in ,

Ubah Kebiasaan Menunda Pekerjaan Dengan 9 Cara Ini

Mengubah Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan adalah salah satu kebiasaan yang tak baik untuk dipertahankan. Kebiasaan ini sebenarnya merupakan sebuah respon yang diberikan oleh otak manusia ketika dihadapkan dengan pekerjaan yang dianggap sulit dan tak menyenangkan.

Ada penjelasan tentang kebiasaan menunda pekerjaan secara psikologi loh ternyata. Ketika seseorang dihadapkan pada kondisi harus mempelajari hal baru atau hal yang tidak disukai, maka tingkat stres yang dia miliki akan meningkat. Hal tersebut akan memicu munculnya kecemasan yang merangsang respon otak sebagai rasa “pusing atau nyeri”.

Secara otomatis, ketika rasa “pusing atau nyeri” muncul karena dihadapkan pada kondisi tertentu, otak akan mencari cara untuk menghindari perasaan negatif yang dirasakan. Cara yang biasa digunakan adalah dengan melakukan hal menarik lain yang bisa mengalihkan perhatiannya.

Banyak orang menganggap bahwa pengalihan perhatian pada hal yang menarik adalah sesuatu yang wajar. Akan tetapi, sikap itulah yang sebenarnya membentuk kebiasaan menunda pekerjaan. Imbasnya, akan berpengaruh negatif pada kehidupanmu.

Nah, untuk kamu yang punya kebiasaan menunda pekerjaan, cobalah untuk setidaknya mulai berusaha mengurangi kebiasaan tersebut. Jika kamu bingung menentukan langkah, kamu bisa gunakan 9 cara ini.

1. Pahamilah tentang Hal yang Biasanya Membuatmu Lebih Produktif

Sebagian besar orang akan lebih semangat dalam bekerja ketika tahu bagaimana harus meningkatkan mood agar lebih produktif. Nah, kamu pun harus memahami tentang hal yang biasanya membuatmu produktif.

Cara seperti ini akan sangat membantumu dalam mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaanmu dalam menunda pekerjaan. Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah selama ini ada hal yang mampu membuat produktivitasmu dalam bekerja meningkat? Ingat juga untuk menjauhi hal-hal yang justru menurunkan tingkat produktivitas yang kamu miliki, ya.

2. Bekerjalah Sambil Mendengarkan Musik Favorit

Di dunia ini ada cukup banyak orang yang lebih bisa bekerja dengan baik ketika melakukan pekerjaan tersebut sambil mendengarkan musik. Jika kamu termasuk tipe orang seperti itu, kamu juga bisa bekerja sambil mendengarkan musik favoritmu.

Rasa jenuh yang pasti kamu rasakan ketika bekerja, akan lebih bisa ditekan dengan musik yang kamu sukai. Musik dapat membawa manfaat baik dalam meningkatkan mood-mu untuk bekerja.

Jadi, mulai saat ini jangan menunda pekerjaan karena merasa pekerjaan itu membuatmu merasa jenuh dan malas. Cukup dengarkan musik dan lanjutkan pekerjaanmu sampai selesai.

3. Camilan Favorit Juga Bisa Kamu Jadikan Teman Bekerja

Apakah kamu termasuk orang yang gemar makan camilan selama bekerja? menyediakan camilan favorit untuk menemanimu bekerja juga bisa menjadi cara yang tepat untuk membuatmu lebih produktif loh.

Tentu saja, bekerja membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Jadi, wajar jika kamu seringkali merasa lapar ketika sedang bekerja. Untuk mengganjal perutmu dalam waktu tertentu, kamu bisa bekerja sambil makan camilan.

Siapkan saja makanan dan minuman kesukaanmu ketika kamu sedang bekerja. Camilan itu akan membantumu untuk menaikkan mood bekerja, tidak peduli seberapa sulit pekerjaan yang kamu harus selesaikan.

4. Jangan Lupa Pilih Tempat yang Nyaman untuk Menyelesaikan Pekerjaanmu

Tempat yang nyaman adalah salah satu unsur penting yang harus diperhatikan ketika sedang melakukan pekerjaan. Suasana dan tempat yang nyaman akan membuatmu lebih fokus pada pekerjaanmu dan tentunya semangat kerjamu juga akan lebih baik jika dibandingkan ketika bekerja di tempat yang kurang nyaman untukmu.

Pilihlah tempat yang menurutmu dapat membuatmu bekerja lebih maksimal. Kamu bisa memilih tempat yang nyaman dan cukup kondusif untuk kamu singgahi selama proses penyelesaian pekerjaan yang kamu miliki.

Harus kamu pahami, tempat di mana kamu mengerjakan sesuatu dapat menjadi faktor penentu produktivitasmu dalam bekerja. Jadi, jangan sampai salah pilih tempat untuk melakukan pekerjaanmu, ya.

5. Buatlah Pengingat Deadline Pekerjaan Lebih Awal

Jika kamu termasuk tipe orang yang tidak bisa bekerja dalam waktu singkat karena harus mengejar deadline, cobalah buat pengingat di ponselmu untuk bekerja lebih awal. Dengan begitu kamu akan lebih cepat memulai dan bisa lebih cepat pula dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

6. Buatlah Daftar Kegiatan yang Harus Kamu Lakukan dalam Sehari Penuh

Cara yang satu ini cukup efektif untuk kamu yang memiliki kebiasaan menunda pekerjaan. Kamu bisa membuat daftar kegiatan atau daftar pekerjaan apa saja yang harus kamu selesaikan dalam jangka waktu sehari atau satu minggu.

Cara ini akan membantumu untuk lebih disiplin dalam melakukan pekerjaanmu. Sebelum kamu bisa mengatur waktumu dengan baik, teruslah membuat daftar seperti ini, ya. Sedikit demi sedikit pasti kebiasaanmu dalam menunda pekerjaan akan berkurang.

7. Jika Sudah Tiba Waktunya, Segera Kerjakan Tugasmu

Semalas apapun kondisimu, usahakan untuk selalu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Untuk memulai mengerjakan suatu pekerjaan mungkin memang sulit untukmu, tapi mau tidak mau, kamu harus tetap melakukannya jika kamu ingin dikategorikan sebagai orang yang bertanggung jawab.

Cobalah katakan pada dirimu sendiri lebih keras ketika kamu hendak memulai pekerjaan. Yakinkan dirimu bahwa pekerjaan itu pasti bisa kamu selesaikan dan semua kesulitan yang saat ini ada di hadapanmu pasti bisa kamu lewati nantinya.

8. Lakukan Pekerjaanmu Secara Perlahan, Jangan Terlalu Memaksakan Diri untuk Menyelesaikannya dalam Waktu Singkat

Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan waktu secepat kilat. Cara penyelesaian pekerjaan seperti itu hanya akan membuat energimu lebih cepat terkuras dan justru akan membuatmu lebih berat dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Selesaikanlah pekerjaanmu secara perlahan. Biasakan menyicil pekerjaanmu sedikit demi sedikit agar pekerjaan itu tidak terlalu memberatkanmu dan membuatmu berpikiran untuk lebih baik menundanya.

9. Berikan Apresiasi pada Dirimu Sendiri

Pemberian apresiasi pada diri sendiri itu penting loh. Sayangnya hal ini seringkali diabaikan oleh beberapa orang. Padahal sebuah apresiasi dari diri sendiri dapat menjadi pembangkit semangat.

Setelah kamu menyelesaikan pekerjaanmu, usahakan untuk memberi apresiasi pada dirimu sendiri. Misalnya dengan bepergian belanja barang yang kamu inginkan atau pergi ke tempat yang ingin kamu kunjungi.

Baca Juga :

Itulah 9 cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kebiasaanmu menunda pekerjaan. Intinya ada pada mindset yang kamu miliki. Jika kamu memiliki pikiran yang positif, mungkin akan lebih mudah bagimu dalam mempertahankan dan meningkatkan semangatmu dalam bekerja.

Written by Dina Novia

Punya hobi travelling dan fotografi. Masih berstatus sebagai mahasiswa jurusan bahasa Indonesia di Malang.