in ,

Hari Pertama Kerja, Inilah 8 Sikap Yang Wajib Kamu Tunjukkan

Hari Pertama Kerja

Dunia kerja sangatlah berbeda dengan masa sekolah ataupun kuliah. Tak heran apabila banyak yang tampaknya belum siap bertransisi ke kehidupan dunia kerja.

Siap tidak siap tentu saja ketika sudah diterima di sebuah pekerjaan, kamu punya tanggung jawab yang perlu diselesaikan. Apalagi pada pekerjaan pertama, ini menjadi titik paling penting demi menunjang karirmu ke depannya.

Pasti semua orang ingin mendapatkan kesuksesan kan? Sedikit banyak hal tersebut bisa juga tergantung dari tempat pertama kali bekerja yang sedang kamu jalankan sekarang ini.

Tidak perlu khawatir, simak tips menjalani pekerjaan pertama kamu berikut ini agar kamu dapat memanfaatkan kesempatan demi menjadi lebih sukses.

1. Tunjukkan Potensi

Sebagai seseorang yang baru saja bekerja, mungkin masih ada beberapa hal yang perlu dipelajari. Mulai dari sistem kerja di kantor sampai jobdesk yang haru kamu kerjakan.

Selalu selesaikan pekerjaan kamu dengan baik. Dengan status karyawan baru, biasanya kamu akan diberikan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu. Rekan kerjamu tentu tidak akan langsung percaya untuk menyerahkan pekerjaan dengan tanggung jawab yang besar.

Untuk mereka yang suka hal yang menantang, mengerjakan yang itu – itu saja mungkin membosankan. Tetap sabar dan selesaikan pekerjaan sesempuran mungkin untuk memberikan impresi yang baik.

Tunjukkan kemampuan terhebat kamu dalam berkontribusi untuk kemajuan perusahaan.

2. Hubungan yang Baik Dengan Atasan

Membangun hubungan kerja yang produktif dengan atasan kamu di kantor merupakan cara yang efektif untuk menunjang keberhasilan karir kamu. Hubungan profesional yang baik bisa kamu dapatkan apabila mengetahui apa yang beliau inginkan.

Berangkat dari hal tersebut, kerjakanlah dengan sempurna segala pekerjaan yang diberikan. Hasil seperti apa yang diharapkan dari bos kamu akan bisa kamu ketahui setelah bekerja selama beberapa waktu mulai dari pola kerja sampai cara berkomunikasi.

Sebagai karyawan baru, kamu juga bisa mencari preferensi hal tersebut dari rekan – rekan kerja di kantor.

Bisa juga membangun hubungan baik dengan bos misalnya melalui kesamaan hobi. Dari obrolan – obrolan ringan mungkin saja akan membawa kamu dan karir kamu lebih tinggi dari sekarang.

3. Sikap yang Positif

Di mana pun kita berada, sikap yang positif adalah yang penting untuk dilakukan. Apalagi di tempat kerja, menunjukkan sikap positif akan memberikan kesan yang baik.

Ketika kamu menunjukkan sikap yang suportif, antusias, dan selalu ceria, lingkungan di sekitar kamu pasti akan tertular energi positif tersebut. Ini juga bisa menjadi cara untuk menjalin hubungan baik dengan rekan kerja yang juga langkah awal untuk menambah koneksi.

Jangan pernah mengeluh hanya karena hari ini pekerjaan kamu sedang banyak. Jika kamu punya waktu untuk mengeluh, lebih baik kerjakan apa yang jadi tanggung jawab kamu.

Selain membuat suasana jadi lebih muram, rekan kerja kamu juga bisa jadi akan menilai kamu kurang baik sehingga bisa berpengaruh yang buruk terhadap karir kamu ke depannya.

4. Haus Ilmu dan Mau Belajar

Bos kamu pada awalnya tentu memaklumi kamu yang belum paham betul tentang industri terlebih lagi ini adalah pekerjaan pertama kamu. Namun demikian, semangat dan tekad kamu yang ingin terus menerus belajarlah yang penting.

Sebagai pemula, wajib untuk punya kemauan untuk belajar agar dapat memberikan kontribusi lebih lagi bagi perusahaan. Luangkan waktu untuk mempelajari ilmu baru baik yang berkaitan dengan bidang yang kamu jalani maupun yang dapat mendukung hal itu.

Apabila menemui kesulitan, jangan segan untuk bertanya pada bos kamu atau rekan kerja. Berdiskusi dengan mereka akan memberikan insight baru sekaligus lebih mudah kamu mengerti karena datang langsung dari orang yang sudah berpengalaman.

Kemudian, ketika melakukan kesalahan, akuilah kesalahan tersebut dan belajar dari sana agar dapat menjadi lebih baik ke depannya.

5. Etos Kerja yang Kuat

Masa awal – awal bekerja memanglah penting untuk karir ke depan maka dari itu kamu butuh tips sukses dalam pekerjaan pertama. Salah satunya adalah dengan memiliki etos kerja yang kuat.

Tunjukkan bahwa kamu serius dalam sebuah pekerjaan. Ini bisa dinilai dari konsistensi kamu dalam bekerja serta perilaku di lingkungan kantor. Dedikasi terhadap perusahaan perlu dibuktikan melalui komitmen dalam kualitas pekerjaan kamu.

Apabila perusahaan melihat hasil kerja kamu yang terus meningkat, tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan kesempatan untuk promosi jabatan.

6. Memperluas Koneksi

Sudah disebutkan secara singkat di point sebelumnya tentang menjalin hubungan baik dengan rekan kerja. Hal tersebut adalah karena koneksi dapat menjadi bekal penting untuk perjalanan karir kamu di kemudian hari.

Bangunlah jaringan profesional sebanyak mungkin. Buatlah hubungan yang baik dengan semua rekan kerja bukan hanya di divisi sendiri melainkan dengan divisi dan departemen yang berbeda bahkan kalau memungkinkan satu perusahaan tempat kamu bekerja.

Kenali juga peran serta jabatan orang tersebut di dalam struktur perusahaan. Kamu mungkin akan membutuhkan orang tersebut suatu hari nanti baik yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun tidak.

Tidak tahu kan di kemudian hari nanti semua koneksi kamu tersebut mungkin akan berguna dalam kesuksesan karirmu. Partner kamu di tim yang sama bisa saja akan menjabat sebagai pimpinan perusahaan sepuluh tahun lagi yang dapat diajak kerjasama di masa depan.

7. Etika Berpakaian Yang Baik

Kerapkali terabaikan, etika berpakaian termasuk faktor penting dalam mendukung karir kamu. Berpenampilanlah seperti seorang profesional di tempat kamu bekerja.

Selain memberikan impresi yang bagus pada rekan kerja serta bos kamu di kantor, ini juga merupakan cara untuk menghormati diri sendiri. Ketika penampilan kamu profesional, orang – orang di sekitar kamu akan merasa dihargai.

Pembawaan kamu juga akan lebih baik jika mengenakan pakaian yang profesional. Tidak ada ruginya sama sekali, bukan?

8. Bekerja Ekstra

Ketika sedang meniti karir apalagi sedang menjalankan pekerjaan pertama, tidak ada salahnya bekerja lebih ekstra. Atasan biasanya akan lebih memperhatikan dan jika pekerjaan yang kamu selesaikan sesuai dengan yang diharapkan, membuka peluang kamu untuk dipromosikan.

Hal yang bisa dilakukan misalnya setiap ada pekerjaan tawarkan bantuan kamu. Selain itu, bisa juga dengan terlibat dalam proyek dengan memanfaatkan waktu yang kamu punya.

Bekerja ekstra pada jam kerja tambahan juga bisa dimanfaatkan agar pekerjaan kamu semakin cepat selesai. Meskipun sepertinya kehidupan pribadi kamu bisa saja terganggu, tetapi jika melihat hasil yang akan didapat di masa mendatang semua itu dapat terbayarkan.

Hari pertama bekerja tentu membuatmu gugup, coba baca 5 Tips Melepaskan Kecemasan Agar Lebih Tenang Dalam Bekerja.

Itulah beberapa tips sukses dalam pekerjaan pertama. Kehidupan dunia kerja memang tampak menyeramkan pada awalnya. Terutama bagi yang baru saja memasukinya, mungkin menjadi tekanan tersendiri.

Namun demikian, apabila dijalani dengan tekad dan kesungguhan serta keinginan untuk terus belajar, jalan menuju kesuksesan akan terbuka lebar.

Kuncinya adalah komitmen dan sikap tidak mudah menyerah terhadap segala tantangan yang ada.

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.