in

Hindari Sikap Cemburu pada Mantan Pacar Pasangan dengan 6 Cara Ini

Cemburu Terhadap Mantan Pacar Pasangan

Cemburu sering dianggap hal yang wajar dalam menjalin sebuah hubungan. Memang sih, hal itu wajar, asalkan dalam kadar yang normal. Jika sudah berlebihan, tentu saja sikap cemburumu akan membawa dampak yang tak baik untuk hubunganmu dengan pasangan.

Ingatlah, baik kamu, pasanganmu, maupun orang lain pasti memiliki masa lalunya masing-masing. Apa yang sudah terjadi di masa lalu sangat disayangkan jika justru menimbulkan suatu masalah baru dalam hubungan yang kamu jalani dengan pasanganmu.

Menerima seseorang menjadi pasangan, artinya kamu pun harus menerima segala masa lalunya. Sayangnya, semua itu tidak semudah mengatakannya. Meski dia sudah menjadi pasanganmu, kamu masih saja memiliki kecemburuan ketika dikaitkan dengan mantan pacar pasanganmu di masa lalu.

Kamu tidak bisa membiarkan rasa cemburu itu mempengaruhi hubunganmu dengan pasanganmu. Jangan terlalu berlebihan dalam bersikap. Kamu harus bisa mengontrolnya dengan baik jika tidak ingin terjadi hal buruk pada hubunganmu dengan pasangan.

Ketahuilah, ketika rasa cemburu terus menerus menghantuimu, tidak menutup kemungkinan hubunganmu bisa terancam. Belum lagi adanya kemungkinan kamu bisa mengalami beberapa mental illness seperti anxiety atau gangguan kecemasan dan skizofrenia. Berikut ini 6 cara yang bisa kamu gunakan untuk menghindari sikap cemburuan yang berlebihan pada mantan pacar pasanganmu.

1. Berhentilah Kepo dan Sibuk Mencari Tahu tentang Kisah Asmara Pasanganmu di Masa Lalu

Jangan pernah memiliki keinginan terlalu besar untuk mengetahui kisah asmara pasanganmu di masa lalu. Jangan juga mencari tahu tentang kisah asmara itu dengan bertanya pada pasanganmu tentang mantan pacarnya dulu.

Ketahuilah bahwa membahas mantan tidak akan membawa pengaruh baik terhadap hubunganmu, justru malah rentan mengakibatkan sebuah pertengkaran. Tidak hanya itu, membahas mantan juga justru akan membuatnya kembali mengingat mantannya dan seharusnya kamu bisa menghargai privasi pasanganmu tentang masa lalunya.

Jalani saja hubunganmu yang sekarang tanpa harus mempermasalahkan apa yang terjadi di masa lalu. Fokuslah pada hubunganmu saat ini. Jadikan hubunganmu dengan pasangan menjadi hubungan yang bisa berlangsung selamanya tanpa adanya perpisahan di dalamnya.

2. Sadarlah akan Batasan Cemburu yang Normal dalam Menjalin Hubungan

“Boleh saja cemburu, asal tidak berlebihan ” Pasti kalimat tersebut sudah sering kamu dengar atau kamu baca. Kenapa tidak boleh berlebihan? Karena cemburu yang berlebih dapat memicu pertengkaran yang bisa mengakibatkan kandasnya sebuah hubungan.

Jika memang kamu merasa cemburu pada mantan pacar pasanganmu yang sampai saat ini masih diingat oleh pasanganmu atau masih menjalin hubungan dengan pasanganmu, kamu bisa membicarakannya secara baik-baik dengan pasanganmu.

Jangan memendam rasa cemburumu dan uneg-unegmu sendiri. Lebih baik sampaikan semua yang kamu rasakan pada pasanganmu. Dengan begitu kamu bisa mendengar penjelasan dari pasanganmu yang mungkin bisa sedikit membuatmu tenang dan tak lagi terlalu cemburu dengan mantan pacarnya itu.

3. Jangan Pernah Membandingkan Dirimu Sendiri dengan Mantan Pacar Pasanganmu

Berhentilah membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, termasuk dengan mantan pacar pasanganmu. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Membandingkan diri dengan orang lain tentu bukan hal bijak yang harus kamu lakukan.

Jika pasanganmu saja bisa menerimamu apa adanya sebagai pendampingnya, kenapa kamu justru harus menyibukkan dirimu untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tapi jika yang membandingkanmu dengan mantan pacar adalah pasanganmu sendiri, normal saja jika kamu merasa kesal dan cemburu.

Eitss, tapi bukan berarti pasanganmu serius dalam membandingkanmu dengan mantan pacarnya ya. Mungkin saja dia hanya bercanda, tetapi kamu yang terlalu baperan. Jika ada hal itu memang mengganggumu, ada baiknya kamu bicarakan baik-baik dengan pasanganmu.

4. Percaya Dirilah dengan Keunggulan yang Kamu Miliki Sendiri

Ketika rasa cemburu itu muncul dalam dirimu, cobalah untuk tetap bersikap tenang dan berpikir secara logis. Jangan terlalu terbawa suasana hati sehingga melakukan hal-hal yang seharusnya tidak kamu lakukan.

Untuk langkah awal, kamu bisa menenangkan diri dengan menarik napas dalam-dalam kemudian menghembuskannya secara perlahan. Selain itu, kamu juga harus berhenti melihat konten-konten yang dapat memicu hubunganmu semakin memanas dengan pasangan, misalnya mengenai perselingkuhan dan semacamnya.

Kamu harus yakin bahwa pasanganmu memilihmu untuk menjadi pendampingnya bukan tanpa suatu alasan. Pasti ada sesuatu di dalam dirimu yang tidak dimiliki oleh yang lainnya. Jadi, kamu harus lebih percaya diri dengan kelebihan yang kamu miliki.

5. Fokuslah untuk Menjadi Pendamping yang Terbaik untuk Pasanganmu

Tidak perlu terlalu menggubris hal lain yang kurang penting. Yang harus kamu lakukan sebagai seorang pasangan adalah mencoba untuk menjadi pendamping yang baik untuk pasanganmu. Dengan begitu dia tidak akan mudah berpaling ke lain hati.

Jangan terlalu mengkhawatirkan hal yang belum tentu terjadi. Fokus saja pada hubunganmu dan dirimu sendiri. Jangan pernah berhenti belajar untuk menjadi pendamping terbaik bagi pasanganmu.

6. Jalinlah Hubungan yang Baik dengan Orang-orang di Sekitar Pasanganmu, Bahkan Mantan Pacar Pasanganmu Sekalipun

Sikap cemburuanmu mungkin saja dipicu oleh asumsi yang tidak sepenuhnya benar. Kamu kurang mengenal siapa orang-orang di sekitar pasanganmu sehingga kamu sangat mudah terbakar cemburu, termasuk dengan teman-teman dan mantan pacar pasanganmu.

Akan berbeda jika kamu bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang dalam lingkungan pasanganmu. Dengan mengenal mereka, kamu pun tidak akan terlalu mudah menaruh rasa curiga dan bersikap cemburuan secara berlebihan.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika kamu memutuskan untuk menjalin hubungan baik dengan teman-teman, kerabat, keluarga, dan mantan pacar pasanganmu sekali pun. Dengan melakukan hal tersebut, tidak hanya kamu terbebas dari rasa khawatir yang berlebihan, kamu pun bisa mengenal pasanganmu lebih baik lagi berkat informasi dari orang-orang terdekatnya.

Baca Juga :

Itulah 6 cara yang bisa kamu gunakan untuk menghindari sikap cemburuan yang berlebihan pada mantan pacar pasanganmu. Tidak hanya dia, mungkin kamu pun juga memiliki mantan pacar. Tentu kamu juga paham ketika rasamu untuk dia di masa lalu sudah usai dan digantikan dengan rasa yang lebih indah untuk orang yang saat ini berada di sampingmu.

Berikan kepercayaan pada pasanganmu jika kamu memang benar-benar menginginkannya untuk menjadi pasangan hidupmu selamanya. Dengan begitu tidak akan mudah muncul rasa curiga yang melahirkan sikap cemburuan, baik pada orang-orang di sekitarnya maupun seseorang di masa lalunya.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.