in ,

Kamu Bisa Hindari Stress Sejak Dini dengan 6 Teknik Ini

Hindari Stress Sejak Dini

Setiap orang memiliki peluang untuk mengalami yang namanya stres. Tidak mudah bagi setiap orang untuk menghindari yang namanya stres karena stres itu sendiri sudah menjadi bagian dari kehidupan.

Setiap yang hidup pasti akan menemui masalah yang memicu adanya perasaan khawatir, takut, sedih, sampai marah sekalipun. Perasaan-perasaan yang tidak bisa dihindari itulah yang akan menghadirkan tekanan pada mental seseorang.

Tidak ada jaminan untuk kamu dapat terhindar dari rasa stres ini. Namun setidaknya jika kamu paham tentang beberapa teknik untuk menghindarinya, mungkin hal itu akan sangat membantumu.

Beberapa orang beranggapan bahwa rasa stres muncul akibat kesibukan di tempat kerja, penyakit bawaan, sampai hubungan dengan orang-orang di sekitar. Padahal penyebab stres bisa saja lebih berat atau lebih ringan dari hal-hal tersebut.

Apakah kamu pernah merasa kesulitan atau khawatir dalam menghadapi suatu hal dalam hidupmu? Secara alamiah, alam bawah sadarmu akan mencoba melawan atau menghindari kesulitan tersebut. Reaksi itulah yang merupakan wujud dari stres yang kamu alami.

Untuk membantumu terhindar dari stres, berikut 6 teknik yang bisa kamu pelajari dan praktikkan sendiri.

1. Membuat Jurnal

Membuat Jurnal
Membuat Jurnal

Saat ada masalah dan sulit menceritakan masalah yang kamu hadapi pada orang lain, kamu akan memiliki kecenderungan menyimpannya sendiri. Hal semacam ini tentu akan menambah beban pikiranmu dan membuatmu merasa stres dengan segala yang kamu alami.

Jika kamu memang tipe orang yang sulit menceritakan masalahmu pada orang lain, meskipun itu orang yang kamu percaya sekalipun, ada baiknya kamu mulai membuat jurnal. Jurnal ini bisa menjadi temanmu bercerita saat ada hal yang membuatmu terbebani.

Percayalah, ketika kamu mulai menulis segala isi hati dan pikiranmu, disitulah kamu dapat membuat hati dan pikiranmu lebih tenang. Lampiaskan segala perasaanmu pada jurnal yang kamu tulis. Dengan begitu emosimu juga akan lebih terkontrol.

Baca Juga : 6 Kebiasaan Yang Membuat Dirimu Tumbuh Menjadi Bijaksana

2. Stay Positive-Thinking

Selalu Berpikir Positif
Selalu Berpikir Positif

Stres datang dari pikiran yang negatif. Seringkali stres datang karena cara berpikirmu sendiri. Melihat segala hal dari sisi negatifnya saja tidak selalu baik untuk kesehatan mentalmu.

Kehidupan dipenuhi dengan hal positif dan negatif. Banyak hal baik dan buruk yang ada di sekitarmu yang juga akan melahirkan pikiran positif dan negatif. Kamu harus pandai dalam menyeimbangkan keduanya.

Mulai sekarang cobalah untuk memiliki pemikiran yang positif. Boleh saja berpikiran negatif untuk membuatmu lebih waspada terhadap suatu hal. Namun, jangan terlalu berlebihan, ya. Ketahui batasannya sehingga kamu dapat terhindar dari stres nantinya.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Positif Agar Lebih Nyaman Dengan Diri Sendiri

3. Lakukan Apa yang Sudah Direncanakan

Melakukan Hal Yang Sudah Direncanakan
Melakukan Hal Yang Sudah Direncanakan

Manusia hanya dapat merencanakan. Namun, Tuhan-lah yang menjadi penentunya. Meskipun demikian, bukan berarti kamu harus mengabaikan segala hal yang sudah kamu rencanakan secara matang.

Saat kamu berani membuat perencanaan, maka realisasikan rencana tersebut semaksimal yang kamu mampu. Masalah hasilnya akan sesuai dengan ekspektasimu atau tidak, serahkan kepada Tuhan.

Hal yang wajar jika hal yang kamu rencanakan tidak sesuai dengan apa yang kamu rencanakan. Akan menjadi tidak wajar jika kamu hanya membuat rencana tapi tidak berusaha merealisasikan. Hal semacam itu hanya akan membuatmu terlalu berpikir tanpa adanya tindakan nyata. Jelas saja itu juga akan membuatmu sulit terhindar dari stres.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rasa Kecewa Dalam Hidup Agar Tidak Depresi

4. Pemberian Afirmasi Positif pada Diri

Pemberian Afirmasi Positif
Pemberian Afirmasi Positif

Jangan remehkan kekuatan dari sebuah kata-kata, ya. Satu kata dapat jadi pedang yang teramat tajam loh. Jadi, sebisa mungkin cobalah untuk mengatakan hal-hal positif sebagai cara untuk memberikan afirmasi yang positif juga pada dirimu sendiri.

Katakan hal-hal positif pada dirimu sendiri. Berikan sebuah afirmasi yang positif untuk menciptakan energi positif yang berguna bagi kesehatan mentalmu.

Sesekali, cobalah berdiam di tempat yang tenang. Tutup matamu dan tarik napas yang dalam lalu hembuskan perlahan. Setelah itu, katakan pada dirimu bahwa semua akan baik-baik saja dan sesulit apapun kondisimu saat ini, semua akan terlewati dengan usaha yang kamu lakukan.

Baca Juga : Hukum Tarik Menarik: Ketika Pikiran Menciptakan Realitas Kebahagiaan

5. Olahraga Secara Rutin

Olahraga
Olahraga

Tubuh yang sehat dapat menghasilkan kondisi mental yang sehat juga loh. Miliki tubuh yang kuat. Iringi usahamu menguatkan tubuh dengan menguatkan mentalmu.

“Builds a strong body and strong mind to kill your stresses”. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa untuk terhindar dari stres, kamu harus memiliki sebuah pemikiran dan tubuh yang kuat. So, mulai sekarang jangan lupa untuk rutin dalam berolahraga, ya.

Baca Juga : 8 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Rutin Berolahraga

6. Istirahat yang Cukup

Cukup Dalam Istrihat
Cukup Dalam Istrihat

Setelah kesibukan yang dilalui, tentu saja tubuhmu membutuhkan waktu yang cukup untuk kembali mengumpulkan energi. Tanpa energi yang cukup, kamu tidak akan bisa fokus dalam menjalani kesibukanmu selanjutnya.

Penting untuk diperhatikan: milikilah waktu istirahat yang berkualitas. Jangan hanya memperhatikan waktu tidur saja, tetapi kamu juga perlu memperhatikan kualitas tidurmu.

Sebagai contoh, kamu tidur selama 8 jam tetapi dengan kondisi tidur yang tidak nyenyak. Waktu tidur tersebut tidak lebih baik dibandingkan dengan waktu tidur 6 jam tetapi kamu tidur dengan nyenyak.

Tips yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, salah satunya dengan mencoba berdamai dengan keadaan. Lupakan tentang segala masalah yang kamu hadapi seharian tadi. Pikirkan hal-hal positif yang bisa membuat dirimu merasa tenang. Selain itu, pastikan kamu menyiapkan tempat tidur yang nyaman, ya.

Baca Juga : 13 Jenis Gangguan Tidur Dalam Psikologi, Kamu yang Mana?

Bekerja atau tidaknya 6 teknik di atas dalam usahamu menghindari rasa stresmu ada di tanganmu sendiri. Jika kamu benar-benar mampu mengelola emosimu, maka rasa stres yang kamu alami mungkin dapat lebih diminimalisasi.

Pada dasarnya tingkat stres bergantung pada banyaknya beban yang kamu simpan sendiri. Kamulah satu-satunya orang yang menolak untuk melepaskan beban tersebut sehingga beban-beban itu menumpuk dan membuatmu tenggelam dalam sisi yang gelap dalam kehidupan. Alhasil stres pun tidak lagi dapat dihindari.

Written by Dina Novia

Language Instructor and Web Content Writer