6 Cara Paling Mudah Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat bukanlah sekedar hafalan. Ini adalah keterampilan yang dapat kamu tingkatkan

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Cara Paling Mudah Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat bukanlah sekedar hafalan. Ini adalah keterampilan yang dapat kamu tingkatkan dan kembangkan.

Di era yang serba sibuk saat ini kita jadi kurang memperhatikan setiap kejadian secara detail. Hidup seperti daftar lagu dalam kotak musik yang terus berganti dari satu lagu ke lagu berikutnya. Kita tak punya banyak waktu untuk memahami satu hal.

Tugas otak kita terus bertambah seiring waktu, tapi kita tidak melakukan persiapan yang tepat agar otak dapat bekerja optimal.

Sama seperti berolahraga, kamu menjaga agar tubuh tetap sehat. Namun mengikuti gaya hidup sehat bukan hanya sekedar tentang otot, tetapi juga otak. Lalu?

Dengan kemampuan daya ingat yang kuat apa kelebihan yang didapat?

Orang-orang dengan kemampuan daya ingat yang kuat sering dianggap cerdas, kompeten dan dapat diandalkan.

Hal ini sangat penting terutama bagi kamu yang pekerjaannya lebih banyak menggunakan otak daripada otot. Inilah beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat.

1. Berbicara Dengan Diri Sendiri

Berbicara Dengan Diri Sendiri
Berbicara Dengan Diri Sendiri

Salah satu cara yang sederhana dalam meningkatkan kemampuan daya ingat adalah berbicara dengan diri sendiri, selayaknya seorang murid yang sedang menghafal isi pada buku pelajaran.

Menurut penelitian, berbicara dengan diri sendiri secara berulang-ulang akan meningkatkan rangsangan pada otak kamu.

Contoh lainnya seperti ketika kamu sedang membalas pesan atau menulis sesuatu, kamu bisa membalas pesan itu sembari bersuara.

Dalam berbagai aktivitas apapun, lakukanlah sembari berbicara, karena membiasakan diri dengan hal itu akan benar-benar meningkatkan kinerja otak dan daya ingat.

Baca Juga : Prinsip Hidup Yang Harus Kamu Miliki Sebelum Usia 20-an

2. Rajin Membaca,Tetapi Bukan Hanya Sekedar Membaca. Rangkum!

Rajin Membaca
Rajin Membaca

Jika kamu terbiasa membaca hanya sekadarnya saja, maka sangat besar kemungkinan kamu lupa.

Sehingga di waktu-waktu yang datang, ketika orang-orang membicarakan hal yang terkait dengan itu, kamu hanya bisa diam dan berusaha mengingat apa yang pernah kamu baca.

Dan betapa menyedihkan jika ternyata kamu hanya bisa mengingat judulnya saja.

Meningkatkan daya ingat berawal dari mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan sehari-hari. Saat kamu membaca sebuah artikel, cermatilah paragraf demi paragraf. Biasakan otakmu untuk lebih aktif saat membaca.

Lalu setelah selesai membaca keseluruhannya, cobalah merangkum setiap paragraf dengan singkat. Dengan kebiasaan seperti itu kamu bisa lebih mudah bertukar informasi dengan orang-orang ketika bertemu dalam suatu topik pembicaraan.

Baca Juga : 5 Manfaat Membaca Yang Tidak Pernah Kamu Duga Sebelumnya

3. Tingkatkan Kemampuan Tangan dan Mata

Bermain Musik
Bermain Musik

Meningkatkan kemampuan daya ingat, bukan berarti kamu harus memaksa otak untuk bekerja keras sepanjang waktu. Cara kerja otak tidak sama dengan tubuh, karena ia lebih cenderung seperti cermin yang memantulkan apa yang dilakukan oleh tubuh kita.

Otak kita senang mempelajari hal-hal baru, maka sangat penting untuk terus menambahkan informasi-informasi baru ke dalam otak.

Lakukan hal-hal baru yang meningkatkan kemampuan tangan dan mata, seperti melakukan olahraga baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya, atau mungkin yang lebih menyenangkan lagi dengan bermain video game.

Jika kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan seni, kamu bisa lebih sering lagi untuk menulis, melukis, menari atau memainkan alat musik yang kamu sukai karena sebenarnya semua hal itu akan meningkatkan daya ingat serta kinerja pada otak.

Baca Juga : Kuadran Prioritas, Cara Mengatur Waktu Agar Efektif dan Anti Stres

4. Beri Tantangan Pada Otak

Beri Tantangan Pada Otak
Beri Tantangan Pada Otak

Sama seperti anggota tubuh bagian luar, kamu juga bisa memberi olahraga pada otak. Berikan tantangan yang dapat membuat otak lebih aktif untuk beberapa waktu dan jangan terlalu berlebihan. Ada cara-cara mudah yang bisa langsung kamu praktekkan.

  • Mengembangkan sisi kreatif lewat bidang seni yang kamu sukai.
  • Meningkatkan teknik visualisasi, seperti membayangkan suatu bentuk lain ketika kamu melihat sebuah benda.
  • Lebih sering menggunakan telinga dan mata dalam berinteraksi secara sosial, artinya kamu harus lebih banyak mendengar daripada berbicara, karena menurut penelitian orang-orang lebih mudah mengingat apa yang mereka dengar daripada apa yang mereka ucapkan.
  • Fokus pada poin-poin penting. Dengan kata lain akan sulit untuk mengingat segala hal secara detail. Tetapi jika fokus pada poin-poin yang penting, otak kita akan lebih mudah memproses informasi.

Jika kamu terbiasa memberi tantangan pada otak, kemungkinan besar daya ingat akan meningkat dengan seiring waktu. Hanya perkara kebiasaan.

Jadi jangan pernah mengabaikan kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan sehari-hari, karena hal itu sangat berpengaruh pada daya ingat kita.

5. Aktifkan Kesadaran Dengan Merenung

Aktifkan Kesadaran Dengan Merenung
Aktifkan Kesadaran Dengan Merenung

Kebanyakan dari kita sering tidak sadar ketika sedang merenung. Mengkhayalkan sesuatu yang indah-indah, terkadang membawa kita hanyut pada kesadaran lain.

Namun jika kamu melakukan teknik mindfulness, alias sadar dengan keberadaan disini-kini tentunya akan meningkatkan kinerja otak.

Merenung tidak lagi menjadi hal yang membuat pikiranmu mengawang, sehingga kamu dapat menyadari kejadian apa saja yang berjalan didalam pikiran.

Diam juga bukan lagi tentang pikiran yang acak, tetapi lebih mengarah pada meditasi. Sebab meditasi dapat menjernihkan kembali pikiran kita yang telah teracuni oleh kesibukan sehari-hari.

Dengan segala kekacauan dalam kehidupan yang menutup diri sejati yang murni, kita dapat kembali mengevaluasi kejadian sehari-hari dengan mudah saat merenung dalam hening.

Baca Juga : Moodbooster, 5 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Hormon Bahagia

6. Jalankan Pola Hidup Sehat

Terapkan Pola Hidup Sehat
Terapkan Pola Hidup Sehat

Ingatan kita ada di dalam otak. Maka tak ada gunanya berpikir keras untuk mengingat sesuatu jika otak tidak bisa menjalankan fungsinya dengan sehat.

Tentu saja yang harus kita jaga adalah kesehatan otak kita terlebih dahulu. Seperti pepatah mengatakan didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, jika otak kita sehat maka pikiran pun kuat.

Menjalankan pola hidup sehat memang berat untuk dilaksanakan, terutama bagi kamu yang terbiasa dengan gaya hidup yang tidak teratur.

Jadi semuanya kembali lagi dengan mengubah kebiasaan kita sehari-hari mulai dari bangun tidur hingga kembali lagi kekasur.

Rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, mengurangi konsumsi rokok, mengurangi konsumsi alkohol dan menjaga pola tidur yang baik. Semua itu akan menyehatkan otak kita.

Baca juga : 9 Makanan Dengan Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Otak

Kesimpulan,

Meskipun kamu tidak sedang akan melaksanakan ujian nasional atau apapun itu, daya ingat tetap saja penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam berbagai hal kamu perlu mengingat segala sesuatunya.

Di setiap kondisi dan situasi yang terjadi sehari-hari, kita akan sangat bergantung pada ingatan. Maka pada akhirnya, semua harus diawali dengan mulai membiasakan diri untuk lebih jeli dalam setiap keadaan.

Sembari kamu melatih otak, nikmatilah sepotong cokelat dan mengurangi jumlah gula tambahan. Karena selain nikmat, coklat juga mampu meningkatkan daya ingat.

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile