Hanya Dengan Modal Goceng, 10 Jajanan Ini Bisa Kamu Nikmati

Tetapi tahukah anda bahwa jajanan kali lima yang sering kita temui dijalanan bisa anda dapatkan hanya dengan 5 ribu rupiah saja ?

Rima Mustika Rima Mustika · 4 min read >
Jajanan 5 Ribu

Membahas mengenai makanan tidak akan ada habisnya. Walaupun makanan itu-itu saja yang dibahas, tetapi tetap tidak bisa membuat kita bosan untuk menikmatinya. Apalagi banyak sekali makanan beragam dari makanan berat hingga makanan ringan tersebar di mana-mana. Penjual yang menjajakan makanan yang kita inginkan dapat dengan mudah ditemui.

Sering kali kita menginginkan makanan tertentu. Hal ini karena kita pernah merasakan makanan tersebut sebelumnya. Makanan yang pernah kita rasakan sebelumnya akan direkam oleh otak kita dan akan dikeluarkan melalui ingatan setelahnya. Itulah mengapa kita mampu membayangkan bentuk makanan beserta rasanya ketika sedang menginginkan suatu makanan.

Nah memori ini kadang saling tindih dengan ingatan akan rasa makanan satu dengan lainnya. Misalnya kita sedang ingin makan makanan asin seperti sup ayam, tetapi ketika mendengar orang lain membicarakan makanan lain, kita jadi ikut membayangkan dan berkata “itu enak juga ya kayaknya”. Hasilnya ? lapar mata jawabannya.

Keinginan kita jadi banyak. Ingin membeli ini dan ingin membeli itu. Jajanan ringan biasanya paling sering dibeli ketika sedang lapar mata. Tentu hal ini membuat kantong kita terkuras ya. Apalagi jika setelah gajian tiba, langsung deh kalap.

Tetapi tahukah anda bahwa jajanan kali lima yang sering kita temui dijalanan bisa anda dapatkan hanya dengan 5 ribu rupiah saja ?

Jadi anda tidak membutuhkan biaya lebih banyak untuk dapat menikmati beberapa makana sekaligus. Berikut ini adalah pilihan jajanan kaki lima yang dapat anda nikmati hanya dengan 5 ribu rupiah saja

1. Stick Kentang

Stick Kentang
Stick Kentang

Jajanan ringan satu ini tentu menggoda bagi anda penggemar kentang goreng. Kentang yang diiris memanjang ini digoreng hingga matang kemudian disajikan dengan bumbu bubuk.

Pilihan bumbu bubuk untuk menambah rasa ini juga berbagai maca. Ada tiga bumbu yang biasanya disediakan oleh penjualnya. Biasanya ada juga tahu goreng yang dipotong dadu dan otak-otak goreng yang dipotong dadu pula yang dapat dibeli berbarengan dengan kentang.

Bumbu asin, bumbu balado, bumbu pedas dan bumbu jagung bakar biasanya tersedia. Anda tinggal memilih mau bumbu apa. Bisa satu bumbu saja atau semua bumbu dicampur, atau bisa juga minta bumbu yang pedas saja ? bisa.

Anda diperbolehkan untuk menambahkan bumbu baik dicampur atau tidak tergantung selera.

Baca Juga : Agar Otak Semakin Tajam, 12 Makanan & Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

2. Tahu Kriuk

Tahu Kriuk
Tahu Kriuk

Berbeda dengan tahu-tahu yang ada di tukang gorengan biasanya. Tahu ini dibumbui khusus dengan dipotong dadu. Bumbu khusus ini menghasilkan tahu yang gurih, kriuk dan renyah dalam sekali gigitan.

Entah apa yang dimasukkan dalam bumbu untuk menggoreng tahu ini. Tetapi rasanya cukup untuk membuat memori kembali lagi.

Tentu disediakan bumbu bubuk seperti stick kentang tadi. Anda dapat memilih menggunakan bumbu atau dengan cabe rawit hijau untuk memakannya. Bisa juga dibeli untuk nantinya dibuat lauk makan bersama nasi. Murah meriah ya jajanan satu ini sebagai lauk.

3. Cilok

Cilok
Cilok

Jajanan yang mengandung tepung aci ini memang sangat popular dan tersedia di mana-mana. Cilok ini ada yang polos dan ada juga yang berisi didalamnya.

Tinggal dibaca saja keterangan penjualnya apakah itu cilok isi atau bukan. Dengan 5 ribu rupiah anda dapat mencicipi seperti apa sih rasa dari cilok ini.

Bumbu yang disediakan untuk cilok yang enak ini adalah bumbu kacang. Bumbu darri bahan dasar kacang yang sedikit pedas dan gurih ini enak dinikmati bersama dengan cilok yang masih panas-panas.

4. Otak-Otak

Otak-Otak
Otak-Otak

Dengan 5 ribu rupiah anda juga dapat menikmati seporsi kecil otak-otak yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar diatas arang. Rasa dari otak-otak ini juga tidak kalah enak dengan yang disajikan di restoran lho.

Dibumbui dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas tentu membangkitkan selera makan. Rasanya yang gurih pedas tentu menggoda bagi penggemar pedas dan penggemar bumbu kacang. Lumayan juga untuk mengganjal perut yang sedang lapar.

5. Pempek

Pempek
Pempek

Pempek yang dapat anda temukan di jajanan kali lima ini juga cukup enak. Disajikan dengan mie kuning dan potongan ketimun. Makanan ini juga dapat mengganjal perut dikala lapar.

Bumbu pempek yang kecoklatan dengan rasa yang khas tentu sangat nikmat jika dimakan selagi hangat ya. Harganya juga cukup terjangkau daripada pempek yang dijual di resto besar. Bahkan membelinya dengan hanya 5 ribu saja dilayani.

6. Telur Sosis

Telur Sosis
Telur Sosis

Nah yang lagi naik daun adalah telur dan sosis yang digoreng bersamaan. Penjualnya memakai alat khusus yang penggorengannya berbentuk tabung memanjang kebawah yang cukup untuk menggoreng sosis yang ditusuk dengan tusuk sate dan digoreng secara vertikal.

Cara menggorengnya, telur dimasukkan terlebih dahulu ke dalam penggorengan, kemudian masukan sosis yang telah disiapkan dengan tusukan sate. Hasilnya telur dan sosis menyatu menjadi satu tusukan.

Harga yang diberikan juga cukup terjangkau. Hanya seribu hingga seribu lima ratus pertusuknya. Kemudian disajikan dengan saos sambal khas yang enak.

7. Combro dan Misro

Combro dan Misro
Combro dan Misro

Gorengan yang satu ini berbeda dengan gorengan biasa. Dua makanan yang saling melengkapi. Satu nya pedas dan satu lagi manis. Combro dan misro adalah jajanan yang juga umum ditemui di jajanan kaki lima. Bentuknya ada yang standar ada juga dijual dengan lebih kecil dari bentuk yang seharusnya. Gorengan berwarna kecoklatan ini berisi oncom pedas yakni combro dan satu lagi berisi gula aren yang meleleh ketika dimakan.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Biasanya dengan seribu rupiah anda sudah dapat menikmati satu buah combro atau misro. Tentu dapat dinikmati dengan 5 ribu rupiah saja ya.

8. Somay dan Batagor

Somay dan Batagor
Somay dan Batagor

Makanan dengan bumbu kacang yang khas ini juga merupakan jajanan khas kaki lima yang dapat dengan mudah kita temui dipinggir jalan. Harganya yang murah dan berbagai pilihan makanan menjadi somay dan batagor menjadi salah satu pilihan pengganjal perut.

Somay sendiri terbuat dari ikan yang disertai pelengkap lain seperti tahu, kentang, kol hingga sayur pare. Kemudian penyajiannya dapat dicampur dengan batagor yang sudah digoreng. Anda dapat memilih mau somaynya saja campur atau somay dicampur dengan batagornya.

Bumbunya berupa bumbu kacang yang gurih dan pedas dengan ditambah saos sambal dan kecap manis. Dapat disesuaikan dengan selera anda apakah mau dicampur dengan saos saja, kecap saja, dua-duanya atau bumbu kacang saja.

Tentu bisa anda mencicipinya hanya dengan 5 ribu rupiah saja. Mengenyangkan dan murah bukan.

9. Susu Kacang Kedelai dan Liang Teh

Susu Kacang Kedelai
Susu Kacang Kedelai

Kali ini bukan makanan, tetapi minuman yang dapat meredakan haus setelah makan jajanan yang tadi sudah disebutkan. Dengan 5 ribu rupiah, selain air mineral, anda juga bisa menikmati minuman lain yang melegakan dahaga.

Minuman tersebut adalah susu kacang kedelai dan liang teh. Liang teh adalah teh dari cincau. Susu kedelai dan liang teh ini sudah manis dan dapat langsung dinikmati begitu disajikan.

Rasanya yang manis dan ringan mampu melegakan rasa haus kita. Susu kacang kedelai dan liang teh ini bisa anda dapatkan dengan 5 ribu saja per gelas. Sudah enak, segar, murah pula. Siapa yang tidak tertarik untuk membelinya.

10. Air tebu

Air Tebu
Air Tebu

Minuman lain yang juga anda dapatkan dengan harga 5 ribu saja adalah es air tebu. Penjualnya membawa mesin pemeras air dari tebunya langsung yang kemudian disaring sebelum disajikan. Uniknya air tebu ini bisa anda dapatkan dalam satu cup tanpa tambahan air lagi.

Jadi benar-benar segar ditambahkan es batu dan manis alami dari tanaman tebu yang sudah disediakan untuk digiling. Mampu untuk melegakan dahaga di siang hari yang panas terik. Tentu dibarengi dengan asupan air mineral yang cukup ya.

Jajanan-jajanan tersebut memang menggiurkan bukan. Bisa anda dapatkan dengan hanya 5 ribu pada masing-masing makanan.

Tentunya jika kita ingin mengurangi sampah, sebaiknya bawa sendiri tempat makanmu untuk menampung makanan yang dibeli jika harus membungkusnya. Sediakan pula tempat minum jika ingin membeli minuman yang menyegarkan tersebut.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jajanan Car Free Day, Olahraga Sekalian Kulineran

Selain dapat menikmati makanan enak diatas, kita juga dapat membantu untuk mengurangi penggunaan sampah plastik apabila tidak terlalu urgent untuk menggunakan plastik. Tidak lupa buanglah sampah sisa makanan pada tempatnya. Jaga kebersihan mulai dari diri sendiri untuk lingkungan yang baik. Selamat hunting jajanan.

Rima Mustika
Psychology and art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee. Read Full Profile