in ,

15 Pilihan Jenis Bunga Dengan Makna Mendalam

Arti Bunga
Arti Bunga

Siapa yang tidak suka menikmati keindahan bunga. Berbagai macam bunga dan warnanya yang menarik mampu memberikan kepuasan tersendiri setelah melihatnya. Warna-warni bunga dari putih hingga warna ungu pun tersedia. Salah satu keindahan ciptaan Tuhan yang dapat membuat penikmatnya merasa tenang dan bahagia.

Bunga biasanya disimbolkan sebagai hadiah, hiasan acara penting atau sebagai hiasan untuk mempercantik rumah. Selain dari segi warna yang indah, bunga dapat memberikan keindahan lain yang dapat dinikmati oleh indra penciuman manusia.

Beberapa bunga memiliki bau yang wangi nya menyegarkan. Pada dasarnya semua bunga memiliki bau wangi yang khas masing-masing. Tetapi pada beberapa bunga ada yang harus dirasakan bau nya dari dekat ada yang memang wangi nya sudah semerbak dengan sendirinya.

Ternyata berbagai bunga ini memiliki makna tersendiri. Jika anda ingin memberikan bunga kepada seseorang yang spesial tentunya tidak mau salah artian bukan. Jadi apa saja arti simbolis dari bunga-bunga tersebut ?

1. Bunga Lily

Arti Bunga Lily
Bunga Lily

Bunga lily berasal dari kata Yunani “Leiron”. Lily biasanya digunakan sebagai bunga untuk dibawa ke pemakaman yang dipercaya dapat mengembalikan kesucian setelah kematian bagi yang meninggal.

Bunga lily memiliki berbagai macam jenis. Dari perbedaan warna dan jenis mereka memiliki makna masing-masing. Bunga lily bakung merupakan simbol keberuntungan. Bunga lily peru disebut juga alstromeria memiliki makna persahabatan dan pengabdian.

Lily putih melambangkan kesucian, kemurnian, simpatik dan kehidupan yang baru. Lily kuning bermakna persahabatan. Lily merah dan merah muda melambangkan kemakmuran dan kekayaan.

Lily orange melambangkan kebencian, penghinaan dan kebohongan. Diantara berbagai warna yang ada dari bunga lily, tentu lily warna putih yang paling umum digunakan dalam acara apapun. Kesan elegan, simple dan romantis dapat dipancarkan dari indahnya bunga lily putih ini.

2. Bunga Mawar

Arti Bunga Mawar
Bunga Mawar

Bunga mawar pun memiliki berbagai macam warna indah yang dapat kita nikmati keindahannya. Macam-macam warna tersebut memiliki arti masing-masing yang dapat anda pilih untuk diberikan kepada seseorang yang terkasih.

Bunga mawar berwarna merah adalah yang paling sering untuk dijadikan lambang cinta. Simbol dari mawar merah melambangkan cinta yang manis, romantis dan rendah hati.

Warna lain adalah warna oranye yang dapat memberikan makna semangat. Warna kuning pada mawar memiliki makna kegembiraan namun juga ada makna ketidaksetiaan didalamnya.

Bunga mawar berwarna putih memiliki makna kemurnian dari cinta, romantis, simpati yang biasanya digunakan pada momen pernikahan atau diberikan pada suasana berkabung. Mawar krem bermakna perhatian, rasa bersyukur dan penghargaan. Sedangkan mawar merah muda identik dengan kelembutan, rasa syukur dan terima kasih.

Tidak hanya keindahannya saja, air mawar juga memiliki segudang manfaat loh!

3. Bunga Melati

Arti Bunga Melati
Bunga Melati

Bunga yang umum kita temui selanjutnya adalah bunga melati. Bunga ini umum digunakan pada acara pernikahan.

Makna bunga melati ialah melambangkan kesucian, keanggunan namun sederhana, ketulusan, keindahan, dan kerendahan hati. Berbeda dengan mawar, bunga melati hanya ada satu warna saja yakni putih.

Mungkin dari warna yang ada hanya satu yakni putih serta harumnya yang semerbak khas membuat bunga melati ini dijadikan simbol dari kesucian dan keindahan yang terkesan sederhana namun elegan sekaligus.

4. Bunga Daisy

Arti Bunga Daisy
Bunga Daisy

Bunga daisy atau aster memiliki bentuk yang sederhana. Tentu dengan warna yang berbagai macam. Nama bunga daisy diambil dari bahasa inggris kuno yakni Daes Eag yang artinya mata sebuah hari.

Bunga daisy berwarna merah memiliki makna cinta yang diam-diam, kecantikan, ketulusan dan kesederhanaan. Daisy berwarna oranye memiiki makna kegembiraan, kehangatan dan semangat.

Terlepas dari berbagai macam warna yang dimiliki oleh bunga ini, bunga daisy memiliki makna kesucian, kesederhaan, kelembutan dan kemurnian.

5. Bunga Tulip

Bunga Tulip
Bunga Tulip

Bunga yang berasal dari Belanda ini memiliki bentuk simpel yang unik namun elegan. Bunga tulip memiliki berbagai warna yang cantik seperti putih, ungu, orange dan merah.

Bunga tulip putih melambangkan kesucian, penghormatan, kerendahan hati cocok untuk menunjukkan rasa simpati dan digunakan dalam acara pernikahan. Bunga tulip merah memiliki simbol cinta yang dalam, kasih sayang yang sempurna kepada orang yang dicintai.

Bunga tulip oranye memiliki makna kebahagiaan dan kehangatan, keberuntungan serta optimisme. Tulip kuning bermakna persahabatan dan keceriaan. Warna ungu pada bunga tulip memiliki simbol elegan, royalty, dan kesempurnaan. Tulip berwarna biru memiliki simbol ketenangan dan perdamaian.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist at Golife.id, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.