in ,

15 Pilihan Jenis Bunga Dengan Makna Mendalam, Hadiah Untuk Pacar? Bisa!

Makna Hadiah Bunga
Makna Hadiah Bunga

Siapa yang tidak suka menikmati keindahan bunga. Berbagai macam bunga dan warnanya yang menarik mampu memberikan kepuasan tersendiri setelah melihatnya. Warna-warni bunga dari putih hingga warna ungu pun tersedia. Salah satu keindahan ciptaan Tuhan yang dapat membuat penikmatnya merasa tenang dan bahagia.

Bunga biasanya disimbolkan sebagai hadiah, hiasan acara penting atau sebagai hiasan untuk mempercantik rumah. Selain dari segi warna yang indah, bunga dapat memberikan keindahan lain yang dapat dinikmati oleh indra penciuman manusia.

Beberapa bunga memiliki bau yang wangi nya menyegarkan. Pada dasarnya semua bunga memiliki bau wangi yang khas masing-masing. Tetapi pada beberapa bunga ada yang harus dirasakan bau nya dari dekat ada yang memang wangi nya sudah semerbak dengan sendirinya.

Ternyata berbagai bunga ini memiliki makna tersendiri. Jika anda ingin memberikan bunga kepada seseorang yang spesial tentunya tidak mau salah artian bukan. Jadi apa saja arti simbolis dari bunga-bunga tersebut ?

1. Bunga Lily

"<yoastmark

Bunga lily berasal dari kata Yunani “Leiron”. Lily biasanya digunakan sebagai bunga untuk dibawa ke pemakaman yang dipercaya dapat mengembalikan kesucian setelah kematian bagi yang meninggal.

Bunga lily memiliki berbagai macam jenis. Dari perbedaan warna dan jenis mereka memiliki makna masing-masing. Bunga lily bakung merupakan simbol keberuntungan. Bunga lily peru disebut juga alstromeria memiliki makna persahabatan dan pengabdian.

Lily putih melambangkan kesucian, kemurnian, simpatik dan kehidupan yang baru. Lily kuning bermakna persahabatan. Lily merah dan merah muda melambangkan kemakmuran dan kekayaan.

Lily orange melambangkan kebencian, penghinaan dan kebohongan. Diantara berbagai warna yang ada dari bunga lily, tentu lily warna putih yang paling umum digunakan dalam acara apapun. Kesan elegan, simple dan romantis dapat dipancarkan dari indahnya bunga lily putih ini.

2. Bunga Mawar

"<yoastmark

Bunga mawar pun memiliki berbagai macam warna indah yang dapat kita nikmati keindahannya. Macam-macam warna tersebut memiliki arti masing-masing yang dapat anda pilih untuk diberikan kepada seseorang yang terkasih.

Bunga mawar berwarna merah adalah yang paling sering untuk dijadikan lambang cinta. Simbol dari mawar merah melambangkan cinta yang manis, romantis dan rendah hati.

Warna lain adalah warna oranye yang dapat memberikan makna semangat. Warna kuning pada mawar memiliki makna kegembiraan namun juga ada makna ketidaksetiaan didalamnya.

Bunga mawar berwarna putih memiliki makna kemurnian dari cinta, romantis, simpati yang biasanya digunakan pada momen pernikahan atau diberikan pada suasana berkabung. Mawar krem bermakna perhatian, rasa bersyukur dan penghargaan. Sedangkan mawar merah muda identik dengan kelembutan, rasa syukur dan terima kasih.

3. Bunga Melati

"<yoastmark

Bunga yang umum kita temui selanjutnya adalah bunga melati. Bunga ini umum digunakan pada acara pernikahan.

Makna bunga melati ialah melambangkan kesucian, keanggunan namun sederhana, ketulusan, keindahan, dan kerendahan hati. Berbeda dengan mawar, bunga melati hanya ada satu warna saja yakni putih.

Mungkin dari warna yang ada hanya satu yakni putih serta harumnya yang semerbak khas membuat bunga melati ini dijadikan simbol dari kesucian dan keindahan yang terkesan sederhana namun elegan sekaligus.

4. Bunga Daisy

"<yoastmark

Bunga daisy atau aster memiliki bentuk yang sederhana. Tentu dengan warna yang berbagai macam. Nama bunga daisy diambil dari bahasa inggris kuno yakni Daes Eag yang artinya mata sebuah hari.

Bunga daisy berwarna merah memiliki makna cinta yang diam-diam, kecantikan, ketulusan dan kesederhanaan. Daisy berwarna oranye memiiki makna kegembiraan, kehangatan dan semangat.

Terlepas dari berbagai macam warna yang dimiliki oleh bunga ini, bunga daisy memiliki makna kesucian, kesederhaan, kelembutan dan kemurnian.

5. Bunga Tulip

"<yoastmark

Bunga yang berasal dari Belanda ini memiliki bentuk simpel yang unik namun elegan. Bunga tulip memiliki berbagai warna yang cantik seperti putih, ungu, orange dan merah.

Bunga tulip putih melambangkan kesucian, penghormatan, kerendahan hati cocok untuk menunjukkan rasa simpati dan digunakan dalam acara pernikahan. Bunga tulip merah memiliki simbol cinta yang dalam, kasih sayang yang sempurna kepada orang yang dicintai.

Bunga tulip oranye memiliki makna kebahagiaan dan kehangatan, keberuntungan serta optimisme. Tulip kuning bermakna persahabatan dan keceriaan. Warna ungu pada bunga tulip memiliki simbol elegan, royalty, dan kesempurnaan. Tulip berwarna biru memiliki simbol ketenangan dan perdamaian.

6. Bunga Peony

"<yoastmark

Bunga peony dapat tumbuh di Negara dengan 4 musim di sekitar bulan Mei hingga Juli. Warna yang dimiliki oleh bunga peony cenderung lembut dan baunya harum.

Bunga peony sering digunakan dalam upacara pernikahan di China karena dipercaya memiliki makna cinta, kebahagiaanm kemakmuran, dan membawa nasib yang baik.

Selain itu bunga peony yang memiliki warna putih, krem, ungu muda dan merah muda ini memiliki simbol kehormatan dan kepribadian.

7. Bunga Krisan

"<yoastmark

Bunga krisan atau chrysanteum dapat melambangkan suatu kekaguman, keceriaan dan keanggunan. Bunga krisan merah memiliki makna cinta, krisan kuning bermakna kegembiraan, keceriaan dan optimism.

Krisan ungu bermakna semangat dan tekad yang kuat. Krisan putih memiliki makna kejujuran dan kesetiaan. Jika ada seseorang yang spesial memberikan bunga krisan putih pada anda, maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut memercayai anda sepenuhnya.

8. Bunga Hydrangea

"<yoastmark

Bunga yang cantik ini memiliki nama berbeda-beda tergantung dari daerahnya. Nama lain dari bunga ini adalah hortensia, kembang bokor, ajisai, bunga tiga bulan, dan bunga masamba.

Bunga hydrangea memiliki makna permintaan maaf, ungkapan rasa syukur, perasaan tulus sepenuh hati, namun ada pula yang mengatakan bahwa bunga ini memiliki makna kesombongan. Warna yang dimiliki oleh bunga hydrangea juga beragam dan memiliki maknanya masing-masing.

Bunga hydrangea merah muda memiliki makna cinta dan pernikahan. Hydrangea biru melambangkan hati yang dingin, penolakan dan penyesalan.

Hydrangea putih melambangkan kesucian dan juga kesombongan. Hydrangea ungu melambangkan keinginan untuk memahami seseorang dan kekayaan.

9. Bunga Matahari

"<yoastmark

Seperti namanya, bunga ini selalu mengikuti arah cahaya matahari. Bunga matahari akan mengikuti arah matahari dari terbit hingga terbenam.

Maka bunga matahari memiliki lambang kesetiaan dan kepatuhan, sama seperti karakter bunga tersebut. Kelopak berwarna kuning melambangkan kehidupan yang diiringi kebahagiaan, keceriaan, semangat, optimism, kreatif, dan memberikan energi positif pada yang melihatnya.

Namun perlu diketahui ya, bahwa simbol kesetiaan pada bunga matahari merujuk pada saudara, sahabat, atau rekan kenalan lainnya. Tidak merujuk pada hubungan romantis sepasang kekasih.

10. Bunga Baby’s Breath

"<yoastmark

Siapa yang tidak kenal dengan bunga berbentuk bulatan kecil-kecil ini. Bagi yang suka dengan dekorasi bertema vintage tentu akan sering menemui bunga ini.

Baby’s breath adalah bunga yang memiliki makna ketulusan, kemurnian, dan cinta sejati. Bunga dengan bentuk unik ini biasanya dapat ditemui pada acara pernikahan.

Karena bunga ini memiliki makna ketulusan akan cinta sejati. Tak heran jika bunga ini sering dijadikan bunga utama pengantin atau sebagai dekorasinya.

12. Bunga Anggrek

"<yoastmark

Bunga anggrek yang indah dapat dengan mudah kita temui. Berbagai macam warna nya memiliki arti masing-masing. Anggrek dengan warna merah muda melambangkan suka cita dan kebahagiaan.

Anggrek ungu memiliki makna rasa hormat dan kekaguman. Anggrek berwarna merah bermakna cinta, gairah dan melambangkan harapan.

Bunga anggrek berwarna putih melambangkan keanggunan dan keindahan. Warna kuning melambangkan cita-cita dan awal yang baru. Warna oranye mewakili rasa bangga, keberanian dan antusiasme. Sedangka anggrek berwarna hijau melambangkan kesehatan, alam, dan umur yang panjang..

12. Bunga Lavender

"<yoastmark

Bunga lavender yang memiliki warna ungu khas ini belum secara umum dijadikan bunga sebagai hadiah. Tetapi bunga unik satu ini memiliki makna keanggunan yang mendalam pada wanita.

Artinya bunga lavender ini memiliki simbol pertumbuhan wanita untuk menuju kepada keanggunan dari wanita tersebut.

13. Bunga Anyelir

Bunga Anyelir
Bunga Anyelir

Bunga anyelir atau carnation memiliki warna cantik yang berbeda-beda. Biasanya bunga ini melambangkan emosi seperti cintam pernghormatan dan daya tarik.

Anyelir merah dapat melambangkan cinta dan kasih sayang yang mendalam. Anyelir merah muda memiliki makna cinta yang abadi dari seorang ibu.

Tidak heran bunga anyelir biasa digunakan untuk acara peringatan hari guru atau orang tua.

Anyelir putih memiliki simbol kemurnian, kesetiaan dan keberuntungan. Anyelir kuning memiliki makna penolakan, dan kekecewaan dari seseorang. Sedangkan anyelir ungu bermakna ketidakteraturan.

14. Bunga Gardenia

"<yoastmark

Bunga gardenia identik dengan warna putihnya yang cantik. Bunga yang memiliki nama lain kacapiring ini bermakna keindahan pada seseorang yang diberikan bunga ini.

Gardenia bisa diberikan kepada orang terkasih, teman atau bakan keluarga. Bunga gardenia memiliki simbol kemurnian, kepercayaan, harapan, kejelasan dan perlindungan.

15. Bunga Gerbera

"<yoastmark

Bunga gerbera memiliki makna cinta yang dalam pada hubungan yang telah lama terikat. Bunga ini dapat mewakili kesungguhan seseorang pada pasangan.

Cocok untuk digunakan melamar pasangan. Bunga gerbera aster memiliki simbol sebagai kedekatan dengan alam, dan dapat mengurangi kesedihan dalam kehidupan.

Baca Artikel Lainnya:

Itulah arti dari 15 macam bunga yang dapat kita jumpai. Masih banyak lagi bunga lain yang tak kalah indah dan cantik yang dapat diberikan. Tentu setelah ini anda tidak akan salah pilih untuk memberikan bunga kepada orang yang tersayang bukan. Jadi mau pilih bunga yang mana untuk hadiahmu ?.

Written by Rima Mustika

Adult clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.