in ,

6 Fakta Mengejutkan Tentang Pikiran Bawah Sadar Manusia

Fakta Pikiran Bawah Sadar

Sudah banyak penelitian menjelaskan bahwa kesuksesan atau kegagalan seseorang dipengaruhi oleh pikiran bawah sadarnya. Jika pikiran bawah sadarnya terprogram dengan bagus, maka lebih mudah baginya untuk mendapatkan apa yang diinginkan dalam hidup.

Teori ini pertama kali di kemukakan oleh Freud, bahwa semua hal yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, insting dan keinginan berasal dari pikiran bawah sadar. Program bawah sadar ini membentuk kita menjadi seperti apa yang kita lakukan sehari-hari.

Artinya, setiap keputusan yang kita ambil juga dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar, mulai dari pilihan menu makan yang kita pilih hingga cara kita menikmati makanan, mulai dari selera musik hingga standar kita dalam menentukan rumah yang layak.

Berikut ini adalah 6 Fakta psikologis tentang pikiran bawah sadar yang penting untuk kamu ketahui!

1. Pikiran Bawah Sadar Terbentuk Sejak Masa Kecil

Pikiran Bawah Sadar Terbentuk Sejak Bayi
Pikiran Bawah Sadar Terbentuk Sejak Bayi

Di usia 1 hingga 7 tahun memori otak kita masih mudah untuk menginstall segala hal yang didengar dan dilihat dari sekitar, hal inilah yang membentuk pikiran bawah sadar kita di masa kecil.

Di usia-usia ini kita bagai kertas putih yang masih kosong dan orang-orang sekitar lah yang membentuk pikiran kita menjadi seperti apa. Jika di masa kecil kita sering mendapatkan sentuhan dan perhatian dari orang tua, maka pikiran bawah sadar kita membentuk mental yang positif.

Sebaliknya jika sejak masa kecil kita kurang perhatian dari orang sekitar, maka pikiran bawah sadar kita membentuk mental yang lemah dan kesepian. Apapun yang kita terima di masa kecil, semua itu membentuk pola yang menjadikan sosok kita seperti apa.

Maka di usia dewasa sekarang ini, kita bisa mem-program ulang pikiran bawah sadar sesuai apa yang kita inginkan dan menghapus program lama yang berdampak negatif bagi diri sendiri juga orang lain.

2. Pikiran Bawah Sadar Mengontrol 95% Hidup Sehari-hari

Pikiran Bawah Sadar Mengontrol Kebiasaan
Pikiran Bawah Sadar Mengontrol Kebiasaan

Apakah kamu menyadari setiap tarikan dan hembusan napas setiap waktu? Setelah kamu hafal setiap fungsi pada tombol keyboard, apakah kamu menyadari setiap gerakan jari di atas keyboard ketika sedang mengetik?

Inilah bukti bahwa 95% aktivitas yang kita lakukan sehari-hari dikontrol oleh pikiran bawah sadar. Setiap memori yang sudah terekam di pikiran bawah sadar membuat kita bisa bergerak dan melakukan apapun secara otomatis.

Tentu saja ini bisa membawa dampak positif dalam kehidupan kita, namun terkadang pikiran bawah sadar juga bisa menjadi penghambat kita untuk menjadi lebih maju dan berkembang.

Sebab pikiran bawah sadar tidak hanya mengontrol gerakan tubuh kita untuk bergerak secara otomatis, namun juga memengaruhi perasaan dan pikiran untuk mengarahkan kita secara otomatis.

3. Pikiran Bawah Sadar Adalah Buah Dari Kebiasaan

Pikiran Bawah Sadar Adalah Kebiasaan
Pikiran Bawah Sadar Adalah Kebiasaan

Pakar psikologi dan ilmu syaraf menyatakan bahwa kebiasaan seseorang akan terbentuk setelah mengulang hal yang sama selama 21 hari. Setelahnya itu akan terprogram secara otomatis di pikiran bawah sadar.

Jadi, jika kamu ingin menjadi orang yang rajin membaca, maka paksakan saja dirimu untuk membaca apapun minimal 1 jam sehari selama 21 hari. Setelahnya kamu akan terprogram secara otomatis untuk melakukannya seolah tanpa mengeluarkan energi sama sekali.

Tentu saja semuanya harus di awali dengan motivasi, entah itu motivasi eksternal atau motivasi internal, namun saat kita merasa sudah termotivasi untuk melakukan sesuatu, maka lakukanlah dan paksakan diri selama 21 hari secara rutin.

Terkadang kita menunda-nunda untuk berubah hingga pada akhirnya tidak mengalami kemajuan sedikitpun, padahal perjuangan yang kita butuhkan hanyalah sebentar saja, yaitu 21 hari berturut-turut.

4. Pikiran Bawah Sadar Kita Adalah Zona Nyaman Kita

Pikiran Bawah Sadar Adalah Zona Nyaman
Pikiran Bawah Sadar Adalah Zona Nyaman

Pikiran bawah sadar mengirimkan sinyal kepada otak untuk mengarahkan kita ke zona nyaman, sebab sifatnya memang tidak menyukai hal-hal baru karena sudah nyaman dengan kebiasaan yang lama.

Inilah mengapa orang yang malas tetapi menjadi pemalas dan orang yang rajin semakin rajin, sebab disanalah zona nyaman mereka. Cara kerja pikiran bawah sadar benar-benar mirip dengan program komputer yang menjalankan segala tugas-tugasnya sesuai program.

Contoh lainnya ialah seperti seekor kucing, tentu kita bisa membedakan bagaimana kebiasaan kucing yang dipelihara oleh majikannya sejak kecil dengan kucing yang hidup bebas.

Begitu pula kita jika sejak kecil terprogram untuk menjadi kucing yang manja, maka wajar kita nyaman dengan bergantung pada orang lain dan tidak kreatif. Untuk mengubahnya, kita perlu menanamkan pola pikir baru yang lebih positif dengan cara afirmasi.

Ini sangat penting sebab kita seringkali membatasi diri sendiri dengan alasan tidak mampu, padahal sebenarnya itu hanyalah alasan karena sudah terikat di zona nyamannya sendiri.

5. Pikiran Bawah Sadar Adalah Multi-tasker

Pikiran Bawah Sadar Adalah Multi-Tasking
Pikiran Bawah Sadar Adalah Multi-Tasking

Pikiran sadar kita hanya bisa fokus pada satu hal saja. Artinya, saat kamu merasa bisa melakukan multi tasking sebenarnya kamu sedang menggunakan pikiran bawah sadar.

Secara fisik tidak mungkin bagi kita untuk merasakan dua hal sekaligus, seperti merasa marah dan senang dalam satu waktu, namun dengan adanya pikiran bawah sadar kita jadi mampu melakukannya secara bersamaan.

Contohnya saat kita berada di tengah keramaian, saat mengadakan pesta ulang tahun dan bersenang-senang, tiba-tiba kita melihat sesuatu yang memicu munculnya memori dari pikiran bawah sadar sehingga menghadirkan perasaan sedih atau murung.

Disinilah pentingnya kita untuk belajar tentang mindfulness, yaitu konsentrasi dengan sepenuh kesadaran untuk berada di masa kini, bukan masa lalu atau masa depan.

Hal ini dapat membantu kita untuk dapat mengalami segalanya dengan sepenuh hati tanpa gangguan dari emosi-emosi masa lalu atau kecemasan tentang masa depan.

6. Pikiran Bawah Sadar Tidak Memiliki Filter

Pikiran Bawah Sadar Tidak Memiliki Filter
Pikiran Bawah Sadar Tidak Memiliki Filter

Inilah pentingnya kita menjaga kesadaran untuk tetap berada dalam kondisi yang baik, artinya menjaga kestabilan emosi dan pikiran agar tidak terganggu dengan hal-hal yang negatif.

Sebab bagaimana pun kita berusaha berpikir positif menanggapi setiap hal atau bagaimana pun kita berusaha untuk mengabaikan hal-hal negatif disekitar, tetap saja semua itu akan diserap secara otomatis oleh pikiran bawah sadar.

Ketika kita mendengarkan orang sekitar membicarakan hal negatif, mungkin kita bisa saja berusaha berpikir positif saat itu, namun secara tidak sadar semua hal yang kita lihat dan dengar telah masuk secara otomatis ke dalam pikiran bawah sadar.

Inilah mengapa ketika kita mendengarkan curahan hati tentang kesedihan orang lain, setelahnya kita merasa ada sesuatu yang berbeda dalam diri kita, mungkin kita merasa cemas, sedih dan takut.

Hal ini dikarenakan pikiran bawah sadar kita tidak dapat memfilter hal-hal apa yang seharusnya ia serap. Maka jagalah mata dan telingamu untuk hal-hal yang positif saja agar jiwamu tetap stabil.

Baca Juga : 

Para ahli telah menyatakan bahwa pikiran bawah sadar kita satu juta kali lebih kuat daripada pikiran sadar. Inilah pentingnya agar kita terus memasukkan hal-hal positif ke dalam pikiran bawah sadar sebab dari sanalah semua hal dimulai.

Seperti hukum tarik menarik, pikiranmu menentukan seperti apa hidupmu, maka cara terbaik untuk mengubah hidup adalah dengan melakukan program ulang pikiran bawah sadar.

Sekianlah artikel tentang 6 fakta mengejutkan tentang pikiran bawah sadar. Semoga bermanfaat!