in , ,

Para Introvert, Mungkin 6 Pekerjaan Ini Cocok Untuk Kamu Tekuni

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert
Pekerjaan Yang Cocok Untuk Introvert

Pada dasarnya, akan lebih baik jika seseorang mencari pekerjaan yang sesuai dengan kepribadiannya. Dengan begitu, mereka akan lebih nyaman dalam melakukan apa yang menjadi pekerjaannya dan bisa menyelesaikan pekerjaan itu dengan baik.

Ada tipe orang yang introvert, di mana mereka lebih menyukai bekerja sendiri daripada harus bekerja dengan tim. Semakin sedikit orang yang harus dihadapi, itu akan cenderung lebih baik.

Meski begitu, jangan menganggap bahwa seorang yang introvert bukanlah orang yang anti sosial, ya.

Para introvert lebih suka bekerja sendiri karena memang mereka adalah orang yang akan bisa lebih berkonsentrasi jika bekerja sendirian. Hasil pekerjaan mereka juga cenderung akan lebih baik jika pekerjaan itu tidak terlalu mendapat pengaruh dari banyak orang.

Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang termasuk tipe introvert, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mencari pekerjaan apa yang cocok dengan kepribadianmu.

Sebenarnya ada banyak kok pekerjaan yang cocok untukmu, terlebih pada era digital ini. Berikut adalah 6 dari banyaknya pekerjaan yang cocok untuk introvert sepertimu.

1. Designer

Designer
Designer

Pekerjaan pertama yang cocok untuk kamu ambil adalah pekerjaan sebagai seorang designer. Kamu bisa menuangkan semua idemu dalam kertas gambar dan menjadikannya sebuah karya yang bisa dihargai dengan harga yang tinggi.

Selain itu, kamu bisa bekerja sendiri atau membentuk kelompok kecil jika kamu menginginkannya. Dengan begitu kamu tetap bisa memiliki teman untuk sharing mengenai hasil karya yang kamu ciptakan.

Tapi jika kamu tidak membutuhkan orang lain, kamu juga tetap bisa menyelesaikan design yang kamu buat sendiri.

Baca Juga : 5 Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai Freelancer

2. Fotografer

Fotografer
Fotografer

Pekerjaan selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah pekerjaan sebagai seorang fotografer. Pekerjaan ini cukup menarik loh. Selain itu, untuk kamu yang introvert juga tidak menjadi masalah besar dalam menekuni pekerjaan yang satu ini.

Kamu bisa lebih mudah dalam mengekspresikan perspektifmu dalam menciptakan sebuah karya foto.

Kamu bisa menekuni bidang fotografi yang kamu kuasai. Kamu bisa menjadi wedding photographer sampai membuka bisnis studio fotomu sendiri. Tidak hanya membuatmu bebas berekspresi, pekerjaan yang satu ini juga sangat fleksibel.

Dengan menekuni profesi sebagai fotografer, kamu tetap bisa memiliki waktu luang kapan pun kamu mau. Kamu bisa menerima job saat kamu ingin mengambilnya.

Tetapi jika kamu memiliki kesibukan atau urusan yang lain, kamu mungkin bisa menerima job lain dengan waktu dan event yang berbeda.

3. Penulis atau Editor

Penulis
Penulis

Selanjutnya, kamu bisa mencoba menekuni pekerjaan sebagai seorang penulis atau editor. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang pada dasarnya adalah seorang introvert.

Dan biasanya seorang introvert ini memiliki bakat dalam hal menciptakan tulisan yang luar biasa.

Kamu bisa mencoba menjadi penulis di bidang tulisan yang kamu sukai. Jika kamu suka menulis sebuah kreasi novel atau cerita pendek, kamu bisa menjadi penulis novel atau buku cerpen.

Kamu bisa menyesuaikan profesi penulismu sesuai dengan bidang yang kamu sukai.

Baca Juga : 7 Tips Memulai Karir Sebagai Freelancer Pemula Yang Sukses

4. Psikolog

Psikolog
Psikolog

Seorang introvert memiliki kelebihan dalam pekerjaan yang satu ini.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa pekerjaan sebagai konselor membutuhkan sebuah kesabaran dan pemikiran yang dalam terhadap suatu masalah yang dimiliki oleh pasiennya.

Nah, biasanya seorang introvert ini memiliki kelebihan, yaitu sebagai pendengar yang baik.

Tidak hanya itu, introvert juga dipercaya sebagai sosok yang bisa lebih bijak dalam memberikan nasihat atau saran pada orang yang menceritakan masalah mereka.

Hati yang memiliki kepekaan tinggi membuatmu cocok menekuni pekerjaan sebagai psikolog. Jika kamu mau menekuni pekerjaan ini, kamu pasti akan menemui kesuksesanmu sendiri nantinya.

5. Juru Masak

Juru Masak
Juru Masak

Apakah kamu termasuk orang yang suka memasak? Jika iya, mungkin pekerjaan sebagai juru masak sangat cocok untuk kamu yang tergolong introvert.

Nah, jika kamu tidak suka bekerja di sebuah restoran besar yang tentunya memiliki banyak juru masak di dapurnya, kamu bisa menjadi juru masak untuk keluarga atau perseorangan yang membutuhkan jasamu.

Kamu tidak akan terganggu dengan kondisi bising dan ramai yang ada di dapur sebuah restoran atau hotel ternama.

Jika kamu sudah merasa kemampuan memasakmu cukup baik, kamu juga bisa mengembangkan usahamu dengan membuka jasa katering misalnya.

Meskipun terkesan sederhana, pekerjaan ini juga bisa menghasilkan rupiah yang tak sedikit asal kamu benar-benar mau menekuninya.

Dan yang terpenting adalah kamu bisa bekerja dengan tenang karena tidak ada gangguan dari pihak lain dalam urusan pekerjaanmu.

Baca Juga : 16 Pekerjaan ini Diprediksi Akan Hilang di Masa Depan

6. Musisi

Musisi
Musisi

Yang terakhir adalah musisi atau lebih tepatnya sebagai pencipta lagu. Kamu yang introvert akan lebih nyaman jika bekerja sendiri tanpa gangguan orang banyak. Nah, pekerjaan sebagai seorang musisi juga sangat cocok untukmu.

Dengan profesi ini, kamu bisa bekerja sesuai kemauanmu. Kamu bisa mengekspresikan apa yang ingin kamu tuliskan dalam lagu ciptaanmu itu.

Kamu juga bisa menentukan jam kerjamu sendiri dan bisa bebas melakukan apa yang ingin kamu lakukan tanpa terikan dengan jam kerja seperti yang ada di perusahaan atau tempat kerja pada umumnya.

Baca Juga : 7 Cara Menikmati Pekerjaan Agar Hidup Tidak Mudah Stres

Itu dia 6 pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian seorang introvert. Kamu bisa mencoba menekuni salah satu di mana itu menjadi minatmu. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pekerjaan yang kamu pilih dengan kemampuan yang kamu miliki.

Selain itu, kamu harus paham bahwa lingkungan pekerjaan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam karirmu ke depan. Kecocokan antara pekerjaan dan kepribadian harus mendapat perhatian yang cukup darimu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mencapai kesuksesan dan masa depan yang cerah nantinya.

Written by Dina Novia

Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.