in , ,

7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Melakukan Interview

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Interview Kerja
Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Interview Kerja

Saat kamu masuk dalam dunia kerja, tentu kamu akan menghadapi beberapa tes hingga akhirnya kamu bisa dinyatakan layak untuk menempati posisi tertentu di tempat kamu melamar pekerjaan. Nah, salah satu tes yang akan kamu hadapi adalah tes wawancara atau interview.

Terkadang saat seseorang menjalani interview kerja, mereka memiliki kecenderungan untuk menunjukkan kelebihan mereka.

Ada banyak hal yang disampaikan untuk bisa menunjukkan sisi positif yang dimiliki. Sampai pada akhirnya, ada beberapa hal kecil yang justru luput dari perhatian mereka.

Nah, untuk kamu yang hendak menjalani tes wawancara di tempat kamu melamar pekerjaan, usahakan untuk tetap memperhatikan banyak hal.

Jangan sampai 7 hal sederhana ini luput dari perhatianmu karena sebenarnya hal ini bisa mempengaruhi hasil dari tes wawancara yang kamu jalani.

1. Usahakan untuk Tidak Berkomentar Negatif tentang Tempat Kerjamu yang Dulu

Tidak Perlu Berkomentar Negatif
Tidak Perlu Berkomentar Negatif

Mungkin kamu akan mendapati pertanyaan tentang alasanmu keluar dari tempatmu bekerja terdahulu.

Tapi kamu harus ingat, jangan pernah memberikan komentar buruk tentang tempatmu bekerja yang dulu karena hal itu akan berpengaruh dalam hasil wawancara yang kamu lakukan.

Jika kamu bisa membongkar keburukan tempat kamu bekerja sebelumnya, maka tidak menutup kemungkinan kamu juga akan melakukan hal yang sama di kemudian hari pada tempat kerja yang kamu incar saat ini. Perilaku seperti ini akan menunjukkan ketidakprofesionalanmu dalam dunia kerja.

Seburuk apapun tempatmu bekerja sebelumnya, jangan pernah memberikan komentar buruk terhadapnya. Kamu bisa memberikan alasan yang lebih baik dibandingkan harus menjelek-jelakkan tempatmu bekerja yang dulu.

2. Setiap Orang Memiliki Kekurangan dan Kelebihan, Jangan Hanya Fokus untuk Mengungkapkan Kelebihanmu Saja

Jangan Hanya Fokus Mengungkap Kelebihan
Jangan Hanya Fokus Mengungkap Kelebihan

Sudah pasti setiap orang ada dengan kelemahan dan kelebihannya masing-masing, begitu pun denganmu.

Kamu pasti juga memiliki kekurangan di balik semua kelebihan yang kamu miliki saat ini. Jadi jangan bertindak seolah kamu hanya memiliki kelebihan saja, tanpa ada kekurangan di dalam dirimu sendiri.

Saat kamu diberikan kesempatan untuk memperkenalkan dirimu, kamu bisa menyampaikan tentang kelebihan dan kekuranganmu secara seimbang. Jangan bertingkah seperti orang munafik. Seolah kamu tidak memiliki kekurangan apapun dan hanya memiliki sisi positif saja dalam dirimu.

Kejujuranmu sangat penting dalam tahap wawancara ini. Sikapmu yang berani mengungkap sisi kelemahanmu sendiri justru akan mendapatkan apresiasi yang baik dari pihak tempatmu melamar kerja itu. Jadi jangan pernah takut untuk memberitahu tentang kelebihan sekaligus kekurangan yang kamu miliki.

3. Jangan Terlalu Sibuk dengan Urusanmu Sendiri

Jangan Terlalu Sibuk Sendiri
Jangan Terlalu Sibuk Sendiri

Mungkin kamu memang ingin menyiapkan dirimu dengan maksimal sebelum melakukan wawancara.

Tapi kamu juga harus ingat bahwa di sekitar ruang tunggu ada cctv yang selalu mengawasi kegiatan para calon pekerja di tempat tersebut. Jadi apapun yang kamu lakukan pasti akan disaksikan langsung oleh tempatmu melamar pekerjaan.

Ada baiknya jika kamu bisa membangun komunikasi yang baik dengan calon pekerja yang lain. Hal itu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Tidak hanya itu, kamu juga akan nampak sebagai sosok yang supel dan sebuah tempat kerja pasti akan lebih menyukai pekerja yang memiliki jiwa sosial tinggi dan supel.

4. Kepercayaan Diri Penting, Tapi Jangan Sampai Meninggalkan Kesan Angkuh

Bersikap Ramah
Bersikap Ramah

Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang yang sedang melakukan wawancara kerja adalah kepercayaan diri. Tapi kamu harus bisa mengontrol kepercayaan diri yang kamu miliki. Jangan sampai kamu berlebihan dan justru menunjukkan kesan angkuh dalam pembawaanmu.

Cukup ceritakan kelebihan yang kamu miliki dengan bahasa yang baik dan sopan. Ada kalanya kamu harus bersikap merendah. Jangan terlalu meninggikan derajatmu dengan prestasi-prestasi yang sudah kamu dapatkan selama ini. Itu hanya akan menunjukkan bahwa kamu pribadi yang angkuh dan sombong.

5. Jangan Lupakan Hal Kecil Seperti Ucapan Maaf dan Terima Kasih

Jangan Lupa Ucapan Terimakasih
Jangan Lupa Ucapan Terimakasih

Kata maaf dan terima kasih memang merupakan hal sederhana, namun hal ini tidak seharusnya kamu lupakan begitu saja. Kamu harus lebih bisa menghargai setiap hal kecil yang ada di sekitarmu.

Jika kamu tanpa sengaja melakukan salah, maka minta maaflah dan jika kamu mendapatkan bantuan, tidak peduli sekecil apapun itu kamu harus mengucapkan terima kasih.

Tanpa kamu sadari, hal sederhana ini cukup berarti dalam kehidupanmu, baik sekarang maupun nanti. Kamu akan menjadi sosok yang lebih dihargai oleh sekelilingmu jika kamu memperhatikan hal-hal sederhana semacam ini.

6. Bersikap Jujur tentang Koneksi yang Kamu Miliki

Bersikap Jujur
Bersikap Jujur

Jika memang kamu memiliki seorang kenalan yang bekerja di dalam perusahaan itu maka tidak ada salahnya kamu mengatakannya dengan jujur. Tapi jika kamu tidak terlalu mengenalnya, maka kamu tidak perlu menyebut namanya saat kamu sedang dalam proses wawancara.

Jangan mengatakan kamu mengenal baik seseorang di tempat kerja itu jika kenyataannya tidak. Karena jika terbongkar, kamu hanya akan membuat dirimu sendiri dicap sebagai seorang pembohong.

7. Memperlakukan Orang Lain dengan Baik Tanpa Melihat Jabatan yang Dimiliki oleh Mereka

Memperlakukan Orang Dengan Baik
Memperlakukan Orang Dengan Baik

Yang terakhir adalah jangan lupa untuk memperlakukan orang lain dengan baik tanpa melihat jabatan apa yang mereka miliki. Karena ada kalanya pihak perusahaan akan meminta pendapat dari banyak orang yang bekerja di tempat tersebut, mulai dari jabatan terendah sampai jabatan tertinggi.

Jadi jangan pernah memperlakukan seseorang dengan baik hanya karena jabatan tinggi yang dimiliki. Sedangkan mereka yang memiliki jabatan rendah justru kamu abaikan begitu saja. Bersikaplah baik, tanpa memandang latar belakang orang tersebut.

Itu dia 7 hal yang sepatutnya kamu juga persiapkan dan perhatikan saat akan melakukan tes wawancara. Jangan hanya fokus pada hal besar saja. Terkadang hal kecil pun bisa sangat berpengaruh pada hasil yang akan kamu dapatkan.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.