in , ,

5 Alasan Hubungan Jarak Jauh Sebenarnya Membawa Kebaikan Untukmu

Hubungan Jarak Jauh
Hubungan Jarak Jauh

Menjalani hubungan jarak jauh atau dikenal dengan istilah LDR nyatanya menjadi salah satu tipe hubungan yang cukup sulit untuk dijalani. Hubungan semacam ini bahkan dihindari oleh beberapa pasangan. Pengingat untuk menjalani hubungan seperti ini, kamu harus rela berjauhan dengan orang yang kamu cintai.

Dalam proses perjalanan hubungan jarak jauh, waktu untuk bertemu pun tidak tentu. Tidak hanya jarak saja yang memisahkan, tetapi juga kesibukan masing-masing yang cukup melelahkan. Kamu harus sibuk dengan aktivitasmu di satu tempat, sedangkan pasanganmu sibuk dengan aktivitasnya di tempat yang lain.

Ada banyak cobaan yang mungkin akan kamu hadapi saat kamu menjalani hubungan jarak jauh. Komunikasi yang baik sangat diperlukan untuk menjaga hubungan ini tetap utuh. Jika ada kesalahpahaman sedikit saja, hubunganmu dengan pasanganmu akan mudah sekali menemui kata putus.

Tapi tenang saja, meski kamu akan melewati banyak masalah atau rintangan saat kamu menjalani hubungan jarak jauh ini, tetap ada keuntungan yang akan kamu dapatkan kok.

Penasaran dengan kelebihan apa saja yang bisa kamu dapatkan saat menjalani hubungan jarak jauh ?.

1. Kamu Bisa Belajar Tentang Pentingnya Saling Percaya Sebagai Pasangan

Membangun Rasa Saling Percaya
Membangun Rasa Saling Percaya

Saat menjalani hubungan jarak jauh, kamu tidak akan mungkin mengecek semua aktivitas pasanganmu secara langsung. Kamu hanya bisa memberi kepercayaan kepadanya.

Kamu hanya bisa percaya pada apa yang dikatakan olehnya meski kamu tidak melihatnya secara langsung di depan mata.

Jarak yang cukup jauh membuat kamu tidak cukup mengenal teman-teman dekatnya.

Kamu tidak tahu kebenaran dengan siapa dia berpergian dan dengan siapa saat ini dia sedang berbincang. Itulah kenapa yang bisa kamu lakukan hanyalah menaruh kepercayaan pada apa yang dia katakan padamu.

Bagi sebagian orang hal ini mungkin cukup menyedihkan.

Tetapi nyatanya justru dengan kondisi seperti ini kamu dan pasanganmu bisa belajar untuk saling percaya satu sama lain.

Kamu pun belajar untuk bisa selalu bersikap terbuka pada pasanganmu dan mengatakan segala sesuatunya dengan penuh kejujuran.

Kerap kali hubungan jarak jauh menghilangkan rasa kenyaman antar pasangan. kamu bisa membaca terlebih dahulu tentang 9 Cara Membuat Pasangan Merasa Nyaman Saat Jalani LDR-an.

2. Kamu Bisa Belajar Tentang Bagaimana Menghargai Waktu

Belajar Menghargai Waktu Dengan Pasangan
Belajar Menghargai Waktu Dengan Pasangan

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, hubungan jarak jauh artinya kamu harus rela untuk tidak bisa bisa bertemu dengannya sebanyak yang kamu mau.

Bisa dibilang, momen pertemuanmu dengan pasanganmu bisa dihitung dalam jangka waktu tertentu.

Kondisi yang akhirnya membuat kamu dan pasangan mu bisa belajar untuk lebih menghargai waktu. Kalian bisa belajar untuk lebih menghargai momen dimana kalian bisa bertemu dan melepas rindu.

Momen pertemuan yang kamu miliki dengan pasangan menjadi momen berharga yang selalu ingin kamu kenang.

Tidak hanya waktu saja yang terbatas, untuk bisa bertemu dengan pasanganmu kamu pun harus rela membuat tubuhmu lelah karena menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Bahkan ada yang harus menempuh perjalanan berhari-hari karena tidak hanya beda kota atau beda negara saja, mainkan berada di dua benua yang berbeda.

3. Kamu Bisa Menghabiskan Lebih Banyak Waktu untuk Dirimu Sendiri

Menghabiskan Banyak Waktu Untuk Diri Sendiri
Menghabiskan Banyak Waktu Untuk Diri Sendiri

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah waktu yang cukup banyak untuk dirimu sendiri.

Jika pasangan pada umumnya lebih banyak menghabiskan waktu untuk pasangannya, kamu justru memiliki lebih banyak waktu untuk kamu habiskan sendirian.

Kamu bisa bebas melakukan apapun yang kamu ingin lakukan.

Tapi kamu juga harus ingat, akan lebih baik jika kamu menghabiskan waktumu untuk hal-hal yang bermanfaat. Kamu bisa mulai mengembangkan dirimu sesuai dengan passion yang kamu miliki.

4. Kamu Belajar Menjadi Pribadi yang Lebih Sabar dari Hari ke Hari

Belajar Menjadi Pribadi Yang Lebih Sabar
Belajar Menjadi Pribadi Yang Lebih Sabar

Keuntungan keempat yang bisa kamu dapatkan dengan menjalani hubungan jarak jauh adalah sifat sabar yang kamu miliki.

Kamu akan belajar untuk sabar dalam menjalani hubungan yang memang harus terpisah jarak cukup jauh dengan pasanganmu. Kamu pun bisa belajar untuk sabar dari mulai menghadapi masalah yang paling sepele sampai yang paling besar sekali pun.

Untuk pasangan pada umumnya, mungkin akan mudah menghampiri pasangannya saat pasangannya tak kunjung memberi kabar atau membalas pesan.

Tetapi karena kondisi mu berbeda, yang bisa kamu lakukan hanyalah bersabar menunggu kabar darinya saat dia memang memiliki waktu senggang.

Bersabar bukan hal yang mudah dilakukan oleh banyak orang.

Setidaknya dengan menjalani hubungan jarak jauh, kamu akan tumbuh menjadi sosok pribadi yang lebih sabar dari sebelumnya. Kamu akan belajar dari kondisi dan situasi yang saat ini kamu hadapi.

5. Kamu Belajar Membangun Komunikasi yang Baik Saat Berada Jauh dari Pasanganmu

Memahami Pentingnya Komunikasi
Memahami Pentingnya Komunikasi

Yang terakhir kamu juga akan belajar tentang bagaimana caranya membangun komunikasi yang baik saat kamu berada jauh dari pasangannya.

Nyatanya menjalin komunikasi juga bukan hal yang mudah bahkan untuk pasangan yang tidak menjalani hubungan jarak jauh sekalipun.

Dengan hubungan jarak jauh yang kamu jalani saat ini, tanpa kamu sadari kamu akan berusaha mencari solusi agar komunikasi mu dengan pasanganmu tetap berjalan dengan baik.

Kamu akan lebih tahu bagaimana caranya menghargai pasanganmu, menghargai dirimu sendiri, dan menghargai momen kebersamaan di mana kalian bisa saling berkomunikasi.

Nah, itu dia 5 kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat kamu menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan.

Terkait dengan LDR, coba baca juga artikel yang saya rekomendiasikan berikut : 5 Tips Agar Kamu Tidak Tersiksa Dengan Hubungan LDR.

Tidak perlu sedih jika saat ini kamu harus berjauhan dengan pasanganmu, karena pada dasarnya dengan kondisi itu kamu akan belajar tentang banyak hal yang tidak bisa dipelajari oleh pasangan pada umumnya. Asal kamu bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pasanganmu, masalah apapun itu pasti bisa kamu lalui dengan mudah.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.