in , ,

5 Hal Penting Dalam Hidup yang Menentukan Kebahagiaan

Apa hal paling berharga dalam hidupmu? Siapa orang paling berharga dalam hidupmu? Hidup ini terlalu singkat, hal-hal penting bisa hilang seketika jika kita tidak menjaganya.

Namun jika berbicara tentang hal-hal terpenting dalam hidup, bukan berarti hal-hal lainnya tidak penting. Tentu saja semua yang ada dalam kehidupan ini penting, semuanya penting, hanya saja ada beberapa aspek yang memang benar-benar penting.

Ya, benar-benar penting karena beberapa aspek tersebut dapat memengaruhi kesejahteraan kita. Maka dari beberapa aspek tersebut semuanya harus diisi dengan seimbang agar hidup kita tidak berantakan.

Nah, apa saja kah aspek yang harus diseimbangkan? Berikut ini 5 aspek penting dalam hidup yang memengaruhi kebahagiaan seseorang.

1. Keseimbangan Mental

Keseimbangan Mental
Keseimbangan Mental

Pertama-tama dan yang paling utama yang harus kita jaga adalah keseimbangan mental. Sebab apa yang harus dijaga adalah diri sendiri, bagian dalam dari diri kita sendiri yang disebut mental.

Tanpa menumbuhkan mental yang kuat, maka hal-hal yang seharusnya bisa kita hadapi di dunia ini jadi terasa tak mungkin sebab pikiran kita dipenuhi kecemasan dan stress.

Maka untuk menjaga keseimbangan mental, berusahalah sebisa mungkin untuk mengontrol pikiran dan stress sebab dari sanalah kesejahteraan kita berasal. Selain itu berusahalah untuk menjauh dari hal-hal yang memicu stress sebab dampaknya sangat buruk bagi kesehatan.

Sementara itu jika kamu memiliki masa lalu yang buruk, cobalah untuk berdamai dengan masa lalumu terlebih dahulu dengan memaafkan dan mengikhlaskan semuanya.

Jika kamu memiliki kecemasan tentang masa depan, cobalah berdamai juga dengan dirimu dan fokus untuk melakukan yang terbaik untuk hari ini tanpa harus mencemaskan masa depan.

Intinya, kita harus berusaha mengontrol pikiran dari stress demi keseimbangan mental. Sebab sangat berbahaya sekali jika mental kita sudah terganggu, itu seperti kita kehilangan makna dalam hidup.

2. Kesehatan Fisik

Kesehatan Fisik
Kesehatan Fisik

Salah satu aspek terpenting yang juga harus kita jaga adalah kesehatan fisik. Bahwa dengan memiliki kesehatan, kita bisa melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan seperti sekolah, bekerja atau apa saja.

Bayangkan jika kamu sakit, mau tidak mau tentu kamu terpaksa harus berkubang di dalam kamar dan kalau pun keluar mungkin hanya untuk menghangatkan tubuh lewat sinar matahari. Betapa menderitanya saat kita tidak bisa melakukan apa yang seharusnya dilakukan, bukan?

Sekarang mari jalankan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, mendapatkan tidur dan istirahat yang tepat, berhenti mengkonsumsi bahan-bahan yang bikin candu seperti alkohol dan rokok, dan berolahraga.

Jika kamu sudah menjalankan pola hidup sehat, namun merasa tidak ada peningkatan stamina, tidak fit dan masih sering merasa lesuh, mungkin tubuh kamu kekurangan vitamin D.

Nah, untuk mendapatkan vitamin D, tentu saja kamu bisa berjemur sambil melakukan olahraga ringan. Cara ini dijamin akan membuat kamu merasa lebih berenergi dan fit setiap harinya.

3. Menjaga Kesejahteraan Emosional

Kesejahteraan Emosional
Kesejahteraan Emosional

Lagi-lagi, seperti yang sudah-sudah, ini adalah tentang bagaimana kita membahagiakan diri sendiri. Nah, bagaimana cara kamu membuat hatimu senang? Atau bagaimana cara kamu menyemangati diri sendiri disaat gundah?

Emosional adalah aspek penting yang juga harus kita jaga dengan baik, sebab inilah sumber kebahagiaan kita. Nah, menjaga kesejahteraan emosional bukan berarti kita menghilangkan emos-emosi negatif dalam diri sebab semua itu tak akan pernah hilang.

Kebencian, amarah, iri dan dengki adalah emosi manusiawi, artinya setiap orang pasti memiliki emosi-emosi ini dan kita tak akan bisa menghilangkannya, tetapi kita bisa mengontrolnya.

Semisal, ketika kamu merasa kekurangan dan mengeluh tentang hidupmu, coba kontrol emosimu dengan memikirkan hal-hal yang dapat kamu syukuri, hal itu tentunya akan membuat perasaanmu menajdi lebih baik.

Ini sangat penting, Loh. Sebab jika kita tidak pandai mengelola emosi, maka segala hal penting lainnya mungkin akan terkendala. Kamu pasti pernah melihat teman sekantor yang murung dalam bekerja karena terganggu sama masalah perasaan bukan?

Maka tetaplah tersenyum dan tunjukkan kebahagiaan apapun yang terjadi, tetaplah menemukan hal-hal membuat kamu merasa bersyukur sebab menjaga kesejahteraan emosi adalah kunci keseimbangan hidup.

Baca Juga :

4. Menjaga Keharmonisan Hubungan

Menjaga Keharmonisan Hubungan
Menjaga Keharmonisan Hubungan

Kamu tidak perlu memiliki banyak hubungan, kamu tidak perlu menjalin hubungan dengan semua orang, dan kamu tidak perlu berusaha memperluas hubungan agar bertambah banyak, namun yang kamu perlukan adalah menjaga keharmonisan dalam hubungan yang sudah ada.

Sehari-hari kita pasti menghabiskan waktu dengan kesibukan masing-masing, hal ini membuat kita terpisah dari orang-orang yang kita sayangi. Jangan biarkan keharmonisan itu memudar, berusahalah menjaganya, kita menjalin kehangatan dengan mengobrol satu sama lain.

Koneksi emosional antara satu dengan yang lainnya akan menghadirkan perasaan bahagia di dalam batin, mungkin secara sadar kamu tidak merasakannya, namun di dalam relung hati yang terdalam luka-lukamu sedang tersembuhkan.

Hal ini terkait dengan kesepian, bahwa kesepian adalah penyakit jiwa yang sangat berbahaya, maka saat kita terhubung secara emosional dengan orang lain secara otomatis kita telah menjadi sehat secara mental.

Tanpa adanya hubungan yang mendalam dengan orang lain, hidup kita akan terasa tiada makna. Namun perlu diingat, hubungan yang mendalam bukan berarti menjadi sepasang kekasih, hubungan yang mendalam itu hanya bisa kita rasakan dalam hati masing-masing dan tak perlu embel-embel status.

5. Harta dan Tahta

Harta dan Tahta
Harta dan Tahta

Tidak dapat dipungkiri bahwa harta dan tahta memengaruhi kesejahteraan hidup seseorang, hanya banyak sekali dari kita yang mencoba memunafikkan hal ini atau mungkin kita hanya sedikit keliru dalam mengartikan harta dan tahta.

Nah, berbicara tentang harta dan tahta bukan berarti kamu harus menjadi orang terkaya se-dunia, atau bukan berarti kamu harus menjadi orang terkaya di indonesia negara kita tercinta ini. Harta dan tahta yang dimaksud adalah perjuangan kita meningkatkan martabat.

Jadi pada akhirnya ini bukanlah soal kaya atau miskin, ini adalah soal martabat kita sebagai manusia. Kita memiliki otak yang luar biasa, memiliki fisik yang luar biasa, maka sudah selayaknya kita berjuang untuk meningkatkan harga diri masing-masing.

Harta dan tahta hanyalah lambang saja, sementara kekayaan sejatinya sudah ada dalam diri kita masing-masing, yaitu pikiran dan fisik, maka orang yang miskin adalah mereka yang tidak bisa memanfaatkan pikiran dan fisiknya.

Sebagai manusia, kita perlu menyadari potensi-potensi dalam diri sebab itulah kunci pertumbuhan ke arah yang lebih baik. Maka aspek terakhir yang paling penting untuk dijaga adalah inti diri kita, dalam arti apa yang kita inginkan? Apa tujuan hidup kita? Apa dampak kita terhadap orang lain?

Setiap orang seharusnya mempertanyakan hal itu dan mulai berusaha untuk memberi jawaban kepada dirinya sendiri, apakah ia mau mewujudkannya atau tidak?

Baca Juga :

Hidup seimbang adalah tentang bagaimana kita meningkatkan kualitas diri, mempertajam pikiran, meningkatkan kebugaran fisik dan menjaga ketentraman jiwa.

Satu lagi, ingat bahwa belajar adalah pekerjaan seumur hidup, bahwa dengan belajar kita dapat meningkatkan level kebahagiaan dalam hidup.