in ,

Wajib Dicoba, 8 Cara Tepat untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Tidak semua orang memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Bagi orang-orang tertentu, belajar menjadi salah satu kegiatan yang membosankan dan sebisa mungkin dihindari. Penyebabnya ada banyak dan masing-masing orang pasti memiliki alasan mereka sendiri.

Beberapa penyebab kemalasan dalam belajar adalah anggapan bahwa topik yang dipelajari bukanlah topik yang menarik. Selain itu, ada juga yang beranggapan bahwa belajar adalah hal yang melelahkan.

Banyak anak sampai orang dewasa mengalami kesulitan dalam meningkatkan motivasi belajar. Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja. Jika motivasi belajar setiap orang rendah, masa depan pun pasti akan terancam.

Tanpa belajar, kamu tidak akan bisa menjadi orang yang berwawasan luas. Bagaimana kamu bisa mengembangkan kemampuan yang kamu miliki jika motivasimu untuk belajar saja tidak cukup tinggi.

Agar kamu bisa lebih mudah meningkatkan motivasimu dalam belajar, kamu bisa menggunakan 8 cara ini. Berikut penjelasannya!

1. Temukan Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar

Cobalah untuk mencari tahu alasan terbesar kenapa kamu harus belajar. Misalnya saja kamu ingin belajar bisnis karena kamu ingin membangun sebuah bisnismu sendiri nantinya setelah lulus.

Bidang apapun yang kamu pelajari, harus kamu pikirkan dengan baik. Jangan sampai kamu kehilangan motivasi belajarmu di tengah jalan. Sekali kamu mengambil tindakan untuk mempelajari suatu bidang, kamu harus lakukan itu sampai selesai.

Jika kamu menemukan alasan yang kuat untuk belajar, kamu bisa termotivasi kembali setiap mengingatnya. Cara ini pasti akan cukup membantumu dalam meningkatkan motivasi belajarmu.

2. Tentukan Tujuanmu dalam Mempelajari Suatu Hal atau Bidang

Hampir sama dengan alasan, tapi tujuan ini lebih spesifik lagi. Kamu harus tahu dengan pasti apa tujuanmu dalam mempelajari suatu hal. Jangan hanya belajar karena banyak temanmu yang juga mempelajarinya. Karena kamu pun akan berhenti belajar ketika temanmu berhenti melakukannya.

Renungkan kembali tentang tujuanmu dalam belajar. Kamu ingin menjadi seseorang yang seperti apa setelah mempelajari bidang tersebut. Kamu harus bisa menentukan tujuan yang ingin kamu capai. Dengan begitu kamu bisa meningkatkan kembali motivasi belajarmu setiap kali mengingat tujuan yang kamu miliki dalam mempelajari suatu hal.

3. Berikan Sugesti Positif pada Diri Sendiri

Cara yang satu ini cukup efektif loh. Mengingat suatu hal positif terlahir dari pikiran yang positif, kamu pun harus melakukan hal yang sama dalam meningkatkan motivasi belajarmu.

Kamu harus selalu memberikan sugesti yang positif pada dirimu sendiri. Sugesti itu secara perlahan akan membuat mindset-mu menjadi lebih positif lagi dalam memandang sebuah kegiatan belajar.

Katakan pada dirimu sendiri bahwa belajar bukanlah hal yang membosankan. Belajar bukanlah suatu hal yang melelahkan. Belajar bukanlah suatu yang sulit. Asalkan kamu memiliki tekad yang kuat untuk melakukannya.

Cara seperti ini akan meningkatkan semangatmu dalam belajar yang terletak di alam bawah sadarmu. Lakukanlah secara bertahap dan rasakan sendiri hasilnya.

4. Buatlah Manajemen Waktu yang Baik untuk Belajar

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki banyak kesibukan? Jika iya, ada kemungkinan motivasi belajarmu rendah karena kamu terlalu sibuk dengan kegiatan lain. Sehingga pikiran dan fisikmu tidak cukup siap untuk menerima materi pembelajaran.

Akan lebih mudah jika kamu mulai mengatur jadwalmu. Buatlah manajemen yang baik untuk belajar. Meski waktunya tidak lama, setidaknya kamu harus bisa meluangkan sedikit waktu untuk belajar.

5. Gunakan Cara yang Nyaman untuk Kamu Bisa Belajar dengan Baik

Mungkin saja tingkat motivasi belajarmu rendah karena kamu belum menemukan cara yang nyaman untuk bisa belajar dengan baik. Jika ini menjadi masalahnya, kamu bisa menggunakan cara belajar yang kamu suka.

Jika cara yang kamu gunakan untuk belajar bisa membuatmu nyaman, pasti motivasi belajarmu pun akan ikut meningkat.  Carilah cara yang menyenangkan agar kamu bisa lebih semangat untuk belajar.

Jangan lupa untuk memberi variasi juga dalam belajar. Jangan hanya menggunakan satu cara saja. Belajarlah dengan cara yang selalu berbeda agar kamu tidak mudah bosan dan ingin mengakhiri waktu belajarmu.

6. Lakukan Secara Perlahan dan Konsisten

Tidak ada hal yang benar-benar instan di dunia ini. Terlebih dalam hal meningkatkan motivasi belajar. Kamu perlu melakukannya perlahan. Jangan mengharapkan hasil yang cepat.

Syarat lainnya adalah kamu harus bisa konsisten dalam belajar. Jangan hanya melakukannya sekali kemudian hilang tanpa jejak lagi. Semua hal yang baik harus dilakukan dengan langkah yang tepat dan konsistensi yang tinggi.

Jika kamu sudah mulai terbiasa dengan kegiatan belajar, motivasi belajarmu pun akan meningkat dengan seiring berjalannya waktu. Yang perlu selalu diingat, kamu harus konsisten dalam melakukannya.

7. Tinggalkan Kegiatan yang Tidak Membawa Manfaat Untukmu

Kamu sibuk? Coba instrospeksi dirimu sendiri. Apakah semua kesibukan yang kamu miliki adalah kesibukan yang membawa manfaat untuk dirimu sendiri? Jika tidak, lebih baik kamu mulai meninggalkannya.

Jangan menyibukkan diri untuk hal yang hanya dapat merugikanmu atau tidak memberimu manfaat apapun. Kamu hanya akan membuang waktumu dengan percuma jika terus-menerus melakukan hal tak berguna.

Waktu terus berjalan dan tak bisa kembali diulang. Kamu harus selalu mengingatnya agar kamu paham bahwa kamu perlu melakukan banyak hal yang bermanfaat, bukan kegiatan yang justru membawa banyak kerugian untuk dirimu sendiri.

8. Selalu Apresiasi Hasil Sekecil Apapun yang Kamu Dapatkan dari Kegiatan Belajarmu Selama Ini

Yang terakhir adalah selalu mengapresiasi hasil yang kamu dapatkan dari prosesmu belajar. Dengan begitu kamu akan merasa bahwa perjuanganmu selama ini tidaklah sia-sia.

Ketika kamu berhasil mempelajari sesuatu, kamu bisa mengapresiasi dirimu sendiri dengan jalan-jalan atau belanja sesuatu untuk dirimu sendiri. Dengan suasana hati yang baik, motivasi belajarmu pun akan mengalami peningkatan.

Jangan pernah menganggap sepele usaha yang sudah kamu lakukan atau hasil yang sudah kamu dapatkan, tidak peduli sekecil apa hasil tersebut. Lakukanlah hal apapun yang bisa membuat hatimu lebih bahagia.

Baca Juga : 7 Motivasi untuk Kamu yang Sedang Memperjuangkan Profesi Impianmu

Itulah 8 cara memotivasi diri untuk lebih giat belajar. Cobalah untuk menerapkannya mulai dari sekarang. Sesulit apapun sebuah hal untuk dipelajari, jika motivasimu cukup tinggi pasti kamu bisa mengatasi kesulitan itu dengan caramu sendiri.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.