6 Jenis Teh yang Paling Baik Dikonsumsi Beserta Manfaatnya

Menikmati teh dapat anda lakukan ketika sedang bekerja, atau sedang santai. Mau dinikmati dingin atau panas ? kembali kepada anda yang ingin...

Rima Mustika Rima Mustika · 4 min read >
Jenis Teh dan Manfaatnya

Keperluan untuk hidup salah satunya adalah dengan makan dan minum. Sering kali kita memesan minuman favorit ketika sedang makan di salah satu tempat makan.

Berbagai jenis minuman dapat kita nikmati dengan mudah di masa yang serba canggih ini. Sedang tidak memungkinkan untuk keluar rumah membeli minuman favorit ? anda dapat memesan minuman tersebut dan akan datang dalam waktu yang cukup cepat.

Jenis minuman selain air putih yang dapat kita nikmati seperti sirup, susu, kopi atau teh. Minuman yang bervariasi dapat kita pilih untuk melegakan dahaga. Tentu jenis minuman ini memiliki penggemar dan penikmatnya tersendiri. Ada yang lebih memilih minuman dengan sirup, atau memilih mencampur nya dengan susu.

Banyak sekali loh jenis-jenis teh yang ada di sekitar kita. Tidak hanya jenis dan jumlahnya yang banyak. Tetapi juga beragam manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi teh.

1. Teh Hijau

Teh Hijau
Teh Hijau

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan the hijau atau green tea. Segudang manfaat yang dapay anda peroleh dari teh ini sudah tidak diragukan lagi. Teh hijau memiliki manfaat seperti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Adanya kandungan polifenol didalamnya dapat membantu untuk menghalangi kolesterol diserap oleh usus dan menyingkirkannya.

Teh hijau juga dapat membantu untuk melawan sel kanker dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Hal ini baik bagi wanita untuk menurunkan risiko terkena kanker ovarium dan endometrium.

Teh hijau juga mencegah diabetes dengan meningkatkan kinerja insulin serta mengurangi kadar gula dalam darah. Untuk yang sedang diet, teh hijau baik untuk membakar lemak dengan kadar katekinnya dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Tekanan darah lebih stabil dengan mengonsumsi teh hijau. Manfaat lainnya adalah dapat mengeluarkan racun dari kulit, menyembuhkan noda dan bekas luka, mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Kandungan L-theanin pada teh dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan daya ingat. Kandungan polifenol membantu menetralisir radikal bebas yang dapat mencegah penuaan.

Baca Juga : Sedang Flu? Makanan dan Minuman Ini Bisa Membantu Pemulihan

Teh hijau bisa juga lho digunakan untuk toner kulit. Teh hijau dapat menarik kotoran yang tertinggal di kulit, memperkecil pori-pori dan menghidrasi kulit. Dan masih banyak lagi manfaat dari teh hijau yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi nya secara tepat.

2. Teh Hitam

Teh Hitam
Teh Hitam

Selain teh hijau, terdapat teh lain yang juga bermanfaat yakni teh hitam. Olahan daunt eh hitam memiliki manfaat untuk mengatasi rasa lelah dan mengantuk saat bekerja.

Kandungan teofilin dalan teh hitam dapat merangsang pikiran dan meningkatkan denyut jantung sehingga meningkatkan kewaspadaan dalam melakukan aktivitas.

Teh hitam dapat mencegah penyakit stroke dengan senyawa flavanoid yang dapat mencegah penyumbatan di pembuluh darah. Yang tentu nya harus diiringi dengan pola makan sehat dan olahraga ya.

Sama dengan teh hijau, teh hitam juga dapat membantu untuk menenangkan pikiran. Jika anda sedang mengurangi konsumsi kopi, teh hitam dapat menjadi alternatif pilihan.

Teh hitam mengandung kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Bagi yang sedang diet teh hitam juga baik untuk dikonsumsi. Teh hitam dapat membantu proses penurunan berat badan karena tidak mengandung kalori. Tentu sebaiknya tidak ditambahkan gula ya.

3. Teh Chamomile

Teh Chamomile
Teh Chamomile

Teh yang satu ini dibuat dengan bahan dari bunga chamomile. Khasiat bunga chamomile sebagai obat herbal sudah terkenal dari dulu. Diolah sebagai minyak esensial, dan dikonsumsi bersama dengan teh.

Chamomile memiliki kandungan antiseptic, antibiotic, anti-depresan, anti-neuralgic, anti-inflamasi, anti-infeksi dan karminatif.

Kemudian kenapa tidak coba untuk diminum dengan dibuat teh yang mudah. Beberapa manfaat dari teh bunga chamomile adalah sebagai suplemen perawatan penyakit.

Namun tetap tidak dapat menggantikan perawatan medis jika terdapat penyakit serius. Teh chamomile dapat mengatasi depresi dengan aroma khas chamomile yang dapat menenangkan.

Selain itu teh chamomile dapat meredakan reaksi alergi dan iritasi. Bagi anda yang sering tidak dapat tidur di malam hari teh chamomile dapat membantu anda lebih rileks dan mengantuk sehingga dapat tidur lebih cepat.

Manfaat bagi perempuan dari teh chamomile ini adalah membantu mengurangi keparahan kram dan nyeri saat menstruasi. Penderita diabetes dapat meminum teh chamomile untuk membantu menurunkan gula darah.

Teh chamomile memiliki efek anti-estrogenik yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Manfaat lain seperti mengurangi peradangan, melawan sel kanker dan mencegah sel kanker berkembang, namun seseorang yang memiliki alergi parah sebaiknya menghindari chamomile karena dapat memperparah alergi dan harus melakukan konsultasi jika ingin mengonsumsi nya.

4. Teh Putih

Teh Putih
Teh Putih

Teh kok putih ? nyata nya memang ada teh putih yang berasal dari tanaman camellia sinesis. Kandungan antioksidan dalam teh putih berjumlah tiga kali lipat dari teh hijau. Tentu dapat menghentikan dan membunuh sel-sel kanker.

Manfaat yang didapatkan dari teh putih ini adalah membantu menghancurkan lemak dan menghambat pertumbuhan sel-sel lemak baru dalam tubuh.

Uniknya teh putih tidak hanya berkhasiat jika di minum lho. Tetapi juga dapat dioleskan pada permukaan kulit yang dapat membantu memperkuat sel kulit sekaligus melindungi dari sinar UV.

Flavanoid yang ada dalam teh putih baik untuk mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah serta menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, teh putih mampu untuk menghancurkan organism penyebab penyakit dan memerangi kuman.

Kandungan fluoride, tannin dan flavanoid dapat membantu mengurangi karies gigi. Peradangan kulit akibat radikal bebas juga dapat ditangkal oleh teh putih.

5. Teh Oolong

Teh Oolong
Teh Oolong

Teh oolong adalah teh yang melewati proses fermentasi sebagian. Berbeda dengan teh hitam yang dolah dengan fermentasi keseluruhan. Semakin banyak proses fermentasi yang dijalani maka kandungan polyphenol di dalam teh akan berkurang.

Manfaat yang dapat anda rasakan dengan mengonsumsi teh oolong adalah membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, mengurangi risiko kanker ovarium pada wanita.

Selain itu teh oolong baik untuk kesehatan kulit, dapat menstabilkan gula darah, membantu mencegah tekanan darah tinggi, membantu mencegah osteoporosis, meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan metabolism tubuh yang dapat membantu penurunan berat badan.

6. Teh Hijau Stevia

Teh Hijau Stevia
Teh Hijau Stevia

Stevia meupakan daun dari tanaman dari ateraceae. Biasanya digunakan untuk memaniskan makanan bahkan untuk mengobati masalah perut, atau luka bakar. Daun stevia yang dikombinasikan dengan teh hijau tidak mengandung kalori atau gula tetapi rasanya tetap manis.

Manfaat yang didapatkan adalah membantu menjaga level gula darah, mencegah kanker, membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena minim kalori dan karbohidrat.

Kandungan sterol, kaempferol an senyawa antioksidan pada daun stevia dapat membantu untuk meminimalisir risiko kanker pankreas.

Konsumsi teh hijau stevia juga dapat membantu menurunkan berat badan karena teh ini sudah manis tanpa harus diberikan gula tambahan. Kandungan nol kalori nya membuat teh ini aman untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet.

Manfaat lainnya dari daun stevia adalah dapat membantu untuk meringankan peradangan. Antioksidan dan anti inflamasi yang ada dalam stevia bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan yang disebabkan oleh efek buruk radikal bebas yang ada di sekitar kita.

Masih banyak lagi jenis teh lain yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Tetapi anda dapat mencoba 6 rekomendasi teh diatas. Ternyata banyak sekali manfaat yang didapatkan dari hanya meminum teh saja. Tetapi tentu harus dibarengi dengan pola makan yang seimbang, rutin berolahraga, dan menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : 5 Jenis Jamu Tradisional Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Menikmati teh dapat anda lakukan ketika sedang bekerja, atau sedang santai. Mau dinikmati dingin atau panas ? kembali kepada anda yang ingin menikmatinya. Jadi teh mana saja yang akan anda nikmati terlebih dahulu ?.

Rima Mustika
Psychology and art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee. Read Full Profile