Cara Paling Efektif Melupakan Mantan Dalam 10 Hari

Hati masih terasa sakit sementara kenangan masih terasa manis. Banyak hal yang

Ilham Damanik Ilham Damanik · 4 min read >
Cara Paling Efektif Melupakan Mantan

Hati masih terasa sakit sementara kenangan masih terasa manis. Banyak hal yang bersarang di pikiran setiap saat, bersama pertanyaan-pertanyaan yang hinggap di kepala untuk kembali atau pergi?

Tapi disaat jalan kembali sudah tertutup rapat, mungkin cara satu-satunya adalah melupakan. Memang sulit, berat dan susah tapi percayalah kamu pasti bisa.

Walau semuanya terlihat menyedihkan, anggap saja ini seperti awan mendung yang lewat, akan segera berlalu dan berganti menjadi matahari yang terang menyinari. Menerangi jiwa dan hati yang telah lama terbelunggu dalam pedihnya kerinduan.

Berikut 10 tips paling jitu melupakan mantan!

1. Berikan Hatimu Waktu Untuk Bersedih

Berikan Waktu Untukmu Bersedih
Berikan Waktu Untukmu Bersedih

Ada saatnya senang, ada saatnya sedih.

Jangan melawan perasaan sendiri karena hal itu hanya membuat dirimu semakin tersakiti. Biarkan kesedihan itu mengambil kendali dalam satu malam.

Luapkan semuanya di suatu malam, dan menangislah sejadi-jadinya. Sebab mengeluarkan air mata akan mengurangi rasa sakit dan membuat hati menjadi lega.

Tak bisa disangkal bahwa perpisahan itu sakit dan melupakan itu memang sulit. Maka berikan hatimu waktu untuk bersedih sementara. Seperti yang sudah-sudah, kesedihan tak mungkin berlangsung selamanya maka tak ada salahnya kamu bersedih.

Karena bersedih bukanlah tanda bahwa kamu lemah, tetapi tanda bahwa kamu manusia.

Baca Juga : Jarang Disadari, Penyebab Menyesalnya Sang Mantan Setelah Tak Lagi Bersamamu

2. Pikirkan Jawaban Bahwa Ini Memang Harus Berakhir

Pikirkan Bahwa Ini Sudah Berakhir
Pikirkan Bahwa Ini Sudah Berakhir

Setiap pertemuan pasti memiliki alasan, namun begitu juga dengan perpisahan. Melupakan seseorang memang tidak mudah, maka kita perlu mencari jawaban yang logis tentang alasannya.

Pikirkanlah apa alasan hubunganmu berakhir dan mulai memasukkan alasan tersebut kedalam logika. Ingatkan dirimu dengan alasan-alasan itu setiap kali teringat kepadanya.

Mungkin pertengkaran, perdebatan dan ketidakcocokan lainnya yang menjadi alasan itu berakhir. Sehingga meskipun suatu waktu kamu teringat kembali padanya, hal itu bisa menjadi pengingat untuk mengontrol pikiran kita.

3. Lapangkan Dada Untuk Menerima Kenyataan

Lapangkan Dada Untuk Menerima Kenyataan
Lapangkan Dada Untuk Menerima Kenyataan

Merenunglah tanpa harus menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Duduk diam dan atur napas kamu dengan tenang sehingga kesadaranmu ada disaat ini saja, bukan masa lalu atau masa depan.

Perhatikan sekitarmu dan lihatlah bahwa ini semua sangat berharga. Lihat jadwalmu, hobimu, pekerjaanmu atau pemandangan sekitar, hal-hal tersebut akan membantu kamu untuk fokus pada kondisi yang ada saat ini.

Lapangkan dada dan berdoalah sehingga akan mudah untuk menerima kenyataan.

4. Ambil Pelajaran Berharga Dari Pengalaman

Ambil Pelajaran Berharganya
Ambil Pelajaran Berharganya

Jangan lihat pahitnya, jangan lihat manisnya, ambil pelajarannya. Semua pahit dan manis kenangan masing-masing mengajarkan kita suatu pelajaran berharga.

Satu hal akan menjadi referensi untuk hal lainnya. Satu pengalaman juga akan menjadi referensi untuk ke depannya.

Terlebih lagi, mungkin usia juga memengaruhi apa yang kamu alami. Bahwa memang sudah seharusnya orang-orang di usia 17-21 tahun mengalami kegagalan dalam asmara.

Jadi, jangan memandang masalah ini sebagai suatu hal buruk bagimu, tetapi lihatlah sebagai proses yang sedang menempah dirimu dalam bertumbuh menjadi lebih dewasa.

Baca Juga : 5 Tanda Yang Jelas Bahwa Mantan Masih Ada Rasa Kepadamu

5. Pikirkan Apa Yang Belum Kamu Lakukan

Pikirkan Yang Belum Kamu Lakukan
Pikirkan Yang Belum Kamu Lakukan

Setelah puas bersedih dan hatimu lega, maka ini saatnya memikirkan perubahan. Apa yang ingin kamu lakukan namun belum kesampaian.?

Kamu ingin pergi ke pantai? Menulis buku? Membuat aransemen musik?

Mungkin kamu akan mendapat inspirasi dari kisahmu sendiri untuk membuat sebuah karya yang tak pernah ada sebelumnya. Setelah menyelesaikan itu kamu akan merasakan sebuah pencapaian baru.

Tubuh kita membutuhkan hormon dopamin untuk bahagia, dan kamu harus tahu bagaimana cara mendapatkan hormon tersebut, yaitu membuat pencapaian kecil.

Hapus semua fotonya, blok media sosialnya dan buang barang-barang pemberiannya, meskipun dengan hati yang agak berat. Percayalah setelah melakukan semua itu kamu akan merasakan sebuah pencapaian.

Dan pencapaian itu bisa menjadi awal yang baik untuk melupakannya.

6. Sibukkan Dirimu

Sibukkan Dirimu
Sibukkan Dirimu

Hiduplah seperti sewajarnya. Tetap mengejar impian untuk dirimu sendiri, sebab impian bersamanya sudah tak mungkin untuk di capai.

Bagaimana pun itu, nikmati saja.

Jangan merasa dirimu lemah dan tak bisa melupakannya jika disela-sela sibuk kamu teringat dia lagi. Datangnya bayang-bayang dari masa lalu bukanlah pertanda bahwa kamu lemah, itu adalah tanda bahwa kamu normal.

Pelan-pelan, alihkan pikiran pada apa yang ada di depan mata. Ingat, pelan-pelan jangan dipaksa.

Selain itu, rencanakan hal hebat lainnya seperti pergi liburan ke tempat yang jauh benar-benar baru. Rasa penat pada pekerjaan juga menghambat dirimu untuk melupakannya, jadi alangkah baiknya jika kamu mencari energi positif setiap hari.

7. Mulai Mengukir Kisah Baru

Mulai Mengukir Kisah Baru
Mulai Mengukir Kisah Baru

Memulai kisah baru bukan berarti dengan seseorang yang baru. Dengan kata lain, disini kamu memberi jeda pada hatimu untuk menjalin hubungan.

Cintai dirimu dan jadilah egois untuk menyenangkan hatimu sementara ini. Bentuk pola pikir baru bahwa tak ada yang lebih penting daripada merawat diri dan membahagiakan diri sendiri.

Hal ini juga bisa disebut “Berkencan Dengan Diri Sendiri”. Gantungkan lukisan baru di dinding kamarmu, cari tempat bersantai yang baru, dan lakukan perawatan pada dirimu.

Buatlah kebiasaan baru dalam keseharian yang lebih positif, mengisi waktu kosong seperti berolahraga, membaca buku, hingga mengikuti kelas atau keterampilan dalam bidang yang  ingin kamu pelajari.

Dengan begitu maka kamu akan lebih fokus pada hidupmu saja.

Baca Juga : 10 Tanda Bahwa Mantan Akan Kembali Kepadamu

8. Gali Potensi Dalam Dirimu

Gali Potensi Dalam Dirimu
Gali Potensi Dalam Dirimu

Kamu masih muda dan sekarang kamu adalah lajang. Ini waktu yang efektif untuk memulai karir atau BELAJAR apa saja yang berkaitan dengan perkembangan diri.

Usia yang kamu miliki saat ini akan segera berganti, jadi manfaatkanlah waktu yang terbatas ini dengan sebaik-baiknya.

Teruskan menggali potensi yang ada didalam dirimu. Jangan biarkan satu kepingan kecil yang hilang menghalangimu mendapatkan keindahan yang lebih besar. Kamu akan terkejut melihat bahwa ternyata semua ini mudah untuk dilalui.

9. Berpikirlah Pada Hal Yang Lebih Besar

Berpikir Pada Hal Yang Lebih Besar
Berpikir Pada Hal Yang Lebih Besar

Kamu sudah dewasa. Kamu sudah bisa berpikir dengan bijak, maka fokuslah pada dampak yang lebih besar.

Mungkin kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi kita bisa memperkirakan hal itu dengan melihat kebiasaan sehari-hari.

Contohnya, jika kamu membiasakan dirimu menjadi lemah dan tak bergairah maka bisa jadi di masa depan kamu akan menjadi seperti itu pula. Namun jika kamu membiasakan diri dengan hal-hal yang bermanfaat maka bisa jadi di masa depan kamu akan lebih bahagia.

Jangan remehkan kebiasaan-kebiasaan kecil seperti mengeluh, mengumpat atau berpikir negatif karena hal itu akan membawa dampak besar dalam kehidupanmu nantinya. Demi kebahagiaanmu, maka jadilah versi terbaik dirimu!

10. Kelilingi Dirimu Dengan Orang-orang Positif

Kelilingi Dirimu Dengan Orang Positif
Kelilingi Dirimu Dengan Orang Positif

Mencintai diri sendiri bukan berarti kamu tak perlu berhubungan dengan orang lain. Tetaplah menjaga kehidupan sosial yang baik tetapi dengan orang-orang yang positif.

Jangan takut untuk bercerita kepada orang-orang yang kamu percaya. Dapatkan energi positif dari kata-kata motivasi mereka disaat kamu mencurahkan isi hati.

Mengelilingi dirimu dengan orang-orang positif akan sangat membantu pikiran tetap jernih. Sebab hanya kejernihan pikiranmu sendiri lah yang dapat menyelamatkanmu, bukan orang lain.

Maka belajarlah menjadi dewasa dan lebih bijaksana setiap harinya. Ini hanya satu masalah kecil dari ribuan masalahmu dan dengan pikiran jernih kamu pasti bisa melewati ribuan masalah lagi tanpa mengeluh dan tanpa berpikir negatif.

Baca Juga : Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Seharusnya Berteman Dengan Mantan

Sekianlah 10 tips untuk melupakan mantan dalam 10 hari. Ikuti tips-tips yang tertulis di atas dari langkah pertama hingga langkah terakhir dalam 10 hari maka kamu akan terkejut melihat bahwa ternyata ini mudah di atasi.

Semoga bermanfaat.

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile