in ,

Awas Keliru, Inilah 6 Jenis Bedak Yang Sesuai Tipe Kulitmu

Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulit
Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulit

Mengetahui jenis bedak apa yang cocok dengan tipe kulitmu itu penting lho. Hal ini akan menentukan penampilanmu selama seharian beraktivitas. Tentunya kamu ingin penampilanmu tetap segar dan cantik bukan.

Siapa yang tidak tahu manfaat dari memakai make up. Semua perempuan rasanya memakai make up untuk kegiatan sehari-hari. Hal ini untuk menghindari muka terlihat kusut dan kusam saat sedang bekerja, sekolah atau kegiatan lainnya.

Make up bisa dipakai dengan cara mulai dari yang simpel hingga make up formal yang membutuhkan pemakaian yang lebih kompleks daripada sekedar memakai make up yang simpel. Umumnya semua perempuan tahu cara memakai make up basic.

Jenis make up juga beragam, termasuk bedak. Ya, bedak merupakan salah satu make up yang cukup esensial untuk dipakai. Bedak bisa menutupi dan membuat wajahmu menjadi lebih bold, fresh dan juga cantik tentunya.

Jenis Bedak Sesuai Tipe Kulit

Pemakaian bedak ini cukup mudah karena hanya tinggal diaplikasikan pada wajah dengan sapuan spons bedak atau powder brush khusus bedak. Saat ini cukup banyak jenis bedak yang beredar di pasaran yang bisa kamu pilih sendiri.

Ternyata berbeda jenis bedak tentu berbeda pula hasil setelah diaplikasikan ke wajah. Setiap perempuan memiliki tipe kulit wajah yang berbeda satu sama lain. Apalagi bagi kita yang tinggal di iklim tropis yang sekarang sedang tidak menentu cuacanya.

Tampilanmu selain dari pakaian juga dapat dilihat dari riasan yang kamu pakai di wajah cantikmu. Namun sepertinya kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bedak yang bisa dipakai sesuai tipe kulitmu ini.

Hal ini dilakukan supaya riasan yang kamu pakai tepat. Riasan yang tepat akan menampilkan sisi terbaikmu sepanjang hari. Dan juga memunculkan kepercayaan diri kamu. Yuk kita simak jenis bedak berikut ini.

1. Bedak Tabur / Loose Powder

Jenis Bedak Tabur
Bedak Tabur

Jenis bedak yang akan dibahas pertama adalah loose powder atau bedak tabur. Seperti namanya, bedak tabur ini memiliki bentuk seperti bubuk yang ringan. Tekstur dari bedak tabur ini lebih soft dan ringan saat digunakan.

Perempuan menyukai bedar tabur sebagai bedak utama atau bisa juga digunakan sebagai bedak untuk finishing setelah make up. Bedak tabur cenderung cocok untuk digunakan oleh semua tipe kulit wajah. Apalagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, bedak tabur ini wajib menjadi pilihanmu.

Karena bedak tabur memiliki daya serap yang baik sehingga dapat menyerap minyak berlebih. Kamu bisa menggunakan bedak tabur dengan powder brush atau spons bedak yang tersedia didalam wadah bedaknya.

Cara memakainya cukup ditepuk perlahan dengan spons agar merata. Atau disapukan dengan menggunakan powder brush satu arah agar bedak merata di wajah. Kekurangan dari bedak ini adalah mudah tumpah saat dibawa.

Baca Juga : Memutihkan Kulit Wajah: 8 Tips Perawatan Alami Tanpa Efek Samping

2. Bedak Padat / Compact Powder

Bedak Padat
Bedak Padat

Jika kamu memiliki tipe kulit yang cenderung kering, bedak padat atau compact powder bisa menjadi andalanmu sehari-hari. Berbeda dengan loose powder yang menyerap minyak, bedak padat ini justru memiliki kandungan minyak dan pelembab.

Bedak padat disebut juga dengan pressed powder. Bedak ini cukup praktis dibawa kemanapun kamu pergi. Tidak mudah tumpah layaknya bedak tabur, tetapi bedak padat memiliki kekurangan yakni mudah pecah jika jatuh.

Kandungan bedak padat dapat menempel lebih lama pada kulit dan juga mampu menutup pori-pori. Jadi kamu harus membersihkan wajah dengan teliti ya biar ga timbul jerawat.

Meski memiliki kandungan minyak dan pelembab, sekarang ini kamu juga bisa memilih bedak padat dengan formula oil free.

3. Two-Way Cake

Two-Way Cake
Two-Way Cake

Jangan laper ya, ini bukan nama makanan. Ini adalah jenis bedak yang akan kita bahas selanjutnya. Ya, two-way cake powder. Bentuk dari bedak ini hampir mirip dengan bedak padat.

Tetapi memiliki fungsi dan kandungan yang berbeda dari bedak padat. Pada bedak ini, ia sudah memiliki kandungan foundation lho. Cocok buat kamu yang tidak memiliki banyak waktu buat dandan.

Bedak ini memiliki fungsi sebagai foundation dan bedak sekaligus. Maka dari itu nama bedak ini adalah two-way cake karena memiliki 2 fungsi bersamaan. Tekstur dari bedak ini sedikit berat daripada bedak padat.

Cara pemakaian bedak ini adalah dengan spons bedak yang dibasahi terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil foundationnya kemudian mengaplikasikan kembali dengan spons kering untuk bedaknya.

Namun bedak ini kurang cocok untuk kulit berminyak dan tidak dianjurkan untuk dipakai setiap hari jika tidak teliti membersihkan muka setelahnya.

4. Bedak Cair / Liquid Powder

Bedak Cair
Bedak Cair

Bedak juga memiliki jenis yang cair lho. Mungkin terlihat seperti foundation, tapi bukan. Tekstur cair pada bedak ini bisa dengan mudah menempel dan menutupi bagian wajah yang tidak diinginkan seperti flek hitam, kantung mata dan juga jerawat.

Bedak ini mudah menyatu pada kulit sehingga kamu harus memilih warna bedak cair yang pas dengan warna kulit wajahmu. Bedak ini juga memiliki daya tahan yang cukup baik ketika dipakai.

Kamu bisa memakainya dengan memakai powder brush atau spons yang diaplikasikan dengan merata.

Bedak ini bisa membantu untuk menampilkan riasan dengan kesan natural pada wajahmu. Jangan sampai salah pilih warna bedak cairnya ya. Karena warna yang berbeda dengan kulitmu akan terlihat jelas saat dipakai.

Baca Juga : 7 Manfaat Air Mawar Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

5. Setting Powder / Translucent Powder

Setting Powder
Setting Powder

Bedak yang satu ini memiliki fungsi untuk setting make up. Di mana setting powder akan menjaga foundation dan concealer bertahan lebih lama. Tekstur pada bedak ini juga ringan hampir sama dengan bedak tabur.

Namun bedak ini tidak akan memberikan kesan make up yang tebal atau berlebihan pada pemakainya. Umumnya warna setting powder ini transparan. Fungsi dari bedak ini adalah bisa digunakan untuk baking atau countering.

6. Cushion Powder

Cushion Powder
Cushion Powder

Yang terakhir ini bukan bantal ya. Tapi jenis bedak yang juga sekarang ini banyak disukai oleh perempuan. Fungsinya hampir mirip dengan bedak cair namun bentuknya seperti bedak padat. Cushion powder sendiri memiliki beberapa jenis.

Jenisnya yakni AA, BB, dan CC. Cushion powder AA berfungsi untuk membantu menyamarkan kerutan wajah akibat penuaan dini dan juga garis-garis hitam. Cushion powder jenis BB ini seringnya dipakai untuk base make up.

Sedangkan cushion powder CC dapat membantumu untuk meratakan warna kulit wajah. Cukup berbeda ya fungsinya meski sama-sama cushion powder.

Dari banyaknya jenis bedak yang bisa kamu pilih, ada hal lain yang perlu kamu perhatikan. Yakni kandungan dari bedak tersebut. Beberapa perempuan yang sama-sama memakai salah satu jenis bedak ada yang tidak cocok karena kandungan bedak di dalamnya yang mungkin membuat wajahmu gatal karena alergi.

Mencari bedak yang cocok meski sesuai dengan jenis kulitmu memang gampang-gampang susah. Tetapi memang diperlukan trial and error agar kamu juga jadi tahu bedak mana yang cocok di wajahmu dan mana yang tidak.

Baca Juga : 7 Bahan Perawatan Wajah Paling Simpel, Bisa Bikin Sendiri Di Rumah

Perhatikan cara pemakaian agar tampilanmu lebih sempurna. Lihat juga aplikator bedak yakni spons dan powder brushnya. Dua aplikator ini sebaiknya dirawat dengan cara di bersihkan rutin agar tidak menimbulkan masalah kulit lainnya karena aplikator yang kotor.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.