Sadarilah, Ini 7 Hal yang Tanpa Sengaja Bisa Membuat Pasangan Terluka

Beragam masalah dalam sebuah hubungan sudah pasti pernah kamu rasakan. Mulai dari

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Tanpa Sengaja Membuat Pasangan Terluka

Beragam masalah dalam sebuah hubungan sudah pasti pernah kamu rasakan. Mulai dari masalah kecil sampai masalah besar, mulai dari masalah yang berawal dari kesengajaan maupun ketidaksengajaan.

Kemunculan masalah yang ada dalam hubungan tak jarang membuatmu dan pasangan kerap mengeluh karenanya. Padahal sikap seperti itu bukanlah sikap yang benar untuk dilakukan.

Keluhan tidak akan membuat hubungan membaik, tapi justru bisa membuat hubunganmu menjadi hubungan yang buruk.

Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui dalam menjalin hubungan. Terkadang mungkin kamu tak menyadari kesalahan yang sudah kamu perbuat pada pasanganmu.

Meski bagimu itu bukan hal yang besar, nyatanya 7 hal yang tak kamu sengaja ini kemungkinan bisa membuat pasanganmu terluka.

1. Bersikap Terlalu Mandiri dan Menunjukkan Kesan Bahwa Kamu Tidak Membutuhkan Bantuannya Sedikit pun

Bersikap Mandiri
Bersikap Mandiri

Sebenarnya menjadi seorang yang mandiri adalah hal yang baik. Namun harus kamu ingat bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jadi jangan terlalu berikap mandiri sehingga memberi kesan pada pasanganmu bahwa kamu kamu tak membutuhkan bantuan apapun darinya.

Saat pasanganmu memberikan bantuan padamu, tidak ada salahnya kamu menerima hal itu. Hargailah niat baik yang dia miliki untukmu. Sebagai pasangan tentu dia ingin sesekali membantumu keluar dari masalah yang sedang kamu hadapi.

2. Mengungkit Hal yang Buruk Tentangnya, Misal Mengenai Kelemahan dan Kegagalannya di Masa Silam

Mengungkit Hal Yang Buruk
Mengungkit Hal Yang Buruk

Mungkin ada kalanya kamu merasa terganggu dengan apa yang dilakukan oleh pasanganmu. Namun hal itu tak lantas memperbolehkanmu untuk mengatakan hal yang bisa menjatuhkannya.

Terutama perihal kelemahan dan kegagalan yang pernah dia alami sebelumnya.

Mengungkit hal buruk di masa lalu pasangan bukan ide yang bagus. Meski mungkin kamu menganggapnya sebagai hal yang sepele, kamu bisa saja membuat hatinya terluka.

Dengan sikapmu yang seperti ini kamu hanya akan mendatangkan masalah baru dalam hubungan kalian.

Baca Juga : Cewek Harus Tahu, 9 Hal ini yang Bisa Bikin Cowok Baper

3. Membandingkan Dirinya dengan Orang yang Menurutmu Lebih Sempurna

Membandingkan Pasangan Dengan Orang Lain
Membandingkan Pasangan Dengan Orang Lain

Jika kamu ada di posisinya, apakah kamu akan baik-baik saja saat pasanganmu membandingkanmu dengan orang lain?

Jika kamu merasa hal itu bukan hal yang benar untuk dilakukan, kenapa kamu masih saja membandingkan pasanganmu dengan orang lain yang menurutmu jauh lebih sempurna darinya.

Sebagai pasangan, seharusnya kamu menerima apa adanya pasanganmu. Kamu tak bisa dengan seenak hatimu membandingkannya dengan orang lain.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu tak bisa memandang semuanya sama.

4. Selalu Mengeluh di Hadapannya dan Menunjukkan Sikap yang Tidak Menghargai Keberadaannya

Selalu Mengeluh
Selalu Mengeluh

Suasana hati yang buruk pasti pernah dialami oleh semua orang. Tapi bukan berarti hal itu menjadi alasanmu untuk bersikap tak mengenakkan di depan pasanganmu.

Lebih baik simpan masalahmu sendiri dan jangan jadikan pasanganmu sebagai tempatmu melampiaskan emosimu.

Jalinlah komunikasi yang baik antara kamu dan pasanganmu. Sesekali luangkan waktumu untuk bisa berbicara dengannya dari hari ke hati.

Bicaralah dengan cara yang baik, ungkapkan apa yang menjadi masalahmu dan dengarkan juga hal aoa saja yang menjadi masalah untuknya.

5. Tidak Mengenalkannya pada Orang-orang di Sekitarmu, Khususnya Teman Dekat dan Keluargamu

Tidak Mengenalkannya Pada Orang-Orang Disekitarmu
Tidak Mengenalkannya Pada Orang-Orang Disekitarmu

Semua orang juga pasti paham bahwa salah satu tanda keseriusan seseorang dalam menjalani hubungan adalah dengan mempublikasikan hubungan mereka pada orang-orang terdekatnya.

Jika kamu tidak mengenalkan pasanganmu pada keluarga dan teman dekatmu, mungkin saja itu akan membuatnya merasa kecewa.

Sikapmu mungkin akanmeyakitinya. Tak hanya itu saja, mungkin dia juga akan berpikir bahwa dia bukan orang yang pantas untuk mendampingimu sehingga kamu enggan untuk mengenalkannya pada orang-orang terdekatmu.

Kamu harus bangga dengan apapun kondisi pasanganmu. Ajaklah dia bersamamu saat ada acara kumpul bersama keluarga atau temanmu.

Jangan sembunyikan sosoknya seolah dia akan membuatmu malu jika semua orang mengetahui tentang hubungan yang sedang kalian bina.

6. Menganggap Remeh Nasihat atau Pendapat yang Dia Ungkapkan Kepadamu

Menganggap Remeh Pendapat Pasangan
Menganggap Remeh Pendapat Pasangan

Perbedaan pendapat sudah pasti ada dalam menjalani hubungan. Kamu dan pasanganmu sudah pasti memiliki perbedaan. Makhlum saja, kalian memang dua orang berbeda yang berusaha untuk hidup bersama.

Namun ada baiknya kamu lebih bijak dalam bersikap. Meskipun mungkin pendapatnya berbeda denganmu, kamu tak bisa lantas mengacuhkan pendapat apapun yang dia berikan padamu.

Jika dia mencoba menasihatimu, dengarkan. Mungkin dia memang ingin yang terbaik untukmu. Hargailah pemikiran yang dia miliki. Dia adalah pasanganmu, bukan orang asing untukmu.

7. Mengambil Keputusan Tanpa Meminta Pendapatnya dan Tidak Melibatkannya dalam Memutuskan Hal Penting di Kehidupanmu

Mengambil Keputusan Sepihak
Mengambil Keputusan Sepihak

Sebagai pasangan sudah seharusnya kamu melibatkannya dalam mengambil keputusan. Kamu jelas akan membuatnya terluka jika tak melibatkannya dalam memutuskan hal penting dalam hidupmu.

Jika kamu dihadapkan pada beberapa pilihan, coba tanyakan pendapatnya. Libatkan dia dalam urusanmu. Sikap tak memberinya tempat dalam usahamu menentukan suatu hal penting hanya akan membuatnya terluka. Kamu sudah melukai harga dirinya sebagai pasanganmu.

Jadi sudah seharusnya kamu bersikap terbuka. Diskusikanlah segala sesuatu bersama. Ingatlah bahwa kalian adalah pasangan. Keputusanmu untuk masa depanmu sudah pasti juga berhubungan dengan masa depan hubungan kalian nantinya.

Baca Juga : Cewek Harus Tahu, Ini Cara Cerdik Bikin Pacar Takut Kehilangan

Itulah 7 hal yang mungkin secara tidak sengaja pernah kamu lakukan. Tanpa kamu sadari kamu sudah melukai perasaannya dengan bertingkah seperti itu.

Tak hanya melukai hatinya, kamu juga akan melukai harga dirinya sebagai pasanganmu. Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang kamu lebih berhati-hati dalam bertindak. Jangan sampai apa yang kamu lakukan justru membuat orang yang kamu cintai terluka.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile