7 Cara Sederhana untuk Menyembuhkan Luka Pasca Putus Cinta

Setiap orang yang menjalani sebuah hubungan pasti ingin hubungannya selalu dalam keadaan

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Menyembuhkan Luka Pasca Putus Cinta

Setiap orang yang menjalani sebuah hubungan pasti ingin hubungannya selalu dalam keadaan baik-baik saja. Tapi tidak ada yang tahu juga tentang takdir percintaan seseorang, bukan?

Bisa berlanjut atau harus berakhir di tengah jalan adalah hal yang tidak dapat kamu atur sesuai dengan keinginanmu sendiri.

Mengalami yang namanya putus cinta bukanlah hal yang mudah. Setelah sekian lama kamu berjuang untuk menjalin hubungan yang kamu impikan, nyatanya takdir berkata lain.

Kamu harus merelakan orang yang kamu cintai pergi dari sisimu. Saat hal itu terjadi, kamu tak bisa membohongi dirimu untuk tidak merasakan sakit yang cukup dalam.

Meski pada kenyataannya kamu bersedih karena kandasnya hubungan yang kamu perjuangkan selama ini, kamu tak boleh larut dalam kesedihan itu. Kamu harus bisa bangkit dan menjadi pribadi yang lebih baik untuk hubunganmu yang baru di masa depan.

Tak perlu bingung dengan apa yang harus kamu lakukan untuk melupakan kesedihanmu itu, kamu bisa coba lakukan 5 cara berikut ini.

1. Berteriak Sekeras yang Kamu Bisa

Berteriak Sekeras Mungkin
Berteriak Sekeras Mungkin

Pergilah ke daerah dataran tinggi atau ke tempat sepi lainnya. Setelah sampai di sana teriaklah sekeras yang kamu mampu. Lampiaskan semua kekesalan, kesedihan, kekecewaanmu dalam teriakanmu itu.

Jangan memendamnya di dalam hati saja. Mengumpatlah jika menurutmu itu perlu untuk kamu lakukan. Lampiaskan semua amarahmu.

Jangan jadikan sakitmu pasca putus jadi beban berat yang akan kamu pikul selamanya. Buang semua pikiran negatif. Setelah itu kembalilah ke duniamu yang nyata dan jalani hidupmu dengan lebih baik lagi.

2. Mendengarkan Lagu Favoritmu Sepanjang Masa

Mendengarkan Lagu Favorit
Mendengarkan Lagu Favorit

Cara kedua adalah dengan mendengarkan lagu favoritmu. Ambillah waktu untuk istirahat sejenak dari segala kesibukanmu. Luangkan waktumu untuk dia di teras rumah atau di kamar, tutuplah matamu dan dengarkan lagu favoritmu.

Nikmatilah lagu favorit yang tengah kamu dengarkan pada saat itu. Tersenyumlah dan anggap semua akan berjalan dengan baik-baik saja.

Tidak ada hal yang harus kamu khawatirkan secara berlebihan. Semua akan berlalu. Kamu akan baik-baik tanpanya. Berbahagialah dengan caramu sendiri.

Baca Juga : 7 Alasan Meskipun Jomblo, Kamu Masih Bisa Tetap Bahagia

3. Melakukan Hal yang Paling Kamu Sukai

Melakukan Hal Yang Kamu Sukai
Melakukan Hal Yang Kamu Sukai

Kamu tentu memiliki hal yang sangat kamu sukai bukan? Nah, jika selama kamu berpacaran dengan mantanmu itu kamu kurang memiliki waktu untuk melakukan apa yang kamu sukai, kamu bisa melakukannya sekarang.

Melakukan hal yang kamu sukai pasti akan membuat hatimu lebih stabil. Setidaknya kamu bisa sedikit merasakan kebahagiaan di tengah kesedihan yang sedang kamu rasakan.

Jangan hanya diam dan meratapi kisah cintamu yang kandas. Lakukan hal terbaik untuk membuat kehidupanmu kembali dipenuhi kebahagiaan.

4. Memainkan Game Favorit

Memainkan Game Favorit
Memainkan Game Favorit

Apakah kamu termasuk orang yang menyukai game? Jika iya kamu bisa banget menghibur dirimu dengan memainkan game  favoritmu. Tidak ada alasan untukmu bersedih.

Kamu harus mencari cara untuk bisa membuat dirimu sendiri kembali bahagia dan menjadi pribadi yang ceria.

Cara selanjutnya adalah dengan memainkan game favoritmu. Jika kamu tak memiliki game baru, kamu bisa mulai mendownloadnya dan menghabiskan waktumu untuk memainkannya.

Dengan begitu pikiranmu akan sedikit teralihkan. Kamu tak akan fokud pada kesedihanmu pasca putus dari kekasihmu yang dulu.

5. Melakukan Perjalanan (Travelling)

Traveling
Traveling

Cara sederhana lainnya yang cukup ampuh adalah dengan melakukan sebuah perjalanan. Daripada kamu hanya diam di kamar dan tidak melakukan apapun, lebih baik kamu pergi keluar dan menyaksikan betapa menariknya dunia ini.

Kamu bisa menjelajah semua tempat indah di dunia. Kamu bebas, sebebas-bebasnya tanpa adanya dia yang membatasi gerakmu.

Nikmatilah kebebasanmu saat ini. Anggap saja bahwa putus dari kekasihmu yang dulu memang hal yang baik. Setidaknya dengan berakhirnya hubunganmu kamu bisa lebih bebas untuk bepergian kemana pun yang kamu inginkan.

Jangan lupa juga untuk mencoba membuka hatimu kembali. Siapa tahu saat melakukan perjalanan kamu juga akan mendapatkan sosok idaman.

Baca Juga : Jika Ada yang Bertanya Alasanmu Masih Sendiri, Manfaatkan 7 Jawaban Cerdas Ini

6. Mencurahkan Segala Isi Hatimu dalam Sebuah Surat

Mencurahkan Isi Hati Kedalam Surat
Mencurahkan Isi Hati Kedalam Surat

Bagi kamu yang punya hobi menulis, bisa banget nih kamu pakai cara yang satu ini. Carilah hiburanmu dengan menuliskan semua yang ada dalam hatimu dalam lembaran kertas.

Lampiaskan semua kesedihan, kekecewaan, atau kemarahanmu di dalamnya.

Setelah kamu selesai menulisnya, setidaknya kamu akan merasa lebih lega. Hasil tulisanmu itu bisa kamu hanyutkan di sungai, kamu buang ke jurang atau ke kamu simpan di suatu tempat yang menurutmu tidak bisa kamu jangkau lagi.

Anggap saja dengan lenyapnya tulisanmu itu, semua bebanmu juga ikut menghilang.

7. Mencoba Peruntungan di Aplikasi Pencarian Jodoh

Mencoba Mencari Peruntungan di Aplikasi Pencarian Jodoh
Mencoba Mencari Peruntungan di Aplikasi Pencarian Jodoh

Tidak ada salahnya kamu mencoba hal yang satu ini. Cobalah untuk mendownload aplikasi pencarian jodoh yang sekarang banyak tersedia. Tujuan utamanya sebenarnya untuk menghibur hati yang suasananya kurang baik saja.

Tapi jika akhirnya kamu juga bisa mendapatkan jodoh baru dari aplikasi pencarian jodoh itu kan lumayan banget.

Jangan habiskan waktumu hanya untuk bersedih dan menyendiri. Ingat di dunia ini tidak hanya ada satu cowok saja. Cepat atau lambat kamu pasti akan menemukan sosok baru yang bisa menggantikan posisinya di hatimu.

Setidaknya jika kamu tidak menemukan sosok pasangan baru, kamu bisa memiliki lebih banyak teman dari aplikasi pencarian jodoh ini.

Baca Juga : Meski Menyukaimu, Ternyata Ini Alasan Cowok Tak Mau Pacaran Denganmu

Gimana? Sudah tahu kan sekarang harus melakukan apa untuk menghilangkan kesedihanmu pasca putus? Jangan terlalu menjadikan hal itu sebagai beban pikiran yang sangat berat.

Yakinlah bahwa Tuhan sudah menyiapkan jodoh terbaik untukmu. Jika memang dia akhirnya ditakdirkan untuk tidak tinggal bersamamu, artinya dia memang bukan sosok yang baik untuk mendampingi hidupmu.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile