in , ,

9 Ide Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Karyawan

Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan
Ide Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Enaknya jadi karyawan karena memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Tak cuma itu, ada pula beberapa keuntungan lain seperti berupa jaminan kesehatan sampai uang pesangon.

Namun demikian, tuntutan kebutuhan seringkali membuat gaji yang diterima setiap bulannya pas – pasan bahkan kurang. Meskipun sudah memisahkan sejumlah nominal untuk ditabung, ada saja pengeluaran tak terduga jadi terpaksa digunakan.

Tentu siapa saja ingin punya penghasilan lebih. Akan tetapi sebagai seorang karyawan, hal tersebut tampaknya sulit dilakukan karena keterbatasan baik waktu hingga ruang gerak.

Harus bekerja dari jam 9 sampai jam 5 saja sudah berat, ditambah lagi muatan kerjaan yang terlalu banyak kadang terpaksa harus lembur.

Kondisi demikian tak bisa menghalangi niat untuk punya tambahan pemasukan. Nah, ini dia beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan yang bisa mulai dicoba.

1. Reseller Online Shop

Reseller Online Shop
Reseller Online Shop

Di era di mana serba digital ini sangat bisa dimanfaatkan buat ide usaha sampingan untuk karyawan, yaitu menjadi reseller online shop. Banyak orang yang mencari kebutuhannya via internet.

Ini cocok untuk kamu yang tidak memiliki modal besar, semua dilakukan melaui smartphone kamu.

Coba pasarkan barang dagangan melalui media sosial, seperti instagram, facebook, ataupun twitter. Kemudian, coba juga berjualan di e-commerce karena sekarang ini lebih banyak orang yang berbelanja di platform tersebut.

Apalagi dengan fitur e-commerce yang biasanya menawarkan gratis ongkir, orang – orang akan lebih tertarik. Semakin banyak konsumen, tentu semakin banyak pula keuntungan yang kamu dapat.

Jadi reseller online shop tidak terlalu merepotkan karena kamu hanya menjual barang milik distributor lain sehingga walau sibuk pun bisa dilakukan di sela – sela waktu luang.

Misalnya, dilakukan sebelum berangkat kerja, jam istirahat kantor, dan setelah jam pulang kerja.

2. Broker Properti

Broker Properti
Broker Properti

Bisnis properti masih sangat menjanjikan. Menjadi broker properti saja sudah mendapatkan komisi yang lumayan besar.

Contohnya kamu punya jatah komisi satu persen dari setiap penjualan properti. Dengan harga jual properti 500 juta, kamu akan meraih keuntungan lima juta. Lumayan, kan?

Salah satu ide usaha sampingan untuk karyawan ini bisa kamu coba apabila ingin punya penghasilan tambahan dan bisa dikerjakan kapan pun, di mana pun.

Jalinlah kerjasama sebagai agen resmi dengan perusahaan properti untuk mulai menjajaki bisnis broker properti online ini.

3. Bisnis Jasa Sesuai Keahlian

Menawarkan Keahlian
Menawarkan Keahlian

Kalau kamu punya keahlian manfaatkanlah untuk mencari uang tambahan selain gaji bulanan. Nilai jual bisnis di bidang jasa pun tak kalah menguntungkan.

Kemampuan apapun yang punya nilai jual bisa kamu tawarkan, misalnya kamu seorang desain grafis, jual jasa desain kamu. Banyak orang bahkan perusahaan di luar yang butuh kemampuan tersebut.

Selain itu, menyenangkan bukan menjadikan skill kamu tersebut menjadi bisnis sampingan? Seperti melakukan hobi yang dibayar.

4. Rental Kamera

Rental Kamera
Rental Kamera

Punya kamera digital atau kamera DSLR di rumah yang jarang dipakai karena sibuk bekerja? Ketimbang cuma disimpan, lebih baik disewakan saja.

Apalagi sekarang sedang marak sosial media, penggunanya berlomba – lomba membagikan foto terbaik mereka. Nah, kamu bisa memanfaatkan trend ini untuk menambah pundi – pundi di kantong kamu.

Ide usaha sampingan untuk karyawan yang satu ini punya peluang yang lumayan besar dari segi keuntungan. Tak cuma kamera saja, peralatan fotografi kamu lainnya seperti tripod, filter, ataupun lensa juga bisa turut direntalkan.

Sebelum merentalkan kamera dan alat fotografi lainnya, buatlah persyaratan untuk melindungi kamu dari kejadian yang merugikan, seperti kamera kamu rusak atau bahkan dibawa kabur.

Terapkan sistem deposito, atau bisa juga menahan kartu identitas sebagai jaminan. Ini akan membuat konsumen lebih berhati – hati ketika menggunakan kamera.

5. Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner
Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner memang tak ada matinya. Apalagi buat kamu yang hobi memasak, jangan sia – siakan kesempatan kamu untuk menambah penghasilan dari sini.

Mulai saja dari bisnis kecil – kecilan, misalnya membuat sajian yang ringan mulai dari pisang coklat, cookies, salad buah, ataupun yang lainnya. Kamu bisa menjualnya di kantor dan secara online melalui sosial media kamu.

Kalau kamu punya modal yang besar, bisa mempertimbangkan untuk menjalankan bisnis kafe atau restoran. Apabila rencana kamu sudah matang, sebaiknya cari partner bisnis terlebih dahulu.

Ini akan memudahkan kamu dalam mengelola bisnis kamu nantinya di balik kesibukan kamu kerja kantoran.

6. Youtuber

Youtuber
Youtuber

Siapa sih yang tidak tahu Youtube? Sejak beberapa tahun belakangan platform streaming video ini jadi trend di kalangan warga net.

Selain populer, Youtube juga menjadi ladang rezeki buat beberapa orang. Kamu bisa jadi salah satunya!

Yang kamu butuhkan adalah konten kreatif sehingga orang – orang tertarik untuk menontonnya. Cobalah berkarya dan mengunggahnya secara konsisten agar jumlah subscribers semakin banyak.

Setelah itu, kamu bisa menautkan Google Adsense untuk mendapatkan uang dari iklan yang muncul pada setiap video youtube kamu.

Kalau kamu orang yang kreatif dan ingin penghasilan tambahan, menjadi youtuber bisa menjadi salah satu pilihannya.

7. Bisnis Paket Wisata

Bisnis Paket Wisata
Bisnis Paket Wisata

Bisnis travel bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Paket wisata murah sedang marak dicari oleh banyak orang baik untuk traveling di dalam maupun luar negeri.

Carilah perusahaan travel, hotel ataupun maskapai penerbangan untuk diajak kerjasama. Kamu bisa mendapatkan komisi untuk setiap produk yang berhasil kamu jual.

Apabila memiliki modal lebih, kamu bisa juga membuka usaha travel kamu sendiri. Pasarkan di sosial media dan website agar mudah dicari.

Pasti banyak yang ingin pergi liburan dengan paket wisata murah meriah. Nah, kamu dapat mengambil kesempatan peluang usaha dari hal tersebut.

8. Bisnis Jasa Titip

Bisnis Jastip
Bisnis Jastip

Ide usaha sampingan untuk karyawan lainnya yang bisa kamu coba yaitu bisnis jasa titip atau jastip. Jastip sedang booming di media sosial dan bisa kamu manfaatkan untuk jadi tambahan pemasukan.

Misalnya saat kamu sedang jalan – jalan atau saat sedang dinas keluar kota, kamu bisa promosikan barang – barang dari tempat tersebut kepada teman – teman kamu.

Tak hanya waktu traveling, di pusat perbelanjaan pun juga bisa. Ada sebagian orang yang malas untuk keluar rumah, maka mereka lebih memilih jasa titip untuk membeli barang yang sedang mereka inginkan.

Dari bisnis jasa titip kamu bisa meraup keuntungan yang lumayan. Terlebih lagi, mudah dilakukan sambil mengisi waktu luang di luar rumah ketika sedang libur kerja.

Baca Juga : 6 Skill Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Entrepeneur Sukses

Demikian artikel soal 9 ide usaha sampingan untuk karyawan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Gaji bulanan saja terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Tentu butuh pemasukan tambahan, baik untuk tabungan atau sekadar membeli apa yang kamu inginkan.

Tak dipungkiri sulit juga mengatur waktu antara pekerjaan di kantor dengan menjalankan bisnis. Pikirkanlah soal berapa banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Jangan takut untuk memulai ya, dengan niat dan usaha siapapun pasti bisa melakukannya. Termasuk kamu.

Written by Ana Rostiana

The girl still on her journey to unveil her biggest mystery--her life.