in ,

Menari Sebagai Terapi, Inilah 10 Kelebihan Dance Movement Therapy

Manfaat Menari

Menari sebagai terapi mungkin belum banyak diketahui banyak orang. Pasalnya menari umumnya hanya dikaitkan pada hobi dan aktivitas yang bisa dilakukan oleh orang yang sudah terlatih. Padahal menari bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk juga Anda. Memang ada perbedaan antara orang yang ahli menari dan bukan penari.

Namun hal itu tidak menjadi hambatan untuk Anda mencoba menggerakkan tubuh sebagai media terapi. Umumnya terapi psikologis yang dilakukan tentunya Anda sudah tahu. Melibatkan komunikasi verbal dua arah antara psikolog dan juga kliennya.

Tetapi bagaimana jika Anda kurang dapat mengatakan secara verbal apa yang sedang dialami dan dirasakan? Anda bisa memilih art therapy sebagai jalannya. Bisa juga melakukan occupational therapy.

Jika Anda ingin yang berbeda dari yang lain, Anda bisa menggerakkan tubuh sebagai gantinya. Disebut juga dengan dance movement therapy atau DMT. Terapi ini memiliki 2 komponen yakni tari dan gerak. Yang boleh membimbing klien melakukan terapi ini adalah terapis yang bersertifikasi.

Ingin mencobanya tetapi tidak menemukan terapis ini di Indonesia?

Jangan khawatir, Anda juga bisa menari sebagai terapi sendiri di rumah. Gerak dalam DMT ini bisa dilakukan dengan menggerakkan tubuh Anda misalnya dengan olahraga, yoga dan melakukan gymnastic serta stretching. Tari nya sendiri bisa dilakukan sesuai keinginan.

Anda bisa mengikuti kelas tari modern atau bahkan tradisional. Penelitian mengenai DMT ini sudah ada namun belum banyak. Komponen tarinya sendiri juga disesuaikan dengan masing-masing daerah yang dilakukan intervensi. Misalnya dengan tango dance, atau bahkan melakukan biodanza.

Lalu apa saja manfaatnya setelah melakukan gerak dan tari ini? tentunya hal ini mudah untuk dilakukan sendiri di rumah pada saat situasi covid seperti sekarang untuk Anda tetap bebas dari stres.

Karena tak jarang seperti yang terlihat di media online, semakin banyak orang yang merasa stres (perceived stress) akibat pandemik yang tidak kunjung berlalu ini.  Menari sebagai terapi memiliki manfaat berikut ini.

Dance Movement Therapy atau DMT Berbeda Dengan Tari Biasa

Dance Movement Therapy
Dance Movement Therapy

Yang Anda lakukan mungkin terlihat klise dan biasa saja. Namun dibaliknya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dari menari sebagai terapi. Melakukan salah satu atau kedua komponen DMT ini adalah salah satu cara berbahasa antara conscious dan unconscious feelings.

Sering kali kita kesulitan untuk mengungkapkan apa yang sedang di rasakan. Dengan metode ini, Anda bisa mengomunikasikan antara yang di sadari dan tidak di sadari sekaligus ke dalam bentuk gerakan.

Anda jadi bisa memahami diri sendiri dengan menggunakan media gerak dan tari dalam berkomunikasi.

Meningkatkan Empati

Meningkatkan Empati
Meningkatkan Empati

Dalam prakteknya, DMT sendiri memiliki jenis intervensi yang disebut dengan mirroring. Seperti labelnya yakni mirroring, Anda akan melakukan gerakan yang dicontohkan oleh terapis atau klien yang berpartisipasi di dalam kelompok intervensi.

Gerakan yang dilakukan dengan menirukan seseorang ini akan menunjukkan empati dan juga validasi dari perasaan seseorang tersebut.

Dapat Menggunakan Properti

Dapat Menggunakan Properti
Dapat Menggunakan Properti

Tidak hanya bergerak dan menari saja, tetapi menari sebagai terapi juga menggunakan properti apabila dibutuhkan. Misalnya kain, bola dan lainnya yang diinginkan.

Hal ini akan membantu seseorang secara fisik dan menunjukkan hal yang ekspresif.

Misalnya dalam kelompok intervensi yang bertujuan untuk emotional surrender, bentuknya kemudian dilakukan dengan simbol property yang digunakan.

Meningkatkan Skill

Meningkatkan Skill
Meningkatkan Skill

Tidak hanya dari segi psikologis saja, namun Anda bisa menumbuhkan dan mengembangkan skill diri. Anda bisa menumbuhkan kepercayaan pada diri bahwa Anda memiliki kemampuan dan Anda percaya pada kemampuan tersebut.

Jadi menari sebagai terapi tidak hanya bermanfaat dari segi teoritis saja, namun juga dapat memengaruhi skill Anda.

Sebagai Bentuk Nonverbal

Sebagai Bentuk Nonverbal
Sebagai Bentuk Nonverbal

Gerakan dan tarian dari menari sebagai terapi yang dilakukan adalah bentuk nonverbal untuk membantu memahami diri dari gerakan yang dilakukan selama proses healing / recovery.

Menurunkan Stres

Menurunkan Stres
Menurunkan Stres

Manfaat yang utama dari dilakukannya dance movement therapy ini adalah untuk menurunkan stres dan membantu seseorang mengelola stres / stres manajemen.

Gerakan yang dilakukan dari menari sebagai terapi baik itu dalam komponen gerak dan tari selama proses intervensi, dapat menurunkan stres yang dirasakan. Pada penelitian yang sudah ada, beberapa melihat adanya penurunan stres yang di ukur dari hormon.

Pengukurannya menggunakan blood test dan saliva test. Bahkan dari segi hormon pun terlihat adanya penurunan stres. Jadi Anda bisa mencoba untuk melakukan gerak dan tari simpel sendiri di rumah.

Meningkatkan Skill Komunikasi

Mampu Meningkatkan Skill
Mampu Meningkatkan Skill

Sebagai media dari bentuk non-verbal, Anda jadi bisa meningkatkan skill komunikasi karena mampu memahami diri dan orang lain dari gerakan yang dilakukan. Empati yang muncul dari intervensi kelompok ini akan dengan mudah ditangkap pesannya oleh orang lain.

Selain itu Anda juga tidak perlu panjang lebar menggunakan komunikasi verbal. Namun tetap lebih baik jika Anda berkomunikasi langsung secara verbal ya.

Hubungan Antara Emosi, Kognisi dan Tubuh

Melatih Emosi, Kognisi dan Tubuh
Melatih Emosi, Kognisi dan Tubuh

Ketika tubuh melakukan gerakan, maka dar sisi emosi ini akan menggabungkan konsep ekspresif atau creative di mana jika Anda di minta untuk melakukan gerakan yang akan di mirroring, tentunya Anda akan memikirkan gerakan seperti apa yang akan dilakukan.

Kemudian kognitif seseorang ini akan terjadi dengan adanya interaksi dari gerakan yang dilakukan bersama.

Jadi sekali intervensi, Anda bisa memahami dua bagian yang berproses dari menari sebagai terapi untuk kemudian memahami hal yang tidak disadari dengan gerakan.

Tidak Ada Tipe Spesifik Untuk Melakukan DMT

Tidak Memiliki Tipe Spesifik
Tidak Memiliki Tipe Spesifik

DMT disebut juga dengan movement psychotherapy di mana tidak ada tipe spesifik tertentu yang digunakan dalam melakukan gerak dan tarinya.

Maka bisa dilakukan dalam bentuk gerak dan tari seperti tari modern, tari tradisional setempat, dansa, yoga, gymnastic bahkan aerobic low impact sekalipun. Tentunya diikuti dengan pemanasan terlebih dahulu untuk menenangkan tubuh.

Diiringi Musik Yang Bisa Di Pilih

Bisa Diiringi Musik Sesuka Hati
Bisa Diiringi Musik Sesuka Hati

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di berbagai negara, DMT dapat dilakukan dengan iringan musik favorit. Awalnya terapis akan memberikan musik yang sesuai dengan tema terapinya.

Kemudian jika memungkinkan, terapis bisa memutarkan musik pilihan klien yang akan disaring kembali oleh terapis apakah cocok dengan tema terapi atau tidak.

Jadi terapis memiih musik spesifiknya dari pilihan klien. Dengan begitu, klien akan lebih merasa nyaman dan rileks karena iringan musik yang sudah familiar.

Mungkin harus diperhatikan juga pada klien yang berpartisipasi dalam menari sebagai terapi. Untuk klien lansia sebaiknya tidak memilih musik dengan tempo yang sangat cepat karena akan melelahkan.

Anda mungkin bisa melakukan hal yang mirip meski tidak sepenuhnya mengikuti teknik DMT ini di rumah. Anda bisa melakukan gerak dan tari simpel yang menyenangkan sesuai selera atau kebutuhan Anda.

Dengan bergerak, energi negatif yang ada di dalam diri diharapkan akan keluar dari gerak tubuh yang dilakukan. Mau sambil bernyanyi sekalipun tidak masalah karena tidak mengikuti teknik DMT yang teoritis.

Anda hanya perlu menggerakkan tubuh dan mengikuti iringan musik favorit di rumah sudah menjadi bagian dari menari sebagai terapi yang dapat melepaskan lelah dan juga stres yang di rasakan selama situasi pandemik seperti sekarang ini.

Berkaitan tentang musik, coba pelajari juga : 8 Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kehidupanmu Sehari-Hari .

Kesehatan mental menjadi problem yang utama karena Anda sebaiknya sehat secara mental terlebih dahulu agar bisa melawan situasi yang kurang bersahabat seperti sekarang ini.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.