in

5 Game Untuk Desainer Grafis, Bermain Sambil Meningkatkan Kemampuan Desain

Game Untuk Desainer

Game untuk desainer grafis – Memiliki pengetahuan dan juga kepekaan dalam hal pemilihan warna, font hingga pengaturan jarak dan besar tulisan adalah hal wajib yang harus dimiliki oleh para desainer grafis. Kemampuan dan kepekaan tersebut dapat dilatih dengan cara belajar serta latihan secara berulang. Namun selain dengan belajar dan latihan, ternyata hal tersebut dapat diasah juga dengan bermain game.

Saat ini terdapat cukup banyak game online yang ternyata dapat meningkatkan basic skill kamu sebagai desainer grafis.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya telah merangkum beberapa game online tersebut untuk kamu yang ingin memperkuat kemampuan desain grafis kamu. Berikut daftar gamenya..

Color – Method of Action

game untuk desainer grafis Color
Sumber gambar : medium.com

Game online pertama yang dapat membantu mengasah kemampuan dasar desain grafis kamu adalah Color-Method of Action. Game browser yang satu ini sebenarnya merupakan game yang dapat dikatakan memiliki konsep yang cukup simple dan terkait dengan penyesuian warna.

Pada game Color – Method of Action ini, pemain akan ditantang untuk menyamakan warna melalui color wheel yang tersedia pada situs. Game yang dirancang oleh Maria Manuera dan juga MarkMackay ini akan menampilkan color wheel dengan instruksi warna yang harus dicari (hue, saturation, dan average). Secara otomatis game ini akan secara otomatis memberikan penilaian terhadap warna yang dipilih. Game yang satu ini terbilang cocok untuk melatih kepekaan dan kemampuan kamu dalam memilih serta memilih kombinasi warna.

The Boolean Game – Method of Action

Boolean Method Game
Sumber gambar : boolean.method.ac

Masih membahas tentang game untuk desainer grafis terbaik yang dapat membantu mengasah skill desain kamu, The Boolean Game – Method of Action menjadi game terbaik selanjutnya yang wajib kamu coba jika ingin mengasah kemampuan desain grafis kamu. Game yang satu ini juga merupakan game browser yang memiliki konsep permainan yang cukup sederhana seperti game sebelumnya, namun lebih terkait dengan konsep shape atau bentuk.

Pada game The Boolean Game – Method of Action ini, pemain ditantang untuk merangkai shape atau bentuk dari kata The Boolean Game menggunakan perintah dasar yang sering digunakan dalam software desain grafis yakni union, intersect, difference dan juga substract.

The Boolean Game – Method of Action dapat menjadi salah satu game yang cocok dimainkan untuk meningkatkan kemampuan dalam membentuk suatu bentuk dalam desain mengunakan ke empat perintah dasar yang disebutkan sebelumnya.

The Bezier Game

The Bezier Game
Sumber gambar : alhamdiahzan.wordpress.com

Jika di game Color-Method of Action dan The Boolean Game – Method of Action sebelumnya, kamu dapat melatih kemampuan dalam pemilihan warna dan juga penggunaan fungsi shape, game bernama The Bezier game ini akan melatih kemampuan kamu dalam menggunakan salah satu tool paling dasar di banyak software desain grafis yakni pen tool.

Game browser yang memilih tampilan latar yang gelap ini akan menantang pemain untuk membuat gambar menggunakan pen tool dengan mengikuti shape yang tersedia. Game ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang terbilang masih cukup kaku dalam penggunaan pen tool.

Shape Type, the letter shaping game – Method of Action

Shape Type, the letter shaping game - Method of Action
Sumber gambar : itsasmallweb.wordpress.com

Dalam penerapan desain, sering kali desainer akan berhadapan dengan penyesuaian bentuk objek, termasuk huruf, game yang satu ini didesain agar dapat melatih kamu untuk lebih tajam dalam membentuk bentuk huruf.

Cara bermain game browser bernama Shape Type, the letter shaping game – Method of Action ini dapat cukup mudah, dimana pemain akan ditantang untuk memperbaiki bentuk huruf yang tampil pada layar. Setelah memperbaiki huruf tersebut, secara otomatis game ini akan mengecek kemiripan bentuk huruf yang diperbaiki dengan huruf aslinya. Semakin tinggi angka similiarity (kemiripan), menandakan semakin tajam kemampuan kamu dalam membentuk bentuk objek.

Kern Type, the kerning game

Kern Type, the kerning game Game Untuk Desainer
Sumber gambar : pinterest.com

Berada di urutan terakhir untuk kategori game untuk desainer grafis, terdapat game browser bernama Kern Type, the kerning game. Game browser yang satu ini adalah game yang dirancang untuk melatih kemampuan kamu dalam mengatur spacing tulisan, sehingga menjadi lebih rapi.

Game yang juga merupakan karya dari Mark Mackay ini menantang pemainnya untuk menyesuaikan spacing dari tulisan yang ditampilkan agar dapat lebih rapi. Selajutnta, pemain dapat mendapatkan skor dari pengaturan spacing yang dilakukan dengan menekan tombol compare. Semakin tinggi skor yang didapat, maka semakin baik kemampuan pemain dalam mengatur spacing tulisan.

Tambahan, Situs Inspirasi Desain Terbaik

Memainkan game yang disebutkan sebelumnya memang dapat membantu meningkatkan kemampuan dasar kamu dalam mendesain, namun hal tersebut bukan berarti kamu tidak membutuhkan yang namanya latihan berulang. Kamu tetap harus terus berlatih dan berkarya agar dapat semakin meningkatkan kemampuan desain kamu.

Jika kamu sedikit kebingungan mencari inspirasi atau referensi desain yang dapat kamu jadikan panduan untuk berlatih desain, kamu dapat mencoba mengunjungi beberapa situs inspirasi desain grafis berikut ini :

  • Dribbble
  • Behance
  • Pinterest
  • The Design Inspiration
  • Designspiration
  • Deviantart
  • Graphic Burger
  • Hongkiat
  • Creative Blog
  • Spoon Graphic
  • TDB – The Design Blog
  • How Design

Semua situs yang disebutkan di atas merupakan situs inspirasi desain ternama yang kerap menjadi tujuan para desainer grafis ketika mengalami kebuntuan dalam mencari inspirasi untuk desain mereka. Mungkin salah satunya juga akan menjadi salah satu favorit kamu.

Baca Juga : 8 Aplikasi Pembuat Logo Gratis di Android Untuk Pemula

Itulah beberapa rekomendasi game untuk desainer grafis terbaik yang telah dirangkum oleh redaksi Golife. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu tertarik memainkan game-game tersebut?

Written by Endar Julian

Saya adalah seorang content writer dan juga designer.