in

5 Cara Menyatakan Cinta Pada Seseorang Tanpa Terkesan Norak

Cara Menyatakan Cinta Pada Seseorang

Semua orang memiliki rasa cinta dalam hatinya, tapi tidak semua bisa menyatakan rasa cintanya. Kita terlalu malu untuk mengekspresikan perasaan kepada orang lain, entah itu sebuah perasaan yang mendalam kepada gebetan, pacar atau bahkan sekedar teman.

Nah, jatuh cinta adalah suatu pengalaman hidup yang paling menggairahkan. Anehnya, kita seringkali tidak menyangka bakalan jatuh cinta kepada orang tersebut. Bisa saja kita jatuh cinta kepada sahabat yang sudah lama saling kenal atau bisa saja kepada seseorang yang bahkan kita tidak mengenalnya sama sekali.

Hal inilah yang menimbulkan ketakutan di hati ketika kita sedang jatuh cinta. Berikut adalah cara yang tidak norak dalam menyatakan perasaan kepada seseorang!

1. Tunjukkan Versi Terbaik Dirimu Namun Tetaplah Menjadi Diri Sendiri

Sebelum kamu menyatakan perasaan kepada seseorang, buatlah dirimu merasa senyaman mungkin agar nantinya tidak grogi dan lebih percaya diri. Tujuannya agar kamu lebih jujur dalam menyatakan perasaanmu dan lebih siap dalam mendengarkan jawaban darinya.

Jadilah versi terbaik dirimu agar kamu lebih merasa percaya diri! Ingat, kunci kepercayaan diri adalah bagaimana cara kita memandang diri sendiri. Jadi, pakailah out fit terbaikmu dan berdirilah di depan kaca, bagaimana kamu memandang dirimu sekarang? Apakah kamu sudah merasa keren?

Perkara keren atau tidak, setiap orang memiliki definisi yang berbeda-beda maka jadilah dirimu sendiri, jadilah sesuatu yang menurutmu keren! Tapi kamu harus tahu, orang lain tidak akan tertarik jika kamu menjadi fake.

Artinya, jika kamu terbiasa berpakaian santai dan merasa nyaman dengan penampilan seperti itu, jangan coba memaksa dirimu untuk memakai kemeja atau jas yang akhirnya membuat dirimu sendiri merasa tidak nyaman.

Namun setidaknya, cobalah untuk sedikit lebih rapi dan terlihat lebih menarik dari biasanya. Sebab caramu berpenampilan juga akan menjadi salah satu penolong yang menyelamatkanmu dari penolakan!

2. Mulai Dengan Memberikan “Sinyal Suka” yang Berulang-ulang

Sebelum kita membicarakan hal apapun dengan seseorang, mulailah dengan mengirimkan sinyal terlebih dahulu. Semisal, ketika ingin berjabat tangan dengan seseorang, ada sinyal yang tampak di wajah yaitu senyum ramah, sebagai sebuah cara untuk menunjukkan bahwa kita bersedia.

Inilah yang disebut dengan bahasa tubuh! YA, lewat bahasa tubuh kita bisa membuat orang lain menyadari sendiri bahwa kita menyukainya, tanpa harus mengatakannya secara langsung.

Hal ini bertujuan agar orang yang kita sukai tidak terkejut dan bisa memberikan respon yang tepat ketika kita menyampaikan maksud hati dengan kalimat yang tersusun rapi.

Nah, agar si dia lebih peka dengan tanda-tanda yang kita berikan, tentunya tak ada cara yang lebih baik lagi kecuali menghabiskan waktu bersama. Jadi, pintar-pintarlah mencari cara agar kamu bisa lebih sering menghabiskan waktu bersamanya.

Ketika kamu sudah memiliki waktu untuk berdua dengannya, tunjukkanlah rasa suka kepadanya tanpa menyatakan perasaan itu, seperti memperhatikannya ketika berbicara, menatap matanya, memperlakukannya dengan lembut, atau mungkin kamu bisa menjadi sedikit lebih menggoda!

Dan tunjukkanlah sikap yang baik di depannya dengan lebih sering mengatakan tolong, maaf dan terimakasih. Sikap yang sederhana ini mungkin terlihat sepele, tetapi akan memberikan perbedaan bagi orang lain dalam memandang dirimu.

3. Susun Rencana dan Konsep Semuanya Sebagus Mungkin

Kurt Cobain bilang kita tidak takut menyatakan cinta, kita hanya takut dengan penolakannya. Namun ingat, kamu hanya perlu fokus pada hal-hal yang ada dalam kendalimu, yaitu seberapa besar usahamu dalam menyiapkan semuanya.

Sementara tentang jawabannya “Ya” atau “Tidak” itu adalah mutlak pilihannya sendiri. Jadi fokuslah pada apa yang kita tahu saja, bahwa untuk mendapatkan sesuatu kita harus berusaha, perkara dapat atau tidak, itu urusan alam semesta.

Nah, setelah mental kamu siap dan setelah dia sudah membaca tanda-tanda yang kamu berikan. Sekarang tentukanlah tempat dan waktu yang tepat untuk berbicara empat mata dengan dirinya.

Tidak harus sesegera mungkin, hanya saja susun dulu seperti apa konsepnya. Lalu lihatlah kapan dia siap untuk mengobrol berdua denganmu, jika dia belum siap untuk berbicara berdua maka tunda saja dulu.

Sebab ini bukan hanya tentang dirimu saja. Ketahuilah saat kita menyatakan cinta kepada seseorang, bukan hanya dirimu yang merasa terbebani. Orang yang mendengar pernyataan itu juga akan menjadi gugup dan malu seketika. Jadi, bersabarlah dan tunggu sampai semua benar-benar siap ya!

4. Ketahui Aturan Dalam Menyatakan Perasaan

Hal pertama yang harus kamu ketahui dalam menyatakan perasaan adalah jangan membahas tentang masa depan. Meskipun kamu sangat ingin menjalani masa depan bersamanya, simpanlah dalam hatimu saja, nanti akan ada saatnya untuk membahas hal itu.

Harapan-harapan yang terlalu besar tentang masa depan dan diiringi dengan ungkapan perasaan adalah sesuatu yang membuat seseorang merasa stress dan terbebani dalam sekejap.

Selanjutnya jangan membuat dia menjadi takut. Dengan kata lain, jangan coba untuk menyentuhnya sedikitpun sampai kamu tahu bahwa dia memiliki perasaan yang sama. Lalu sebaiknya kamu juga jangan terlalu memohon-mohon atau memberi penawaran apapun.

Alangkah baiknya jika kamu juga tidak langsung mengajak dirinya menjalin komitmen. Ingat, jangan terburu-buru untuk menjalin hubungan yang serius. Ungkapkan saja perasaanmu tanpa berlebihan dan tanpa mempertanyakan apapun kepadanya.

Setelah kamu mengungkapkan perasaan, jalani saja semua apa adanya dan biarkan sebagaimana adanya sampai dia bertanya-tanya tentang arah hubungan itu sendiri. Saat itulah kamu dan dia bisa berbicara tentang komitmen!

5. Ungkapkan Saja!

Setiap orang akan menghargai sebuah kejujuran. Inilah kelebihan dari mengungkapkan perasaan kita secara langsung kepada seseorang tanpa terlalu banyak improve yang terkadang membuat suasana terasa awkward!

Saat pembahasan sudah mengarah kepada hal-hal yang berbau perasaan, ungkapkanlah perasaanmu saat itu juga. Jangan bertele-tele apalagi mengalihkan pembicaraan ke topik yang berbeda sebab hal itu bisa membuat dirinya ilfeel kepadamu.

Berikan sedikit jarak, jangan terlalu dekat, jangan memandang ke kanan-kiri, bawah atau atas tapi tataplah matanya dengan tenang. Sebut namanya lebih dulu agar lebih terasa akrab dan intens.

Misal, “Icha, ada yang mau ku bilang sama kamu…”

Setelahnya katakanlah apa yang selama ini kamu pendam kepadanya, tapi jangan berbicara terlalu banyak. Tunggu responnya, tarik napas dan buat dirimu merasa tenang. Jangan langsung memberi pertanyaan seperti “Mau gak kamu jadi pacarku?”.

Pertanyaan seperti itu akan menjadi beban yang berat bagi dirinya, kecuali sejak awal dia sudah menyukaimu. Lalu jika dia membalas pernyataanmu dengan respon yang baik, barulah kamu boleh melanjutkannya dengan pertanyaan yang lebih berat.

Tapi ubahlah pertanyaan “Mau gak kamu menjadi pacarku?” dengan kalimat “Mulai sekarang, aku mau kita saling berkomitmen. Kamu setuju gak?”. Selamat mencoba dan semoga diterima!

Baca Juga : 

Semua orang memiliki hobi atau hal-hal favorit dalam hidupnya, cari tahu apa yang disukainya dan manfaatkan hal itu untuk lebih dekat dengannya. Misal, jika dia suka nge-camp, kamu bisa pergi ngecamp bersamanya agar memiliki waktu yang lebih intens untuk menghabiskan waktu bersama.

Intinya adalah kamu perlu berusaha sebaik mungkin. Jika akhirnya kamu mendapatkan penolakan, jangan menangisi hal itu sebab hidupmu akan tetap berjalan sebagaimana adanya dan pintu kesempatan masih terbuka lebar. Jangan menyerah!