in

10 Tips Hindari Stres Karena Dicuekin Pasangan

Tips Menghindari Stres Karena Dicuekin Pacar

Perhatian adalah hal penting yang dibutuhkan untuk menjaga sebuah keharmonisan hubungan. Sayangnya, tidak semua orang bisa memberikan perhatian yang cukup kepada pasangannya.

Memiliki pasangan yang kerap bersikap cuek sudah pasti akan membuatmu sebal dan merasa tak dianggap penting olehnya. Ditambah lagi jika komunikasi di antara kamu dan pasanganmu tidak cukup baik. Bisa dipastikan ada banyak pertengkaran karena kesalahpahaman dalam hubungan yang kamu jalani bersama pasanganmu.

Ada banyak orang yang kerap mengeluhkan sikap cuek pasangannya. Jika sikap cueknya berlebihan, ternyata hal tersebut juga dapat memicu stres loh. Saat seseorang membutuhkan perhatian dari pasangan namun tak kunjung dia dapatkan, rasa kecewa, marah, dan perasaan negatif lainnya akan membawa pengaruh pada keadaan mentalnya.

Kondisi stres karena sikap pasangan yang cuek sudah kerap terjadi pada sebagian orang dalam menjalani hubungan. Boleh saja bersikap cuek, asal jangan berlebihan sampai pada tahap mengabaikan pasangan. Jika hal tersebut berlanjut, pasti akan berdampak buruk pada kelangsungan hubungan.

Bagi kamu yang menjadi korban dari pasangan yang cuek, perlu kamu pahami bahwa ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Jangan langsung emosi dengan sikap cuek pasanganmu, cobalah untuk menghindari stres akibat dicuekin pasangan dengan 10 cara ini.

1. Berlatih untuk Lebih Sabar dalam Menghadapinya

Tips pertama adalah berlatih untuk lebih sabar. Ini menjadi cara yang wajib kamu lakukan untuk menghadapi kecuekan pasanganmu. Percayalah, dengan kesabaranmu, dia akan berusaha juga untuk lebih perhatian kepadamu.

Tapi kembali lagi, jangan berharap banyak dia akan berubah. Jika pada akhirnya dia tidak bisa mengubah sikap cueknya, terimalah dengan lapang dada. Anggap saja itu menjadi kekurangan pasanganmu yang harus kamu terima karena dibalik dirimu sendiri pasti juga ada kekurangan yang dia terima dengan lapang dada.

2. Pahami Pasanganmu dengan Lebih Baik

Apakah selama ini kamu sudah memahami pasanganmu dengan baik? Jika belum, maka cobalah untuk lebih memahami pasanganmu. Cari tahulah tentang seperti apa karakternya yang sebenarnya dan bagaimana cara berpikirnya.

Dengan memahami pasanganmu, kamu akan lebih mudah untuk mengerti alasan dari sikap yang dia tujukan padamu. Tidak hanya itu, dengan memahami pasangan, kesalah pahaman dalam sebuah hubungan juga bisa lebih diminimalisir.

3. Tak Perlu Terlalu Hanyut dengan Kekecewaanmu Karena Sikap Cueknya

Dia sudah terlalu sering bersikap cuek kepadamu, maka anggap saja itu menjadi hal yang lumrah. Jangan terlalu memikirkannya berlebihan. Jangan hanyut dalam kebaperanmu karena sikap cuek yang dia tujukan padamu.

Sebagai pasangannya, kamu sudah pasti paham dengan sikap asli yang dia miliki. Jika dia memang memiliki karakter yang cuek, lantas untuk apa kamu terlalu baper karena sikap cueknya. Jadi, lebih baik jangan terlalu jadikan cueknya sebagai beban berat untukmu.

4. Berilah Perhatian Tanpa Mengharap Balasan yang Setimpal Darinya

Seringkali seseorang mengharapkan balasan yang sama dari apa yang sudah dia berikan. Padahal pola pikir semacam ini tidaklah benar. Kamu tidak seharusnya menuntut pasanganmu untuk melakukan hal yang sama dengan apa yang kamu lakukan untuknya.

Jika kamu menyayanginya dengan tulus, kamu tidak akan mengharapkan balasan yang setimpal atas apa yang sudah kamu berikan kepadanya. Untuk itulah, kamu harusnya memberikan perhatian padanya tanpa berharap dia pun menunjukkan perhatian yang sama kedapamu karena pada dasarnya cara setiap orang menunjukkan sayangnya berbeda satu sama lain.

5. Alihkan Kesedihanmu dengan Berkumpul Bersama Teman

Mungkin kamu merasa kecewa dan sedih atas sikap cuek yang dimiliki oleh pasanganmu. Tapi bukan berarti kamu harus larut dalam kesedihan itu. Lupakan kesedihanmu dengan berkumpul dengan teman-teman dekatmu.

Jangan menyendiri terlalu lama saat kamu sedang bersedih. Alihkan emosi kesedihanmu dengan kebahagiaan karena bertemu dengan teman-teman yang sayang kepadamu. Buat dirimu bahagia dengan caramu sendiri tanpa harus menuntut orang lain memberikan kebahagiaan kepadamu.

6. Terkadang Kamu Perlu Mendiamkannya Beberapa Waktu

Jika menurutmu sikap cuek pasanganmu sudah berlebihan, cobalah untuk memberinya ruang agar dia bisa menyadari kesalahan apa yang sudah dia perbuat. Sementara, ciptakanlah jarak antara kamu dan pasanganmu.

Mungkin saja dengan cara mendiamkannya, dia akan sadar bahwa sikap cueknya sudah menyakiti orang yang dia sayangi. Semoga dia pun mau untuk instrospeksi diri dan berusaha secara perlahan mengubah sikap cueknya kepada pasangan.

7. Cobalah untuk Lebih Agresif Lagi

Ada yang bilang, untuk menakhlukkan hati seseorang yang sedingin kutub utara adalah dengan menjadi api di dekatnya. Jadi cobalah untuk menjadi lebih agresif lagi ketika dia sedang bersikap cuek kepadamu.

Bersikaplah manja kepadanya. Selain itu, berikan dia perhatian yang lebih dari biasanya. Ada kemungkinan dia bersikap cuek hanya karena gengsinya yang cukup tinggi, bahkan di depan pasangannya sendiri.

8. Tetaplah Berpikiran Positif

Jauhkan segala pikiran negatif dari otakmu. Berhentilah berasumsi dia bersikap cuek kepadamu karena dia sudah tidak peduli denganmu atau telah memiliki sosok lain di belakangmu.

Jangan berpikiran negatif kepada pasanganmu tanpa adanya bukti yang jelas. Bagaimana jika ternyata dia bersikap cuek karena dia lelah dengan kesibukannya atau mungkin karena suasan hatinya yang tak baik akibat kejadian yang tak menyenangkan.

9. Ingat Kembali Masa Indah yang Kamu Lalui Bersamanya

Kamu masih ingat kan tentang momen indah yang kamu dan pasanganmu lalui bersama. Bagaimana kamu dan pasanganmu berjuang sampai akhirnya bisa menapakkan kaki di titik yang saat ini kamu diami bersamanya.

Dengan mengingat momen indah itu, kamu bisa lebih meredam emosimu. Pikiran untuk menyerah dalam hubungan dan berpisah dengannya pun bisa kamu hindari.

10. Katakan Secara Langsung Padanya Tentang Hal yang Membuatmu Tak Nyaman

Cara terakhir untuk menghadapi kecuekannya adalah dengan mengajaknya berbicara secara langsung. Ungkapkan semua beban yang mengganjal di hatimu. Beritahu dia tentang apa yang kamu rasakan karena sikap cueknya kepadamu.

Terkadang kamu perlu mengungkapkannya secara langsung untuk membuat pasanganmu mengerti. Jangan hanya memberikan kode saja, karena hal itu hanya akan menguras tenagamu dan juga emosimu.

Baca Juga :

Nah, itulah 10 hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari stres karena sikap cuek yang ditujukan pasanganmu kepadamu. Tak perlu menganggap sikap cueknya sebagai masalah yang tak bisa dilalui selagi pasanganmu masih tetap ada saat kamu membutuhkannya.

Mungkin saja cara dia mencintaimu memang berbeda. Yang perlu kamu lakukan adalah menerimanya dengan segala yang ada pada dirinya, termasuk sikap cueknya yang kerap dia tujukan padamu.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.