in ,

Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak Agar Lebih Fokus

Cara Meningkatkan Konsentrasi
Cara Meningkatkan Konsentrasi

Otak yang kurang fokus membuat segala aktivitas terkendala. Lebih sulit lagi sebab di era yang saling terhubung ini, gangguan tidak hanya berasal dari satu titik saja.

Kemampuan mengendalikan pikiran sendiri dengan kesadaran penuh dan penuh konsentrasi sangatlah penting, mengerahkan seluruh kekuatan mental untuk fokus pada satu titik untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan kita.

Penyebab otak tidak fokus tentunya bisa datang darimana saja, tapi hal itu tak penting lagi. Sekarang kita hanya perlu memikirkan latihan apa yang perlu dilakukan untuk mengembalikan konsentrasi kita.

Melatih otot mental agar mudah dikendalikan dan fokus tentu tidak mudah, sebab jika hal itu mudah maka saat ini tak banyak orang yang mempermasalahkannya.

Dibutuhkan latihan yang terus menerus dan upaya yang nyata jika ingin fokus maksimal kapan pun dan dimana pun.

Berikut Tips dan Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak Agar Lebih Fokus!

1. Berhenti MultiTasking dan Hilangkan Pengganggu

Berhenti Multitasking
Berhenti Multitasking

Kita sering meremehkan banyak hal yang bisa mengganggu konsentrasi dalam belajar atau bekerja. Mungkin suara musik yang terlalu keras, teman yang terus datang dan berbicara atau notifikasi yang terus berbunyi di kotak masuk.

Orang-orang selalu meyakini bahwa mereka lebih hebat dari apa yang mampu dilakukan. Sebuah keyakinan yang membuat kita keliru dan malah menjadi penghalang bagi otak untuk fokus.

Tahukah kamu? Multitasking itu hanya mitos.

Tidak ada otak manusia yang bisa fokus pada banyak hal, yang ada otak kita bekerja berpindah-pindah fokus dari satu hal ke satu hal lainnya. Hal itu menyebabkan otot mental kita mudah lelah dan kehilangan fokus.

Para peneliti menyatakan bahwa multitasking mengurangi konsentrasi otak hingga 40%!

Jika kamu ingin lebih fokus dan konsentrasi dalam bekerja/belajar, maka berhentilah mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan. Berikan perhatikan kamu sepenuhnya pada satu hal dengan Single tasking.

Baca Juga : 6 Cara Menghilangkan Rasa Malas dan Menjadi Lebih Produktif

2. Melatih Mindfullness Sepanjang Hari

Mindfulness
Mindfulness

Mindfullness berarti fokus dengan sepenuh kesadaran dengan apa yang ada didepan mata. Lakukan meditasi mindfullness setiap pagi saat bangun dan malam hari beberapa saat sebelum tidur.

Namun para pakar telah menemukan bahwa teknik mindfullness juga bisa dilakukan sepanjang hari, kamu hanya perlu memperlambat napas dan mengaktifkan mata sepenuhnya secara detail.

Semakin kamu memaksa otak untuk bekerja lebih cepat, maka selama itu kamu kesulitan untuk fokus. Lambatkan napas, lambatkan aliran darah dan detak jantung, tenangkan dirimu, rileks.

Sadari bahwa semua sedang berjalan lambat. Tanamkan di pikiran bahwa waktu berjalan sangat lambat dan kamu sedang menunggu sesuatu.

Terkadang kita sudah berusaha fokus, memperhatikan, tetapi pikiran masih saja gelisah, cemas dan tak tentu arah mengawang ke suatu tempat, jika begitu yang kamu alami, maka saatnya untuk memperlambat.

Ambil pernapasan perut. Caranya tarik napas perlahan dan lebar kan perut, tahan beberapa saat, lalu lepaskan. Ulangi sebanyak yang kamu rasa cukup.

Jenis pernapasan ini dapat membuat tubuh menjadi rileks dan pikiran melambat alias tidak tergesah-gesah.

Baca Juga : 5 Hal Ini Akan Membantumu Tetap Fokus Pada Impianmu

3. Pikirkan Target yang Ingin Kamu Tuju

Pikirkan Target Yang Kamu Tuju
Pikirkan Target Yang Kamu Tuju

Membangun mental yang kuat dan mampu berkonsentrasi setiap saat bukanlah sesuatu yang mudah. Para atlet idola yang sering meraih banyak medali pun bersusah payah melatih konsentrasinya setiap hari.

Jika kamu sudah memiliki tujuan tertentu, namun sering teralihkan oleh hal-hal yang tidak penting maka sekarang saatnya untuk kembali dari awal lagi.

Langkah pertamanya, kita harus mengerti dampak-dampak gangguan yang datang. Setelahnya akhiri dengan rumus “Bagaimana-jika”

Semisal, bagaimana jika pekerjaan tidak selesai tepat waktu?

Dengan cara itu, kamu bisa menentukan ulang target yang ingin di tuju. Mulailah dari target-target kecil namun iringi dengan menempatkan nilai waktu yang berharga didalamnya.

4. Meningkatkan Konsentrasi Dengan Latihan Fisik Sederhana

Latihan Fisik Sederhana
Latihan Fisik Sederhana

Teknik mindfullness itu seperti obat bius, bisa menghilangkan gangguan pikiran dalam beberapa namun setelahnya bisa saja gangguan itu kembali lagi.

Dan mungkin menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya secara terus menerus. Jika kamu ingin tetap fokus sepanjang waktu, melatih fisik dan meditasi secara rutin dapat meningkatkan konsentrasi kita dalam jangka waktu yang panjang.

Beberapa penelitian menyimpulkan satu gerakan aerobik bagi orang dewasa sudah cukup untuk membuat aliran darah kembali normal.

Seperti yang kita tahu, stress adalah reaksi kimia di dalam tubuh yang membuat kita merasa tertekan dan sulit konsentrasi. Maka sangat di sarankan untuk rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar dan aliran darah normal.

Ketika bangun tidur, lakukan meditasi dengan cara duduk tegak dan pejamkan mata, lakukan pernapasan perut dan rilekskan pikiran selama 20 menit.

Setelah lakukan olahraga sederhana seperti berjalan kaki atau berlari kecil sekitar 20 menit. Dampaknya selain mendapatkan konsentrasi dalam aktivitas sehari-hari, pelan-pelan kamu juga telah menjalankan pola hidup sehat dan teratur.

5. Teguk Minuman yang Menjadi MOODBOOSTER Kamu!

Minuman Moodbooster
Minuman Moodbooster

Banyak orang memilih menyeduh kopi di pagi hari, katanya sih agar lebih fokus dan semangat saat bekerja. Ya, tentu saja benar. Tapi, ada cara yang lebih efektif jika kamu suka kopi.

Di pagi hari, tentunya semua orang sudah bersemangat tanpa harus minum kopi. Terlebih lagi jika kamu sudah melakukan meditasi dan olahraga.

Maka cara terbaik untuk ngopi adalah disaat yang tepat dan benar-benar butuh penyemangat. Ada jam-jam dimana konsentrasi kita mulai menurun, jika kamu sudah merasakannya maka itulah saat yang tepat untuk menyeduh minuman favoritmu.

Bukan hanya kopi, ada beberapa minuman yang juga bisa membuat otak kita lebih aktif, seperti teh hijau dan berbagai macam jenis minuman teh lainnya.

Jika kamu tidak menyukai kopi dan teh, solusi akhir mungkin mengkonsumsi suplemen peningkat fungsi otak.

Poin-poin diatas sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi, hanya saja mungkin kamu akan merasa kewalahan karena setiap perubahan itu memang sulit untuk dilakukan.

Maka untuk memperkuat mental agar tidak mudah goyah, kita perlu belajar bermeditasi seperti yang tertulis dibawah ini.

Baca Juga : 9 Makanan Dengan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Otak

Tips Tambahan: Belajar Meditasi Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Meditasi
Meditasi

Jika kamu adalah seseorang yang selalu aktif dan tak bisa duduk tenang, mungkin kamu akan mengeluh “mengapa aku harus diam menutup mata dan menghabiskan waktuku!!”

Tapi tunggu dulu, sadarkah kamu terkadang kita terlalu buru-buru menyimpulkan sesuatu sehingga menjadi keliru. Coba pahami dulu apa itu meditasi dan mengapa kita perlu melakukannya.

Saat sesuatu sudah memiliki arti mungkin kita akan memasukkannya ke dalam jadwal atau rutinitas sehari-hari. Nah, untuk mengetahui apakah meditasi itu penting atau tidak, ketahui dulu beberapa manfaatnya, seperti berikut:

  • Kamu tidak lagi memusingkan hal-hal kecil
  • Lebih peka terhadap diri sendiri dan orang lain
  • Membuatmu merasa lebih hidup dan memiliki makna hidup
  • Membantu meningkatkan konsentrasi
  • Menumbuhkan ketenangan dalam batin

Meditasi tidak hanya dilakukan dengan duduk diam saja. Dimana pun dan kapan pun kamu bisa belajar meditasi untuk meningkatkan konsentrasi.

Jika kamu tertarik untuk mencoba meditasi secara rutin, maka kamu bisa mempraktekkan beberapa teknik meditasi seperti berikut:

  • Tutup lubang hidung sebelah kanan, hirup udara dari kiri lalu tutup lubang hidung kiri dan keluarkan napas dari kanan. (ulangi)
  • Tutup mata. Duduk bersandar dan lambatkan napas.
  • Bernapas melalui hidung, lebarkan perut, tahan lalu keluarkan dari mulut.
  • Sambil berjalan diantara pepohonan, tegakkan bahu dan bernapas penuh kesadaran. Rasakan sensasi alam.
  • Sambil mandi. Rasakan air menyentuh kulit kepala dan tubuh. Tutup mata dan lakukan penuh perhatian pada diri sendiri.

Sekianlah artikel tentang cara meningkatkan konsentrasi otak agar lebih fokus. Semoga bermanfaat!

Written by Ilham Damanik

Menyendiri-Merenung-Hening