in

9 Gaya Pacaran Sehat Agar Langgeng Sampai ke Pernikahan

Pacaran Sehat Agar Langgeng Ke Pernikahan
Pacaran Sehat Agar Langgeng Ke Pernikahan

Menjalin hubungan bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Banyak pasangan yang akhirnya justru menjalani sebuah hubungan yang tidak sehat. Tentu hal itu bukanlah tindakan yang benar untuk dilakukan.

Terlebih jika saat ini kamu sudah menginjak angka usia 20-an. Kamu tidak seharusnya bermain-main dengan yang namanya perasaan.

Kamu harus mulai lebih serius dalam menjalin hubungan dan berusaha untuk membawa hubunganmu ke gerbang pernikahan.

Untuk bisa mempertahankan hubungan dan membawanya ke jenjang pernikahan dibutuhkan gaya pacaran yang sehat.

Jika selama ini kamu masih belum memahami seperti apa hubungan pacaran yang sehat, berikut ini adalah 10 gaya pacaran sehat yang bisa kamu coba lakukan.

1. Tidak Membandingkan Pasangan dengan Sang Mantan

Tidak Membandingkan Pasangan Dengan Orang Lain
Tidak Membandingkan Pasangan Dengan Orang Lain

Stop membandingkan pasanganmu dengan mantanmu. Mereka sudah tentu berbeda. Jika pasanganmu sama dengan mantanmu, maka tidak menutup kemungkinan hubunganmu juga akan kembali kandas seperti yang lalu.

Cobalah untuk move on dan menyadari bahwa apa yang terjadi di masa lalu bukan untuk diungkit kembali.

Fokuslah pada sikap saling melengkapi kekurangan masing-masing. Buatlah pasanganmu sempurna karena kehadiranmu, begitu juga sebaliknya.

2. Menjauhi Hubungan yang Terlarang Sebelum Benar-benar Halal

Menjauhi Hubungan Terlarang
Menjauhi Hubungan Terlarang

Hal ini sudah jelas harus kamu junjung tinggi dalam hubungan. Jangan pernah melakukan hubungan terlarang, seperti seks bebas.

Jagalah hubunganmu untuk tetap sehat dengan tidak melakukan hal yang negatif dalam hubunganmu. Jaga juga nama baikmu dan keluarga masing-masing.

Bersabarlah sampai hubungan kalian sah secara agama. Dengan begitu rasa penasaran kalian selama ini akan terbayar dengan manis saat waktu itu telah tiba.

3. Menjauhi yang namanya kebohongan, Selalu Jujur pada Pasangan

Selalu Jujur Apa Adanya
Selalu Jujur Apa Adanya

Kejujuran adalah hal yang harus kamu jaga dengan pasanganmu. Jangan pernah berbohong pada pasanganmu.

Hindari kebohongan dan utamakan kejujuran. Seburuk apapun itu, kamu harus tetap bersikap jujur pada pasanganmu. Kebohongan yang manis tidak lebih baik dari kejujuran yang menyakitkan.

Tidak hanya itu, kamu dan pasangan juga harus saling terbuka satu sama lain, Dengan begitu akan lebih sedikit adanya peluang untuk kesalahpahaman dalam hubungan kalian.

4. Mencoba Mengenal Orang-orang di Sekitar Pasanganmu, Termasuk Keluarga dan Sahabatnya

Mengenali Lingkungan Pasangan
Mengenali Lingkungan Pasangan

Kalau hal yang satu ini, niatnya untuk mengenal pasanganmu, ya. Jangan memiliki maksud yang lain, misalnya untuk mendekati sahabat pasanganmu.

Kamu juga perlu mendekatkan diri pada orang-orang di sekitar pasanganmu, termasuk di antaranya sahabat dan keluarganya. Dengan begitu kamu akan lebih mengenal pasanganmu dengan baik.

Selain itu, kamu juga akan menambah teman dan keluarga dengan mengenal sahabat dan keluarga pasanganmu.

5. Memberikan Ruang agar Bisa Fokus pada Kehidupan Masing-masing

Memberi Ruang Untuk Fokus Pada Pekerjaan
Memberi Ruang Untuk Fokus Pada Pekerjaan

Salah jika kamu menganggap pacaran adalah tentang menghabiskan semua waktu untuk bersama. Kamu tidak harus menghabiskan semua waktumu dengan pasanganmu.

Berikan ruang dalam hubungan kalian agar kamu maupun pasanganmu memiliki waktu untuk fokus pada kehidupan masing-masing. Kamu memiliki teman, keluarga dan dirimu sendiri yang juga membutuhkan sebagian dari waktumu.

Yang perlu kamu dan pasanganmu lakukan hanyalah memberi kepercayaan pada masing-masing. Jangan terlalu curiga saat kamu dan pasanganmu sedang tidak bersama.

6. Tidak Mengumbar Kemesraan di Media Sosial

Tidak Mengumbar Kemesraan
Tidak Mengumbar Kemesraan

Saat ini sangat banyak pasangan yang memiliki hobi memerkan kemesraannya bersama pasangan di media sosial mereka masing-masing. Hal ini adalah hal yang harus kamu hindari.

Kamu tidak perlu menunjukkan kemesraanmu dengan pasangan di mata publik. Nikmatilah kemesraan dalam hubungan kalian hanya untuk diri kalian sendiri.

Mengumbar kemesraan di media sosial hanya akan mendatangkan cibiran saat akhirnya hubungan kalian tidak bisa berlanjut ke jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

7. Selalu Berusaha untuk Berjalan Beriringan

Selalu Bersama Dalam Suka atau Duka
Selalu Bersama Dalam Suka atau Duka

Tetaplah berada di sampingnya apapun kondisinya. Kamu akan lebih paham akan arti dari kebersamaan dengan selalu berjalan di sampingnya. Jangan pernah meninggalkannya hanya karena suatu hal kecil.

Kamu dan dia harus tetap bergandengan tangan untuk melewati semua rintangan yang mungkin akan menghadang kalian di depan sana. Cobalah untuk saling menguatkan. Bukan justru saling meninggalkan.

8. Tidak Memaksakan Kehendak pada Pasangan

Tidak Memaksakan Kehendak
Tidak Memaksakan Kehendak

Memaksakan kehendak pada pasangan hanya akan membuatnya tertekan. Kamu harus berhenti memaksakan kehendakmu pada pasanganmu. Berikan dia kebebasan untuk melakukan apa yang ingin dia lakukan.

Jangan pernah membatasi langkahnya. Dia berhak menjalani kehidupannya sesuai dengan keinginannya. Kamu tidak berhak ikut campur secara berlebihan dalam menentukan jalan hidupnya.

9. Berusaha untuk Lebih Mengenal Pasangan dengan Baik

Berusaha Mengenal Pasangan Dengan Baik
Berusaha Mengenal Pasangan Dengan Baik

Manfaatkanlah waktumu untuk lebih mengenal pasanganmu dengan baik. Begitu pun dengannya, kamu juga harus membiarkan pasanganmu untuk mengenalmu dengan lebih baik. Kamu dan pasanganmu perlu saling mengenal agar hubunganmu bisa berjalan dengan lebih lancar.

Jika kamu lebih mengenal pasanganmu, kamu juga akan lebih tahu tentang apakah dia memang pasangan yang paling cocok untukmu. Setidaknya kamu tidak akan terlalu kaget saat kamu harus menjalani sisa hidupmu bersamanya.

Akhir Kata

Nah, itulah 9 gaya pacaran sehat yang bisa kamu coba praktikkan. Apakah saat ini kamu sudah siap menjalin hubungan yang serius dengan pasanganmu? Jika sudah, kamu bisa mencoba mempraktikka gaya sehat pacaran tersebut pada hubunganmu.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer