Kamu Tetap Butuh Ruang dalam Sebuah Hubungan, Ini Alasannya

Hubungan tanpa jeda serasa kamu hidup tanpa menghela napas. Kamu tak akan

Dina Novia Dina Novia · 3 min read >
Butuh Ruang dalam Sebuah Hubungan

Hubungan tanpa jeda serasa kamu hidup tanpa menghela napas. Kamu tak akan pernah bisa memiliki seseorang secara penuh, begitu pun denganmu yang tak akan bisa dimiliki secara penuh oleh pasanganmu.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa jarak dan ruang pasti dibutuhkan oleh semua orang dalam menjalani sebuah hubungan.

Tak peduli sedekat apa hubunganmu dengan pasanganmu, baik kamu maupun pasanganmu sudah pasti membutuhkan ruang untuk dirinya sendiri.

Ada saatnya kamu bisa menghabiskan waktu untuk selalu bersamanya, namun ada kalanya juga kamu dan pasanganmu membutuhkan waktu untuk bisa me time.

Bukan untuk menjauh dari pasangan, sebenarnya ruang justru mampu mempererat hubungan. Meskipun pertemuan secara langsung memang dibutuhkan, namun ruang dalam menjalani hubungan tetap saja diperlukan. Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Kamu Butuh Ruang untuk Tetap Dekat dengan Keluarga dan Sahabat Karibmu

Kamu Butuh Ruang Untuk Keluarga
Kamu Butuh Ruang Untuk Keluarga

Bukankah kamu tidak hidup sendirian di dunia ini? Pasti kamu memiliki keluarga dan sahabat yang juga membutuhkan waktumu bukan?

Dengan adanya ruang dalam hubunganmu dengan pasangan, kamu bisa memanfaatkannya untuk lebih dekat dengan keluarga maupun sahabatmu.

Ingatlah bahwa waktu tidak pernah bisa kamu putar ulang. Saat kamu sudah memilih waktumu untuk kamu nikmati dengan pasanganmu saja, secara otomatis kamu akan kehilangan momen indahmu bersama keluarga dan sahabat karibmu.

Tak perlu khawatir dengan pasangan. Toh kalau memang jodoh, masih ada waktu selama sisa usiamu untuk bisa kamu nikmati bersamanya.

Baca Juga : Menambah Kemesraan, Inilah Kegiatan yang Bisa Dilakukan Bersama Pasangan

2. Kata dalam Kalimat Pun Butuh Spasi untuk Bisa Dipahami

Terkadang Kita Butuh Sendiri
Terkadang Kita Butuh Sendiri

Apakah kamu pernah mendengar ada orang yang menyebutkan bahwa akan sulit memahami kalimat yang tidak akan bisa dipahami dengan mudah tanpa ada spasi di dalamnya.

Seperti halnya dengan sebuah hubungan, tanpa adanya ruang, tentu hubungan sulit untuk bisa bertahan.

Spasi dan jarak yang dimaksud dalam hubungan sangat berperan penting. Kamu bisa menggunakan ruang dalam hubungan untuk merenung tentang apa yang selama ini sudah terjadi dan apa yang akan kamu lakukan untuk ke depannya.

Saat ada masalah dalam hubunganmu, ruang itu juga akan sangat bermanfaat untukmu dalam memikirkan solusi apa yang dapat kamu gunakan untuk memecahkan masalahmu.

3. Terkadang Dibutuhkan Juga Ruang untuk Menguji Kekuatan dalam Hubungan Kalian

Dibutuhkan Ruang Untuk Menguji Kekuatan Hubungan
Dibutuhkan Ruang Untuk Menguji Kekuatan Hubungan

Secara tak langsung, ruang dalam hubunganmu akan menjadi jalan untuk menguji kekuatan cinta kalian dalam menjalani hubungan. Kamu bisa mencari tahu apakah pasanganmu memang orang yang dapat dipercaya atau tidak.

Kamu akan tahu seberapa besar perjuangan pasanganmu untuk menjaga kepercayaan yang sudah kamu berikan kepadanya selama ini.

Selain itu, kamu juga dapat menguji komunikasi yang ada dalam hubunganmu dengan pasanganmu. Dengan adanya ruang dalam hubungan, kamu akan paham tentang seberapa baik komunikasi yang sebenarnya kamu miliki dengan pasanganmu.

Baca Juga : Ini Hal yang Harus Dilakukan Ketika Pasangan Merasa Depresi

4. Ruang Itu Memberi Rasa Rindu Sebagai Bukti Bahwa Dia Memang Berharga Untukmu

Ruang Memberikan Rasa Rindu
Ruang Memberikan Rasa Rindu

Dengan adanya ruang, tentu juga akan ada yang namanya rindu pada pasangan, bukan? Rindu akan tercipta dengan adanya jeda dalam sebuah hubungan. Rasa rindu ini juga cukup berperan baik dalam menjalin sebuah hubungan loh.

Saat kamu tengah rindu pada pasanganmu, tentu yang ada di benakmu hanya keinginan untuk bertemu dan menuntaskan rasa rindu itu.

Belum lagi tentang apa yang kamu pikirkan, tentu saja hanya berkisar pada hal baik yang pernah kamu dan pasanganmu lalui bersama. Inilah yang membuat rasa rindu mampu menghindarkanmu dari hal negatif dalam ketika sedang bertemu.

5. Ruang Itu Memberimu Jeda untuk Dapat Bergerak Secara Leluasa

Ruang Memberimu Kebebasan
Ruang Memberimu Kebebasan

Apakah selama ini kamu merasa kehidupan pribadimu tidak bisa bergerak secara leluasa karena alasan hubungan yang sedang kamu jalani sekarang?

Jika iya, kamu memang butuh yang namanya ruang. Jeda dalam hubunganmu akan membuatmu memiliki waktu untuk melakukan apa yang kamu ingin lakukan.

Dengan keleluasaan yang kamu miliki, kamu akan lebih bebas untuk menentukan masa depanmu. Kamu bisa lebih fokus pada apa yang ingin kamu lakukan untuk kehidupanmu.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Yang Membuat Kamu Lebih Nyaman Dengan Dirimu Sendiri

6. Seberapa Jauh Kamu dan Pasanganmu Saling Mengenal, akan Nampak Saat Ada Jeda di Antara Kalian

Kalian Akan Lebih Mengenal Saat Diberi Ruang Masing-Masing
Kalian Akan Lebih Mengenal Saat Diberi Ruang Masing-Masing

Selama menjalin hubungan dengan pasanganmu, apakah kamu sudah yakin bahwa kamu telah mengenalnya dengan baik? Apakah kamu juga yakin bahwa dia sudah mengenalmu dengan baik?

Sebenarnya jarak dalam hubungan akan membantu kamu dan pasanganmu untuk bisa mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Kamu akan lebih tahu seperti apa pasanganmu yang sebenarnya jika kamu berada jauh darinya.

Begitu pun dengannya yang akan lebih tahu siapa sebenarnya dirimu saat dia tidak berada di sampingmu.

7. Waktumu Tak Hanya untuk Mencintainya, Kamu Juga Butuh Ruang untuk Mencintai dan Mengenal Dirimu Sendiri

Kamu Butuh Ruang Mencintai Dirimu Sendiri
Kamu Butuh Ruang Mencintai Dirimu Sendiri

Yang terakhir adalah tentang mencintai diri sendiri. Mungkin selama ini kamu terlalu fokus pada pasanganmu saja sehingga kamu lupa bahwa dirimu pun butuh untuk kamu cintai. Bukankah untuk dicintai seharusnya kamu mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu?

Bagaimana bisa kamu meminta orang lain mencintaimu jika kamu sendiri tidak bisa mencintai dirimu sendiri? Inilah alasan kenapa kamu butuh ruang dalam menjalani hubungan.

Kamu pun butuh waktu untuk bisa menjadi dirimu sendiri, melakukan apa yang ingin kamu lakukan, dan mengenal lebih dalam siapa dirimu yang sebenarnya.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghabiskan Waktu Sendiri

Nah, itulah beberapa alasan kenapa kamu tetap membutuhkan ruang dalam menjalani hubungan. Tak perlu takut tentang adanya jarak atau pun jeda dalam hubungan yang kamu jalani saat ini. Karena pada dasarnya jarak bukanlah suatu halangan yang besar dalam hubunganmu dengan pasangan.

Dina Novia
Lahir dengan hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang. Read Full Profile