in ,

Investasi Properti Akan Membuatmu Kaya 20 Tahun Kedepan

Investasi Properti
Investasi Properti

Memiliki rumah atau properti di usia muda, mungkin terdengar menyulitkan bagi sebagian orang. Selain harga properti saat ini yang semakin mahal, sulitnya mencari properti yang sesuai dengan keinginan kita pun jelas tidak mudah.

Penduduk Indonesia yang semakin tahun semakin meningkat, sedangkan lahan yang tersedia untuk properti semakin sedikit, membuat harga properti semakin menjulang tinggi dan ketersediaan properti di tengah kota semakin menipis.

Akhirnya banyak orang yang sebenarnya mampu berinvestasi properti, namun menyerah dan memilih alternatif investasi lainnya saja.

Padahal bila diniatkan, banyak sekali program KPR yang bisa membantu anda untuk segera memiliki properti idaman, bahkan bagi anda yang memiliki gaji pokok dibawah 4 juta, saat ini bisa dengan mudah memiliki rumah dengan bantuan KPR bersubsidi.

Kelebihan Investasi Properti

Dengan berinvestasi properti ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, diantaranya:

1. Nilai Properti Selalu Meningkat

Nilai Properti Selalu Meningkat
Nilai Properti Selalu Meningkat

Anda tentu menyadari, harga properti saat ini semakin mahal, yang mana memang disebabkan oleh nilainya yang akan selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Ketersediaan lahan properti yang memang terbatas sedangkan permintaannya semakin banyak, membuat harga properti kian sulit dicapai.

Sangat sulit mencari properti yang berada di tengah kota dengan harga yang masih terjangkau. Bahkan perumahan di pinggiran kota pun, harganya semakin tidak masuk akal dari tahun ke tahun.

Layaknya investasi emas, harga properti ini memang cenderung stabil dan terus meningkat.

2. Dapat Memperoleh Penghasilan Tambahan

Penghasilan Tambahan
Penghasilan Tambahan

Bila anda memiliki properti yang tidak akan anda huni, anda tentu bisa menjadikan properti ini sebagai bentuk tambahan penghasilan bagi anda.

Anda dapat menyewakan atau mengontrakkan properti tersebut ke pihak ketiga, yang mana anda bisa menerima pundi-pundi penghasilan dari jasa sewa ini.

3. Dapat Dijadikan Sebagai Agunan

Agunan
Agunan

Properti yang anda miliki, tentu dapat dijadikan sebagai agunan apabila anda ingin mengajukan kredit ke suatu Bank.

Plafon kredit yang diberikan tentunya tidak akan berbeda jauh dengan nilai appraisal properti anda nantinya.

—-

Selain dari kelebihan yang ditawarkan, berinvestasi properti sendiri sebenarnya memiliki kelemahan antara lain seperti diperlukannya modal yang cukup besar untuk memulainya, lalu adanya potensi kerusakan pada properti, bahkan kemungkinan properti yang akan kita sewakan ternyata tidak laku dipasaran.

Untuk itu akan dijelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi properti, hal ini agar investasi yang anda lakukan berjalan optimal.

Tips Sebelum Berinvestasi Properti

1. Tentukan Fokus Tujuan Investasi

Fokus Investasi
Fokus Investasi

Investasi properti sendiri memiliki beragam jenis, apakah anda tertarik untuk investasi properti kantor, atau membeli sebuah apartemen dan rumah yang bisa anda disewakan nantinya, atau malah sebuah villa yang cocok digunakan untuk tempat berlibur?

Anda lah yang menetukan.

Penentuan jenis properti ini penting dilakukan di awal karena akan mempengaruhi pemilihan lokasi dimana properti tersebut berdiri.

Tentu bila anda menginginkan sebuah villa, akan jauh lebih tepat bila dibangun di lokasi yang dekat dengan tempat wisata, dibanding dekat dengan gedung perkantoran.

2. Ketersediaan Dana

Ketersediaan Dana
Ketersediaan Dana

Tidak dipungkiri bahwa investasi properti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anda tentu harus memikirkan terkait dana investasi ini.

Pastikan anda menggunakan dana yang bukan dialokasikan untuk keperluan lainnya yang lebih darurat.

Bila anda ingin melakukan pinjaman, perhatikan pula besar angsuran dan kemampuan anda dalam mengangsur. Jangan sampai ini mengganggu perencanaan keuangan yang telah anda susun.

3. Cari Developer Terpercaya

Menentukan Developer
Menentukan Developer

Bila anda membeli rumah baru, carilah developer yang memang memiliki track record yang baik, dan telah berpengalaman dalam membangun perumahan.

Jangan sampai di kemudian hari, properti yang sudah anda beli memiliki masalah tertentu, dan akhirnya dapat merugikan anda.

Anda harus memastikan terkait legalitas dan kepastian kapan sepenuhnya properti tersebut dapat anda gunakan dan jadi milik anda.

4. Cermati Harga Pasar Sebelum Membeli

Pasaran Harga Rumah
Pasaran Harga Rumah

Ketika anda ingin membeli properti, rajin-rajinlah melakukan survey sebelumnya. Cari tahu berapa harga pasaran properti di daerah yang ingin anda beli. Jangan terburu-buru mengiyakan tawaran dari pihak penjual.

Ini penting dilakukan, mengingat modal untuk investasi properti tidaklah sedikit, dan memang tidak ada indikator pasti mengenai harga properti itu sendiri. Semua bisa didasarkan pada negosiasi penjual dan pembeli.

Pastikan anda telah melakukan riset pasaran properti, baik secara langsung maupun melalui informasi online. Semua dilakukan semata-mata agar anda dapat memaksimalkan keuntungan anda, anda dapat membeli properti di harga yang seharusnya bahkan mungkin saja bisa lebih rendah.

5. Perhatikan Fasilitas dan Lingkungan Sekitar

Fasilitas dan Lingkungan Properti
Fasilitas dan Lingkungan Properti

Ini adalah faktor yang sangat penting untuk anda pertimbangkan sebelum membeli properti tertentu. Pemilihan lokasi yang strategis akan membuat properti anda cepat laku dan banyak diminati oleh target-target yang telah anda bidik di awal.

Sebagai contoh, bila anda membeli sebuah rumah dengan harapan untuk disewakan atau dikontrakkan, maka lokasi properti yang dekat dengan lingkungan perkantoran atau sekolahan, tentu akan lebih banyak diminati.

Target yang bisa anda bidik untuk menjadi penyewanya tentu karyawan-karyawan yang bekerja di perusahaan sekitar atau mahasiswa yang masih sedang menempuh pendidikannya.

Fasilitas sekitar juga harus anda perhatikan. Apakah lokasi properti yang anda miliki dapat dengan mudah diakses dengan berbagai macam kendaraan umum?

Seperti dilalui kereta listrik, angkutan umum dan lainnya, lalu apakah ada fasilitas seperti rumah sakit, tempat ibadah, gelanggang olahraga, taman bermain yang juga tersedia disana.

Kemudahan akses dan banyaknya fasilitas tersedia tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri buat mendatangkan banyak potensial penyewa.

6. Rencana Pengembangan Lingkungan di Masa Depan

Rencana Pembangunan
Rencana Pembangunan

Meningkatnya nilai investasi properti anda tidak hanya ditentukan oleh kondisi yang telah terjadi saat ini. Justru kondisi di masa depan lah yang akan lebih menentukan nilai invetasi anda.

Bila anda saat ini memilih membeli properti di lingkungan yang masih cenderung sepi dengan tujuan menjangkau harganya, anda tidak perlu khawatir apabila anda yakin dalam beberapa waktu kedepan, daerah tersebut akan tumbuh dan berkembang pesat.

Apabila lingkungan sekitar properti anda akan dibangun berbagai fasilitas seperti mall, rumah sakit, sekolah tentu ini menjadi investasi yang akan menguntungkan kedepannya. Lokasi yang anda pilih, akan semakin ramai dan semakin berkembang, yang nantinya akan mengingkatkan harga properti anda juga.

Namun perlu diketahui pula, pembangunan tidak selamanya hal yang positif.

Sebagai contoh, apabila sebelumnya lokasi anda banyak sekali ruang terbuka hijau, lingkungan menjadi asri, namun ternyata ruang tersebut akan dibangun sebuah pabrik kimia, tentunya ini bisa jadi memiliki pengaruh pada pilihan orang untuk tetap tinggal atau pergi dari lingkungan pabrik seperti itu.

7. Perhatikan Harga Sewa

Harga Sewa Rumah
Harga Sewa Rumah

Harga sewa properti yang terlalu mahal membuat properti anda akan terus lama kosong dan anda tidak akan memperoleh apapun dari investasi ini.

Cari tahulah berapa kisaran harga sewa yang harus anda tetapkan agar tidak terlalu berbeda jauh dan sebisa mungkin agar anda dapat menetapkan harga sedikit lebih rendah dari harga wajar para kompetitor anda.

Harga yang terlalu rendah pun tidak akan mengoptimalkan keuntungan anda. Terlebih adanya biaya yang mungkin timbul dari pemakaian yang dilakukan oleh penyewa.

8. Tingkat Kriminalitas dan Bencana Alam

Tingkat Kriminalitas
Tingkat Kriminalitas

Siapa sih orang yang ingin tinggal di daerah yang rawan akan kejahatan? Semurah apapun rumah tersebut, tentu orang akan berpikir 2 kali untuk menempatinya apabila banyak hal yang dapat mengancam keamanan harta dan diri mereka pribadi.

Perlu diperhatikan pula kemungkinan terjadinya bencana alam seperti halnya banjir atau tanah longsor.

Lokasi properti yang rawan akan bencana alam tentu akan mengurangi nilai jual dari properti tersebut dan anda bisa jadi mengeluarkan biaya lain seperti biaya asuransi properti guna melindungi harta benda anda.

—-

Dengan kelebihan yang bisa diperoleh dari investasi properti dan telah dijabarkan beberapa hal yang harus diperhatikan untuk dapat meminimalisir kelemahan dan mengoptimalkan keuntungan dari investasi properti, maka segeralah berinvestasi saat ini sebelum harganya semakin tinggi di masa depan.

Nah, selain jika menurutmu kamu belum bisa main di properti, kamu juga bisa mencoba bermain saham. Coba pelajari 5 Panduan Dasar Memulai Investasi Saham Bagi Pemula.

Demikian artikel tentang kelebihan dan tips memulai investasi properti. Semoga bermanfaat!

Written by Dinny Amalia

Lifetime learner. An independent woman who live her life to the fullest.