5 Hal Positif Yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Sebuah Kegagalan

Memang terasa sangat klise jika kita berbicara tentang kegagalan. Sudah berabad-abad manusia

Ilham Damanik Ilham Damanik · 3 min read >
Hal Positif Dari Kegagalan

Memang terasa sangat klise jika kita berbicara tentang kegagalan. Sudah berabad-abad manusia tinggal dibumi ini dan semuanya juga sudah mengalami kegagalan.

Tapi mengapa masih saja kita yang hidup di-era modern ini tidak mengerti dan mau menerima sebuah kegagalan? Faktanya, sudahnya begitu banyak contoh-contoh orang yang mengalami kegagalan. Bahkan hampir semua orang-orang yang sukses saat ini juga pernah mengalami kegagalan pada masa lalunya.

Kegagalan memang sangat menjengkelkan dan suatu hal yang tidak pernah diinginkan dalam hidup tapi kita tidak bisa mengontrol hal-hal buruk terjadi pada diri kita.

Ketika kegagalan datang yang bisa di kontrol hanyalah diri sendiri, bagaimana kemampuan kita bereaksi terhadap kegagalan. Meskipun sulit untuk menjadi stabil dalam keadaan yang labil, seperti sulitnya berdiri tegak pada kapal yang diserang ombak.

Jadi yang perlu diperhatikan adalah dampaknya, bagaimana perubahan pada pikiran, perasaan dan prilaku setelah mengalami kegagalan. Banyak orang menjadi stress, frustrasi dan depresi akibat kegagalan, namun selebihnya malah semakin kuat, semakin bersemangat dan sukses.

Lalu, apa rahasianya sehingga mereka bisa bangkit dari kegagalan? Berikut ini 5 hal yang dapat kamu pelajari dari kegagalan untuk bangkit dan bersemangat lagi!

1. Menyadarkan Kita Pada Kenyataan

Kegagalan Menyadarkan Kita Pada Kenyataan
Kegagalan Menyadarkan Kita Pada Kenyataan

Nomor satu dan paling utama yang harus kita ketahui dari kegagalan adalah ia menyadarkan kita pada kenyataan. Terlalu tinggi ekspektasi seseorang terkadang membuatnya hidup dalam dunia imajinasi yang ia ciptakan sendiri.

Memang benar saat kita menginginkan sesuatu membutuhkan kesungguhan, usaha dan terus mengembangkan imajinasi agar dapat mencapai apa yang diharapkan. Namun terkadang hal itu membuat kita lari dari kenyataan.

Ketika kita mencoba berbisnis, lalu gagal. Maka itu berarti kita perlu mengoreksi lagi apakah bisnis yang dijalankan tersebut memiliki peluang yang besar atau kecil? Sudahkah lokasi yang kita pilih untuk menjalankan bisnis ini tepat?

Jadi, sebenarnya ada sebuah teguran positif dari kehidupan yang seperti menyuruh kita untuk segera berkaca dan melihat realita yang kita sebut kegagalan.

2. Memberi Waktu Istirahat

Kagagalan Membuatmu Punya Waktu Untuk Istirahat
Kagagalan Membuatmu Punya Waktu Untuk Istirahat

Jika letih adalah pertanda bahwa kamu butuh tidur, maka gagal adalah pertanda bahwa kamu butuh istirahat. Sama seperti yang motivator diluar sana katakan, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

Terkadang kegagalan tampak begitu hebat dan gagah, namun sebenarnya tidak begitu, melainkan kita saja yang sedang lemah. Terlalu lelah membuat otak kita tidak mampu fokus lagi, tentu manusiawi.

Tidak ada yang luar biasa dari kegagalan kecuali bagi orang-orang yang sedang lemah dan butuh sedikit rehat.

Sama seperti tidur di malam hari, ketika terbangun keesokan harinya, kamu kembali bugar dan sudah lupa yang terjadi kemarin. Meski mungkin kemarin ada omongan orang lain yang membuatmu sakit hati, tetapi tetap saja hari ini kamu sudah kembali bersemangat lagi.

Kegagalan tidak sekejam yang kamu bayangkan saat itu terjadi, maka jangan paksa dirimu untuk tergesah-gesah untuk berhasil. Sebab, kegagalan adalah bagian dari proses menuju keberhasilan.

Baca Juga : Gini Lho, Cara Agar Kamu Berhenti Mengeluh Menjalani Hidupmu

3. Mengubah Sudut Pandang

Kegagalan Mengubah Sudut Pandang
Kegagalan Mengubah Sudut Pandang

Awalnya kita mengira semua yang diinginkan akan didapatkan, namun kegagalan mengubah persepsi kita bahwa tidak semuanya bisa didapatkan. Banyak sekali contoh kegagalan di depan mata kita tapi kita tak akan memahaminya jika belum mengalami.

Terkadang kegagalan adalah pertanda bahwa kita harus mencoba cara lain, atau menyuruh kita mundur sedikit untuk melihat dunia dari sudut pandang yang lebih luas.

Misalnya kegagalan dalam hubungan, ketika seorang lelaki yang kamu cintai ternyata selingkuh dibelakangmu, dimana pada awalnya ia terlihat sangat baik dan sayang kepadamu. Tentu hal itu akan mengubah sudut pandang kamu terhadap pria.

Dan akhirnya kamu tidak lagi mudah tertipu oleh omongan manis pria sebab pengalaman telah mengajarkanmu untuk berhati-hati dalam membuka hati. Begitulah kegagalan, ia terasa buruk saat dialami, namun juga memberi dampak positif setelah kamu lalui.

4. Menemukan Kekuatan Baru

Kegagalan Membuatmu Menemukan Kekuatan Baru
Kegagalan Membuatmu Menemukan Kekuatan Baru

Tanpa kegagalan mungkin kita tidak akan pernah mendapatkan kekuatan baru yang lebih kuat dari sebelumnya. Pernahkah kamu menonton film action? Jika pernah, coba ingat adegan pemeran utama diganggu oleh orang-orang jahat.

Anggota keluarganya dibunuh atau hartanya dirampas, lalu pemeran utama yang awalnya pendiam menjadi begitu kuat seketika dan menghabisi semua orang-orang jahat tersebut.

Mungkin itu hanyalah sebuah adegan dalam film tetapi ada sebuah pesan yang bisa kita ambil yaitu; kekuatan terkadang datang dari keresahan, ketidaksukaan dan ketidaknyamanan.

Secara naluriah manusia memiliki kekuatan yang luar biasa namun lebih sering terpendam didalam diri. Sebab pikiran kita sering membatasi sesuatu yang sebenarnya dapat dilakukan hingga sebuah kegagalanlah yang menunjukkan diri kita sebenarnya.

5. Fokus Pada Proses

Kegagalan Membuat Fokus Pada Proses
Kegagalan Membuat Fokus Pada Proses

Semua orang pasti pernah menjadi perfeksionis dan berekspetasi tinggi terhadap sesuatu yang diharapkan. Terlalu berambisi pada sesuatu yang masih ada didalam kepala, sehingga lupa pada proses dan hanya fokus pada hasilnya.

Tetapi kegagalan telah menjawab harapan-harapan kita, sehingga tidak ada lagi hasil yang perlu ditunggu. Ah, sepertinya begitulah cara kehidupan mengajarkan kita untuk hidup dalam kenyataan.

Kegagalan dan kegagalan yang dialami lama kelamaan membuat kita jerah untuk berekspetasi terlalu tinggi. Hingga pada akhirnya kita tidak berani lagi untuk bermimpi tetapi hanya fokus menjalani proses yang dijalani saat ini.

Baca Juga : 7 Motivasi Positif Yang Membuatmu Bersemangat Memulai Aktifitas di Pagi Hari

Namun uniknya, ketika kita fokus dan fokus pada proses, tidak terasa kita sudah sampai pada puncaknya. Hah, Kegagalan tampaknya memang benar-benar selalu memberi kejutan.

Ilham Damanik
Aku merasa seperti seorang penulis Read Full Profile