in

9 Cara Elegan Selesaikan Masalah Istri yang Selingkuh

Cara Menyelesaikan Masalah Istri Selingkuh

Dalam menjalani kehidupan pernikahan, kesetiaan tentu menjadi salah satu hal yang dipenuhi. Tidak ada satu pun orang yang ingin diselingkuhi oleh pasangannya. Namun, jika perselingkuhan dalam hubungan sudah terjadi, tentu pilihan yang harus diambil adalah menghadapinya.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab perselingkuhan itu ada. Tidak hanya karena rasa cinta yang memudar saja, tetapi masih ada banyak hal yang dapat menjadi pemicunya. Termasuk di antaranya karena tidak adanya komunikasi yang baik sebagai pasangan.

Sebagai suami yang juga bertanggung jawab sebagai kepala rumah tangga, pasti akan berat bagimu ketika menerima kenyataan bahwa istrimu memiliki pria lain di luar sana. Jika sudah seperti itu, apakah memberinya kesempatan kedua adalah pilihan terbaik? Jawabannya, “tergantung”.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan istri yang mendua di belakangmu. Tidak harus dengan perpisahan yang tentunya juga harus mengecewakan beberapa pihak, salah satunya keluarga besar.

Ketika kamu menemui istrimu yang ternyata memiliki selingkuhan di luar sana, cobalah menghadapinya dengan 9 cara ini. Jangan hanya mengandalkan emosi dan egomu sendiri.

1. Hindari Menemui Selingkuhan Istri Ketika Tingkat Emosi Tinggi

Saat kamu mengetahui kabar bahwa istrimu berselingkuh, sudah pasti kamu akan emosi. Tapi usahakan untuk tetap menjaga emosimu, ya. Lebih baik hindari dulu pertemuan dengan orang yang sudah menjadi selingkuhan istrimu.

Menemui selingkuhan saat emosimu sedang tinggi hanya akan membuat masalah baru. Kamu akan kesulitan untuk berpikir secara jernih. Jangan sampai akhirnya justru kamu melakukan hal-hal yang tidak baik terhadap selingkuhan istrimu itu.

2. Sebelum Menghakimi Istri, Introspeksi Diri Terlebih Dahulu

Tindakan yang sudah dilakukan oleh istrimu memang bukan hal yang bisa dibenarkan. Namun bukan berarti kamu bisa menghakiminya dengan seenaknya. Kamu harus bisa melihat pada dirimu sendiri.

Introspeksi dirimu sendiri sebelum kamu menyalahkan istrimu atas perbuatan yang sudah dia lakukan. Mungkin justru kamulah yang menjadi pemicu perselingkuhan yang dilakukan oleh istrimu.

3. Sampaikan Semua yang Kamu Rasakan Akibat Perselingkuhan yang Dilakukan Istri

Terbukalah kepada istrimu atas apa yang kamu rasakan saat mengetahui perselingkuhannya. Jangan memendamnya seorang diri. Semua kekecewaanmu, kemarahanmu, kesedihanmu, bisa kamu ungkapkan langsung kepada istrimu.

Tapi perlu diingat, ungkapkan semua perasaanmu ketika kamu sudah bisa mengontrol emosimu dengan baik. Dengan mengungkapkan isi hatimu, diharapkan istrimu bisa lebih memahami kesalahan apa yang sudah dia perbuat kepada orang yang benar-benar mencintainya.

4. Diskusikan Kekurangan yang Ada dalam Hubungan Bersama Istri

Tidak ada manusia yang sempurna, begitu pun ketika manusia itu sendiri menjalin hubungan, tidak akan ada hubungan yang sempurna. Setiap hubungan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dengan terjadinya perselingkuhan yang dilakukan istrimu, kamu dan istrimu harusnya memahami bahwa ada yang salah dalam hubungan kalian. Coba cari tahu apa yang salah dan menjadi kekurangan dalam hubungan kalian berdua.

Setelah mengetahui kekurangan dalam hubunganmu dan istrimu, kamu dan istrimu akan lebih mudah mencari solusi untuk menutup kekurangan itu. Selanjutnya, perselingkuhan akan lebih mudah untuk dihindari.

5. Jangan Membalas Perselingkuhan Istri dengan Ikut Berselingkuh Juga

Sudah pasti perselingkuhan yang dilakukan oleh istrimu membuatmu marah. Tak jarang amarah itu memicu adanya keinginan untuk membalas perselingkuhannya dengan ikut berselingkuh darinya.

Buang jauh pikiran untuk membalas perselingkuhan istri dengan ikut berselingkuh, ya. Hal semacam ini hanya akan membuatmu sama buruknya dengan istrimu. Kamu hanya akan menurunkan kualitas dirimu sendiri.

6. Luangkan Waktu untuk Lebih Bisa Mencintai Diri Sendiri

Masalah yang datang dalam rumah tanggamu sudah pasti membuatmu stress dan merasa tak nyaman. Ada perasaan marah, kecewa, sedih, dan tak mungkin juga kamu sempat menyalahkan dirimu sendiri atas apa yang sudah terjadi dalam rumah tanggamu.

Jangan membuat dirimu sendiri lebih menderita dengan segala emosi yang kamu rasakan. Cobalah luangkan waktumu untuk bisa lebih mencintai diri sendiri. Makanlah secara teratur, pergilah ke tempat yang kamu ingin kunjungi, dan lakukan hal yang kamu selalu ingin lakukan selama ini.

Kamu butuh pelampiasan emosi yang benar. Dengan melakukan hal-hal positif, setidaknya kamu bisa meminimalisir stress yang menyerang karena istri yang kamu percaya nyatanya dengan tega mengkhianati kepercayaanmu.

7. Jangan Korbankan Anak dalam Permasalahan yang Kamu Hadapi Bersama Sang Istri

Tidak bisa dipungkiri bahwa anak rentan menjadi korban atas permasalahan yang terjadi antara kedua orang tuanya. Terlebih apabila permasalahan tersebut berujung perpisahan yang dapat berpengaruh pada psikologis si anak.

Jika pilihan terbaik untuk mengatasi perselingkuhan istri adalah dengan berpisah, jangan pernah membuat posisi anak menjadi sulit. Jangan sampai menyebabkan sang anak kekurangan perhatian dari kedua orang tuanya atau merasa terpojokkan karena dihadapkan dengan perebutan hak asuh anak oleh orang tuanya.

8. Jika Dirasa Sulit Berdiskusi dengan Istrimu, Coba Diskusikan Masalahmu dengan Keluarga Istrimu

Saat ada hal yang salah dengan pasanganmu, jangan pernah mengumbarnya kepada keluarga dari pihakmu. Coba minta pendapat dan nasehat dari keluarga istrimu. Diskusikan masalah yang kamu hadapi pada mereka.

Peran keluarga besar akan sangat membantu ketika kamu tak sanggup menanggung permasalahanmu bersama pasangan seorang diri. Dengan berdiskusi dengan keluarga istrimu, setidaknya mereka bisa membantumu untuk memberi nasehat yang baik kepada istrimu.

9. Beri Kesempatan Kedua Jika Menurutmu Istrimu Pantas Mendapatkannya, Mulai Kembali Hubungan yang Lebih Baik dari Sebelumnya

Saat dihadapkan dengan perselingkuhan yang dilakukan oleh istrimu, ada dua keputusan final yang menjadi pilihan. Memberinya kesempatan atau melepaskannya saja. Pikirkan dengan matang. Jangan mengambil keputusan secara tergesa-gesa.

Jika menurutmu istrimu masih pantas menerima kesempatan kedua darimu, maka berikan kesempatan itu. Bangun kembali hubungan yang lebih baik dari sebelumnya. Tutup segala luka di masa lalu dengan cerita bahagia di masa mendatang.

Namun, apabila menurutmu sudah tak ada peluang untuk memberinya kesempatan kedua, maka lepaskan dia secara sepenuhnya. Maafkan kesalahan yang sudah dia lakukan. Doakan yang terbaik untuk kebahagiaannya, juga kebahagiaanmu sendiri yang tidak dapat lagi tercipta dari kebersamaan kalian berdua.

Baca Juga :

Memang tidak mudah menerima kenyataan yang mengungkap pengkhianatan dari orang yang selama ini kamu percaya dan kamu cinta. Kelanjutan hubungan yang sudah cedera akan seperti apa ke depannya, kamu dan pasanganmu yang berhak memutuskan semua. Jika ada kemungkinan untuk memperbaikinya, maka bertahan adalah pilihan terbaik yang ada.

Demikian beberapa tips bagaimana cara menyelesaikan masalah perselingkuhan yang dilakukan istri. Semoga bermanfaat!

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.