in ,

Investasi Tanah: Agar Selalu Untung 6 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan

Berinvestasi Tanah

Investasi properti seperti tanah tentu saja akan menjanjikan keuntungan yang besar di masa depan. Namun jangan salah sangka, know one knows the future.

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan berinvestasi tanah yang saya tulis di artikel sebelumnya.

Dalam investasi tanah, dengan memahami hal tersebut terlebih dahulu anda menjadi lebih ekstra hati-hati dalam menentukan tanah manakah yang akan anda miliki sebagai aset investasi.

Mengejar keuntungan dari berinvestasi tanah, salah satunya dengan mengambil keuntungan melalui capital gain. Untuk dapat memperoleh hal tersebut, anda tentu harus menjual tanah pada waktu tertentu di harga yang lebih tinggi dibanding harga jualnya.

Anda dapat mempertimbangkan 6 hal berikut agar anda dapat mengoptimalkan nilai investasi tanah yang anda miliki kedepannya.

1. Pilihlah Lokasi Yang Strategis

Lokasi Strategis
Lokasi Strategis

Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa pemilihan lokasi dalam membeli tanah merupakan hal utama yang sangat penting untuk dilakukan. Anda harus banyak melakukan riset dan harus jeli dalam menentukan lokasi terlebih dahulu.

Bila anda memiliki modal yang sangat besar, pemilihan lokasi di kawasan yang saat ini sudah berkembang pesat dan memiliki banyak ketersedian fasilitas dan infrastruktur tentu menjadi pilihan yang baik untuk anda investasikan.

Ketersedian fasilitas dan infrastruktur seperti banyaknya gedung perkantoran di sekitar wilayah tanah yang ada atau merupakan kawasan pemukiman dan memiliki akses yang mudah akan transportasi dan infrastruktur lainnya, ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk anda, namun tentu harganya pasti sudah mahal dan modalnya akan sangat besar sekali karena merupakan daerah yang sudah berkembang.

Bila anda memiliki modal yang terbatas, pilihlah lokasi yang anda yakini akan tumbuh dan berkembang pesat dalam beberapa tahun ke depan. Lokasi yang akan ramai dan menjadi kawasan baru yang juga akan berkembang dalam beberapa tahun kedepannya.

Anda tentu harus jeli dalam melihat potensi lokasi tersebut dan bagaimana prospek kedepannya. Bila anda benar, tentu harga tanah anda nantinya akan mengalami kenaikan harga yang sangat tajam. Sebaliknya, bila anda salah, bisa jadi keuntungannya tidak akan terlalu signifikan dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Anda juga harus memperhatikan tingkat bencana alam pada kawasan tersebut, apakah sering terjadi banjir, tanah longsor dan bencana lainnya. Mungkin anda bisa melakukan wawancara atau komunikasi dengan beberapa warga disana terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan informasi yang nyata.

2. Ketahui Kondisi Tanah yang Akan Anda Investasikan

Kondisi Tanah
Kondisi Tanah

Kondisi tanah yang dimaksud ialah bentuk dan hal-hal terkait tanah itu sendiri. Apakah tanah yang anda beli berbentuk persegi atau mungkin persegi panjang.

Tentu bila kedepannya anda berniat untuk menjualnya, dan calon pembeli anda menginginkan tanah untuk membangun rumah, maka orang cenderung akan memilih bentuk tanah persegi dibanding tanah yang misalnya saja berbentuk trapesium.

Perhatikan pula kontur dari tanah yang akan anda beli. Sebagian besar orang pasti sangat tertarik untuk membeli tanah yang sifatnya datar, apalagi bila memiliki keinginan untuk membangun perumahan diatasnya.

Bila kontur tanahnya miring, biasanya harganya juga akan lebih murah dan kemungkinan akan kurang diminati oleh banyak orang, karena akan ada kemungkinan lebih berisiko terhadap terjadinya tanah longsor atau lainnya.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli tanah juga, anda harus tahu dulu fungsi dari tanah tersebut, apakah memang bisa digunakan untuk membangun sebuah hunian atau jangan-jangan tanah tersebut hanya bisa diperuntukkan untuk jalan saja.

Kondisi tanah masing-masing lokasi pastinya berbeda-beda, anda mungkin harus melakukan riset terlebih dahulu ke dinas tata kota kawasan sekitar untuk mengetahui kondisi tanah yang akan anda beli.

3. Pastikan Kepemilikan dan Legalitas Tanah

Legalitas Tanah
Legalitas Tanah

Lakukan pengecekan terlebih dahulu atas status kepemilikan tanah yang akan anda beli. Biasanya ini sudah bisa dilakukan secara online pada website BPN (Badan Pertanahan Nasional). Perhatikan luas tanah, plot tanah dan informasi lainnya apakah telah sesuai dengan fisik yang anda jumpai.

Tanah sendiri memiliki beragam tipe status hak atas tanah, seperti Hak Milik, Hak Guna Bangunan, Hak Guna Usaha atau malah merupakan tanah girik. Ini bisa anda periksa terlebih dahulu perihal sertifikat tanahnya. Dengan mengetahui hal ini, juga akan membantu anda dalam memutuskan harga yang akan anda tawarkan.

Bila status tanahnya merupakan Hak Guna Bangunan, cek terlebih dahulu masa berlakunya, bahkan kalo bisa perpanjang masa pemakaiannya. Anda juga bisa bekerja sama dengan pihak notaris dalam membantu memeriksa legalitas tanah tersebut.

Kepemilikan tanahnya pun harus anda pastikan, apakah tanah yang anda beli nantinya merupakan pemilik dari beberapa ahli waris, dan apakah semua ahli warisnya setuju untuk dijual tanahnya, agar di kemudian hari, tanah yang anda beli tidak akan menjadi masalah dan berujung menjadi tanah sengketa.

4. Bandingkan Harga Sebelum Membeli

Membandingkan Harga Tanah
Membandingkan Harga Tanah

Tips selanjutnya sebelum anda membeli tanah adalah anda harus mengetahui banyak informasi mengenai harga pasaran tanah di kawasan tersebut. Jangan sampai anda bernegosiasi tanpa punya dasar yang kuat atas harga tanah di lokasi itu.

Harga tanah yang dibeli terlalu tinggi, akan membuat anda rugi dan memiliki keuntungan yang sedikit nantinya bila akan dijual.

Anda sebaiknya mencari tahu harga pasarannya terlebih dahulu, bisa dilakukan dengan cara bertanya kepada orang yang baru membeli tanah di sekitar daerah tersebut atau bertanya ke orang yang ahli dalam menaksir harga wajar suatu kawasan.

Harga terbaik dalam membeli tanah adalah dibawah harga NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), ini mungkin saja terjadi bila sang pemilik sedang membutuhkan dana secara cepat. Namun dapat pula di harga wajar yaitu tidak lebih dari 1,5 kali nilai NJOP tanah tersebut.

Pastikan untuk membeli tanah di harga yang tidak terlalu tinggi dari harga pasarnya, supaya keuntungan yang anda dapatkan nantinya juga optimal.

5. Harga Jual Kembali

Dalam berinvestasi tanah, tentu anda mengharapkan keuntungan yang besar dari nilai harga jual di kemudian harinya. Inilah yang dicari oleh setiap investor yang berinvestasi tanah.

Namun perlu diketahui bahwa investasi tanah memerlukan jangka waktu yang lama untuk bisa mendapatkan keuntungan yang semakin besar. Bila anda menjual tanah di 2 tahun kedepan, tentu harganya akan lebih murah dibanding anda menjual tanah tersebut di 5 atau bahkan 10 tahun kedepannya.

6. Perhatikan Stabilitas Keuangan Anda

Stabilitas Keuangan
Stabilitas Keuangan

Dengan dibutuhkannya modal yang besar dalam investasi tanah serta memerlukan waktu yang semakin lama agar tanah tersebut menghasilkan keuntungan yang optimal, tentu anda harus memahami pula kestabilan perencanaan keuangan anda.

Dalam masa tunggu yang lama tersebut, anda harus yakin bahwa keuangan anda kedepannya akan tetap baik-baik saja, dan tidak akan menjual tanah tersebut paling tidak minimal dalam jangka waktu 5 tahun kedepan.

Karena bila anda menjual tanah tersebut hanya dalam 2 tahun saja, anda harus memastikan terlebih dahulu apakah keuntungan yang anda harapkan sudah tercapai atau belum, memperhitungkan ada pula biaya lain diawal yang muncul seperti biaya balik balik nama, pajak pembelian dan lainnya.

Pastikan lamanya anda menunggu dengan selisih keuntungan yang anda dapatkan setelah dijual itu memang sesuai.

Jangan selisih keuntungan harga jual tersebut ternyata hanya habis untuk mengcover biaya-biaya awal yang muncul, sehingga dalam 2 tahun itu sebenarnya anda tidak mendapatkan keuntungan apapun.

Padahal anda sudah banyak menghabiskan waktu, tenaga pikiran dan lain sebagainya.

Jika kamu masih pemula di dunia investasi, coba pelajari dulu 4 Pilihan Investasi Modal Kecil yang Layak Kamu Coba.

Mulailah Berinvestasi!

Dengan beberapa penjelasan diatas, diharapkan anda telah mendapatkan gambaran terkait beberapa hal yang harus anda perhatikan agar bisa memaksimalkan keuntungan dari investasi tanah.

Mungkin diawal akan terasa berat karena modal yang dibutuhkan memang cukup besar untuk memulai investasi ini, namun hal ini juga sebanding dengan keuntungan yang bisa anda peroleh nantinya, terlebih memang ketersediaan tanah yang sifatnya sangat terbatas.

Jangan ragu untuk mulai berinvestasi dalam tanah. Kuncinya perlu kesabaran dan terus usaha, niscaya anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda di kemudian harinya.

Written by Dinny Amalia

Lifetime learner. An independent woman who live her life to the fullest.