in

13 Cara Untuk Menyederhanakan Hidupmu dan Menjadi Lebih Bahagia

Menyederhanakan Hidup

Apa hal yang membuatmu bahagia? Tentu saja, kebahagian setiap orang itu berbeda-beda, namun kita semua setuju bahwa kita perlu berusaha untuk mencapai kebahagian itu–dan tak ada yang memberikannya gratis begitu saja. Namun, kadang usaha tersebut menjadi begitu rumit saat hal-hal tak penting juga ikut kamu masukkan ke dalamnya.

Tak ada yang salah dengan mempunyai rumah indah yang penuh dengan lukisan di dinding atau kolam renang di halaman belakang dan taman yang penuh dengan bunga. Namun ingat, kemewahan itu akan memberikanmu tanggung jawab tambahan yang bisa membuatmu stres apabila tak diatur dengan baik dan benar.

Menyederhanakan–seperti namanya, seharusnya itu mudah, namun faktanya hal ini lebih sulit dari yang dikira, lho.

Kita dengan mudah merasa kewalahan kalau memikirkan barang-barang yang sudah terkumpul selama bertahun-tahun di rumah atau kita harus membersihkan hardisk yang sudah hampir penuh, hingga pekerjaan sehari-hari yang sepertinya selalu menumpuk saja. Lebih mudah untuk melupakan hal-hal ini daripada menghadapinya, kan?

Namun tentang saja, kamu bisa menyederhanakan hidupmu dan masih tetap bahagia, kok. Penasaran? Berikut adalah 13 cara untuk menyederhanakan hidupmu. Check this out!

1. Batasi Pilihanmu

Bagian dari hidup dengan sederhana adalah mengerucutkan pilihan-pilihan yang harus kamu buat setiap harinya. Jika kamu pikir-pikir lagi, beberapa pilihan itu adalah pilihan yang tak berguna dan hanya menghabiskan waktumu saja.

Coba perhatikan sekali lagi ke jadwalmu saat ini dan buang saja hal yang memang tak penting, lalu cobalah untuk menggabungkan beberapa hal sekaligus menjadi satu. Punya jadwal kegiatan yang panjang bisa membuatmu kewalahan, padahal kita sebagai manusia punya energi yang terbatas setiap harinya untuk melakukan berbagai hal.

2. Time Block

Bagi beberapa orang, waktu adalah sesuatu hal yang mewah dan kadang terasa sebagai kutukan. Jadi, jika kamu termasuk ke dalam orang-orang yang masuk ke kategori ini, maka buatlah jam kerja untuk dirimu sendiri, apalagi yang berhubungan dengan proyek pribadi.

Cobalah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dalam rentang waktu yang sudah kamu tentukan sebelumnya, sehingga kamu bisa benar-benar fokus. Ini adalah salah satu cara efektif untuk memberitahu otak kapan waktunya bekerja dan kapan waktunya santai.

3. Siapkan di Malam Sebelumnya

Buang kegiatan tak penting dengan menyiapkan barang-barangmu di malam sebelumnya.

Walaupun mungkin hanya membutuhkan waktu sepuluh menit saja untuk melakukannya di pagi hari, kenapa tak menyelesaikannya di malam sebelumnya dan gunakan waktu ekstra di pagi hari untuk membaca koran atau sekedar bersantai sejenak?

4. Cari Apa yang Berguna Untukmu

Ada banyak cara untuk menyeimbangkan tabunganmu. Apa yang berguna untukmu belum tentu punya efek yang sama kepada orang lain dan hal luar biasa tentang teknologi modern adalah banyaknya jenis aplikasi dan alat-alat yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

5. Tentukan “Kecepatan”

Maksud dari tentukan kecepatan adalah atur bagaimana kamu ingin bergerak dari satu kegiatan ke kegiatan yang lainnya, karena kadang mood yang buruk itu terjadi karena apa yang kamu lakukan di kegiatan sebelumnya yang akan terbawa ke kegiatan selanjutnya seperti efek domino.

Jika kamu bisa menentukan kecepatanmu, maka kamu bisa mengontrol kapan harus berhenti di kegiatan ini, kapan harus berhenti di kegiatan itu. Mulailah harimu dengan pikiran yang positif agar pikiran tersebut terbawa ke kegiatan lainnya.

6. Cemas Kalau Memang Dibutuhkan

Nah, untuk yang ini memang agak sulit dan membutuhkan beberapa latihan. Jika kamu tak “sadar” mengenai pikiranmu, maka rasa cemas yang kamu rasakan bisa terbawa seharian dan berefek kepada harimu.

Ada cara untuk mengakali hal ini, di mana kamu mengalokasikan waktu khusus untuk kamu cemas, tanpa terganggu yang lain atau kegiatan lainnya. Perlahan, kamu akan sadar bahwa banyaknya waktu dan energi yang terbuang sia-sia mencemaskan dalam suatu hal yang tak penting.

Tak peduli apakah 5 menit atau 20 menit, habiskan waktu itu untuk menghadapi dan menyelesaikan kecemasanmu, lalu tinggalkan dan lupakan rasa cemas itu kalau waktu yang sudah kamu tentukan sudah habis.

7. Siapkan Makananmu

Menyiapkan makanan tak perlu yang terlalu sulit dan atau susah untuk dibuat. Menyiapkan satu atau dua makananmu sebelumnya bisa membuatmu jauh lebih santai dan juga membuat lebih berhemat daripada beli di luar.

Salah satu ide yang bisa kamu coba adalah membuat porsi double untuk menu yang sama, sehingga bisa kamu makan pagi dan siangnya.

8. Batasi Tab/Windows di Komputer

Coba lihat berapa banyak tab/windows yang kamu buka sekarang di komputermu, pasti cukup banyak, kan? Nah, maka dari itu batasi untuk cukup membuka tab/windows maksimal empat saja.

Jika ada sesuatu yang ingin kamu baca, maka silahkan simpan dengan cara bookmark agar bisa kamu baca nanti dan langsung tutup tabnya. Membuang tab-tab yang tak penting adalah salah satu cara terbaik agar bisa fokus pada pekerjaan yang memang penting.

9. Coba Dengarkan Audiobook dan Podcast

Apakah kamu punya buku yang sudah lama ingin kamu baca tapi tak punya waktu untuk melakukannya? Untung saja, di zaman sekarang ini ada yang namanya audiobook. Kamu bisa mendengarkan audiobook dari buku pilihanmu saat sedang dalam perjalanan ke tempat kerja atau bahkan di gym.

Kamu bisa menemukan audiobook ataupun podcast yang membahas segala hal di dunia ini, dari pengembangan diri, keuangan, makanan dan bahkan astrologi juga ada. Kamu bisa belajar hal baru setiap harinya tanpa mengorbankan waktu untuk kegiatan lainnya.

10. Berhenti Menunda-nunda

Kadang sesuatu hal yang kita tunda itu bisa kita selesaikan hanya dalam waktu dua menit saja. Ingat ini, jika ada suatu hal tiba-tiba muncul dan kamu bisa menyelesaikannya dalam dua menit, lalu lakukanlah! Jangan ditunda lagi.

Hal ini akan membantumu berhenti menunda-nunda dan membuat daftar kegiatanmu menjadi lebih sedikit.

11. Hindari Terlalu Banyak Mengkonsumsi Media

Membatasi waktumu menatap layar komputer atau smartphone, memaksamu untuk bergerak. Mudah sekali untuk tenggelam dalam berita-berita yang terjadi di dunia ini yang sepertinya tak pernah berhenti, email atau chat yang selalu masuk setiap menitnya dan tentu saja berbagai hiburan yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di internet.

Jika kamu membatasi waktumu menatap layar, maka kamu bisa mengkonsumsi berbagai informasi digital dengan lebih efisien. Salah satu hal terbaik yang bisa lakukan adalah menggunakan “Aturan Dua Menit” seperti yang dijelaskan pada nomor sepuluh di atas.

Misal, apabila kamu membaca pesan masuk di email-mu, maka tanyakan kepada dirimu apakah ada sesuatu yang harus kamu lakukan terkait email itu. Jika memang iya dan sesuatu itu membutuhkan waktu dua menit saja, maka segeralah lakukan.

Namun, jika hal itu membutuhkan waktu lebih dari dua menit, tempatkan pesan itu di sebuah folder khusus agar kamu lebih mudah dalam mencarinya nanti. Trik simpel seperti ini akan mencegah pesan masuk dalam email-mu membludak dan membuatmu kewalahan.

12. Berhenti Terlalu Mempersulit Sesuatu

Jika kamu perhatikan baik-baik, hidup itu sebenarnya simpel, lho. Sempurna itu sebenarnya adalah suatu hal yang tak bisa didapatkan di dunia ini, jadi siapapun yang berusaha mengejar kesempurnaan maka mereka justru perlahan akan menjadi tidak efektif ke depannya.

Jangan terlalu fokus kepada detil-detil kecil yang tak berguna. Tanyakan kepada dirimu sendiri, pikirkan baik-baik apakah detil-detil yang membuatmu pusing itu memang benar-benar penting.

13. Jadilah Orang yang Bisa Beradaptasi

Jadwal bisa berubah dan rencana untuk kehidupanmu juga bisa berubah setiap waktu tanpa kita duga sebelumnya. Cara terbaik untuk hidup secara sederhana adalah cobalah untuk belajar menjadi orang yang bisa beradaptasi terhadap perubahan dan bertindak yang sesuai saat peribahaan itu terjadi.

Jadi orang yang bisa beradaptasi juga berarti bersiap-siap untuk hal yang tak diduga. Misalnya, kamu bisa mulai dengan menyiapkan tabungan cadangan saat kamu punya pemasukan yang stabil untuk membayar kartu kreditmu lebih cepat sebelum jatuh tempo.

Jika kamu menginginkan kehidupan yang lebih sederhana, maka masukkan 13 hal-hal di atas ke kegiatan sehari-harimu. Perlahan, kamu akan merasakan kehidupan yang lebih sederhana dan juga merasa lebih bahagia.

Written by Mirza M. Haekal

Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle.