in ,

Bersyukurlah, Inilah Pelajaran Hidup dari Kisah Cinta Tak Terbalas

Pelajaran Hidup Dari Cinta Tak Terbalas
Pelajaran Hidup Dari Cinta Tak Terbalas

Topik tentang cinta memang tak pernah ada habisnya untuk dibahas. Cinta memiliki makna yang sangat luas tergantung dari sisi mana seseorang memandangnya.

Ada yang mengatakan bahwa cinta adalah perasaan tulus yang tak membutuhkan balasan. Tapi pada kenyataannya saat kamu mencintai seseorang dan cintamu tak berbalas pasti akan ada rasa sakit tersendiri dalam hatimu.

Ada pula orang yang mengatakan bahwa jika cintamu tak berbalas, maka dunia akan terasa hampa dan sedihmu tak akan menemui titik akhirnya. Padahal jika kita mau memandang positif suatu hal, pasti akan selalu ada hikmah yang dapat kita ambil darinya.

Meski cintamu tidak berbalas, yakinlah bahwa kamu akan mendapatkan pelajaran berharga dari hal tersebut.  Jadi jangan menganggapnya sebagai hal yang selalu identik dengan kesedihan. Berikut ini adalah beberapa pelajaran hidup yang akan kamu dapatkan.

1. Cintailah Orang Lain Setelah Kamu Berhasil Mencintai Dirimu Sendiri

Mencintai Diri Sendiri
Mencintai Diri Sendiri

Dalam menjalani kehidupan sebenarnya ada hal yang harus kamu pahami dengan benar. Salah satu cara memahaminya mungkin adalah saat kamu merasakan yang namanya cintak tak berbalas.

Kamu akan memahami bahwa yang harus lebih dulu kamu cintai adalah dirimu sendiri.

Setelah kamu mampu mencintai dirimu, barulah kamu bisa belajar untuk mencintai orang lain. Karena sejatinya cinta yang ada bersumber dalam dirimu sendiri, bukan orang lain.

Kebahagiaanmu atas dari cintamu pada dirimu yang berusaha sedikit kamu bagikan pada orang lain. Jadi saat orang lain tak membalas cintamu, itu menjadi hal yang tidak terlalu menyakitkan untukmu.

Ketahuilah bahwa kebahagiaanmu adalah hal yang terpenting. Kamu tidak bisa selalu membuat orang lain memberi kebahagiaan padamu. Kamulah yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri.

Untuk itu cintailah dirimu sebelum kamu mencintai orang lain.

Baca Juga : Ditolak Gebetan? 5 Hal Ini Akan Menghilangkan Sakit Hatimu

2. Akan Selalu Ada Teman yang Setia Mendampingi dalam Suka dan Dukamu

Teman Setia
Teman Setia

Mungkin kamu akan merasa duniamu gelap sesaat saat mengetahui dia yang kamu cinta ternyata tak memiliki perasaan yang sama denganmu.

Namun semua itu akan sangat terobati dengan adanya teman-teman yang setia menghiburmu dan mengembalikan tawamu. Bukankah cinta yang kamu dapatkan dari teman-temanmu cukup besar untuk kamu terima?

Tidak ada alasan lagi untukmu merasa menderita dengan tak terbalasnya cintamu pada orang yang kamu cintai. Kamu bisa tetap mendapatkan cinta dari banyak orang yang menyayangimu.

Dengan tak terbalasnya cintamu, sebenarnya kamu akan mendapatkan pelajaran yang cukup berarti. Kamu akan memahami bahwa teman yang sejati akan selalu ada untuk mendampingimu, baik dalam suka maupun dukamu.

Kamu tak perlu takut untuk meratapi kesedihanmu seorang diri.

Baca Juga : 7 Cara Sederhana untuk Menyembuhkan Luka Pasca Putus Cinta

3. Sungguhlah Cinta yang Tulus Tak Membutuhkan Balasan Sedikit Pun

Cinta Yang Tulus
Cinta Yang Tulus

Bagaimana bisa kamu menemukan cinta sejatimu jika kamu sendiri tak paham apa arti cinta yang sesungguhnya. Cinta adalah memberi, bukan memaksa untuk diberi.

Kamu mencintainya itu sudah cukup dinamakan cinta, tapi jika kamu menginginkan dia membalas perasaanmu, itu sudah berbeda nama. Kamu hanya memiliki keinginan untuk memiliki bukan mencintai setulus hati.

Pahamilah bahwa cinta yang murni tak akan menantikan balasan. Biarpun hanya dengan memberi cinta padanya dan melihatnya bahagia itu sudah sangat cukup dalam mencintai seseorang. Kamu tak harus memilikinya di sisimu.

Dengan kejadian ini, kamu akan belajar bahwa cinta bukan untuk dipaksakan. Cinta tak harus terbalaskan. Cinta itu tentang menghargai perasaan. Hargai perasaanmu padanya dan hargai pula perasaannya padamu, tak peduli sama atau berbeda.

4. Hidupmu Ada di Tanganmu Sendiri. Bahagiamu, Kamu yang Tentukan

Bahagiamu Ada di Tanganmu
Bahagiamu Ada di Tanganmu

Rasa sakit dan kecewa terkadang justru akan membuatmu banyak belajar untuk dewasa. Kamu akan lebih paham bagaimana cara membuat keputusan.

Kamu akan paham akan kuasamu pada dirimu sendiri. Kamu akan paham tentang bagaimana seharusnya kamu menjalank kehidupan. Kamu akan paham bagaimana cara membuat hidupmu dipenuhi oleh kebahagiaan.

Sebenarnya yang membuatmu sedih, kecewa, atau bahagia adalah dirimu sendiri. Semua yang ada dalam hidupmu merupakan hasil dari keputusan yang kamu buat. Begitu pun saat kamu menghadapi kenyataan bahwa cintamu tak terbalaskan.

Mungkin akan terasa menyedihkan, jika kamu menginginkan demikian. Tapi hal itu juga tak bisa menghalangi kebahagiaanmu jika kamu menghendakinya. Semua kembali padamu. Bahagia atau tidak, kamulah yang menentukan.

Baca Juga : Sembuhkan Patah Hati, Tips Move On dan Membangun Hubungan Baru

5. Kesendirian Justru akan Membantumu Menemukan Jati Diri

Menemukan Jati Diri
Menemukan Jati Diri

Pelajaran hidup selanjutnya adalah kamu akan menemukan jati dirimu dari kesendirian yang kamu jalani saat ini. Kamu mungkin hanya sendiri tapi hal itu tak sepenuhnya buruk untukmu. Kamu tetap bisa bahagia dengan apa yang kamu punya.

Kamu bisa banyak belajar dari pengalaman hidupmu. Baik itu pengalaman yang menyenangkan maupun menyedihkan. Kamu akan menemukan gambaran dirimu yang sebenarnya.

Sendiri akan mengajarkanmu untuk tahu akan bagaimana sesungguhnya dirimu yang sejati.

Kamu bisa fokus untuk kembali mengingat tujuan hidupmu yang sebenarnya. Kamu bisa fokus untuk mengembangkan dirimu dan mewujudkan impian yang kamu ingin capai selama ini.

Kesendirian tak selalu menyedihkan, justru kesendirianlah yang menjadikanmu sosok yang lebih bermakna di masa depan.

Baca Juga : 6 Cara Mengurangi Kesedihan Karena Ditolak Gebetan

Akhir Kata

Itulah beberapa pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari sebuah kisah cinta yang tak berbalas. Apapun yang terjadi pasti memiliki sisi positif dan negatif di dalamnya. Setelahnya terserah kamu, ingin fokus pada hal negatifnya saja atau mencoba mengambil nilai positifnya juga.

Ketahuilah bahwa yang terbaik akan selalu didekatkan padamu. Jika dia tak berjodoh denganmu, artinya memang bukan dia orang terbaik yang Tuhan siapkan untukmu. Benahi diri dan sambutlah hari cerahmu esok dengan datangnya orang yang memang pantas untuk kamu cintai.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.