in

Para Suami Harus Tahu, Ini 9 Cara Ampuh Menundukkan Sang Istri

Cara Menundukkan Istri

Saat menjalani kehidupan rumah tangga, pasti kamu akan merasakan asam manis pahit di dalamnya. Rumah tangga tidak melulu tentang kebahagiaan, tapi juga tentang beragam emosi yang akan kamu rasakan saat menjalaninya. Terlebih bagi kamu yang memiliki sosok istri yang cukup sulit untuk ditakhlukkan.

Sudah bisa dipastikan bahwa menyatukan dua orang dengan karakter yang berbeda bukanlah hal yang mudah. Kamu yang memiliki tanggung jawab sebagai kepala rumah tangga tentunya harus bisa lebih bijak dalam bertindak.

Jika kamu ditakdirkan untuk bertemu dan akhirnya membina sebuah hubungan pernikahan dengan seorang wanita yang keras kepala, artinya kamu Tuhan yakin bahwa kamu mampu membuatnya berubah menjadi sosok yang lebih baik ke depannya. Yang menjadi pertanyaan, apakah kamu sudah tahu cara apa saja yang tepat untuk membuatnya tunduk sebagai seorang istri?

Tidak banyak suami yang bisa menakhlukkan istrinya dengan mudah. Salah satu penyebabnya adalah ketidakpahaman sang suami dalam memilih cara yang ampuh untuk menakhlukkan atau menundukkan istrinya yang keras kepala. Untuk itu, artikel ini akan menunjukkan 9 cara ampuh yang mungkin saja bisa membantumu untuk menundukkan sang istri.

1. Kendalikan Emosimu Terlebih Dahulu

Pria Harus Bisa Mengendalikan Emosi
Pria Harus Bisa Mengendalikan Emosi

Untuk  menghindari masalah yang lebih besar, kamu harus bisa mengendalikan emosimu sendiri. Jangan terpengaruh dengan emosi dan sifat keras kepala yang ditunjukkan oleh istrimu. Take your time. Tunggu sampai kamu benar-benar bisa mengendalikan emosimu dengan baik.

Setelah kamu yakin bahwa emosimu sudah cukup stabil, barulah kamu bisa mengajaknya untuk berdiskusi. Jangan melawannya saat emosimu dan emosi istrimu berada di luar kendali kalian berdua.

2. Cari Tahu Penyebab Keras Kepalanya

Mencari Tahu Penyebab Keras Kepala Istri
Mencari Tahu Penyebab Keras Kepala Istri

Tidak akan ada akibat tanpa sebab yang melatarbelakanginya. Begitu pun dengan sikap keras kepala istri yang sering ditunjukan kepadamu. Sudah pasti ada hal yang memicu sisi keras kepalanya muncul.

Kamu harus bisa mencari tahu penyebab istrimu menunjukkan sisi keras kepalanya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk meredam sifat kerasnya itu. Pikirkanlah dengan jeli, hal apa yang telah membuatnya menjadi sekeras dan seemosi itu.

3. Jangan Menanggapi Sifat Kerasnya dengan Kekerasan Juga

Lemah Lembut Terhadap Istri
Lemah Lembut Terhadap Istri

Ada kalanya kamu lelah menghadapi sifat keras kepala yang dimiliki oleh istrimu. Namun bukan berarti kamu harus menanggapi sifat kerasnya itu dengan kekerasan juga. Api tidak akan pernah bisa padam jika dilawan dengan api.

Kamu harus bisa menjadi air saat dia menjadi api. Saat dia sedang dalam puncak emosinya, kamu harus bisa lebih sabar dan meredam emosimu terlebih dahulu. Jangan mengeluarkan argumenmu ketika kamu sedang dalam emosi yang tak stabil.

Jika kamu sudah merasa lebih tenang, begitu pun dengan istrimu, kemu bisa mengajaknya duduk bersama dan berdiskusi. Dengan begitu, kemungkinan besar kamu akan lebih mudah untuk meluluhkan sifat keras kepalanya.

4. Cari Waktu yang Tepat untuk Berkomunikasi Dengannya

Mencari Waktu Yang Tepat Berbicara Dengan Istri
Mencari Waktu Yang Tepat Berbicara Dengan Istri

Komunikasi adalah salah satu kunci dalam membina sebuah hubungan, termasuk di dalamnya hubungan suami-istri. Sudah selayaknya sebagai pasangan, kamu dan istrimu berusaha untuk membangun sebuah komunikasi yang baik.

Saat ada kesalahpahaman di antara kamu dan istrimu, cobalah untuk membicarakannya secara terbuka. Carilah waktu yang tepat untuk bisa berdiskusi dengan pasanganmu tentang hal yang saat ini kalian hadapi bersama.

5. Jadilah Pendengar yang Baik Untuknya

Mendengarkan Istri Dengan Baik
Mendengarkan Istri Dengan Baik

Menjadi pendengar yang baik adalah hal yang mudah untuk diucapkan namun sulit untuk direalisasikan. Tidak semua orang bisa menjadi sosok pendengar yang baik untuk pasangannya. Inilah salah satu hal yang menjadi pemicu adanya kesalahpahaman dalam menjalani hubungan.

Setiap orang selalu ingin didengarkan, namun tidak semuanya mampu dan mau mendengarkan pasangannya. Nah, untuk menghadapi sifat keras kepala istrimu, hal yang harus kamu lakukan adalah menjadi pendengar yang baik untuknya.

Berikan dia ruang untuk meluapkan apa yang dia rasakan dan pikirkan. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memahami apa yang sebenarnya diinginkan oleh istrimu.

6. Gunakan Bahasa yang Baik Saat Memberikan Nasehat Kepadanya

Menggunakan Bahasa Yang Baik Kepada Istri
Menggunakan Bahasa Yang Baik Kepada Istri

Ucapan yang keluar dari mulutmu harus benar-benar kamu perhatikan. Ingat, pepatah mengatakan bahwa mulutmu adalah harimaumu. Jangan sampai kamu mengucapkan kata-kata yang justru menyakiti hati istrimu.

Semarah apapun kamu, tetaplah berusaha untuk mengucapkan kalimat yang halus. Hindari berbicara dengan nada yang tinggi saat istrimu sedang menunjukkan sisi keras kepalanya.

7. Tetap Menunjukkan Kasih Sayangmu Kepadanya

Tetap Menunjukkan Kasih Sayang Kepada Istri
Tetap Menunjukkan Kasih Sayang Kepada Istri

Jangan karena sikap keras kepala istrimu, kamu berubah menjadi sosok yang cuek. Kamu enggan untuk menunjukkan perhatian kepadanya. Kamu pun jarang mengungkapkan kata-kata sayang untuknya.

Meskipun sikap keras kepala istrimu cukup membuatmu jengkel dan kerap emosi, jangan sampai kamu bersikap cuek kepadanya, ya. Kamu harus tetap menunjukkan kasih sayangmu kepadanya. Buatlah dia tetap merasa nyaman saat bersamamu.

Dengan perhatian dan kasih sayangmu, bukan tak mungkin hal itu bisa meluluhkan sikap keras kepala yang dia miliki. Selain itu, dengan kasih sayang yang kamu tujukan padanya tentu bisa membuat kehidupan rumah tanggamu semakin hangat.

8. Berusaha untuk Tetap Sabar dalam Menghadapinya

Berusaha Tetap Sabar Menghadapi Istri
Berusaha Tetap Sabar Menghadapi Istri

Dengan sifat keras kepala istrimu, kamu harus bisa memiliki kuota kesabaran yang banyak. Tidak mudah untuk bisa menghadapinya jika kamu tidak memiliki kesabaran yang cukup. Tanpa kesabaran yang cukup dari dalam dirimu, kamu tidak akan bisa mempertahankan rumah tanggamu sampai akhir.

Kamu harus bisa mengontrol emosimu dengan baik dan bersabar dalam menghadapi istrimu. Tetaplah bersabar dan tunggulah waktu yang tepat untuk bisa mengambil sikap tegas atas sifat keras kepalanya.

9. Tegas dalam Mengambil Keputusan Tetap Diperlukan dalam Kondisi dan Situasi yang Tepat

Tegas Mengambil Keputusan
Tegas Mengambil Keputusan

Meski kamu harus tetap sabar dalam menghadapi sifat istrimu yang keras kepala, kamu juga tetap ingat bahwa sebagai kepala rumah tangga sikap tegas tetap kamu perlukan. Jangan seolah tidak memiliki keteguhan diri karena dihadapkan dengan sifat keras kepala yang dimiliki oleh istrimu.

Ketika perilaku istrimu sudah melanggar batas, kamu harus bisa mengambil sikap yang tegas. Ada kalanya sebagai seorang suami kamu harus bisa memberi pelajaran atas sikap istri yang sudah keluar dari batasan normal.

Baca Juga :

Nah, itu dia 9 cara yang bisa kamu gunakan untuk menakhlukkan istrimu yang keras kepala. Saat menghadapi sifat keras kepalanya, ingat kembali perjuanganmu dalam mendapatkannya. Sebagai kepala rumah tangga, kamu harus bisa lebih bijak. Jangan sampai kamu salah dalam mengambil tindakan yang tepat untuk menghadapinya.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.