in

Hindari 5 Ucapan Ini Saat Sedang Bertengkar dengan Pasangan

Perkataan Yang Tidak Boleh Disampaikan Saat Bertengkar Dengan Pasangan
Perkataan Yang Tidak Boleh Disampaikan Saat Bertengkar Dengan Pasangan

Bagaimana mungkin tidak pernah ada sebuah pertengkaran dalam hubungan asmara. Sepertinya semua pasangan pasti pernah mengalami yang namanya pertengkaran, baik itu pertengkaran yang kecil maupun pertengkaran yang cukup besar sekali pun.

Adanya pertengkaran dalam hubungan adalah hal yang wajar. Pertengkaran yang ada pun dapat dipicu oleh banyak faktor. Entah itu faktor dari dalam maupun faktor dari luar. Bertahan atau tidaknya hubungan tentu akan sangat bergantung pada caramu mengontrol emosi dalam menjalani hubunganmu dengan pasanganmu.

Biasanya saat seseorang sedang bertengkar, orang tersebut menghadapinya dengan emosi yang cukup bergejolak. Menahan emosi memang bukan hal yang mudah. Namun, kamu harus ingat bahwa saat kamu emosi, jangan sampai kamu mengucapkan beberapa ungkapan yang hanya bisa memperburuk keadaan.

Ada banyak ungkapan yang mungkin terlontar secara tidak sadar saat kamu bertengkar dengan pasanganmu. Lantas ungkapan apa saja sih yang tidak boleh kamu ungkapkan saat sedang bertengkar. Temukan jawabannya dalam penjelasan berikut ini.

1. “Aku Sudah Terlalu Sabar Selama Ini. Kamu Tidak Tahu Betapa Sulitnya Aku Menahan Semuanya”

Aku Sudah Terlalu Sabar
Aku Sudah Terlalu Sabar

Bagi kamu, mungkin kamulah orang yang sangat berjuang demi keberlangsungan hubungan yang kamu jalin dengan pasanganmu. Seolah kamu adalah satu-satunya orang yang paling menderita dalam hubungan tersebut. Padahal kamu sendiri tidak pernah tahu tentang perasaan pasanganmu terhadapmu.

Mungkin saja selama ini pasanganmu jauh lebih menderita dari yang kamu pikirkan tentangnya. Jangan menganggap dirimu adalah orang yang paling benar ya. Hubungan yang kamu jalin adalah tentang dua orang, bukan hanya tentang dirimu sendiri.

Jangan merusak hubunganmu sendiri dengan melontarkan ungkapan semacam ini pada pasanganmu. Lebih baik, tenangkan pikiranmu dan coba selesaikan masalahmu dengan cara yang baik.

2. “Aku Penasaran dengan Bagaimana Orang Tuamu Mendidikmu Dulu”

Menyalahkan Orang Tua
Menyalahkan Orang Tua

Sebesar apapun masalah yang sedang kamu dan pasanganmu hadapi, sebisa mungkin jangan pernah menyinggung tentang keluarganya, terutama orang tuanya. Hal itu adalah hal yang sangat sensitif untuk disangkut pautkan saat kamu dan pasanganmu sama-sama dalam kondisi emosi.

Jika kamu menyinggung orang tuanya, kamu akan menambah masalah baru dalam hubunganmu dengan pasanganmu. Terlebih jika kamu mengungkapkan ungkapkan yang menunjukkan hinaan pada orang tuanya ini, tentu dia akan sangat sakit hati dengan apa yang kamu katakan.

Cobalah untuk tetap berpikir jernih meski sedang dalam kondisi emosi. Jangan sampai kamu menyesali apa yang sudah terlanjur kamu ucapkan kepada pasanganmu. Masalah orang tua adalah hal yang tidak etis untuk kamu bawa dalam urusanmu dengan pasanganmu.

3. “Mungkin Memang Bukan Kamu yang Seharusnya Aku Pilih”

Menyesal Memilihnya
Menyesal Memilihnya

Pasanganmu pasti akan sangat terkejut mendengar kamu mengatakan bahwa seharusnya bukan dia yang kamu pilih, melainkan orang lain. Itu menunjukkan penyesalanmu karena sudah memilihnya menjadi pasanganmu saat ini. Ini cukup kasar mengingat kamu bukanlah musuhnya, melainkan pasangannya.

Saat kamu mengucapkan hal semacam ini, tentu pasanganmu juga akan mempertanyakan tentang keseriusanmu dalam menjalani hubungan. Mungkin dia akan merasa ragu dengan perasaanmu padanya selama ini. Dia akan berpikir ulang tentang kelanjutan hubunganmu dengannya.

Jika kamu sebenarnya tidak bermaksud untuk berpisah dengannya, lebih baik jangan sampai mengatakan hal semacam ini pada pasanganmu. Pernyataan ini sangat tidak layak untuk kamu lontarkan pada pasangan yang pada dasarnya masih kamu sayang.

Baca Juga : 7 Hal yang Menunjukkan Bahwa Kamu Tak Salah dalam Memilih Pasangan

4. “Lihat Dirimu, Apa yang Sudah Kamu Miliki Sampai Saat Ini? Kamu Masih Bukan Siapa-siapa”

Ucapan Tidak Menghargai
Ucapan Tidak Menghargai

Bayangkan saja, jika pasanganmu yang melontarkan ucapan seperti ini padamu. Apakah kamu tidak akan sakit hati mendengarnya? Apa kamu yakin ucapan ini pantas untuk sampai di telinga orang yang kamu sayang selama ini? Jika tidak, maka jangan sampai kamu melontarkan ungkapan ini saat sedang bertengkar dengan pasanganmu.

Tidak ada satu pun orang yang mau disepelekan, terlebih oleh pasangannya sendiri, yaitu orang yang selama ini sangat dia percaya dan cintai. Akan sangat tidak etis jika kamu menjatuhkan harga diri pasanganmu sendiri dengan mengucapkan kata-kata kasar seperti ini.

Bukankah kamu mencintainya dan masih ingin bersama dengannya? Jadi jangan sampai lidahmu terpleset untuk mengucapkan kata-kata semacam ini ya. Jika sampai kamu melakukannya, mungkin kamu hanya akan bisa menyesalinya nanti.

Menjalin hubungan bukan hanya sekadar menjaga hatimu saja, melainkan juga lisanmu. Ingat bahwa ada orang yang mengatakan bahwa lidah bisa lebih tajam dari pisau yang sudah diasah sebelumnya.

Baca Juga : Istri Wajib Tahu, 6 Penyebab Suami Tidak Bahagia Setelah Menikah

5. “Bagaimana Bisa Orang Sepertimu Mampu Memahami Apa yang Aku Rasakan”

Meragukan Pasangan
Meragukan Pasangan

Jangan sampai kamu mengucapkan ungkapan yang satu ini ya. Kamu harus lebih berhati-hati dalam berucap saat sedang dilanda emosi jika kamu masih ingin hubunganmu terjalin dengan baik. Jangan sampai kamu menyinggung perasaan pasanganmu dengan ucapan yang kamu lontarkan kepadanya.

Mengatakan bahwa dia adalah orang yang tidak akan bisa memahami kondisimu adalah hal yang cukup menyakitkan. Dia pasti akan terluka dengan kata-kata seperti itu. Seolah selama ini, dia tidak bisa memahami perasaanmu sebagai pasangannya dan hanya membuatmu terbebani dengan keberadaannya.

Jadi, meskipun kamu tengah emosi, kamu tidak boleh asal dalam berbicara. Apa yang keluar dari mulutmu bisa jadi penentu nasib hubunganmu dengan pasanganmu ke depannya. Jika kamu salah dalam berucap, mungkin pertengkaran itu akan menjadi pertengkaran yang menyulut perpisahan di antara kalian.

Baca Juga : 6 Hal yang Kerap Menjadi Ujian dalam Hubungan Pernikahan

Sekarang sudah tahu kan, 5 ungkapan apa saja yang harus kamu hindari untuk kamu ucapkan saat sedang bertengkar dengan pasanganmu? Jangan sampai situasi bertambah rumit karena perkataanmu padanya. Sebesar apapun emosimu, kamu harus tetap bisa mengontrol lisanmu sendiri.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.