7 Cobaan Sebelum Menikah yang Mungkin Akan Kamu Hadapi

Cobaan sebelum menikah tentu merupakan hal yang harus dilewati. Menjalin hubungan bukanlah

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Cobaan Sebelum Menikah

Cobaan sebelum menikah tentu merupakan hal yang harus dilewati. Menjalin hubungan bukanlah hal mudah. Ada dua orang, dua hati, dua sifat yang harus disatukan dalam satu hubungan.

Kesulitan yang dihadapi oleh pasangan yang masih sekadar pacaran tentu saja tak terlalu kompleks jika dibandingkan dengan mereka yang hendak atau sudah menikah.  Ada saja hal yang menguji rasa cinta pasangan dalam menjalin sebuah hubungan.

Nah, biasa nih yang dari pacaran mau ke pelaminan, ada saja masalah yang berdatangan. Sebenarnya jika kamu mampu melewatinya, semua akan berjalan dengan lancar.

Namun memang umumnya akan selalu ada cobaan yang lebih saat kamu hendak memutuskan untuk melangsungkan pernikahan.

Agar kamu tak kaget, ini adalah beberapa cobaan yang biasanya akan kamu hadapi sebelum menikah.

1. Sebelum Menikah Kamu Akan Menghadapi Cobaan Munculnya Keraguan di Hati Masing-masing

Cobaan Sebelum Menikah, Munculnya Keraguan Sebelum Menikah
Munculnya Keraguan Sebelum Menikah

Biasanya hal yang satu ini adalah hal paling umum terjadi pada pasangan yang hendak memutuskan untuk menikah.

Meski sudah cukup lama pacaran dan sudah cukup mengenal satu sama lain dengan baik, tapi masih saja akan muncul keraguan dalam hati masing-masing.

Akan ada pertanyaan seperti “apa memang dia yang ditakdirkan untuk menjadi pasanganku selamanya?” atau pertanyaan seputar “apa memang kami sudah benar-benar cocok?”.

Hal ini bukan hal yang asing dialami oleh calon mempelai suami istri. Ya makhlum sajalah kan sebelum menjajaki dunia yang lebih sakral pasti akan ada banyak pertanyaan yang muncul dalam benak seseorang.

Solusinya hanya dengan menyakinkan lagi hati masing-masing. Yakinilah bahwa memang pasanganmu lah orang yang paling cocok untuk mendampingimu. Ingatlah bahwa dialah yang selalu ada saat kamu membutuhkannya.

Ingatlah bahwa selama ini kamu dan pasanganmu sudah cukup lama saling melengkapi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

2. Menjadi Lebih Sensitif Sehingga Memicu Munculnya Pertengkaran dalam Hubungan

Menjadi Lebih Sensitif
Menjadi Lebih Sensitif

Adanya keraguan dalam hati masing-masing pasangan yang membuat kesensitifan menjadi bertambah. Biasanya baik kamu dan pasanganmu akan mudah emosi karena hal kecil.

Sehingga pertengkaran pun tidak dapat dihindari lagi.

Biasanya penyebab sikap sensitif ini juga karena banyaknya pikiran sebelum hari pernikahan, Segala persiapan yang harus dilakukan tentu memakan sebagian besar energi dan pikiranmu dengan pasangan.

Sehingga seringkali hal kecil dapat memicu pertengkaran dalam hubungan kalian.

Tentang pertengkaran dalam sebuah hubungan, kamu juga bisa membaca beberapa tips relevan berikut,

3. Kehadiran Sosok yang Dulu Pernah Dicintai

Kehadiran Sosok Yang Pernah Dicintai
Kehadiran Sosok Yang Pernah Dicintai

Biasanya hal ini juga lumrah terjadi pada pasangan yang hendak menikah. Adanya sosok di masa lalu yang pernah dicintai datang kembali menjadi satumasalah tersendiri dalam hubungan.

Sudah pasti ada peluang tumbuhnya kembali rasa cinta yang mungkin dulu sudah pernah kamu kubur dalam-dalam. Belum lagi kecemburuan pasangan terhadap sang mantan.

Tentu saja hal itu akan menjadi masalah baru yang mau tidak mau harus kamu selesaikan sebelum kamu menikah dengan pasanganmu.

4. Kehadiran Sosok Baru yang Cukup Memikat Hati

Kehadiran Sosok Baru Yang Memikat Hati
Kehadiran Sosok Baru Yang Memikat Hati

Padahal dulu waktu masih jomblo atau pacaran biasa tidak ada orang yang mendekat. Kalau lagi sepi ya sepi banget. Tapi hal yang mengherankan, justru saat keputusan menikah sudah ada, ada banyak lawan jenis yang berdatangan untuk mengenalmu lebih dekat.

Tak dapat dipungkiri, nyatanya hal ini kerap membuat seseorang bingung dan merasa kaget dengan apa yang dialami. Seringkali menjelang pernikahan, rasanya akan banyak lawan jenis yang datang.

Ini menjadi penyebab goyahnya seseorang dalam menjaga komitmen yang hendak dibangun dengan pasangannya.

5. Kesibukan Masing-masing Calon Mempelai Menjelang Hari Pernikahan

Kesibukan Masing-Masing Calon Mempelai
Kesibukan Masing-Masing Calon Mempelai

Hal lain yang menjadi masalah menjelang hari pernikahan adalah kesibukan masing-masing calon mempelai sehingga komunikasi di antara keduanya kurang berjalan dengan lancar.

Kesibukan ini juga menjadi penyebab adanya masalah kecil yang akhirnya menjadi perdebatan atau pertengkaran.

Biasanya yang lebih banyak mengeluh adalah calon pengantin perempuan. Karena kesibukan calon pengantin pria, calon pengantin perempuan harus lebih menyiapkan tenaga ekstra untuk mengurus semua kebutuhan pernikahan.

Nah, daripada ribut nih, akan lebih baik jika kamu dan pasanganmu menyewa jasa wedding organizer untuk mengurus semua keperluan pernikahanmu.

6. Adanya Perbedaan Pendapat dalam Proses Persiapan Acara Sebelum Menikah

Perbedaan Pendapat Tentang Pernikahan
Perbedaan Pendapat Tentang Pernikahan

Yang selanjutnya adalah keberadaan perbedaan pendapat dalam proses persiapan acara pernikahan. Tak hanya datang dari kedua mempelai saja, biasnya perbedaan pendapat ini juga datang dari kedua pihak keluarga.

Biasanya sih yang dipermasalahkan adalah tentang adat apa yang dipakai jika memang calon mempelai berasal dari wilayah yang memiliki kebudayaan berbeda. Kemudian masalah kecil lainnya, seperti seragam keluarga, konsep pernikahan, dan katering.

Untuk menghadapi perbedaan pendapat ini, lebih baik kamu dan pasangan berusaha untuk membicarakan semuanya bersama-sama dengan kepala yang dingin tentunya.

7. Sebelum Menikah, Restu Orang Tua yang Masih Belum Didapatkan Adalah Salah Satu Cobaan Terberat

Restu Orang Tua Untuk Menikah
Restu Orang Tua Untuk Menikah

Yang terakhir adalah restu orang tua. Hal ini sangat penting bagi setiap pasangan. Terlebih tanpa restu orang tua tentu sebuah pernikahan tak akan pernah terasa lengkap. Itulah yang menjadi dasar dari pandangan bahwa restu orang tua adalah segalanya.

Saat hal ini terjadi padamu dan pasanganmu, cobalah untuk meyakinkan orang tuamu. Mungkin orang tua belum memberi restu karena faktor belum mengetahui secara dalam bagaimana karakter pasanganmu dan juga latar belakang keluarganya.

Jelaskan pada orang tuamu dengan cara yang baik, jika memang pasanganmu adalah jodohmu, pasti akan selalu ada jalan untuk menyatukan cinta kalian berdua.

Itulah beberapa hal yang biasanya menjadi masalah bagi para calon suami istri. Jika kamu sudah paham, setidaknya kamu sudah memiliki ancang-ancang bagaimana cara untuk menghadapi segala ujian tersebut.

Yang terpenting kamu harus tetap menjaga komunikasimu dengan pasangan dalam menjalani hubungan. Jika komunikasimu dengan pasangan sudah tak baik, tentu saja ujian-ujian di atas akan semakin sulit untuk kamu lewati.

Selain itu, kamu juga bisa membaca beberapa artikel referensi tentang pernikahan berikut,

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile