in , ,

5 Cara Menjadi Pribadi yang Tenang Dalam Segala Hal

Cara Menjadi Pribadi Yang Tenang

Banyak dari kita berusaha menonjol dan energik untuk mendapatkan perhatian dari sekitar, namun kenyataannya perhatian orang-orang selalu lebih tertuju pada sosok yang pembawaannya tenang.

Pertanyaannya, mengapa orang yang bersikap tenang selalu lebih mencuri perhatian? Padahal ia tidak melakukan banyak pergerakan dan berbicara pun hanya seperlunya saja. Hal ini tentu menjadi pertanyaan bagi kita.

Ditambah lagi sikap tenang yang ditunjukkan seseorang kerap kali menular kepada orang-orang di sekitarnya. Jika kita memikirkan ini dengan mendalam tentunya ada keindahan di balik sikap tenang seseorang.

Namun sekarang masalahnya bagaimana caranya agar kita juga bisa bersikap tenang dan dewasa? Kamu pasti sering bertanya-tanya tentang hal ini. Nah, agar kamu tidak penasaran lagi, simak 5 cara menjadi orang yang tenang berikut ini!

1. Mulai Dengan Melatih Kesadaran alias Mindfulness

Penerapan Mindfulness
Penerapan Mindfulness

Mindfulness merupakan cabang dari meditasi yang dimana melatih kita untuk sadar akan momen saat ini tanpa bereaksi dan tanpa menghakimi. Menguasai kesadaran penuh ini tidak hanya dilatih untuk menghadapi momen tertentu saja, namun keseluruhan selama menjalankan aktivitas apapun.

Mindfulness juga berarti kita melatih diri untuk hadir sepenuhnya di momen saat ini, tidak terhanyut oleh masa lalu atau masa depan. Dengan kata lain, kita hanya perlu fokus pada satu momen saja, yaitu sekarang.

Tantangannya memang berat, bahwa memori masa lalu banyak sekali yang melekat dan sering muncul dalam bayangan, sementara itu ambisi tentang masa depan juga begitu kuat sehingga kita sulit untuk benar-benar menikmati momen yang ada sekarang.

Namun seberat apapun tantangannya, jika kita mau berusaha pasti bisa. Sebab pada akhirnya semua ini hanyalah bagian dari proses kehidupan, begitu pun momen saat ini-saat kamu membaca artikel ini juga bagian dari proses kehidupan yang selayaknya dinikmati.

Ketergesahan, kecemasan dan ketidaksabaran adalah buah pahit yang berasal dari ketidakmampuan kita dalam menikmati momen saat ini. Maka jika kamu ingin menjadi pribadi yang tenang, mulailah berlatih untuk fokus pada momen saat ini.

Tentang mindfulness, pelajari juga : 6 Manfaat Mindfulness Dalam Suatu Hubungan Percintaan.

2. Menjaga Pikiran dan Emosi Dalam Kondisi Positif

Jaga Emosi Positifmu
Jaga Emosi Positifmu

Melatih pikiran sadar artinya kita juga melatih fokus. Dalam keadaan fokus, tentu saja kita lebih mudah membedakan antara yang positif dengan yang negatif, terutama di dalam diri sendiri saja dulu.

Memang dalam situasi tertentu, orang-orang sekitar bisa memicu emosi atau pikiran negatif dalam diri kita, namun disaat yang bersamaan kita perlu sadar sepenuhnya bahwa kita memiliki kuasa yang mutlak atas diri sendiri.

Artinya, orang lain bisa saja memicu emosi negatif kita, tetapi kita juga bisa mengontrol diri dan tidak bereaksi atas emosi negatif yang mereka alami. Tentu saja kembali lagi pada topik sebelumnya, yaitu dengan cara mindfulness.

Kita bisa tetap tenang dalam situasi yang sedang ricuh sekalipun. Orang lain bisa membuat kita merasakan seperti apa yang mereka rasakan, tetapi mereka tidak bisa menarik kita untuk masuk ke dalam situasi buruk yang sedang terjadi.

Dengan kesadaran penuh, kita bisa memisahkan setiap perasaan yang muncul, saat orang lain memancing kita untuk marah, kita bisa mengatakan kepada diri sendiri seperti “Kemarahan ini bukanlah aku. Aku tenang, damai dan tidak terpengaruh oleh negativitas di sekitar.”

3. Belajar Mengatasi Self-Talk Negatif

Self-Talk Positif
Self-Talk Positif

Selama ini kita diajarkan untuk berkomunikasi yang baik dengan orang lain, tapi pernahkah kita diajarkan cara berkomunikasi yang baik dengan diri sendiri?

Ini sangat penting, sebab disinilah awal dari setiap pengambilan keputusan dan tindakan kita. Self-talk negatif semacam perbincangan dalam pikiran kita yang dipengaruhi oleh emosi negatif.

Semisal, kamu ingin menyebrangi suatu jembatan, lalu muncul pikiran “Bagaimana jika tiba-tiba jembatan itu rusak lalu kamu jatuh ke sungai, hanyut dan tak ada yang menyelamatkanmu?”

Katakan kepada diri sendiri “Ini adalah jembatan yang dipakai warga disini setiap harinya dan tidak ada warga yang jatuh ke sungai hingga hari ini.” Nah, biasanya pada perbincangan pertama self-talk negatif tidak akan langsung berhenti dan pastinya berlanjut lagi, seperti ini:

“Bagaimana jika kamu menjadi orang pertama yang jatuh disini?” Disini kamu perlu menarik napas dalam-dalam lalu lepaskan dan katakan pada dirimu sendiri

“Bisakah kamu berpikir rasional? Jembatan ini pasti kuat. Tidak mungkin ia dipakai sampai sekarang jika berpotensi membahayakan orang-orang.” Saat kamu berhasil mengalahkan self-talk negatif dengan alasan yang rasional maka ia otomatis berhenti dan kamu pun bisa dengan tenang menjalani hidupmu.

Setiap kali self-talk negatif muncul, jangan mencoba untuk mengabaikannya, sebab itulah sistem pertahanan dirimu. Kamu perlu berbicara dengan dirimu sendiri dan memberikan alasan yang benar-benar masuk akal, sebab jika tidak hatimu akan sulit merasa tenang.

4. Meditasi dan Visualisasi

Perbanyak Meditasi
Perbanyak Meditasi

Memang banyak orang yang pembawaannya tenang sejak masa kecil sehingga tidak perlu berusaha keras lagi, sementara kebanyakan kita tidak dan tentunya kita butuh melakukan berbagai usaha untuk memprogram diri sendiri.

Salah satu usaha yang perlu kita lakukan adalah meditasi visualisasi yang dibarengi dengan mengucapkan/mendengarkan afirmasi untuk ketenangan.

Meditasi visualisasi dalam hal ini berarti kamu membayangkan dirimu berada di tempat yang menenangkan juga dengan kondisi emosi yang tenang. Sementara afirmasi berarti kata-kata positif yang ditujukan kepada diri sendiri secara berulang-ulang.

Kata-kata positif yang kita ucap dan dengarkan secara berulang-ulang secara bertahap akan memasuki pikiran bawah sadar dan membentuk pola pikir baru yang pada akhirnya mengubah cara kita dalam bersikap sesuai apa yang kita inginkan.

Sembari melakukan meditasi, kamu bisa sembari mengucapkan kalimat yang sama secara berulang-ulang kepada dirimu sendiri seperti berikut

“Tubuhku sedang mengeluarkan racun negatif. Aku menjadi relaks sekarang. Aku tenang dalam menghadapi segala hal. Aku lebih besar dari setiap ketakutan dan masalah yang ku hadapi. Aku menjadi pusat perhatian karena aku begitu tenang.”

Coba praktekkan secara rutin selama tujuh hari berturut-turut di waktu kamu bangun tidur dan sebelum tidur. Buktikan saja sendiri karena hanya kamu yang akan merasakan perubahan pada dirimu.

5. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Membuang Kebiasaan Buruk
Membuang Kebiasaan Buruk

Sikap yang tenang berasal dari perasaan dan pikiran yang tenang. Jika kamu berusaha tenang, sementara pikiran dan perasaanmu kacau, maka orang lain bisa merasakan bahwa sebenarnya kamu sedang berpura-pura tenang.

Untuk mengatasi segala kepura-puraan ini, ada baiknya kamu meninggalkan segala kebiasaan buruk seperti bermalas-malasan, suka menunda, dan suka menghabiskan waktu untuk menyaksikan, mendengar atau menonton hal-hal yang tidak berdampak positif.

Kecerdasan kita tidak hanya terletak pada otak saja, tetapi juga pada setiap sel di dalam tubuh yang jumlahnya milyaran. Ini artinya, kita tidak bisa membohongi diri sendiri dan pribadi yang kita miliki adalah hasil dari apa yang kita serap selama ini.

Solusinya mudah karena menurut penelitian kebiasaan akan terbentuk jika dilakukan secara berulang-ulang selama 21 hari. Jika sekarang kamu berniat untuk memiliki kebiasaan positif, maka bersiaplah menderita selama 21 hari ke depan.

Namun percayalah, pengorbanan yang kamu lakukan sangat kecil jika dibandingkan dengan hasilnya yang jauh lebih besar. Lakukanlah dari hatimu, karena ini akan berdampak positif pada dirimu juga orang-orang sekitarmu.

Baca Juga : 

Mengkonsep diri untuk menjadi pribadi yang baru memang butuh proses dan harus melewati berbagai macam tantangan, tentunya ini tidak akan terjadi dalam satu malam maka bersabarlah menghadapi dirimu sendiri juga sekitarmu.

Percayalah, kamu tidak bisa menunggu orang lain untuk mengubah dirimu sebab kamulah orang pertama yang bertanggung jawab atas dirimu sendiri. Sekianlah artikel tentang 5 cara menjadi pribadi yang tenang. Semoga bermanfaat!