in ,

5 Ciri-ciri Bahwa Seseorang Memiliki Mental yang Kuat

Mental Kuat

Semua orang dibentuk oleh kebiasaannya, maka mental yang lemah sebenarnya juga merupakan buah dari kebiasaan yang kita lakukan. Sebaliknya begitu dengan orang-orang yang mentalnya kuat, mereka memiliki kebiasaan yang tentunya berpengaruh pada kekuatan mental.

Sementara itu kita sering keliru memahami ciric-ciri orang yang memiliki mental kuat, kadang-kadang tindakan yang kita anggap sebagai tanda kelemahan justru sebenarnya merupakan tanda kekuatan.

Tindakan merupakan penampilan luar, hal ini menciptakan gambaran di kepala orang lain bahwa kamu kuat dan tahan akan rasa sakit. Tapi perlu kamu tahu sebenarnya kekuatan mental seseorang bukan diukur dari penampilan luarnya saja.

Ada perbedaan yang jelas antara orang yang mental lemah dengan orang mentalnya kuat. Berikut adalah ciri-ciri seseorang memiliki mental yang kuat.

1. Selalu Bersikap Baik Kepada Siapapun

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan kini semakin banyak atribut-atribut yang ditempelkan pada orang-orang yang bersikap. Kebaikan hari ini menjadi begitu komplek dan bermacam ragam seolah ia sulit sekali di temukan.

Namun orang-orang yang bermental kuat tak peduli akan hal itu, mereka tak peduli apa kata orang lain dan tak perduli bagaimana penilaian orang lain terhadapnya, mereka akan tetap bersikap baik kepada siapapun.

Hari ini bukanlah hal yang mudah untuk bersikap baik, sebab orang-orang kebanyakan akan menolak saat kita menawarkan kebaikan. Belum lagi, kebanyakan orang-orang sekarang memandang kebaikan sebagai tanda manipulatif.

Tanya hatimu, apakah kamu masih berani bersikap baik dengan menunjukkan kasih sayang kepada tetangga? Apakah kamu masih berani bersikap baik dengan menawarkan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan?

Hari ini dunia benar-benar terbalik dimana orang-orang takut untuk melakukan kebaikan sementara mereka tidak takut untuk melakukan kejahatan. Maka hanya orang-orang bermental kuat yang berani melawan arus disaat-saat seperti ini.

2. Berani Mengakui Kelemahan dan Kesalahan

Cukup jelas bahwa orang-orang bermental lemah tidak memiliki cukup keberanian untuk mengakui kelemahannya, berarti kebalikannya adalah orang yang berani mengakui kelemahan dan kesalahan adalah orang yang bermental kuat.

Namun ada garis pembatas yang membedakan antara orang mengakui kelemahan karena ia memang kuat dengan orang yang mengakui kelemahan karena lemah alias tidak percaya diri.

Berani mengakui kelemahan karena mentalnya kuat, berarti ia akan mengambil tindakan yang jelas untuk memperbaiki dirinya dan belajar. Sementara orang yang bermental lemah mengakui dirinya lemah karena ia takut mengambil resiko dan mereka tak pernah memperbaiki diri.

Berani mengakui kelemahan berarti mencari cara yang lebih cerdas untuk berhasil. Semisal, ketika mereka tidak mengerti sesuatu, mereka akan berkata “Saya tidak mengerti, mau kah kamu membantu saya?”

Perbedaannya dengan orang yang bermental lemah, mereka selalu berusaha di jalan yang sama meskipun itu tak mungkin berhasil, mereka tidak mau melihat ke arah lain karena hatinya penuh dengan ketakutan.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Generasi Muda

3. Bersabar dan Bersyukur

Banyak dari kita yang salah mengartikan makna dari bersabar dan bersyukur, maka penting untuk meluruskan kembali bahwa sebenarnya bersabar itu tidak berarti kita kehilangan ambisi dan bersyukur itu bukan berarti kita tak punya tujuan lagi.

Banyak dari kita mengartikan bahwa bersabar dan bersyukur merupakan solusi akhir, dimana mereka berhenti berusaha dan berhenti mencoba. Namun sebenarnya bersabar dan bersyukur merupakan alat yang kita perlukan setiap harinya.

Orang-orang bermental kuat itu ciri-cirinya bersabar dan bersyukur, namun bukan berarti mereka tidak melakukan apa-apa. Orang-orang bermental kuat pastinya memiliki tujuan besar dalam hidup, kesabaran dan rasa syukur adalah roda yang menghantarkannya mencapai tujuan.

Sementara orang-orang yang bermental lemah tidak akan pernah berhasil, karena untuk mencapai suatu keberhasilan dalam hidup pastinya dibutuhkan proses rumit dan waktu yang lama, maka dibutuhkan kesabaran yang besar.

4. Mereka Berani Menetapkan Batasan

Kita adalah makhluk sosial, namun kadang-kadang lingkungan sosial tidak mendukung kita ke arah yang tepat dan disaat seperti inilah kita perlu menetapkan batasan bahkan dari orang-orang terdekat.

Ada saat-saat dimana kita butuh untuk menjadi individu yang terpisah dari kelompok, lingkungan atau sosial, dan pastinya sulit untuk melakukannya karena terkadang orang-orang tidak mengerti apa yang kita rasakan.

Maka jika kamu berani menetapkan batasan yang sehat antara dirimu dengan orang lain, jika kamu berani berbicara jujur kepada orang lain bahwa kamu ingin membatasi diri agar bisa fokus pada tujuanmu, itu artinya kamu orang yang bermental kuat.

Namun menetapkan batasan bukan hanya perkara luar saja, tetapi juga yang di dalam, yaitu hubungan baik antara kita dengan diri sendiri. Bagaimana kita berbicara pada diri sendiri untuk membatasi diri agar tidak melakukan hal-hal yang negatif dan keluar dari kebiasaan buruk.

Orang-orang yang bermental kuat sanggup memberi batasan pada dirinya sendiri, sehingga mudah bagi mereka untuk membatasi diri dari situasi luar atau eksternal.

5. Selalu Berusaha Memperbaiki Diri

Saat kamu sadar bahwa badanmu terlalu berlemak, kamu pun mulai melakukan program diet dan olahraga, dan pastinya dibelakangmu ada saja orang-orang yang tertawa kecil. Memperbaiki diri adalah hal berat bukan?

Saat kamu sadar bahwa kamu butuh meningkatkan kualitas diri, kamu pun mulai membaca artikel, buku atau menonton video tentang pengembangan diri, sementara itu banyak godaan diluar sana yang menawarkanmu kesenangan. Memperbaiki tentunya sangat menyiksa mental kita bukan?

Maka jika kamu tetap berada di jalur itu, jika kamu tetap berpegang teguh pada keyakinanmu untuk menjadi lebih baik, itu artinya kamu adalah orang yang bermental kuat.

Banyak orang yang hidupnya begitu-begitu saja karena mereka terlalu takut pada cemoohan orang lain, banyak orang yang karirnya buntu karena mereka tida bisa menahan dirinya dari bersenang-senang.

Baca Juga : 6 Manfaat Pengembangan Diri Untuk Kamu Usia 20-an

Akhir Kata

Setelah membaca penjelasan tentang ciri-ciri orang yang bermental kuat, tentunya kamu bisa langsung bercermin pada dirimu sendiri. Sekarang jawab, apakah kamu melihat ciri-ciri itu di dalam dirimu?

Beruntunglah kamu jika memiliki mental yang kuat, sebab tidak semua orang bisa seperti dirimu. Mari terus tingkatkan kualitasmu bersama golife! Sekianlah artikel tentang 5 tanda orang yang bermental kuat. Semoga bermanfaat!