10 Kebiasaan Positif yang Akan Membuat Hidupmu Lebih Produktif

Seperti apa kamu di masa depan tergantung kebiasaanmu hari ini. Kebiasaan adalah peta kehidupan seseorang

Mirza M. Haekal Mirza M. Haekal · 4 min read >
Membuat Hidup lebih Produktif

Kebiasaan merupakan bagian penting dari arah kehidupan yang ingin kamu ambil. Maka dari itu, artikel ini akan membahas beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa kamu terapkan langsung ke hidupmu dan kamu bisa langsung merasakan efeknya.

Sebelum masuk ke pembahasan artikel, coba ingat-ingat saat kamu berumur enam atau tujuh tahun. Saat itu, kamu tak punya banyak kebiasaan, kan? Namun semakin dewasa, kamu perlahan mulai punya kebiasaan baik dan kebiasaan buruk yang entah kamu ambil dari mana.

Kamu mungkin tak menyadari sebelumnya, namun pembentukan kebiasaan itu adalah proses yang tak pernah benar-benar berhenti. Maka dari itu, tak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaanmu dan merubah hidupmu ke arah yang lebih baik.

Jadi, jika kamu merasa terbebani dengan kebiasaan-kebiasaan burukmu, maka usir mereka keluar dan gantikan kebiasan-kebiasan buruk tersebut dengan 10 kebiasaan yang positif ini. Check this out!

1. Pergi Tidur Lebih Awal dan Bangun Lebih Awal

Tidur Lebih Awal
Tidur Lebih Awal

Mulai hari ini, cobalah untuk tidur 30 menit lebih awal daripada biasanya. Lalu, pastikan besoknya kamu bangun di pagi hari juga 30 menit lebih awal daripada sebelumnya. Perubahan kecil ini bisa mempunyai efek besar pada harimu.

Daripada terburu-buru di pagi hari bersiap-siap berangkat kerja atau kuliah atau apa, ekstra waktu 30 menit itu bisa memberikanmu kesempatan emas untuk memulai harimu dengan perasaan yang lebih stabil.

Kamu bisa minum kopi terlebih dahulu sambil menikmati udara pagi, olahraga ringan selama 10 menit dan kamu masih punya waktu sisa untuk membaca berita-berita dengan santai di smartphone-mu.

2. Bersyukurlah Dengan Hal-Hal Baik yang Terjadi Kepadamu

Bersyukur Untuk Hal-hal Yang Baik
Bersyukur Untuk Hal-hal Yang Baik

Rintangan dan kesulitan adalah dua hal yang tak bisa dihindari dalam hidup ini. Namun, dengan pikiran yang positif, kamu akan bisa melewati banyak dari rintangan dan kesulitan yang kamu hadapi.

Jika kamu berhasil melakukannya, maka tentu saja kamu akan lebih percaya diri, kan? Nah, ini adalah salah satu contoh sesuatu yang harus kamu syukuri.

Namun, jika hidupmu penuh dengan rintangan dan kesulitan yang tak pernah berhenti datang, kadang, cara terbaik memang untuk tetap tegar dan selalu berfokus pada sisi positif yang sedang terjadi dalam hidupmu saat ini.

Misalnya adalah, hubunganmu dengan sang kekasih mungkin saja kandas di tengah jalan, namun karirmu justru semakin naik.

Memang terasa mudah untuk merasa down dan sedih mengenai hubunganmu itu, namun akan lebih “sehat” dan membuatmu merasa lebih baik jika kamu melihat sisi positif dan bersyukur atas kenaikan karirmu itu.

3. Minum Air Putih yang Banyak Sepanjang Hari

Minum Air Putih Setiap Hari
Minum Air Putih Yang Banyak Sepanjang Hari

Kamu pasti pernah mendengar sebuah saran tentang meminum air putih setidaknya delapan gelas sehari, kan?.

Namun, walaupun kamu tahu tentang saran itu, apakah kamu melakukannya? Jika kamu tak melakukannya maka otak dan tubuhmu bisa merasakan dehidrasi–dan akan berefek kepada mood-mu sepanjang hari.

Tak hanya itu saja, minum air yang banyak juga punya efek kepada penampilanmu, lho.

4. Sisihkan Waktu 15 Menit Untuk Membuat Tujuan yang Ingin Dicapai Hari ini, Lalu Selesaikan Mereka Satu per Satu

Membuat To Do List
Membuat To Do List

Kebiasaan ini akan membuat hidupmu merasa jauh berbeda dan ternyata merupakan sebuah kebiasaan yang sangat mudah untuk dilakukan.

Cukup sisihkan waktu 15 menit di pagi hari (entah itu di rumah atau di tempat kerja) dan menuliskan rencana apa yang ingin kamu selesaikan hari itu juga. Setelah itu, kamu urutkan berdasarkan prioritas.

Misalnya, kamu menuliskan tiga hal yang ingin kamu selesaikan: membalas email-email yang belum dibalas, menuliskan sejauh mana proyekmu berjalan dan menyiapkan materi untuk rapat dengan CEO.

Di contoh ini, membalas email mungkin bisa menunggu sampai kamu selesai menyiapkan materi rapat dan menuliskan update sejauh mana proyekmu berjalan.

5. Matikan Smartphone-mu (atau Nyalakan Mode Pesawat) Saat Kamu Benar-benar Ingin Fokus

Mematikan Smartphone
Mematikan Smartphone

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menyimpulkan bahwa melihat layar smartphone atau sekedar merasaka getaran pemberitahuan di saku celanamu bisa benar-benar menganggu fokusmu dan mengurangi kemampuanmu untuk menyelesaikan pekerjaan yang kompleks.

Bukan hal mengejutkan memang, karena pikiran kita secara tak sadar selalu ingin mengecek smartphone kita saat kita tak sedang memegangnya. Hal ini memang kebiasaan yang buruk, tapi di zaman serba digital ini, hampir semua orang melakukannya.

Oleh karena itu, jika kamu memang benar-benar butuh untuk fokus 100%, maka matikan saja smartphone-mu atau mengubahnya ke mode pesawat. Hal ini akan membebaskan pikiranmu dan bisa membuatmu lebih fokus daripada yang sebelumnya. Coba saja kalau tak percaya.

6. Usahakan Jalan Kaki Sebanyak Mungkin

Jalan Kaki Akan Membuat Tubuhmu Lebih Sehat
Jalan Kaki Akan Membuat Tubuhmu Lebih Sehat

Apakah kamu menyadari bahwa kehidupan manusia modern ini sering dihabiskan dengan duduk-duduk saja? Mereka naik transportasi ke tempat kerja, duduk di depan komputer seharian, lalu pulang naik transportasi yang sama dan kemudian duduk di sofa depan televisi semalaman. Tak heran, obesitas terus menjamur dan kesehatan jiwa seseorang menurun.

Tubuh kita itu dibuat untuk bergerak, maka dari itu kita harus menggerakannya. Bergerak bisa sesimpel naik tangga ke lantai tempatmu bekerja atau beli makan siang dengan berjalan kaki ke warung terdekat. Malamnya, daripada pulang ke rumah dan duduk di sofa, kamu bisa berjalan keliling komplek sekitar 20 atau 30 menit.

Jika kamu membuat hal-hal di atas menjadi kebiasaan, kamu akan terkejut betapa luar biasanya tubuh dan perasaanmu sehari-harinya nanti. Kamu akan lebih terhindar dari stres dan akan punya energi yang lebih untuk melakukan berbagai kegiatan lain.

7. Keluar Dari Kamarmu dan Perhatikan Sekelilingmu

Memperhatikan Sekeliling Membuka Perspektif Baru
Memperhatikan Sekeliling Membuka Perspektif Baru

Berapa kali kamu berhenti dari apa yang kamu kerjakan dan mengapresiasi momen saat itu? Pasti tak sering, kan? Bukan hal yang mengejutkan karena kehidupan modern di zaman digital ini menuntut kita semua untuk bergerak cepat dalam kondisi apapun. Tak ada waktu lebih untuk mengapresiasi hal-hal kecil disekitar kita.

Namun, jika kamu ingin hidup yang lebih sehat dan bahagia, kamu harus keluar dari jebakan itu. Kamu bisa melakukan hal ini dengan mengalokasikan waktu 15 hingga 30 menit setiap hari untuk mengapresiasi hal-hal kecil yang ada di sekitarmu. Triknya adalah kamu harus fokus 100% kepada lingkungan sekitar.

Contohnya, jika kamu sedang berada di luar, perhatikan bagaimana dedaunan di pohon tertiup oleh angin.

Dengan berfokus 100% pada lingkungan sekitar ini, kamu akan membersihkan pikiranmu dari stres dan tekanan yang kamu rasakan. Kegiatan ini akan memberikan “istirahat” yang memang dibutuhkan otak, sehingga akan meningkatkan kesehatan mentalmu.

8. Jangan Malu Minta Tolong Saat Kamu Membutuhkannya

Meminta Pertolongan Tidak Akan Membuatmu Terlihat Lemah
Meminta Pertolongan Tidak Akan Membuatmu Terlihat Lemah

Tak ada orang di dunia yang tahu segalanya atau bisa melakukan apapun, maka dari itu kamu tak usah malu untuk meminta bantuan kepada orang lain terkait tugas atau pekerjaan yang kamu lakukan, serta tanyalah sesuatu saat kamu memang tak tahu jawabannya.

Orang-orang sekelas Bill Gates, Steve Jobs, Mark Zuckenberg dan lain sebagainya saja juga tak bisa melakukan semuanya sendirian saat mereka membangun perusahaannya itu.

Memang ide awal dari mereka, tapi mereka membutuhkan bantuan banyak sekali orang untuk membuat perusahaan mereka menjadi perusaan kelas dunia seperti sekarang.

Saat kamu tak tahu jawaban akan suatu hal, daripada sok tahu dan menjerumuskan, maka silahkan tanya saja pada Google atau tanya kepada orang yang memang ahli dalam bidang itu.

Bertanya tentang suatu hal yang tak kita tahu itu bukan menunjukkan kelemahan, tapi menunjukkan kekuatan bahwa kamu mau belajar untuk menjadi lebih baik lagi.

9. Kamu Kerap Mengurusi Orang Lain, Tapi Lupa Mengurusi Diri Sendiri

Mengurusi Diri Sendiri
Mengurusi Diri Sendiri

Apakah kamu mengurus dirimu seperti seharusnya? Jika tidak, maka makanlah makanan yang meningkatkan asupan nutrisimu, olahraga yang rutin dan jangan lupa untuk berbicara serta memikirkan hal-hal baik kepada dirimu sendiri.

Saran terakhir itu memang sering dilupakan, namun bagaimana kamu berbicara dengan dirimu sendiri itu menentukan bagaimana perasaanmu, apa yang kamu percayai dan apa yang ingin kamu raih. Jadikan dirimu sahabat terbaik yang bisa kamu dapatkan.

10. Selalu Pelajari Hal Baru

Selalu Pelajari Hal-hal Baru
Selalu Pelajari Hal-hal Baru

Kamu tak bisa merubah hidup tanpa mempelajari sesuatu yang baru, karena proses dari perubahan itu sendiri memaksamu untuk beradaptasi. Namun, banyak orang berhenti belajar saat mereka dewasa, karena mereka merasa belajar itu adalah sesuatu yang menganggu dan membosankan.

Entah kamu memutuskan untuk belajar bermain gitar atau belajar akuntansi dasar, usahakan selalu mempelajari hal baru agar duniamu menjadi dunia yang lebih baik daripada sebelumnya.

Di zaman modern ini, siapapun yang punya pengetahuan luas lah yang bisa menjadi pemenang.

Mirza M. Haekal
Mirza is a Digital Nomad that tries to live a healthy and productive lifestyle. Read Full Profile