in ,

9 Kampus Dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Kampus Jurusan Psikologi Terbaik

Jika anda atau kerabat sedang dalam masa kelulusan sekolah menengah akhir, pastinya akan mengalami masa pemilihan universitas tempat kuliah beserta jurusannya. Hal ini tentu umum dilakukan untuk dapat menentukan masa depan bagi anak yang menjalaninya.

Meninggalkan masa sekolah dan masuk pada masa kuliah tentu merupakan satu langkah besar yang diharapkan tidak salah dalam mengambil keputusan.

Pilihan jurusan perkuliahan yang beragam kadang membuat anak menjadi bingung. Tidak sedikit yang kemudian melakukan tes psikologi untuk mengetahui bakat dan minat anak dalam memilih jurusan kuliah.

Sering kali anak memilih jurusan kuliah yang banyak peminatnya seperti kedokteran, ekonomi, akuntansi hingga psikologi.

Nah, jurusan psikologi merupakan yang banyak peminatnya namun di Indonesia masih kekurangan tenaga psikolog. Hal ini mungkin dikarenakan lulusan S1 psikologi tidak cukup banyak yang melanjutkan pada jenjang S2 untuk menjadi psikolog.

Padahal peluang dari dunia psikologi ini tidak sesempit yang dipikirkan seperti hanya duduk menunggu klien untuk konseling saja.

Tetapi jurusan psikologi adalah lebih dari itu. Rata-rata anak yang memilih jurusan psikologi memiliki latar belakang dengan minat menjadi psikolog atau memang kerap menjadi tempat curhat orang lain.

Berbicara mengenai jurusan psikologi, pada masa pemilihan kampus untuk berkuliah tentu anak dan orang tua mencari tahu terlebih dahulu kampus mana saja yang memiliki jurusan psikologi yang terakreditasi dengan baik.

Berikut ini referensi kampus dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia.

A. Universitas Negeri

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

Psikologi di Universitas Indonesia yang berada di kawasan Depok ini di mulai oleh Prof. Dr. Slamet Iman Santoso sebagai guru besar di UI. Pada akhirnya dibukalah kursus asisten psikologi yang kemudian didirikan lembaga psikologi. Ini lah awal berdirinya fakultas psikologi di UI.

Banyak psikolog terkenal yang lahir dari psikologi UI dengan akreditasi A ini yakni A. Kasandra Putranto, Tara Adhisti De Thouars dan masih banyak yang lainnya.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada

Kampus selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Kampus ini memiliki alumni yang tak kalah berprestasi dengan kampus lainnya.

Jurusan psikologi di UGM mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Staf pengajar dan lingkungan kota pelajar yang menyenangkan akan membuatmu nyaman berkuliah.

Tentu persaingan untuk masuk di universitas negeri cukup ketat sehingga kamu harus belajar dengan baik untuk masuk.

3. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran

Kampus yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini merupakan salah satu penyumbang psikolog klinis yang cukup banyak.

Ciri khas psikologi unpad yang lebih ke klinis juga membuat Unpad diminati oleh banyak siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Psikologi Unpad diresmikan pada tahun 1961 dan terus berkontribusi dalam bidang psikologi khususnya klinis hingga saat ini.

Psikologi Unpad bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berkuliah di luar kota dengan kampus terbaik di bidangnya.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga
Universitas Airlangga

Salah satu pilihan kampus luar kota Jakarta dengan jurusan psikologi lainnya adalah Universitas Airlangga Surabaya.

Fasilitas yang lengkap mulai dari laboratorium psikologi hingga dosen yang kompeten bisa kamu temui di sini.

Karakter psikologi Unair yang berkontribusi pada bidang industri dan organisasi cocok bagi kamu yang menyukai bidang PIO.

B. Universitas Psikologi Swasta

1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas Muhammadiyah Malang

Kota Malang tidak hanya terkenal dengan wisatanya saja, tetapi juga dengan kampusnya. Anda bisa menemukan kampus UMM dengan jurusan psikologi sebagai alternatif pilihan luar kota Jakarta.

Meski swasta, namun UMM dapat masuk ke 10 besar kampus terbaik di Indonesia dengan akreditasi A.

Lulusan dari UMM juga telah berkontribusi pada bidang psikologi di Indonesia baik itu dalam pendidikan maupun lapangan psikologi.

2. Universitas Persada Indonesia (YAI)

Universitas Persada Indonesia
Universitas Persada Indonesia

Kampus swasta yang satu ini mengantongi akreditasi A dengan tokoh yang terkenal yakni Bapak Sarlito Wirawan Sarwono.

Fasilitas yang diberikan juga lengkap dan sangat mendukung mahasiswa agar dapat maksimal mendapatkan pendidikan.

3. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia
Universitas Islam Indonesia

Salah satu kampus swasta di Yogyakarta ini memiliki jurusan psikologi yang terakreditasi A oleh BAN-PT.

Uniknya anda yang berkuliah di UII ini akan mendapatkan mata kuliah psikologi yang jarang ada yakni psikologi islam.

Jika di Jakarta sendiri anda bisa mendapatkan mata kuliah psikologi islam di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI).

4. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJY)

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kampus di Yogyakarta lainnya dengan akreditasi A pada jurusan psikologi nya ini juga patut ada di list anda.

Fasilitas yang lengkap dan tempat yang strategis memudahkan mahasiswa untuk berkuliah di kota pelajar ini.

5. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Universitas Tarumanagara
Universitas Tarumanagara

Kembali lagi ke kota Jakarta. Anda bisa memilih jurusan psikologi Untar yang menawarkan beragam fasilitas dan perkuliahan berkualitas.

Yang unik di Untar adalah anda bisa mendapatkan materi art therapy yang belum ada di kampus mana pun di Indonesia.

Karena salah satu art therapist satu satunya berlisensi art therapy dari Emporia State University, Kansas yakni Monty P. Satiadarma S.Psi,MS/AT,MFCC,DCH,Dr., Psikolog. Akreditasi dari Untar juga sudah mendapatkan A dari BAN-PT.

Itulah beberapa daftar universitas di Indonesia yang memiliki fakultas psikologi terbaik di Indonesia tahun 2019. Anda juga bisa melanjutkan ke jenjang S2 untuk menjadi seorang psikolog pada kampus-kampus di atas apabila tersedia program studi S2 yang diinginkan.

Referensi pilihan untuk melanjutkan studi S2 dari pilihan di atas baik negeri maupun swasta adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Persada Indonesia, Universitas Islam Indonesia dan Universitas Tarumagara.

Sebetulnya semua universitas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua pilihan ada pada anda yang akan menjalaninya. Untuk itu pastikan anda telah mencari tahu terlebih dahulu latar belakang dari universitas tersebut.

Baik itu dari segi lingkungannya, segi biaya selama masa perkuliahan, segi akses menuju dari dan menuju kampus, staf pengajar, ruangan perkuliahan, fasilitas yang diberikan memadai atau tidak hingga transport untuk menuju dan dari kampusnya bagaimana.

Masih banyak lagi universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan psikologi. Baik itu perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Bahkan banyak juga yang menyediakan program studi S2 yang bisa anda pilih untuk menjadi seorang psikolog.

Tentu tidak semua universitas memiliki jenjang S2 psikologi klinis jika anda ingin menjadi seorang psikolog klinis. Pastikan anda mencari tahu akan hal ini terlebih dahulu agar tidak salah langkah. Alih-alih menjadi psikolog klinis, ternyata anda justru memilih asal hanya karena membaca tulisan program studi magister psikologi saja. Nantinya gelar ini akan berbeda yakni M.Psi pada magister psikologi klinis dan M.Sci pada magister psikologi.

Jadi, sudah cukup melegakan atas pilihan kampus dan jenjang yang akan diambil nantinya? Yang sebaiknya dipastikan lagi adalah hindari memilih jurusan psikologi karena tekanan orang tua, ikut-ikut teman atau karena tidak ada pilihan lainnya. Pastikan anda memilih sesuai dengan minat anda.

Written by Rima Mustika

Clinical psychologist, art enthusiast. A traditional dancer who can't live without coffee.