in ,

5 Cara Menghilangkan Cemburu Pada Mantan Pacar Suami

Cemburu Pada Mantan Suami

Rasa cinta akan terkikis dengan mudahnya jika cemburu terus menerus muncul. Namun lebih dari sekedar mengikis perasaan cinta terhadap pasangan, kecemburuan bisa menjadi salah satu penyebab hancurnya suatu hubungan.

Misal, kamu merasa cemburu terhadap mantan pacar suami, percayalah itu suatu masalah serius yang harus segera ditemukan solusinya. Sebab kalau tidak, bisa jadi kecemburuan yang terus menerus itu akan mengarahkan pernikahanmu pada perceraian. Bisa gawat tuh!

Lalu apa yang seharusnya dilakukan para istri saat merasa cemburu? Berikut ini 5 cara menghilangkan cemburu terhadap mantan pacar suami.

1. Berkomunikasi Terbuka

Rasa penasaran yang ada di hati perempuan biasanya justru memicu terbakarnya api cemburu. Masalahnya adalah kebanyakan kita lebih mengedepankan rasa cemburu ketimbang bertindak untuk menjawab semua rasa penasaran tersebut.

Mungkin kamu mendengar kabar-kabar bahwa suami sedang mengikuti reuni dan dia bertemu mantan pacarnya disana, lalu kamu cemburu buta dan langsung menghakimi suami tanpa tahu bagaimana masa lalunya dengan mantan pacarnya itu.

Tentu ada baiknya jika kamu mengajak suami berkomunikasi terbuka, beri dia kesempatan untuk menceritakan tentang bagaimana masa lalu mereka sehingga masih berteman hingga saat ini. Jika alasan yang ia sampaikan cukup masuk akal, maka untuk apa kamu merasa cemburu?

2. Pintar-pintar Mengelola Pikiran Dan Emosi

Kadangkala rasa cemburu itu muncul meskipun pemicunya sangatlah kecil. Bahkan terkadang kecemburuan juga bisa muncul tanpa ada pemicu sama sekali. Tentunya hal ini menunjukkan batasan kita, bahwa kita belum benar-benar mampu mengelola pikiran dan emosi dengan baik.

Sebenarnya kebanyakan rasa cemburu itu muncul dari sebuah asumsi. Misal, kamu berpikir bahwa saat suami bertemu dengan mantannya, itu akan menjadi jalan bagi mereka untuk kembali memadu kasih. Dengan pemikiran seperti ini wajar jika perasaan yang muncul di hatimu adalah rasa cemburu.

Coba geser perspektifnya sedikit, saat mereka bertemu, pikirkan bahwa suamimu tahu batasannya dan mantannya juga tahu batasan karena dia juga memiliki suami. Jika kamu berpikir seperti ini, mungkinkah ada cemburu?

Nah, jika kecemburuan tak beralasan terhadap mantan pacar suami muncul, sebenarnya kamu hanya perlu melakukan trik sederhana dengan menutup mata, menarik napas panjang, menahannya sebentar lalu lepaskan. Sedikitnya cara itu mampu membuatmu sedikit lebih rileks sehingga lebih mungkin untuk mendapatkan perspektif yang lebih jelas.

3. Menjadi Lebih Terbuka

Setelah kamu mengetahui cerita sebenarnya tentang masa lalu suami dengan mantan pacarnya. Juga setelah kamu mulai bisa mengontrol pikiran dan emosi, maka saatnya untuk menjadi lebih terbuka.

Artinya, cobalah sedikit memberi cela kepada sesuatu yang selama ini membuatmu sering cemburu. Yaitu bergaul dengan teman-teman suamimu, bahkan mantan pacarnya.

Jangan bertingkah seperti korban yang selalu tersakiti di dalam drama pernikahanmu sendiri. Masuklah ke dalam realita kehidupan suamimu dan lihat sendiri apakah yang kamu pikirkan selama ini benar atau justru keliru.

Kemungkinan besar rasa cemburu yang kami rasakan selama ini hanyalah drama pikiran saja, bukan kenyataan. Maka buktikan sendiri dengan menjadi lebih terbuka.

4. Tingkatkan Harga Diri

Kecemburuan seringkali beriringan dengan insecure. Sesuatu yang membuatmu menjadi kurang percaya diri dan merasa tidak layak. Dengan kata lain secara tidak langsung kamu mengatakan bahwa mantan pacar suami lebih baik dari dirimu.

Jika kamu merasa percaya diri bahwa tak ada wanita lain yang bisa menggantikan dirimu di hati suami, maka kamu pun tak akan mudah terbakar api cemburu. Nah, kalau dipikir-pikir lagi tak mungkin dia menjadikanmu istri kalau kamu bukan wanita yang tepat dihatinya.

Memang hal-hal yang berkaitan dengan masa lalu pasangan mudah sekali membuat kita membandingkan, maka dari itu cobalah tingkatkan harga dirimu. Tunjukkan bahwa memang kamu yang terbaik. Tak akan ada lagi wanita lain yang bisa menggantikan dirimu dihatinya.

Baca Juga :

5. Menerima Rasa Cemburu Sebagai Kewajaran

Jika poin pertama sampai ke-empat sudah kamu praktekkan dan tidak membuat dirimu merasa lebih baik juga, maka hal terakhir yang bisa kamu lakukan sekarang hanyalah menerima rasa cemburu itu sebagai sebuah kewajaran.

Pastinya kamu pernah mendengar bahwa cemburu itu tanda sayang. Jadi, anggaplah ia sebagai kewajaran karena kamu sayang kepada suami. Akui bahwa kamu memang cemburu dan jangan pernah menampiknya. Bahkan tunjukkan saja kepada suami bahwa kamu memang cemburu agar dia mengerti apa yang kamu rasakan.

Ketika seorang istri sudah mengakui dan menunjukkan rasa cemburunya terhadap suami, maka suami yang baik akan menghindari hal-hal yang bisa membuat istrinya cemburu. Namun pada intinya, kecemburuan adalah hal yang wajar. Hanya saja tetap perlu dikontrol agar tidak menjadi cemburu buta.

Baca Juga :

Akhir kata

Ingat bahwa setiap pria pasti memiliki alasan yang kuat dan logis sehingga menikahi seorang wanita. Begitu pula suami kamu. Jadi jangan merasa bahwa mantan pacarnya lebih baik dibandingkan dirimu.

Kamulah yang terbaik sehingga dia menjadikanmu istri. Mengapa harus merasa cemburu kepada wanita yang tidak lebih baik dari dirimu? Sekianlah artikel tentang 5 cara mengatasi rasa cemburu terhadap mantan pacar suami.