in ,

10 Rekomendasi Jajanan Car Free Day, Olahraga Sekalian Kulineran

Jajanan Car Free Day
Jajanan Car Free Day

Makan merupakan kebutuhan hidup pada setiap makhluk hidup. Menjaga kelangsungan hidup manusia dapat dilakukan salah satu cara nya harus ada makanan yang masuk ke tubuh.

Berbagai macam makanan yang ada di sekitar kita yang dapat ditemukan. Mulai dari makanan berkarbohidrat, protein nabati dan protein hewani, serta asupan vitamin dan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beruntungnya kita hidup di Indonesia yang kaya akan berbagai macam ragam makanan khas. Banyak nya daerah berbeda yang tersebar di Indonesia memiliki andil dalam menciptakan keberagaman. Mulai dari keberagaman suku, karakter hingga pada keberagaman makanan. Biasanya masing-masing daerah memiliki makanan khas nya sendiri.

Tentu nya ini juga yanggg membuat seseorang terdorong untuk melakukan liburan dengan menyusuri daerah tertentu untuk berburu makanan.

Berjalan-jalan sambil menyicipi makanan khas biasa disebut juga dengan berwisata kuliner. Dari sekian banyak ragam makanan yang ada tentu kita memiliki makanan favorit nya sendiri.

Jajanan CFD Sudirman Yang Wajib Dicoba

Di kota besar seperti Jakarta juga tersebar berbagai makanan daerah yang dapat kita temui di mana saja.

Seperti di kaki lima pinggir trotoar jalan, di tempat makan, atau di mana saja yang memang tempat tersebut terdapat penjual makanan itu. Hal ini juga sekaligus mengobati kerinduan akan makanan kampung halaman atau favorit yang bisa didapatkan dengan lebih dekat.

Selain makanan khas daerah yang berat, juga terdapat cemilan khas daerah masing-masing. Jajanan pasar seperti kue-kue tradisional, minuman khas daerah hingga jajanan ringan juga tersebar di sekitar kota Jakarta yang bisa didapatkan dengan mudah.

Jika anda menyelusuri Jakarta di kawasan Sudirman ketika hari minggu. Anda akan menemui car free day atau CFD di sepanjang jalan tersebut.

Anda juga dapat menemukan makanan yang dijajakan oleh pedagang dari makanan berat hingga makanan ringan. Ramai orang-orang yang berada pada CFD tersebut membuat pedagang makanan dan minuman lebih mudah untuk berjualan.

Makanan yang sering ditemui di pinggiran jalan CFD Sudirman yang bisa anda nikmati sendiri atau bersama dengan orang yang anda sayangi juga berbagai macam.

1. Bubur Ayam

Bubur Ayam
Bubur Ayam

Tidak pernah tidak cocok jika sarapan dengan bubur ayam. Rasanya di daerah mana saja tersedia menu satu ini dengan gaya penyajian dan masaknya masing-masing.

Sepanjang jalan sudirman di hari minggu anda dapat dengan mudah menemui menu yang satu ini. Bubur ayam yang isi nya ada ayam suwir, kacang kedelai goring, irisan daun seledri, potongan cakwe dan diberikan kuah kaldu dengan takaran yang pas memang enak.

Ditemani dengan aneka sate untuk lauk pendamping seperti sate usus, sate ati ampela, sate telur puyuh, sate telur muda hingga kepala ayam goreng dan ceker tersedia.

Kerupuk dan emping yang dipadukan di akhir juga menambah selera untuk sarapan bubur ayam. Anda dapat menambahkan kecap manis, merica bubuk, kecap asin atau sambal sesuai dengan selera. Sudah coba sarapan bubur kah hari ini ?.

2. Lontong Sayur

Lontong Sayur
Lontong Sayur

Makanan lain yang dapat anda temui selanjutnya adalah lontong sayur. Bisa disajikan dengan lontong yang di bungkus daun pisang atau dengan ketupat.

Kuah nya berisi irisan sayur labu yang di masak dengan bumbu yang khas berwarna kuning kecoklatan. Ditambah dengan semur yang bisa anda pilih mau tahu, tempe, telur atau bahkan jengkol. Tentu nya tidak lengkap jika tidak disertai kerupuk. Di hiasi sentuhan akhir dengan taburan bawang goreng.

Anda dapat menikmati hidangan ini dengan pelengkap tambahan seperti sambal dan kecap manis. Jadi ingin makan ya.

3. Ketoprak

Ketoprak
Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Jakarta yang terdiri dari lontong, tahu goreng, bihun dan sayur tauge.

Kemudian di padukan dengan bumbu kacang nya yang khas, sedikit kecap manis, dan cabai sesuai dengan keinginan. Tidak lupa kerupuk sebagai pelengkap makan anda.

4. Bakso Tusuk

Bakso Tusuk
Bakso Tusuk

Apa yang berbeda dengan bakso ini ?. Penyajiannya mirip sekali dengan cilok. Bakso yang disajikan bisa dengan kuah atau tanpa kuah. Bumbu yang ada di bakso tusuk ini berupa saus sambal dan kecap manis.

Dengan harga seribu per tusuk, anda sudah dapat menikmati jajanan ini. Murah meriah dan enak tentu nya bukan.

5. Mendoan

Tempe Mendoan
Tempe Mendoan

Mendoan adalah makanan dari tahu dan tempe yang digoreng setengah kering. Anda bisa meminta untuk digoreng kering kepada penjual.

Yang membedakan dari mendoan dengan gorengan lainnya adalah ukuran dari tahu dan tempe yang lebih besar dan lebar serta bumbu untuk membuatnya. Tidak heran jika anda sedang lewat di sekitar jalan yang terdapat penjual mendoan, maka aroma wangi khas gorengannya akan tercium.

6. Dim Sum

Dimsum
Dimsum

Jika mencari makanan yang tidak di goreng anda bisa menemukan dim sum di sana. Dim sum adalah makanan yang proses nya di kukus tentu lebih menyehatkan daripada makanan yang di goreng. Menu ini juga bervariasi isiannya, mulai dari isi ayam, cumi, udang, jamur hingga isi kepiting juga tersedia.

Di tambah dengan bumbu khas dim sum berwarna merah dicampur dengan kecap asin maka semakin menggugah selera untuk segera menyantap nya. Kamu juga bisa membaca tentang, Agar Otak Semakin Tajam, 12 Makanan & Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Setiap Hari .

7. Telor Dadar Gulung

Telor Dadar Gulung
Telor Dadar Gulung

Makanan sederhana yang satu ini justru paling ramai dan banyak di buru. Penjual menjajakan telur dadar gulung yang di masak di tempat saat itu juga.

Telur yang sudah di kocok terlebih dahulu di masukkan dalam botol kemudian di masak dengan cara menuangkan sedikit demi sedikit kocokan telur ke wajan. Ditambah dengan sedikit cairan putih yang terbuat dari larutan air dan tepung terigu agar telur lebih tebal.

Kemudian diberikan tusukan dari bambu dan digulung. Penyajian telur gulung ini dapat dinikmati dengan saus sambal atau bumbu bubuk sesuai dengan selera.

8. Aneka Gorengan

Gorengan
Gorengan

Siapa yang tidak suka dengan gorengan. Makanan garing renyah dan gurih yang dapat di jumpai di mana saja.

Aneka gorengan seperti tahu goreng, tempe, aci yang di goreng atau cireng, risol isi bihun, bakwan atau bala-bala, singkong dan ubi goreng hingga pisang goreng tersedia pada penjual gorengan ini.

Anda juga dapat membeli nya dengan harga yang relatif murah. Di nikmati dengan cabai rawit hijau menambah semangat untuk cemilan sore bukan.

9. Nasi Kuning dan Nasi Pecel

Nasi Kuning
Nasi Kuning

Belum dapat dikatakan makan jika belum makan nasi. Bagi yang ingin sarapan dengan nasi, anda dapat menemui nasi kuning dan nasi pecel.

Nasi kuning dengan lauk seperti tempe orek, telur balado, kering kentang dan sambal yang disertai kerupuk memang nikmat. Selain itu tersedia juga nasi pecel dengan sajian nasi putih dengan berbagai jenis sayuran dan disiram bumbu kacang yang khas. Biasanya dimakan dengan kerupuk atau

10. Bakso dan Mie Ayam

Bakso dan Mie Ayam
Bakso dan Mie Ayam

Selain nasi, jika anda ingin menyantap karbohidrat lain seperti mie, anda dapat menemui menu mie ayam di sini lengkap dengan menu bakso nya.

Mie ayam yang di sajikan dengan potongan ayam berbumbu khas dengan sayur hijau dan kuah kaldu yang mantap. Di lengkapi dengan beberapa kerupuk pangsit, anda dapat menikmati nya dengan dipadukan pelengkap lain seperti kecap manis, kecap asin, sambal, saus sambal hingga pangsit rebus.

Car free day yang diadakan memang sebagai fasilitas olahraga yang dapat dipergunakan untuk umum. Tetapi tidak semua nya memang berniat berolahraga di sini. Keberadaan pedagang makanan dan minuman  yang ada memang menguntungkan bagi kedua pihak. Orang-orang yang datang membutuhkan nya dan pedagang pun menyediakan.

Tentu nya setelah berolahraga anda merasa haus dan lapar. Jajanan ini lah yang kemudian memenuhi kebutuhan anda ketika sedang berada di car free day. Tidak hanya makanan saja, tetapi anda juga dapat menemui beragam pedagang yang menjual macam-macam barang seperti baju, tas, sepatu hingga kebutuhan rumah tangga juga tersedia.

Lama-lama jadi ajang kulineran juga ya car free day ini. Kembali ke diri anda masing-masing, tetap pada olahraga sehat tanpa makanan yang berat bagi tubuh atau hanya sekedar berjalan-jalan sambil liburan yang kebetulan terdapat penjual makanan.

Yang terpenting kegiatan tersebut tetap dapat menjadi hiburan bagi anda. Sesekali jajan ini itu wajar saja. Jadi yang mana pilihan jajanan anda di car free day akhir pekan nanti ?.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.