11 Fitur Tersembunyi di Google Chrome Mempercepat Pekerjaanmu

Dengan banyaknya teknologi yang bisa dipilih, membuat kita kebingungan untuk memilih alat atau cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kita sehari-hari.

Mirza M. Haekal Mirza M. Haekal · 4 min read >
fitur tersembunyi browser google chrome

Di zaman digital di mana semua serba cepat di dunia yang super sibuk ini, kita selalu kewalahan dalam menghadapi berbagai macam tugas maupun pekerjaan yang terus saja berdatangan dan harus diselesaikan sebelum deadline datang menjemput.

Dengan banyaknya teknologi yang bisa dipilih, membuat kita kebingungan untuk memilih alat atau cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kita sehari-hari.

Dan tak hanya itu saja, banyak aplikasi/software yang sudah kadaluwarsa–dari fiturnya atau teknologinya, sehingga penting bagi kita untuk selalu up-to-date dalam alat-alat yang bisa dipilih.

Nah, kemungkinan besar, komputer yang kamu gunakan pasti memiliki Google Chrome, kan? Browser keluaran dari raksasa internet Google ini merupakan browser paling populer saat ini dan tentu saja, menjadi yang terpopuler pasti di dalamnya sudah disuntikkan berbagai macam fitur-fitur penting yang membedakannya dengan kompetitor lainnya dalam persaingan browser.

Beberapa fiturnya bahkan juga bisa meningkatkan produktivitasmu, lho. Apa saja itu?

1. Minimize Tab

Saat sedang benar-benar sibuk mengerjakan tugas atau pekerjaan, pasti kamu membuka banyak sekali tab Google Chrome, kan?.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat banyak tab tersebut tetap ada dan tak tertutup secara sengaja karena salah klik adalah dengan merubahnya ke Pin Tab.

Kamu cukup klik kanan pada tab yang kamu inginkan, lalu pilih “Pin Tab.” Jika sudah berubah ke Pin Tab, maka tab tersebut tak akan bisa ditutup karena tombol “X” untuk menutup sekarang menghilang.

Baca juga: 25 Tombol Pintas Pada Keyboard di Semua Versi Windows

Pin Tab ini juga berfungsi untuk me-minimize tab-mu sehingga kamu juga punya ruang yang lebih untuk melakukan multitasking.

2. Incognito Mode

Salah satu alasan kenapa Google Chrome begitu populer adalah karena ia mudah digunakan dan performanya cepat.

Namun, Google memang mengambil berbagai data internet dari kita, jadi untuk menghadapi hal ini, kamu bisa menggunakan fitur bernama Incognito Mode.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka riwayat internet atau download-mu tak akan disimpan dan langsung menghilang begitu kamu keluar dari mode ini atau menutup Google Chrome.

Kamu bisa menyalakan Incognito Mode ini dengan tiga cara, yakni:

  • Pencet Ctrl + Shift + N
  • Pilih File Menu dan klik New Incognito Window
  • Download extension tambahan untuk New Incognito Window

Fitur ini sangat bermanfaat apabila kamu menginginkan riwayat internetmu tak tersimpan, sehingga kamu tak bertemu dengan berbagai ads menyebalkan atau halaman-halaman yang disarankan–yang kadang benar-benar memenuhi dan menjadi berat Google Chrome.

3. Menyimpan Halaman Sebagai PDF

Apakah kamu pernah menemukan suatu halaman situs yang menarik atau yang mempunyai informasi penting di dalamnya?.

Lalu, kamu lupa memasukkannya ke bookmark atau menyimpannya dalam “Favorites,” sehingga membuatmu kesulitan untuk menemukannya lagi? Nah, kamu pasti sering begini, kan? Pusing saat halaman yang kamu cari menghilang entah kemana.

Untungnya ada sebuah solusi mudah yang diberikan oleh Google Chrome.

Kamu bisa menyimpan halaman tadi sebagai PDF sehingga akan tersimpan dalam komputermu dan bisa kamu baca kapan saja. Cukup pencet Ctrl + P di keyboard-mu dan halaman yang kamu inginkan sudah tersimpan dengan aman di komputermu seabagai PDF.

4. Membuka Kembali Tab yang Tertutup

Pernahkah browser-mu tiba-tiba tertutup saat kamu sedang membuka banyak tab bersamaan? Entah karena salah pencet atau karena mati lampu.

Tenang saja, tak usah panik pekerjaanmu hilang karena kamu bisa membuka kembali semua tab yang sudah tertutup itu dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan memencet Ctrl + Shift + T dan cara kedua adalah dengan klik tiga titik vertikal dan pilih saja “History,” di mana semua riwayat internetmu berada di sana dan kamu tinggal membukanya saja. Simpel, kan?

5. Memecahkan Persoalan Matematika

Tahukah kamu kalau Google Chrome itu tak hanya bisa untuk menjelajah internet dan mencari informasi terbaru saja? Ternyata, Google Chrome juga bisa menyelesaikan beberapa persoalan matematika, lho. Tidak, kami tidak bercanda dan kamu bisa mencobanya sendiri.

Kamu bisa melakukannya di omnibox (tempat di mana kamu memasukkan alamat yang ingin kamu tuju di Google Chrome).

Contohnya, jika kamu kesulitan dengan perpecahan, maka kamu bisa menulis 20 persen dari “X” (angka yang kamu inginkan) dan akan langsung muncul hasilnya dengan cepat. Benar-benar tak disangka, kan?

6. Memainkan File Media

Apakah kamu sering menemukan kesulitan saat memainkan atau menonton file video? Sekali lagi, Google Chrome siap untuk membantumu.

Kamu bisa mendengarkan atau memainkan berbagai format video dan musik, seperti mp3, mp4, mov, mkv dan masih banyak lainnya.

Kamu cukup menggeser file yang ingin kamu mainkan ke kotak pencari. Oh ya, kamu juga bisa melihat gambar, PDF dan file dari Microsoft Office juga, lho.

7. Berpindah Dengan Cepat ke Tab Lain

Dengan terbukanya semua tab itu tentu saja kamu harus bisa berpindah-pindah dari satu tab ke tab yang lain, bukan? Nah, daripada memencet tab tersebut satu-satu, kamu bisa menggunakan tombol pintas Ctrl + Tab.

Tak hanya itu saja, tapi kamu juga bisa berpindah tabs dengan memencet Ctrl + 1, Ctrl + 2 dan seterusnya. Jika kamu ingin berpindah ke tab terakhir, maka tinggal pencet saja Ctrl + 9.

8. Tetap Fokus

Komputer zaman sekarang punya kemampuan yang sangat luar biasa. Kadang kita menginginkan tugas atau pekerjaan kita selesai, namun akui saja, kita adalah manusia yang suka menunda-nunda.

Kadang kita sering menunda pekerjaan karena mengunjungi beberapa situs yang kita suka–seperti menonton video di YouTube, menonton satu episode serial favorit di Netflix atau sekedar membuka sosial media.

Nah, maka dari itu, extension Google Chrome bernama StayFocused ini bisa benar-benar membuatmu fokus dan menyelesaikan pekerjaan atau tugasmu dengan cepat.

Extension ini membuat tetap produktif dengan membatasi waktu yang kamu habiskan dalam situs-situs hiburan favoritmu itu. Kamu bisa mengatur waktu sesukamu dan akan memblokir situs itu tergantung waktu yang sudah kamu setel sebelumnya.

9. Grammarly Untuk Mengedit

Bisa dikatakan extension ini adalah wajib untuk dimiliki karena fiturnya yang benar-benar lengkap. Grammarly ini–seperti namanya, berfungsi untuk mengecek grammar dan pengucapan dari apapun yang kamu tulis lewat Google Chrome.

Kamu bisa menggunakannya sebagai pekerja profesional atau hanya sekedar untuk mengerjakan tugas dari sekolah. Extension ini benar-benar membuat proses mengeditmu menjadi lebih mudah dan efisien.

Tak hanya itu, Grammarly ini juga secara otomatis mengecek typo saat kamu mengirim email, nge-tweet atau sekedar nulis komen di Facebook. Rasanya seperti mempunyai editor pribadi, kan?

10. Loom

Kadang apa yang kamu tulis dalam email atau dalam aplikasi chat tak mewakili apa yang sebenarnya kamu rasakan dan yang benar-benar kamu maksudkan. Maka dari itu, sepertinya lebih baik kalau kamu mengatakan dengan video daripada dengan barisan kata-kata rumit yang susah dimengerti.

Perkenalkan Loom, extension Google Chrome yang membuatmu bisa menangkap, menarasinya, lalu membagi video dari rekaman layar komputermu. Hal ini akan membantu rekan kerjamu memahami permasalahan yang kamu hadapi atau sekedar ingin menjelaskan sesuatu yang ada di layarmu.

Oh ya, Loom ini juga bisa digunakan untuk mengajari orang-orang melakukan sesuatu karena kamu bisa membuat video tutorial dengannya. Cukup berguna, bukan?

11. Extension Kalender Untuk Google Chrome

Tak peduli seberapa tinggi pangkatmu di kantor, extension Google Calendar adalah salah satu extension terbaik yang bisa kamu miliki dalam Google Chrome. Oh ya, kamu juga bisa menambahkan extension ini sebagai icon di toolbar Google Chrome.

Setelah kamu menambahkan extension ke Google Chrome, maka kamu bisa mengecek berbagai event atau jadwal yang akan datang cuma dengan satu klik–tanpa meninggalkan halaman yang sedang kamu buka.

Google Chrome adalah browser yang sangat baik dan sudah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali rilis. Walaupun masalah seperti memakan terlalu banyak RAM, tapi hal itu ditutupi dengan performa yang cepat serta berbagai macam fitur dan extension yang bisa kamu coba.

Sebagai browser yang gratis, Google Chrome adalah salah satu terbaik yang bisa kamu miliki. Tak heran kenapa Google Chrome menjadi browser terpopuler di dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah produktivitasmu saat menggunakan Google Chrome.

Mirza M. Haekal
Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle. Read Full Profile