat Meningkatkan Harga Diri yang Terpuruk

Cara Meningkatkan Harga Diri-2
Cara Meningkatkan Harga Diri-2

Kurangnya harga diri membuat kita terlihat seperti sampah yang tidak bernilai di mata orang lain, bahkan saat bercermin pun kita seperti ingin memukul wajah orang yang ada dalam cermin itu.

Kita sudah berusaha berpikir positif, berprasangka baik dan tetap saja tak menemukan validasi bahwa diri kita berharga.

Kita sering mengeluh tentang bagaimana hidup ini tidak adil, tentang orang-orang yang begitu kejam, dan tentang segala permasalahan yang kita alami. Namun ternyata kita tidak menyadari apa masalah sebenarnya.

Masalah sebenarnya mengapa kita tidak bahagia dalam hidup adalah karena kurangnya harga diri. Ketahuilah orang yang tidak menghargai dirinya sendiri akan sulit menerima penghargaan dari orang lain.

Jika kamu merasa memiliki harga diri yang rendah, kamu dapat mempelajari beberapa tips berikut untuk meningkatkannya.

1. Pahami Arti Harga Diri

Defenisi Harga Diri
Defenisi Harga Diri

Harga diri adalah suatu kesadaran bahwa kita layak diperlakukan dengan baik dan memperlakukan diri sendiri dengan baik.

Seperti mencapai suatu prestasi, kita mendapatkan penghargaan dan kita pun memang merasa layak mendapatkannya. Tetapi harga diri, bukan hanya soal pandangan sosial atau penghargaan dari pihak eksternal.

Harga diri sangat mirip dengan kepercayaan diri sehingga terkadang kita sulit untuk membedakannya. Harga diri lebih menjelaskan tentang siapa diri kita terlepas dari apa yang kita lakukan meskipun saling berkaitan.

Sementara kita juga sering terjebak dalam kekeliruan mengartikan makna harga diri menjadi sesuatu yang mendekati sifat narsistik.

Narsisis selalu menganggap bahwa dirinya lebih hebat dari yang lain, tetapi orang narsistik mengekspresikan rasa bangga terhadap diri sendiri dengan berlebihan.

Sementara orang yang menjaga harga diri hanya tidak membiarkan dirinya berlama-lama dalam kondisi yang merugikan. Dalam psikologi, harga diri adalah tentang penerimaan diri.

Setiap orang tentu sulit menerima diri sendiri dalam keadaan yang merugikan seperti dihina, disakiti dan segala hal yang tidak baik.

Maka penerimaan diri akan lebih mudah didapatkan dengan mengetahui kemampuan kita serta dengan pencapaian-pencapaian yang kita buat.

2. Banyak Membaca Untuk Menambah Pengetahuan

Rajin Membaca
Rajin Membaca

Sebab harga diri sulit untuk didapatkan dalam kondisi yang tidak baik, maka kita perlu meningkatkan kualitas diri. Banyak cara untuk meningkatkan kualitas diri dan salah satunya adalah dengan menambah pengetahuan.

Kamu akan lebih mudah menghargai diri sendiri ketika kamu mengetahui dimana letak nilai atau kualitasmu. Membaca adalah cara terbaik dalam menambah pengetahuan yang bisa meningkatkan kualitas diri kita.

Dan tentunya membaca buku yang dimaksudkan adalah buku-buku yang berisi berbagai macam ilmu pengetahuan. Sebab orang yang memiliki harga diri terlihat dari apa yang ia baca dan apa yang ia tonton.

Orang yang menghargai diri sendiri pasti tahu apa yang harus ia lakukan untuk menghabiskan waktu kosongnya dengan melakukan hal-hal yang menambah kualitas dirinya dengan membaca buku.

Jika kamu tidak memiliki buku untuk di baca maka pergilah ke perpustakaan. Atau jika hal itu pun terlalu sulit, maka hal terakhir adalah menonton video-video yang memotivasi, menambah ilmu dan berdampak positif.

Hal tersebut juga merupakan bagian dari usaha mengembangkan dirimu. Coba pelajari 5 Alasan Mengapa Pengembangan Diri Itu Sangat Penting.

3. Mulai Berkata Tidak Untuk Hal yang Bukan Kamu

Berani Berkata Tidak
Berani Berkata Tidak

Untuk menaikkan harga diri, kamu harus menetapkan batas-batas yang tidak bisa ditolerir. Tetapkan prinsip hidup dan nilai-nilai kamu dalam memilih hubungan, memilih pekerjaan dan sebagainya.

Setelah kamu menetapkan prinsip hidup, maka saatnya berkata tidak untuk hal-hal yang bukan kamu. Dan kembali lagi sebelum menetapkan prinsip hidup, kamu perlu mengenali diri sendiri.

Orang-orang sering merasa tidak berharga karena ia tidak mengenal siap dirinya. Dan semakin tak berharga lagi sebab ia terombang-ambing oleh omongan orang.

Saat kamu berkata tidak, bukan berarti orang-orang akan membenci dirimu. Katakan tidak dan lakukan apa yang memang dirimu maka  seiring waktu orang lain akan menghargai kamu.

4. Berdamai Dengan Diri Sendiri

Berdamai Dengan Diri Sendiri
Berdamai Dengan Diri Sendiri

Cara yang mungkin lumayan sulit dalam meningkatkan harga diri adalah ketika kita harus berdamai dengan diri sendiri.

Artinya kita ikhlas dengan masa lalu yang buruk, kita menerima segala yang menjadi kekurangan dalam diri kita dan memaafkan kesalahan sendiri.

Ciri-ciri orang yang sudah berdamai dengan diri sendiri adalah mereka menerima dirinya dengan penuh cinta karena ia paham betul bahwa ada sesuatu dalam hidup yang bisa diubah dan ada yang tak bisa diubah.

Di perlukan kesadaran dalam setiap kondisi agar kita merasa lebih damai dan tenang. Kita perlu sadar bahwa tak ada yang buruk dalam hidup, semua hanya terlihat buruk namun sebenarnya baik.

5. Menjaga Penampilan dan Menjaga Kesehatan

Menjaga Penampilan
Menjaga Penampilan

Meningkatkan harga diri artinya kita perlu memperbaiki kualitas diri kita baik secara fisik mau pun mental. Dan dalam hal fisik tentu saja yang perlu diperbaiki adalah penampilan dan kesehatan.

Dalam budaya modern, orang-orang menilai kita dari kesan pertama yaitu 3 detik saat pertama kali memandang penampilan kita.

Namun terlepas dari penilaian eksternal, tentu sangat penting menggunakan pakaian yang membuat diri sendiri merasa nyaman.

Setelahnya menjaga kesehatan, yaitu dengan olahraga dan makan makanan sehat. Dengan perawatan diri yang baik, secara otomatis kita telah meningkatkan harga diri.

6. Mengontrol Diri Untuk Hal-Hal yang Negatif

Mengontrol Diri
Mengontrol Diri

Kita perlu mengontrol diri dari hal-hal negatif untuk meningkatkan nilai diri. Dalam hal ini yang dimaksud adalah kebiasaan kita sehari-hari.

Kebiasaanmu menentukan siapa kamu. Maka biasakan diri dengan hal-hal yang positif untuk meningkatkan harga diri.

Tidak akan cukup hanya dengan berpikir positif, segala sesuatu butuh aksi. Saat pikiran positif sudah terbukti jelas dengan tindakan positif, maka artinya kamu sudah meningkatkan harga diri.

Mungkin di awal, mengubah kebiasaan akan terasa berat dan mungkin sebaik apapun kamu berusaha, orang-orang akan berkomentar negatif tentang dirimu.

Tetapi jangan menyerah, berusahalah terus memperbaiki kebiasaan tersebut sebab seiring waktu kebiasaanmu akan menjelaskan seberapa berharganya dirimu.

7. Mengubah Mindset Dalam Memandang Diri Sendiri

Mengubah Mindset
Mengubah Mindset

Kita tahu ada hal-hal yang bisa diubah dan yang tak bisa diubah. Sesuatu yang tidak bisa diubah adalah kepribadian dan masa lalu.

Sementara hal yang bisa diubah adalah pola pikir dan pola hidup atau kebiasaan. Ubah cara berpikir dalam memandang diri sendiri agar kamu lebih berharga.

Pikiran adalah sesuatu yang sangat liar jika kita tidak berusaha mengontrolnya. Seseorang merasa dirinya tidak berharga bukan karena itu memang benar, tetapi karena ia berpikir bahwa itu benar.

Setel ulang pikiran dengan berkata pada diri sendiri sesuatu yang baik. Dalam pelatihan, orang-orang yang kurang memiliki kepercayaan diri disuruh mengulang kalimat “Saya akan menjadi orang sukses!”.

Tetapi jika kamu merasa sedang berada dalam kondisi yang buruk, ubah kalimatnya menjadi “Saya akan bertahan sampai saya berhasil”

8. Berhenti Mengkritik Diri Sendiri

Berhenti Mengkritik Diri Sendiri
Berhenti Mengkritik Diri Sendiri

Harga diri juga dinilai dari bagaimana cara kita berpikir. Pikiran menentukan siapa kita di pandangan umum karena semua yang tampak diluar adalah hasil dari proses berpikir.

Kita tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum karena ada pikiran negatif seperti “Kamu tidak berguna!” “Orang-orang tidak akan mendengarkanmu!”

Pikiran-pikiran negatif yang terus muncul berulang-ulang lama kelamaan akan mendapatkan validasi sehingga kita berpikir bahwa itu benar.

Semisal, kamu ingin membuat suatu karya, tetapi setiap melakukannya ada pikiran negatif yang muncul untuk mengkritik diri sendiri seperti “Ah, aku pasti gagal!”

Dengan berpikir negatif terhadap diri sendiri saja sebenarnya kita sudah menunjukkan bahwa kita tidak bernilai.

Harga diri melibatkan sesuatu dalam diri kita yang lebih dalam. Tentang keyakinan dan mental, bukan hanya tentang apa yang kita lakukan.

9. Buktikan Kemampuan Lewat Hal yang Nyata

Buktikan Dengan Hal Nyata
Buktikan Dengan Hal Nyata

Bagaimana mungkin mendapatkan pencapaian jika kita tidak pernah mencoba? Bagaimana mungkin kita bisa berhasil jika masih takut gagal?

Kembangkan kompetensi kamu dalam suatu bidang, semisal jika kamu mampu membuat karya lukisan yang baik, maka tunjukkan hasil karyamu kepada orang-orang. Jadikan itu berharga!

Sementara di era modern saat ini, kita terlalu sibuk membanding bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tetapi jangan biarkan semua itu menjadi beban pikiran.

Ketika kamu hanya memendam semua dalam pikiran tanpa membuktikannya lewat tindakan yang nyata, maka tak ada yang memandang bahwa kamu berharga.

Hiduplah dalam realita. Sebab pikiran sangat liar dan bisa membuat dirimu tidak berharga.

10. Menjadi Orang yang Tulus dan Empatik

Ketulusan Hati
Ketulusan Hati

Hidup akan menakutkan ketika kita menggunakan topeng dalam panggung drama. Jadi kan dirimu berharga dengan menjadi apa adanya di depan orang lain.

Tulus bukan hanya soal memberi, tetapi juga menerima. Adakalanya memberi, karena kita memang perlu memberi. Menurut pakar psikolog, memberi hadiah kepada orang lain dengan tulus akan mengurangi beban kita.

Saat kamu kesulitan mencari dimana letak nilai diri, harga diri dan kepercayaan diri. Cobalah pergi ke tempat-tempat dimana kamu bisa merasa lebih baik, seperti panti asuhan, panti jompo atau rumah sakit jiwa.

Setelah melihat mereka, kamu akan merasa bahwa akal sehat yang kamu miliki itu sangat berharga. Setelah melihat mereka, kamu akan menyadari bahwa usia yang kamu miliki saat ini sangat berharga.

Seumpamanya takkan mampu kita menemukan jarum di kamar yang gelap. Takkan mampu kita meningkatkan harga diri tanpa hati yang tulus dan empatik!

Baca Juga :

Akhir kata, Sang Pencipta tak mungkin bermaksud jahat menciptakan kita ke dunia ini. Sadarilah bahwa kita semua memiliki potensi yang luar bisa dan nilai yang sama di mata Sang Pencipta.

Ketidaksempurnaan adalah sesuatu yang dimiliki semua orang. Maka jangan melihat bagaimana kondisimu, tetapi lihatlah potensimu. Lihat lebih jauh lagi ke dalam dirimu, disanalah nilai diri kita yang paling tinggi.