Hubunganmu Masih Belum Direstui, Cobalah Pegang Teguh Nasihat Ini

Urusan cinta bukanlah suatu hal yang mudah. Tidak semua orang memiliki perjalanan

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Nasihat Hubungan Tidak Direstui

Urusan cinta bukanlah suatu hal yang mudah. Tidak semua orang memiliki perjalanan cinta yang mulus dalam prosesnya. Banyak di antara mereka yang mendapati berbagai ujian atau cobaan yang beragam. Satu sama lain memiliki cerita masing-masing yang sudah pasti berbeda dan tidak dapat disama ratakan begitu saja.

Salah satu kendala yang mungkin muncul dalam hubungan cinta adalah adalah belum diperolehnya restu dari orang tua. Restu bukan hal yang bisa dianggap remeh. Hubungan yang baik tentu harusnya disertai oleh restu dari orang terdekat, khusunya orang tua masing-masing.

Untuk kamu yang masih memperjuangkan restu supaya dapat menjalani hubungan yang sewajarnya, jangan patah semangat ya. Teruslah berjuang untuk hal yang ingin kamu dapatkan.

Berikut adalah beberapa nasihat supaya kamu tetap kuat dalam memperjuangkan cinta dan restu orang tua.

1. Meyakini Bahwa yang Baik Tak akan Lari Darimu

Meyakini Bahwa Ia Tidak Akan Lari Darimu
Meyakini Bahwa Ia Tidak Akan Lari Darimu

Tidak ada yang bisa kamu salahkan dalam hubunganmu. Adanya respon dari pihak lain tidak ada dalam kendalimu. Sudah pasti, kamu pun tak menginginkan hubungan yang tak direstui. Semua orang tentu juga merasakan hal yang sama.

Yang perlu kamu lakukan adalah tetap berpikiran positif tentang segala hal yang terjadi. Ingatlah bahwa yang baik tak akan pernah dijauhkan darimu. Tuhan selalu tahu mana yang sekadar kamu inginkan dan mana yang memang kamu butuhkan, termasuk dengan pasangan.

Jodoh tidak akan pernah salah dalam memilih. Jika memang dia yang kini bersamamu sudah digariskan menjadi jodohmu, tentu apapun rintangan yang menghadang hubungan kalian akan bisa kalian lalui cepat atau lambat.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir, 6 Keraguan Ini Wajar Kamu Rasakan Ketika Jalani Hubungan

2. Pegang Teguh Komitmen yang Sudah Kamu Buat

Pegang Teguh Komitmen Yang Sudah Dibuat
Pegang Teguh Komitmen Yang Sudah Dibuat

Kamu perlu keteguhan yang cukup besar untuk menjaga komitmen yang sudah kamu buat karena memang hubunganmu termasuk salah satu hubungan yang dipenuhi dengan kerumitan. Jangan sampai kamu bisa dengan mudah mengingkari komitmen yang sudah kamu buat hanya karena masalah yang tak seberapa.

Tanpa komitmen yang kuat antara kamu dengan pasanganmu, bisa dijamin hubunganmu tidak akan bertahan lama, ditambah dengan masalah utama kalian yaitu restu orang tua.

Perjuangan yang harus kamu lalui tidaklah mudah. Jadi jangan pernah bosan untuk mengingatkan dan memberi kekuatan pada satu sama lain untuk tetap memegang teguh apa yang sudah diikrarkan.

3. Diskusikan Masalah yang Kamu dan Pasanganmu Alami dengan Pikiran dan Hati yang Tenang

Cobalah Berdiskusi Dengan Hati Tenang
Cobalah Berdiskusi Dengan Hati Tenang

Jangan mudah mengambil keputusan tanpa mempertimbangkannya dengan matang. Biasakan untuk selalu berdiskusi. Komunikasi yang kamu jalin dengan pasanganmu harus baik.

Kamu juga perlu mendiskusikan setiap hal kecil sekalipun tentang hubungan kalian. Diskusilah dengan konsisi pikiran dan hati yang tenang agar kamu dan pasanganmu tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Pengambilan keputusan dalam kondisi emosional hanya akan memperuncing masalah yang kamu dan pasanganmu hadapi bersama.

Pandai-pandailah dalam mencari jalan terbaik dari segala masalah yang datang. Dengan kepala dingin, kamu dan pasanganmu akan lebih mudah mencari jalan keluar paling aman.

4. Sebisa Mungkin Jaga Rahasia Hubungan Kalian dari Orang Lain, Cukup Masalah yang Ada Hanya Kamu, Pasanganmu dan Keluarga Kalian Saja

Jagalah Kerahasiaan Hubungan Kalian
Jagalah Kerahasiaan Hubungan Kalian

Keterlibatan orang lain dalam masalah yang kamu dan pasanganmu hadapi hanya akan memperkeruh suasana saja. Jadi, akan lebih baik dan lebih bijak jika kamu menghindari tindakan untuk bercerita mengenai masalahmu dan pasanganmu dengan orang lain.

Jangan umbar apa yang menjadi privasi dalam hubungan kalian. Yang perlu kamu tahu, kemungkinan adanya perselingkuhan justru bisa terjadi dengan adanya pihak ketiga yang mengetahui tentang masalah kalian berdua.

Meskipun kamu menganggap teman dekat atau orang yang kamu curhati adalah orang yang dapat dipercaya, sebisa mungkin kamu harus menahannya. Pengkhianatan tidak hanya datang dari orang yang tak menyukaimu tapi juga orang yang kamu beri terlalu banyak kepercayaan.

5. Saling Memberi Dukungan Supaya Tidak Mudah Menyerah dan Tetap Menjalaninya dengan Sabar

Saling Memberikan Dukungan
Saling Memberikan Dukungan

Tidak hanya kamu saja yang dilemahkan dan dipusingkan oleh masalah yang datang dalam hubunganmu dengan pasangamu. Pasanganmu pun merasakan hal yang sama. Karenanya kamu dan pasanganmu harus selalu saling memberi dukungan dan semangat agar bisa melalui semua masalah yang tengah kalian hadapi saat ini.

Selain itu, sikap orang tua yang belum memberi restu pasti disebabkan oleh suatu hal tertentu. Akan lebih baik jika kamu mencoba mencari tahu apa penyebabnya sekaligus mencari solusi yang tepat untuk menanganinya.

Jangan lupa ya untuk tetap saling memberi kekuatan untuk tetap sabar dalam menjalani segala masalah yang datang menghampiri.

6. Meski Ada Masalah dalam Hubungan yang Kalian Jalani, Jangan Lupa Tetap Habiskan Banyak Waktu untuk Berbahagia Bersama

Jangan Lupa Habiskan Waktu Bahagia Bersama
Jangan Lupa Habiskan Waktu Bahagia Bersama

Mungkin ada banyak waktu yang kamu dan  pasaganmu lewatkan karena terlalu fokus dengan masalah yang tengah kalian hadapi. Tapi jangan lupa, hubungan kalian juga perlu mendapat asupan energi.

Kamu dan pasangamu perlu menghabiskan waktu untuk merasakan yang namanya bahagia. Rasa sedih, marah, kecewa, tetap harus kalian imbangi juga dengan rasa bahagia, tentunya juga diiiringi oleh kekuatan cinta dan doa. Habiskanlah cukup waktu untuk bersenang-senang bersama, kalian butuh energi untuk terus berjuang.

Baca Juga: Sampaikan 5 Pertanyaan ini Sebelum Menjalin Hubungan Yang Serius

Nah, itulah beberapa trik dan nasihat untuk kamu yang sedang berusaha mendapatkan restu orang tua. Ingat, jangan mudah menyerah. Perjuangkan apa yang patut untuk kamu perjuangkan. Jika kamu yakin dengan orang yang kamu cintai, maka tak ada salahnya untuk memperjuangkannya hingga akhir. Tunjukkan bahwa hubunganmu memang pantas untuk diperjuangkan.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile