in ,

Cemas dan Panik Saat Bekerja? Atasi Dengan 5 Cara Ini

Apakah kamu sering merasa cemas saat bekerja? Kesulitan fokus? Atau kesulitan menyelesaikan pekerjaan dengan baik?

Mungkin kita selalu berharap bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan menyelesaikan semua pekerjaan dengan sungguh-sungguh, tapi di waktu-waktu tertentu kita seringkali kehilangan motivasi untuk menjadi produktif.

Ada berbagai penyebab yang terlalu panjang jika kita bahas satu persatu, intinya segala hal yang menghalangi produktivitas kerap kali berkaitan dengan kondisi fisik dan mental seseorang.

Karena gejala kecemasan dalam bekerja berkaitan dengan fisik, tubuh kita akan mengarahkan pikiran untuk mencari zona nyaman yang membuatnya merasa lebih nikmat, seperti rebahan dan bermain game.

Tentunya ini akan sangat-sangat merugikan diri sendiri dan bisa menjadi sebuah penyesalan di kemudian hari. Maka untuk itu ada baiknya kita mengatasi kecemasan dalam bekerja dengan cara-cara berikut ini!

1. Sejahterahkan Fisik dan Mental Anda Sebelum Bekerja

Mengkondisikan Fisik dan Mental
Mengkondisikan Fisik dan Mental

Kecemasan bukanlah sesuatu yang ril, ia dapat dirasakan tetapi dapat dilihat. Kecemasan merupakan salah satu wujud rasa dan semua perasaan kerap terpancar lewat bahasa tubuh.

Seseorang dapat ditandai sedang cemas lewat bahasa tubuhnya, maka dari itu sangat penting untuk membuat tubuh kita rileks agar tidak gampang cemas.

Jika kamu merasa sangat terganggu saat bekerja, terus merasa cemas dan tidak bisa fokus, cobalah untuk meregangkan otot sejenak, menarik napas dalam-dalam dan melepaskannya selepas mungkin.

Ambil sedikit jarak antara dirimu dengan pekerjaanmu, lepaskan pikiran-pikiran tentang pekerjaan atau apapun yang membuat kamu stress, duduklah dengan tenang sembari menikmati kopi atau apapun untuk membuat tubuhmu rileks.

Setelah kamu merasa cukup santai, maka akan lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Baca Juga : 7 Gejala Kelelahan Psikis (Fatigue), Tanda Jiwa Sedang Lelah

2. Atur Pekerjaanmu Sesuai Batasanmu

Mengatur Pekerjaan Sesuai Batasan
Mengatur Pekerjaan Sesuai Batasan

Di era yang memiliki banyak sekali tuntutan seperti saat ini, kita seolah dituntut untuk bekerja keras demi memenuhi syarat-syarat tak tertulis yang ada di masyarakat.

Masyarakat modern saat ini membuat kita merasa tertinggal jika tidak bekerja keras dan ini tentunya sangat-sangat menguras energi. Terlebih lagi, tidak semua orang bisa bekerja sesuai dengan jam kerja atau cara kerja orang-orang kebanyakan.

Ada sebagian orang yang memang tidak bisa bekerja keras karena hal-hal tertentu. Maka sangat penting untuk kita mengenali diri sendiri.

Memaksakan diri untuk menjadi sesuatu yang bukan dirimu pada akhirnya akan menimbulkan dampak negatif secara mental. Jika kamu merasa tidak bisa memenuhi jam kerja yang telah ditetapkan, maka ada baiknya untuk mulai mengatur jam kerjamu sendiri.

Terkadang perasaan cemas kerap muncul dari perasaan takut tertinggal, takut dihakimi dan takut berbeda. Jadi satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melawan rasa takut pada diri sendiri dan berani untuk menetapkan batasan atau prinsip sendiri.

3. Tentukan 1 Hari Full Tanpa Bekerja

Satu Hari Penuh Tanpa Bekerja
Satu Hari Penuh Tanpa Bekerja

Mulai dari bangun tidur kita langsung memikirkan pekerjaan seolah tak ada hal lain yang juga penting untuk dipikirkan. Terlebih di era modern ini sangat mudah bagi seseorang untuk menjadi super sibuk sepanjang hari.

Namun pada akhirnya, keterikatan yang terlalu erat tak pernah berakhir baik. Kita perlu mengambil satu hari full untuk beristirahat dan terputus sejenak dari segala rentetan tugas-tugas yang ada.

Jika kamu tidak bisa mengambil satu hari libur, maka cobalah untuk mengambil waktu istirahat secara rutin. Setiap satu jam sekali, alihkan pandangan untuk melihat hal-hal lain selain pekerjaan.

Lakukan sesuatu selama kurang lebih 10 menit seperti berjalan-jalan, membuat kopi atau mengirim pesan teks kepada teman.

Cara ini bisa membantu kita untuk mencegah agar kecemasan tidak datang. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

Baca Juga : 11 Cara Bekerja Dengan Ikhlas Tanpa Merasa Terbebani

4. Temukan Kata-Kata Penyemangatmu Sendiri

Temukan Cara Untuk Tetap Memotivasi Dirimu
Temukan Cara Untuk Tetap Memotivasi Dirimu

Kata-kata ibarat mesin yang bisa membuat sebuah kendaraan berjalan. Dengan kata-kata, seseorang bisa menjadi begitu bersemangat dan sebaliknya juga bisa menjadi begitu murung.

Tentunya memiliki sesuatu yang bisa menjadi penyemangat untuk kita adalah hal yang baik. Jika kamu tidak menemukan seorang penyemangat dalam hidup, maka temukanlah kata-kata penyemangat untuk dirimu sendiri.

Bagaimana pun kita tidak bisa terus bergerak sendirian, jika tak ada seseorang yang menemani kamu berjuang maka dengan kata-kata penyemangat setidaknya kamu memiliki semangat yang keras dari dalam dirimu sendiri.

Tanamkan pemikiran-pemikiran yang baik dalam dirimu, tanamkan semangat positif dalam pikiranmu, maka segala hal negatif termasuk kecemasan akan hilang dengan sendirinya.

Ini teori yang sangat sederhana, sebagaimana ketika cahaya datang maka gelap akan hilang dengan sendirinya. Temukan penyemangatmu, kecemasan akan hilang dengan sendirinya!

Baca Juga : 7 Motivasi Positif Yang Membuatmu Bersemangat Memulai Aktifitas di Pagi Hari

5. Minta Bantuan!

Minta Bantuan Teman
Minta Bantuan Teman

Saat segalanya terasa sulit, jangan pernah berharap untuk bisa menanggungnya sendirian. Terkait pekerjaan, jika hal itu sudah membuat kamu stress dan cemas, maka ada sesuatu yang salah.

Sebagai orang yang fokus pada pengembangan diri, kamu tidak perlu takut salah dan justru kamu harus menemukan salahmu dimana.

Terkadang kita sulit sekali untuk mencari kesalahan dan kekurangan pada diri sendiri, tentunya ini membutuhkan bantuan dari orang lain seperti kerabat atau keluarga.

Cobalah untuk bercerita dengan kerabat kerja tentang masalah ini dan tanyakan pada mereka apa yang perlu diperbaiki dari dirimu. Jika mereka memberikan saran positif, maka dengarkan dan lakukan.

Cara ini tidak hanya akan mengurangi kecemasan kita dalam bekerja, tetapi juga membantu kita menjadi lebih berkembang ke arah yang positif.

Baca Juga :

Akhir Kata

Salah satu tempat yang paling umum bagi kita untuk mengalami stress adalah kantor atau tempat kerja. Dan kecemasan adalah reaksi tubuh kita terhadap stress.

Maka bukanlah suatu hal yang baru jika kamu merasa cemas di tempat kerja, kamu tidak sendirian karena memang beginilah masalah semua orang.

Jadi jangan menambah kecemasanmu dengan berpikir bahwa kamu yang paling menderita di tempat kerja. Fokus pada tujuan yang ingin kamu capai dalam bekerja akan membantu mengurangi stress dan menggantinya dengan api semangat!